Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (disingkat UNUGHA) adalah sebuah perguruan tinggi yang berlokasi di Kota Cilacap, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Universitas ini berasal dari IAIIG Cilacap dan mulai beroperasi sebagai universitas pada tahun 2014.

SEJARAH[sunting | sunting sumber]

Kelahiran UNUGHA Cilacap melalui proses panjang dan berliku. Keberadaanya bermula dari ide untuk mengembangkan IAIIG Cilacap menjadi unversitas. Pada waktu itu yang digagas adalah Universitas Islam Al Ghazali (UNIGHA). Karena secara de jure AIIG Cilacap masuk dalam pembinaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementrian Agama, sedangkan universitas secara umum di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional, maka proses metamorfosis dari institut ke universitas melibatkan dua kementrian. Proses ini ditempuh selama bertahun-tahun. Sampai akhirnya muncul peluang baru untuk pendirian universitas, bukan peralihan bentuk institut ke universitas. Dalam hal ini adalah kebijakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang sejalan dengan kebijakan Mentri Pendidikan Nasional saat itu.

Peluang ini ditangkap oleh tim pengusul UNUGHA yang diback up sepenuhnya oleh Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah (Ya BAKII) Kesugihan, untuk mengajukan usulan pendirian universitas, sesuai dengan tahapan yang jamak dilakukan di lingkungan Kementrian Pendidikan Nasional. Semua tahapan dilakukan dengan sebaik-baiknya. Sampai akhirnya UNUGHA Cilacap berhasil mendapatkan ijin operasional penyelenggaraan program studi Strata Sarjana (S1) dengan Keputusan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 264/E//O/2014 tanggal 23 Juli 2014.

Dalam hitungan hari, tim pengusul dan publikasi UNUGHA bergerak cepat untuk segera di tahun tersebut (tahun akademik 2014/2015) untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru. Dengan fakultas dan program studi yang ditawarkan ada 4 (empat) fakultas dengan 10 program studi. Keempat fakultas yang dimaksud adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Matematika dan Komputer (FMIKOM) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI).

Pertama. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan 2 program studi yaitu (1) Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) dan (2) Pendidikan Guru SD (PGSD). Kedua. Fakultas Ekonomi (FE), juga menyelenggarakan 2 program studi yaitu (1) Program Studi Ekonomi Pembangunan dan (2) Manajemen. Ketiga. Fakultas Matematika dan Komputer (FMIKOM), menyelenggarakan 3 program studi, yaitu (1) Program Studi Matematika, (2) Teknik Informatika dan (3) Sistem Informatika. Keempat. Fakultas Teknologi Industri (FTI), dengan 3 program studi juga, yaitu: (1) Program Studi Teknik Mesin, (2) Teknik Kimia dan (3) Teknik Industri.

Selanjutnya dalam rangka pengawalan terhadap pengembangan dan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di UNUGHA, telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah dengan Universitas Jendral Soedirman Purwokerto Nomor : ybk. 1271/01/DP/PP.00/MoU/2013 dan Nomor : 2320/UN23/KS.00.00/2013 tanggal 16 Mei 2013, yang akan diikuti dengan penandatangan MoU dengan beberapa pihak yang sudah ditetapkan pimpinan.

Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali[sunting | sunting sumber]

foto rektor UNUGHA
Drs. KH. Nasrulloh
Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Pimpinan universitas adalah Rektor dan para Wakil Rektor, bertugas antara lain menjalankan fungsi pengelolaan universitas secara keseluruhan, melaksanakan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada kepada masyarakat, membina sivitas akademika (dosen & mahasiswa) serta membina hubungan dengan alumni, baik di lingkungan universitas dan masyarakat.

Rektor saat ini: Drs. KH. Nasrulloh

Informasi Kontak UNUGHA[sunting | sunting sumber]

No Telepon : +62 282695415

Email kita@unugha.ac.id

Website Resmi www.unugha.ac.id

Jam Kantor 07:00 - 16:00

Alamat Lengkap : Jl. Kemerdekaan Barat No.12 Kesugihan Kidul Cilacap – Jawa Tengah Indonesia

Fakultas dan Program Studi UNUGHA[sunting | sunting sumber]

Fakultas Teknologi Industri (FTI)[sunting | sunting sumber]

Fakultas Teknologi Industri terdiri dari 3 (tiga) program studi, yaitu program studi Teknik Mesin, Teknik Kimia dan Teknik Industri. Keberadaan Fakultas Teknologi Industri diharapkan dapat mendukung visi dan misi Universitas dalam pengembangan sain dan teknologi yang inspiratif, sehingga dapat meningkatkan daya saing industri nasional di pasar global.

Program Studi Teknik Industri[sunting | sunting sumber]

Program Studi Teknik Kimia[sunting | sunting sumber]

Program Studi Teknik Mesin[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomi (FE)[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomi sangat banyak ditemukan di berbagai kampus di Indonesia. Sehingga memilih kampus mana yang terbaik dan memiliki fasilitas yang representatif dan terjangkau menjadi pertimbangan. Fakultas Ekonomi juga masih memiliki ruang lingkup kesempatan kerja yang sangat luas, banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan para alumni jurusan Prodi Fakultas Ekonomi bisa bekerja di Bank, menjadi marketing ataupun jadi akuntan, menjadi ahli ekonomi atau mau jadi pengusaha, PNS atau dosen, semuanya digodog di Fakultas Ekonomi. Bahkan menjadi sektretaris pun juga ada dari lulusan Fakultas Ekonomi yang bisa dibilang fleksibel. Selain banyak peluang kerja yang bisa diperoleh jika kuliah di Fakultas Ekonomi, kuliah di Fakultas Ekonomi memungkinkan alumninya berfikir untuk menciptakan sebuah lapangan pekerjaan, ini sangat penting mengingat setiap tahunnya negara kita masih terus memiliki masalah peningkatan jumlah pengangguran. Para sarjana yang baru lulus kebanyakan selalu menempati porsi pengangguran di negara kita sebelum akhirnya benar-benar mendapatkan pekerjaan.

Dengan kuliah di Fakultas Ekonomi para mahasiswa tidak akan menjadi pengangguran dulu sebelum mendapatkan pekerjaan. Tetapi para alumni Ekonomi bisa langsung kerja begitu lulus  kuliah.

Program Studi Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Program Studi Managemen Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Fakultas Matematika dan Komputer (MIKOM)[sunting | sunting sumber]

Fakultas Matematika dan Komputer atau disebut dengan Fakultas MIKOM. Memiliki Program Studi Spesifikasi Matematika , Teknologi Informasi (TI) dan Sistem Informasi (SI)

Matematika dan Komputer kombinasi yang sangat dekat antara ke-ilmuan Algoritme dan Perhitungan pasti mengahasilkan Aplikasi Teknolgi Akurasi Manfaat

Program Studi Matematika[sunting | sunting sumber]

Program Studi Teknik Informatika[sunting | sunting sumber]

Program Studi Sistem Informasi[sunting | sunting sumber]

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)[sunting | sunting sumber]

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)[sunting | sunting sumber]

Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]