STEBIS Muhammadiyah Sumedang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Muhammadiyah Sumedang
College of Islamic Economics and Business Muhammadiyah Sumedang
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan11 Desember 2014
Lembaga induk
Persyarikatan Muhammadiyah
Afiliasi keagamaan
Islam
RektorDrs. H. Edje Djalaludin, MM
Alamat
Indonesia Jl. Mayor Abdurachman No 219 A
,
KampusRural

Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) Muhammadiyah Sumedang merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berada di Kota Sumedang, Jawa Barat. Saat ini STEBIS Muhammadiyah memiliki 1 Prodi (Program Studi).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Agar mengembangkan perguruan Muhammadiyah dengan mendirikan perguruan tinggi, maka untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sumedang, mengadakan rapat-rapat dan diskusi-disakusi. Dan memulai melangkah mendirikan perguruan tinggi, dengan membentuk Panitia Pendirian perguruan tinggi Muhammadiyah Sumedang, (SK PDM Nomor . 25/KEP/III.0/F/2010 Tentang Pembentukan Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sumedang). SK PDM ini tertanggal 1 April 2010 M/16 Rab Akhir 1431 H, di tandatangani oleh Ketua PDM Drs. KH Nasrudin Thoha dan Sekertaris Komarudin, S.Pd.I.

Dengan faktor bermunculannya bank-bank Syari’ah, bank Muamalah diundangkannya UU Perbankan Syari’ah, merupakan kegembiraan bagi Ummat Islam, dan kegembiraan ini harus disambut dengan antusias dengan menyediakan tenaga ahli ekonomi yang berbasis Syari’ah, berbasis kerakyatan, ialah ekonomi Islam atau ekonomi Syari’ah. Termotivasi oleh paparan di atas, Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sumedang, memutuskan untuk membuat proposal berdirinya “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah” (STIES). .

Setelah lama menunggu hampir lima tahun dengan perbaikan-perbaikan proposal, termasuk nomenklaturnya, Alhamdulillah pada periode PDM 2010-2015, dengan Ketuanya Drs. H. Mardjohan, MM. Dan Sekretarisnya Drs. H. Abdul Mu’in, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama R.I., Tanggal 11 Desember 2014, dengan Nomor : 7052 Tahun 2014.

Tentang Persetujuan Pendirian Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta, yang di dalamnya termasuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sumedang, dengan nomenklatur : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam (STEBIS) Muhammadiyah Sumedang, dengan Program Studi Ekonomi Syari’ah (S1), dan langsung diberi status “Terakreditasi ”.

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Jabatan Nama
Ketua Drs. H. Edje Djalaludin, MM
Wakil Ketua I Acep Fauzil Fajri, S.Hut., S.Ag., M.S.I
Wakil Ketua II Imas Imaniyyah, S.Sos., S.Pd.I., MM
Ketua Program Studi Ekonomi Syari'ah Widiastuti, S.Pd., M.M.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

No Program Studi Akreditasi
1 Ekonomi Syari'ah C

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Website Resmi

Referensi[sunting | sunting sumber]

https://www.stebismu-sumedang.ac.id/index.php/dashboard

https://news.schmu.id/profil-stebis-muhammadiyah-sumedang/

https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/RDRFRDAyRDQtOTk1Ri00NjdBLThGRTQtMDc1NjFGQzFDQjdE

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]