Universitas Bina Darma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Bina Darma
Logo Universitas Bina Darma Internasional.png
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan28 Desember 1993
Rektor-Prof. Ir. H. Buchari Rachman, M.Sc. (1993-2018)
-Dr. Sunda Ariana, M.Pd.,M.M.
(2018-sekarang)
Alamat
Jl. Jend A.Yani No.12 Seberang Ulu
, , ,
Nama julukanUBD, Bidar
Situs webwww.binadarma.ac.id

Kampus Universitas Bina Darma terletak di Jalan Jend. A.Yani No. 12 Seberang Ulu Kota Palembang.
Universitas Bina Darma (UBD) memiliki 4 (empat) gedung kampus yang terletak di Jalan Jenderal A. Yani Palembang. Kampus Utama terletak di no. 12 menempati lahan seluas 3057 m2, Kampus B terletak di no 3 seluas 4723 m2, Kampus C terletak di no 15 seluas 1206 m2, Kampus D terletak di no 24 seluas 238 m2.

Visi dan Misi[sunting | sunting sumber]

Visi UBD[sunting | sunting sumber]

Menjadi Universitas Berstandar Internasional Berbasis Teknologi Informasi Pada Tahun 2025

Misi UBD[sunting | sunting sumber]

Menyelenggarakan program pendidikan yang berstandar internasional, Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berstandar internasional melalui pemanfaatan teknologi informasi, Membangun komunitas intelektual yang berkualitas, Melakukan penelitian yang berstandar internasional, Melakukan pengabdian guna meningkatkan kemandirian masyarakat, Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Atas prakarsa Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc. dan kawan-kawan pada tanggal 28 Desember 1993 didirikan Yayasan Bina Darma dengan Akta Notaris Alia Ghani, S.H. Nomor: 95. Kemudian tanggal 10 Maret 2001 terjadi perubahan pendiri Yayasan Bina Darma berdasarkan akta notaris Thamrin nomor: 6. Maksud dan tujuan didirikannya Yayasan ini antara lain untuk turut serta secara aktif membantu pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional dan turut serta membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mengingat sarana dan prasarana yang disediakan oleh Yayasan sudah cukup memadai untuk menyelenggarakan suatu program pendidikan tinggi di Sumatra Selatan, maka didirikanlah 2 (dua) Sekolah Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Darma dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Darma.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Darma yang diasuh dan dibina oleh Yayasan Bina Darma berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor: 027/D/O/1994, tanggal 18 Mei 1994, STMIK Bina Darma mendapat status TERDAFTAR. Namun pada saat ini, STMIK Bina Darma telah mendapat status TERAKREDITASI untuk kedua program studi yang diselenggarakan, yaitu program studi Sistem Informasi (SI) dan program studi Teknik Informatika (TI) jenjang program strata satu (S1). Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 038/BAN-PT/Ak-IV/I/2001 tanggal 25 Januari 2001.

Kemudian pada tahun 1995, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud Nomor: 488/DIKTI/Kep/1995, tanggal 29 Nopember 1995, STMIK Bina Darma mendapat status TERDAFTAR untuk program studi Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi jenjang program Diploma I (D1). Pada tahun 1998, STMIK Bina Darma menambah lagi beberapa program studi berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor: 083/D/O/1998 tanggal 4 Maret 1998 STMIK Bina Darma mendapat status TERDAFTAR untuk program studi Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi dan Teknik Komputer jenjang program Diploma Tiga (D.III). Pada saat ini, ketiga program studi tersebut sudah mendapat status TERAKREDITASI berdasarkan Surat Keputusan nomor: 001/BAN-PT/Ak-I/Dpl/III/2002 tanggal 8 Maret 2002.

Selain STMIK Bina Darma juga menyelenggarakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Darma berdasarkan SK. Mendikbud RI Nomor: 046/D/O/1994, tanggal 7 Juli 1994. Pada saat ini STIE Bina Darma telah mendapat status TERAKREDITASI untuk kedua program studi yang diselenggarakan, yaitu program studi Manajemen dan program studi Akuntansi jenjang program strata satu (S1) berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Dirjen Dikti Nomor: 021/BAN-PT/Ak-IV/VIII/2000. Pada tahun 1998 berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti nomor: 127/DIKTI/Kep/1998 tahun 1998 dibuka program studi Manajemen Perusahaan dan Administrasi Bisnis jenjang program Diploma Tiga (D III) dengan status TERDAFTAR. Pada saat ini kedua program studi tersebut sudah mendapat status TERAKREDITASI berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Dirjen Dikti nomor: 001/BAN-PT/AK-I/Dpl/III/2002.

Kemudian sejalan dengan berjalannya waktu, maka pada tanggal 30 April 2001 berdasarkan Akta Notaris Thamrin nomor: 36, Yayasan Bina Darma mengambil alih pengelolaan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Graha Darma. Untuk itu Yayasan Bina Darma mengubah nama Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Graha Darma menjadi Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Bina Darma berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesi nomor: 143/D/0/2001 tanggal 27 Agustus 2001.

Pada perkembangan selanjutnya atas segala usaha dan prestasi semua unsur yang ada di ketiga Sekolah Tinggi yang berada dalam naungan Yayasan Bina Darma yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Darma, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Darma dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Bina Darma digabung menjadi Universitas berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 112/D/0/2002 tanggal 7 Juni 2002 tentang Penggabungan 3 (tiga) Sekolah Tinggi menjadi Universitas dan Penambahan Izin Penyelenggaraan Program Studi Baru yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Darma di Palembang. Berhubungan dengan itu maka untuk Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Darma berubah menjadi Fakultas Ilmu Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Darma berubah menjadi Fakultas Ekonomi, dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) berubah menjadi Fakultas Bahasa dan Sastra, dan ditambah dua Fakultas lagi yaitu Fakultas Teknik dengan program studi Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Fakultas Psikologi dengan program studi Psikologi jenjang studi strata satu (S1).

Universitas Bina Darma adalah PTS yang mengasuh dan mengembangkan ilmu dan keahlian profesional pada 5 (lima) Fakultas dengan program studi unggulan tiap Fakultas yang berada di Sumatra Selatan. Universitas Bina Darma yang saat ini mengelola 5 (lima) Fakultas dengan 18 program studi, mempunyai komitmen untuk menciptakan lulusan yang siap kerja dan dapat diterima di masyarakat.

Tahun 2007 Universitas Bina Darma membenahi diri dengan mengubah Fakultas Bahasa dan Sastra menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Program studi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jadi Fakultas yang ada di Bina Darma sekarang ini adalah Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Komunikasi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Program Pendidikan dan Fakultas-Fakultas[sunting | sunting sumber]

Program Strata 2[sunting | sunting sumber]

1. Magister Manajemen (MM) 2. Magister Teknik Informatika (M.Kom) 3. Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom) 4. Magister Teknik Sipil (M.T.S)

Program Strata 1[sunting | sunting sumber]

Program Studi Diploma (D3&D4)[sunting | sunting sumber]

1. Manajemen Informatika 2. Teknik Komputer 3. Administrasi Bisnis 4. Komputerisasi Akuntansi 5. Manajemen Perusahaan 6. Pengelolaan Perhotelan (D4)

Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Foto Mahasiswa Setelah Sidang.
  • KIMOK (Komunitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi),
  • B'Radio (Bina Darma Radio Komunitas),
  • Lembaga Dakwah Kampus Al Qorib,
  • HMI Komisariat Bina Darma,
  • Mabidar (Mahasiswa Pencinta Alam Bina Darma),
  • http://himsif.web.id (Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi),
  • http://hmtibinadarma.blogspot.com (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri),
  • English Debate, Speech, Scrabble

Fasilitas Penunjang[sunting | sunting sumber]

Laboratorium Komunikasi, Studio Broadcasting Radio, Lab Fotografi, Lab Komputer, Lab Cisco Systems Hot Spot Lapangan Basket, Lapangan Voli, Perpustakaan, Bank, Mushola. Agro Wisata Bina Darma

Pranala luar[sunting | sunting sumber]