Universitas Baiturrahmah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Universitas Baiturrahmah
200 px
Moto Universitas terkemuka dan unggul ditingkat regional serta didukung oleh insan yang memiliki akhlakul karimah
Jenis Perguruan tinggi swasta
Rektor Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS
Staf akademik Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Fakultas Ekonomi
Jurusan Kebidanan
Jurusan Radio Diagnostik & Radio Terapi
Akademi Keperawatan
Lokasi Jl.Raya By Pass Km.15 Aia Pacah, Koto Tangah,Padang, Sumatera Barat, Indonesia
Kampus Aia Pacah, Padang
Warna Cream
Julukan Kampus Saribu Gonjong
Situs web www.unbrah.ac.id

Universitas Baiturrahmah (atau biasa disingkat Unbrah) adalah salah satu universitas swasta di Kota Padang, Sumatera Barat, 0°53′38″LS 100°23′44″BT / 0,89389°LS 100,39547°BT / -0.89389; 100.39547. Didirikan pada tanggal 16 juli 1994 oleh Yayasan Pendidikan Baiturrahmah dengan ketua Bapak H. Amran.

Universitas Baiturrahmah pada waktu ini memiliki 7 (tujuh) program studi, yakni program studi Pendidikan Dokter yang berada di Fakultas Kedokteran, program studi Pendidikan Dokter Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi, program studi Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat, program studi Manajemen dan program studi Akuntansi keduanya difakultas Ekonomi serta, program studi D III Kebidanan serta program studi D III Teknik Radio Diagnostik dan Radio Terapi, keduanya berdiri sendiri di dalam universitas. Di samping itu terdapat pula program studi Keperawatan di Akademi Keperawatan yang juga berada di dalam pengelolaan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, tetapi secara adminstratif terpisah dan Universitas Baiturrahmah.

Universitas Baiturrahmah memiliki satu-satunya fakultas kedokteran gigi swasta di Sumatera dan satu-satunya fakultas kedokteran swasta di Sumatera Barat. Saat ini, program Kepaniteraan Klinik Senior FK Unbrah dilaksanakan di Rumah Sakit Umum dr. Pirngadi Medan dan Rumah Sakit Umum Daerah Solok di Solok

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa titik berat program pendidikan dilaksanakan di Universitas Baiturrahmah adalah dalam bidang kesehatan. Kalau dilihat dari kekhususan program studi dapat dikatakan bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah adalah satu-satunya fakultas sejenis pada 170 Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Kopertis Wilayah X (Sumatera Bagian Tengah). Bahkan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah adalah satu-satunya fakultas sejenis dan lebih 500 Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera. Baik program studi Pendidikan Dokter maupun program studi Pendidikan Dokter Gigi telah di akreditasi secara nasional dan pada waktu ini berada pada peringkat B. Program studi yang baru dibuka yaitu Teknik Radio Diagnostik dan Radio Terapi adalah juga satu-satunya program sejenis di Kopertis Wilayah X.

Fakultas dan akademi[sunting | sunting sumber]

  • Fakultas Kedokteran;

Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter

  • Fakultas Kedokteran Gigi;

Pendidikan Dokter Gigi dan Profesi Dokter Gigi

  • Fakultas Kesehatan Masyarakat;

Ilmu Kesehatan Masyarakat

  • Fakultas Ekonomi;

Akuntansi &Manajemen

  • Jurusan Kebidanan

DIII Kebidanan

  • Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi
  • Akademi Keperawatan

DIII Keperawatan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]