Universitas Internasional Batam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Internasional Batam
Didirikan23 Agustus 2000
RektorDr. Iskandar Itan
Lokasi
Batam

Universitas Internasional Batam adalah sebuah Universitas di Batam, Indonesia. UIB didirikan oleh Yayasan Marga Tionghoa Indonesia (YMTI) Kota Batam pada tahun 2000. Universitas Internasional Batam merupakan salah satu Universitas swasta di Pulau Batam yang ikut berpartisipasi dalam upaya pembangunan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Internasional Batam berdiri sejak tahun 2000 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 160/D/O/2000, sebagai pengejawantahan kepedulian Yayasan Marga Tionghoa Indonesia (YMTI) di Kota Batam terhadap pendidikan masyarakat di Pulau Batam dan sekitarnya.

Universitas Internasional Batam memiliki komitmen untuk memadukan pengembangan kompetensi pribadi mahasiswa dengan materi program studi yang spesifik, agar para lulusan kelak dapat memperoleh posisi yang kuat di dunia kerja. Kurikulum disusun berdasarkan kurikulum internasional dan nasional sesuai kebutuhan dunia industri. Melalui pendekatan akademik dan profesional, lulusan Universitas Internasional Batam diharapkan mampu berperan aktif sebagai pelaku ekonomi dan teknologi yang semakin terbuka dan kompetitif.

Melalui bimbingan karier yang profesional, mahasiswa dapat memanfaatkan keberadaan industri manufaktur yang strategis dan jasa pelayanan internasional di Pulau Batam serta negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, sebagai ajang penelitian dan pengembangan ilmu serta pengabdian kepada masyarakat.

Aplikasi pengetahuan dan pengalaman kerja nyata mahasiswa yang dirancang dalam program studi masing-masing fakultas sebagai aktualisasi dari nilai dan kemampuan mahasiswa, merupakan nilai tambah dan keunikan Universitas Internasional Batam dalam program pendidikan yang ditawarkan kepada masyarakat.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Internasional Batam memiliki 12 Program Studi yaitu:

Beberapa Program Studi di atas telah terakreditasi oleh BAN-PT