Universitas Panca Bhakti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Panca Bhakti
Didirikan1991

Universitas Panca Bhakti, disingkat UPB, adalah universitas swasta yang kampusnya terletak di Jalan Komodor Yos Soedarso, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam era pembangunan sebagai perwujudan dari amanat yang tercantum dalam pembukaanUUD 45, Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia berusaha melaksanakan pembangunan di segala bidang menuju tercapainya masyarakat adil dan makmur secara material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Salah satu tujuan yg terdapat dalam pembukaan UUD 45 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa Untuk mencapai tujuan tersebut hanya dapat ditempuh melalui pendidikkan formal dan nonformal Oleh karena itu sangat diharapkan partisipasi dari masyarakat untuk membantu usaha pemerintah dalam rangka mendirikan lembaga-lembaga pendidikkan swasta mulai dari tingkat Sekolah Dasar.

sampai dengan Perguruan tinggi di Wilayah Indonesia.Selain itu kenyataan juga membuktikan bahwa sarana pendidikkan tinggi yang disediakan oleh pemerintah belum seluruhnya dapat menampung lulusan SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) yg berhasrat untuk melanjutkan pendidikkan di Perguruan Tinggi negeri semakin meningkat setiap tahunnya, sedangkan daya tampung perguruan tinggi negeri setempat (UNTAN) sangat terbatas Dalam keadaan ini maka tampilah tokoh-tokoh pencentus gagasan untuk mendirikan perguruantinggi swasta ini seperti H. Aliaswat Saleh, Buyung Djumaan Rivai, SH dan Drs. H. Nurdin. Melaluipertemuan pendahuluan di Pontianak pd Bulan Suci Ramadhan tahun 1979, H. Aliaswat Saleh adalah termasuk seorang tokoh daerah, berusaha mencari dukungan-dukungan yg intinya agar dapat memberi solusi bagi tamatan SLTA yg tidak dapat tertampung diperguruan tinggi negeri,dapat tersalurkan dengan adanya perguruan tinggi swasta ini, sehingga perlu dipikirkan untuk membentuk yayasan atau lembaga pendidikkan swasta yg dapat menjadi pilihan alternatif bagimasyarakat.Barisan inisiator untuk membentuk yayasan ternyata bertambah besar jumlahnya dengan masuknya antara lain David Doengo Ding, Thomas Wibowo, SH, H. Ahmad Noor, Basrin Nourbustan, BA dan Drs. Syamsudin Djamat, yg kemudian diikuti oleh H. Tashir, SH, Drs Muchall Taufik dan Drs. Sumarno Amarman.Selanjutnya pd tanggal 9 juli 1979 semuanya berkumpul membuat rencana untuk mendirikan Perguruan Tinggi Swasta dengan nama UPB. kesepakatan rencana untuk mendirikan Perguruan Tinggiswasta baru akan dijabarkan kemudian setelah mendapat restu dan petunjuk dari Bapak Gubernur maka pd tanggal 12 juli 1979 atau persetujuan dari semua pendiri yayasan menugaskan David Doengo Ding dan Basri Nourbustan, BA menghadap Bapak Gubernur untuk melaporkan rencanana.Dengan adanya rencana tersebut ternyata Bapak Gubernur menyambut dan sangat gembira, bahkan dengan nama Pemerintah daerah dan rakyat Kalbar mengucapkan terima kasih. lebih lanjut dia menandaskan bahwa urusan cita-cita Proklamasi dan UUD 45 tidak hanya semata-mata pekerjaan dan tanggung jawab pemerintah tetapi juga merupakan tanggung jawab seluruh rakyat bersama pemerintah. akhirnya melalui perjuangan keras pada tanggal 16 juli 1979 didirikan yaya san Panca Bhakti sesuai akta notaris Tommy Tja Kheng Liet, SH nomor 76 tahun 1979.

Universitas Panca Bhakti (UPB) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kalimantan Barat yang sudah berdiri sejak tahun 1983. Universitas Panca Bhakti pada awalnya merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi dan Akademi di Pontianak yang dibentuk oleh Yayasan Panca Bhakti Pontianak, yaitu APP (Akademi Pimpinan Perusahaan) tahun 1979, STIH (Sekolah Tinggi Ilmu Hukum) dan STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Teknik) tahun 1981 dan STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian) tahun 1982.

Sekarang ini Universitas Panca Bhakti Pontianak terdiri dari 4 (empat) Fakultas, yaitu: Fakultas Hukum, Teknik, Pertanian dan Ekonomi, dengan memiliki 6 (enam) program studi S-1, yaitu: program studi Ilmu Hukum, Teknik Sipil, Agroteknologi, Agribisnis, Manajemen dan Akuntansi. Pada tahun 2005 dibuka program studi D III Kebidanan.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

 - Program Studi Agribisnis (Akreditasi B)
 - Program Studi Agroteknologi (Akreditasi B)
  • Fakultas Ekonomi
 -  Program Studi Manajemen (Akreditasi B)
 -  Program Studi Akuntansi (Akreditasi B)
  • Fakultas Hukum
 -  Program Studi Ilmu Hukum (Akreditasi B)
  • Fakultas Teknik
 -  Program Studi Teknik Sipil (Akreditasi B)

Alumni yang menjadi Tokoh Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]