Universitas Pembangunan Jaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Universitas pembangunan jaya.jpg

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) didirikan melalui pengalaman panjang grup Jaya yang telah melahirkan berbagai mahakarya properti dan pembangunan infrastruktur monumental di DKI Jaya dan 25 kota di Indonesia serta pengalaman menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah berkualitas sejak tahun 1992. Dirintis oleh entrepreneur senior dan terkemuka, Dr. (HC) Ir. Ciputra sejak tahun 1961, Pembangunan Jaya merupakan pelopor dan inovator bisnis modern yang ungul di sejumlah bidang usaha (Infrastruktur, Industri pengembangan kota, dan pusat rekreasi). Berbekal reputasi kualitas unggul, kepelaporan dan inovasi, Grup Jaya mengembangkan Universitas Pembangunan Jaya sebagai pusat pendidikan tinggi dengan keunggulan di bidang Urban Lifestyle and Urban Development.

Melalui motto "Mendidik Manusia Jaya yang berintegritas, proffesional dan memiliki spirit entrepreneur" sistem pendidikan di UPJ diumpamakan seperti dua sisi koin, mempersiapkan manusia yang utuh dengan softskill dan hardskill. Kedua hal tersebut untuk menjadikan sarjana lulusan UPJ mampu mengatasi segala bentuk tantangan dalam masyarakat dan giat berperan serta menyumbangkan pemikiran dan keterampilannya ke lingkungan terkait dengan masyarakat dan mengembangkan keunggulan di bidang urban studies, kurikulum unik KOTA dimana lebih dari 100 mata kuliah bertema urban dapat diambil oleh mahasiswa lintas program studi, Jaya Softskills Development Program dan Jayapreneurship center untuk melahirkan lulusan (Manusia Jaya) dengan perspektif dan kompetensi global dan jati diri indonesianya..

Be the right people with the right skills and the right values with UPJ!

Didirikan 2011
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor

Leenawaty Limantara Ph.D.

(2015 - sekarang)
Lokasi Jl. Cendrawasih Raya, Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia 15413
Situs web http://upj.ac.id/

Visi dan Misi[sunting | sunting sumber]

Visi : Menjadi Universitas yang unggul dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dan membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup, yang bermartabat, berwawasan luas, berdaya saing tinggi, peduli lingkungan dan pelopor kesejahteraan. "Mendidik Manusia Jaya yang berintegritas, profesional dan memiliki spirit entrepreneur"

Misi :

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Secara professional dan taat asas
  2. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas.
  3. Membangun budaya riset menuju tercapainya UPJ sebagai universitas riset.
  4. Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna.
  5. Membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup yang berperilaku luhur dan berdaya saing tinggi, melalui penerapan Nilai-nilai Jaya dan Pola Ilmiah Pokok UPJ

12 Keunggulan UPJ[sunting | sunting sumber]

1.   AKREDITASI OLEH BAN-PT

Semua program studi di UPJ sudah terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi) sebelum adanya lulusan pertama.

2.   KESEMPATAN KERJA DI JAYA GRUP

Kesempatan kerja bagi lulusan berdasarkan prestasi akademik dan standar kompetensi lulusan.

3.   KELAS OPEN TO ALL (KOTA)

Lebih kurang 100 mata kuliah bertema KOTA disediakan lintas program studi, menjadi kelas interdisipliner dalam menjawab dan menyelesaikan masalah.

4.   JAYA SOFTSKILLS DEVELOPMENT PROGRAM (JSDP)

Dengan program outbound dan modul-modul khas JSDP, UPJ mempersiapkan lulusan yang berintegritas, profesional dan berjiwa entrepreneur dengan 1000 point softskills.

5.   PROGRAM DUAL DEGREE

Mahasiswa dapat mengambil 2 program studi sekaligus untuk lulus dengan 2 gelar sarjana S1 yang berbeda. Menghemat waktu dan biaya, karena dapat ditempuh dengan waktu yang lebih singkat dan hanya membayar uang pangkal program studi awal.

6.   ENGLISH DICOVERIES AND TOEIC

Untuk mempersiapkan mahasiswa UPJ menghadapi persaingan global, mahasiswa UPJ mempelajari bahasa inggris melalui sistem baru English Discoveries Online (EDO) yang interaktif, berbasis teknologi, kapan saja dan dimana saja dan mengukur kemampuan komunikasi bahasa inggris dalam dunia internasional melalui TOEIC (Test of English for International Communication).

7.   "LABORATORIUM HIDUP"

Unit usaha di Pembangunan Jaya Grup yang bergerak di bidang konstruksi, developer property, pariwisata, manufaktur, konsultan manajemen dan desain, trading, mechanical electrical, keuangan, pendidikan dan olahraga akan menjadi "laboratorium hidup" bagi mahasiswa untuk mengaktualisasi perkuliahan teori yang dipelajari di kampus. Laboratorium hidup adalah tempat/laboratorium yang sangat dinamis karena mahasiswa secara nyata ada di kondisi yang sebenarnya di perusahaan.

8.   METODE ACTIVE LEARNING

Proses pembelajaran disusun dalam RPP (Rencana pelaksanaan Pembelajaran ) yang menekankan konsep Outcome Based Education (OBE) dan Active Learning

9.   BEASISWA AKADEMIK DAN NON AKADEMIK

Terdapat Beasiswa Internal UPJ dan dari lembaga eksternal partner UPJ untuk mahasiswa baru yang akan berkuliah di UPJ maupun mahasiswa UPJ yang tengah kuliah.

10. PROGRAM ENTREPRENEURSHIP DI JAYAPRENEURSHIP CENTER

UPJ membekali dan menanamkan jiwa dan semangat entrepreneurship (kreatif, inovatif, mandiri dan berani mengambil risiko yang terukur). Sasaran akhir yang ingin dicapai dari para lulusan UPJ adalah sarjana yang memiliki kompetensi, mindset, sikap dan keterampilan entrepreneur. Lulusan tersebut terpanggil dengan keberanian memanfaatkan peluang untuk menciptakan lapangan kerja baru, yang bermanfaat dan memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat.

11. KERJASAMA INTERNASIONAL

Selain dengan mitra dalam negeri, Universitas Pembangunan Jaya mengembangkan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri dan lembaga lainnya untuk pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, pengembangan kapasitas, pertukaran mahasiswa, dll.

Beberapa mitra kerjasama dari luar negeri adalah :

  1. University of Missouri - Kansas City (Amerika)
  2. Mindanao State University -Iligan Institute of Technology (Filipina)
  3. Sichuan College of Architectural Technology (Cina)
  4. Southwest University of Science and Technology (Cina)
  5. University of Cologne (Jerman)
  6. Wadhwani Operating Foundation (Amerika)
  7. Foreign Trade University (Vietnam)
  8. Naresuan University (Thailand)

12. LOKASI KAMPUS YANG STRATEGIS

Lokasi kampus UPJ sangat mudah diakses melalui JORR, dekat stasiun kereta Jurang Mangu dan halte bis Trans Bintaro/In trans di Mall terbesar di area Bintaro yaitu Bintaro Jaya Xchange Mall

Fakultas Humaniora dan Bisnis[sunting | sunting sumber]

Program Studi :

AKUNTANSI[sunting | sunting sumber]

Bidang Peminatan[sunting | sunting sumber]

1. AKUNTANSI dan KEUANGAN

Menguasai konsep dan prinsip akuntansi yang diterapkan di Indonesia sistem informasi akuntansi dan penyusunan laporan keuangan

2. PERPAJAKAN

Menguasai aturan perpajakan yang bersifat dinamis, perhitungan pajak sesuai pasal-pasal dalam undang-undang perpajakan, tata cara perencanaan pajak bagi organisasi

3. AUDIT

Menguasai pengetahuan dalam mengaudit baik secara manual maupun terkomputerisasi baik untuk perusahaan jasa maupun perusahaan manufaktur

4. AKUNTANSI MANAJEMEN DAN BISNIS

Menguasai dan mampu memberikan dasar-dasar analisis kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis dan melakukan fungsi pengawasan dan pengendalian perusahaan.

5. SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Menguasai dan mampu melakukan analisis laporan keuangan dengan menggunakan perangkat Teknik Informatika dan Sistem Informasi untuk pengembangan bisnis dan pengambilan keputusan bisnis.

6. AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

Mampu mengidentifikasi masalah dan mengevaluasi praktik-praktik praktik akuntansi yang dilakukan oleh lembaga-lembaga publik, baik akuntansi sektor pemerintahan maupun lembaga publik non pemerintah.

Profil Lulusan[sunting | sunting sumber]

Akuntan Profesional dan analis dalam bidang keuangan dan bisnis serta bidang terkait yang mampu bersaing, berpikir kritis, kreatif dan inovatif, serta tanggap terhadap perubahan untuk berkontribusi nyata mengatasi masalah lingkungan dan menjadi pelopor kesejahteraan.

Peluang Profesi[sunting | sunting sumber]

Bidang Akuntansi dan Keuangan (Accounting Staff, Treasury Staff, Financial Reporting Staff)

Bidang Perpajakan (Konsultasi Pajak, Tax Management Staff, Pemeriksa Pajak)

Bidang Audit (Auditor Internal, Auditor Eksternal)

Bidang Akuntansi Manajemen dan Bisnis (Cost accounting Staff, Corporate Finance, Budgeting Staff, Konsultan).

Bidang Sistem Informasi Akuntansi (Konsultan Sistem Informasi Akuntansi, Komsultan Business Process Improvement).

Bidang Akuntansi Sektor Publik (Akuntan di Sektor Pemerintah, Pemeriksa Keuangan Daerah).

MANAJEMEN[sunting | sunting sumber]

Bidang Peminatan[sunting | sunting sumber]

  • PEMASARAN
  • KEUANGAN
  • OPERASIONAL
  • SUMBER DAYA MANUSIA
  • INFORMASI
Profil Lulusan[sunting | sunting sumber]
  • Strategic Management Analyst : menjalankan fungsi sebagai analis rencana jangka panjang perusahaan/organisasi di dalam lingkup persaingan dalam industri.
  • Human Resources Specialist : menjalankan fungsi sebagai profesional di bidang manajemen sumber daya manusia, baik fungsi administratif maupun strategis. Di samping itu juga bisa menjadi agen pengembangan organisasi.
  • Financial Analyst : menjalankan fungsi sebagai profesional di bidang manajemen keuangan, untuk membuat perusahaan mampu merencanakan keuangan organisasi, baik di sisi sumber pendapatannya maupun pola pengeluarannya.
  • Financial Auditor : menjalankan fungsi pengawasan dan pengendalian aspek keuangan dalam perusahaan atau organisasi, sehingga memberi kontribusi bagi perusahaan.
  • Marketing Specialist : menjalankan peran sebagai profesional di bidang pemasaran dan penjualan, termasuk di dalamnya adalah memiliki kemampuan melakukan riset pasar, perencanaan komunikasi pemasaran, dan kemampuan membuat strategi pemasaran secara efektif.
  • Entrepreneur: menjalankan peran sebagai pelaku bisnis secara mandiri, dengan membuat perencanaan atas produk yang akan dihasilkan, mampu mengindentifikasi peluang dan potensi pasar, serta memiliki keterampilan untuk mengelula bisnis secara profesional sesuai dengan pertumbuhan usaha yang dikelola.
Peluang Profesi[sunting | sunting sumber]
  • Staf perencanaan strategi perusahaan
  • Analis persaingan dan peluang pasar
  • Staf perencanaan jangka pendek dan menengah perusahaan
  • Asisten manajer pemasaran
  • Tim peneliti pemasaran dan marketing intelligence
  • Asisten manajer keuangan
  • Staf auditor keuangan
  • Asisten manajer sumber daya manusia
  • Job Interviewer
  • Wirausahawan

ILMU KOMUNIKASI[sunting | sunting sumber]

Program studi llmu Komunikasi mengembangkan kajian ilmu komunikasi yang dapat diaplikasikan pada kehidupan dan pengembangan masyarakat kota besar dengan terkait bidang peminatan Hubungan Masyarakat dan Jurnlisme Penyiaran.

Profil lulusan[sunting | sunting sumber]

Menghasilkan sarjana komunikasi yang memiliki pemahaman menyeluruh mengenai aspek pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan manajerial di bidang hubungan masyarakat dan jurnalisme penyiaran dengan berdasarkan pada sikap manusia yang berrnartabat, berwawasan luas, peduli lingkungan, dan pelopor kesejahteraan

Peluang Profesi[sunting | sunting sumber]
BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT :[sunting | sunting sumber]
  • Public Relations Officer
  • Publicist
  • Cyber Public Relations
  • Event Organizer
  • Master of Ceremony
  • Marketing Communicator
  • Professional Developer
  • Educator
BIDANG JURNALISTIK PENYIARAN :[sunting | sunting sumber]
  • Journalist
  • Presenter
  • Anchor
  • Cameramen
  • Producer Assistant
  • Assistant Media Researcher
  • Educator

PSlKOLOGl[sunting | sunting sumber]

Program Studi Psikologi UPJ berorientasi pada keterpaduan dan keseimbangan perkembangan ilmu pengetahuan, humaniora dan bisnis untuk peningkatan kualitas kehidupan manusia yang mandiri, bermoral, bertanggung jawab dan peka terhadap lingkungan. Berada di bawah Kelompok Usaha Pembangunan Jaya, maka Program Studi Psikologi UPJ memiliki ciri khas social industrious dengan penekanan kurikulum pada Psikologi lndustri dan Organisasi, Psikologi Sosial dan Psikologi Pendidikan.

Profil Lulusan[sunting | sunting sumber]
  • Menguasai terminologi dasar konsep dan teori psikologi untuk mengevaluasi perilaku dan proses mental individu.
  • Menguasai dasar konsep asesmen psikologis
  • Menguasai aplikasi dan prinsip - prinsip psikologis dan ilmu-ilmu lain yang berhubungan dengan sikap dan perilaku
  • Menguasai kemampuan berpikir inovatif dan integratif untuk memberikan rekomendasi penyelesaian masalah.
  • Menguasai desain dan prusedur penelitian psikologis.
  • Menguasai proses adopsi nilai - nilai di tingkat lokal, nasional dan global.
  • Mampu mengintegrasikan faktor - faktur sosial kultural untuk mengevaluasi potensi masalah yang muncul dalam kehidupan.
  • Mampu mengaplikasikan kode etik dalam mengevaluasi praktik dan ilmu psikologi.
Peluang Profesi[sunting | sunting sumber]
  • HRD Officer
  • Social Marketer
  • Junior/Assistant researcher
  • Tenaga Pendidik Pendidikan Dasar dan Menengah
  • Konselor (memberikan jasa konseling)
  • Fasilitator
  • Konsultan (Organisasi maupun individual)

Fakultas Teknologi dan Desain[sunting | sunting sumber]

Program Studi :

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL[sunting | sunting sumber]

Kompetensi lulusan sarjana Program Studi Desain Komunikasi Visual UPJ mengatasi dan menjawab

serta menyelesaikan persoalan bidang komumkasi yang berbasis Visual terutama dalam konsep

perancangan dan eksekusi produksi media cetak dan elektronik. Sebagai profesional, mereka

mampu menjadi ahli komunikasi pada sektor media percetakan dan penerbitan, desain grafis

(graphic design), multimedia (creative multimedia) dan komunikasi visual bidang periklanan (creative

advertising).

Profil Lulusan[sunting | sunting sumber]
  • Desainer Perancang Komunikasi Visual ( Grafis/ Periklanan/Multimedia)
  • Profesional bidang: Fotografer, Ammator, Echtor Video, Illustrator, Komikus, Kartunis, dll
  • Manajer/ Pengelola (studio /proyek).
  • Pendidik.
Peluang Profesi[sunting | sunting sumber]
  • DESAIN GRAFIS (Graphic Design, Printed/Production Matter): lndustri Media, Percetakan dan Penerbitan. Butik, Pengernbangan lndustri Kreatif
  • MULTIMEDIA (Multimedia Production/News Media) : Rumah Produksi dan Animasi, Media Online, Web dan Program lnteraktif, Produksi Media Tayang/Televisi (Broadcasting), Media Presentasi Properti, Sistem Pembelajaran Berbasis Program Multimedia
  • PERIKLANAN (Advertising Agency/Media Commercial): lndustri Penklanan dan Pertelevisian, Brand dan Branding
  • EDUKASI :Pengajar, Konsultan, Peneliti, Desainer/Perancang

DESAIN PRODUK[sunting | sunting sumber]

Program Studi Desan Produk UPJ memiliki 4 bidang peminatan yaitu:

  • Mendesain produk pelengkap atau penunjang Interior/ruang, arsitektur dan fasilitas publik yang memiliki fungsi pakai, selaras dengan pnnsip sustainable eco development sekaligus sesuai kaidah estetika
  • Mendesain produk yang rnemiliki fungsi pakai sebagai wahana hiburan dan permainan.
  • Mendesain produk sarana transportasi darat, udara atau air dengan pendekatan konsep transportasi masa depan yang berkelanjutan untuk kebutuhan urban.
  • Mendesain produk aksesoris seperti sepatu, tas, perhiasan dan lain-lain.
Profil lulusan[sunting | sunting sumber]

Lulusan Desain Produk, dapat berperan di posisi perencanaan, perancangan dan pembuatan produk dalam Lingkup modifikasi, varian & inovasi desain produk pada perusahaan atau lembaga swasta dan pemerintahan, serta memiliki kemampuan untuk penyusunan konsep desain, pembuatan model, mockup, prototyping 3D digital modeling digital desain, wawasan Entrepreneurl Industri kreatif dan sustainable desain produk.

Peluang Profesi[sunting | sunting sumber]
  • lndustri otomotif dan alat transportasi
  • lndustri elektronik
  • lndustri furniture, produk interior support & sanitary
  • Industri aksesories fashion dan footwear
  • lndustri wahana hiburan dan permainan
  • lndustri Packaging
  • lndustri Film (Movie Props)

TEKNIK INFORMATIKA[sunting | sunting sumber]

Program Studi Teknik lnformatika memiliki 3 bidang peminatan yaitu :

  • Peminatan Robotics & Digital Automation, materi profesional: Digital System, Microcontroller System, Robotics System, Home Automation.
  • Peminatan Artificial Intelligence, materi profesional: Artificial Intelligence, Expert System, Decision Support System, Mobile Programming.
  • Peminatan Smart Networking materi profesional : CCNA Routing & Switching, Cybe! Security, Network Administration.\

Profil Lulusan[sunting | sunting sumber]

Dalam penetapan profil Iulusan, program studi Teknik lnforrnatika melakukan analisis pasar yang saat ini seluruh kegiatan diakukan oleh kaum urban tidak Iepas dari teknologi informasi yang berkaitan dengan consumer & home, Smart infrastructure, security & surveillances, transportation, healthcare, retaiI,industriaI dan lainnya.

Peluang Profesi[sunting | sunting sumber]

  • IT Support
  • Database Administrator
  • Software Developer (Mobile, Web & Desktop)
  • Database Specialist
  • Computer Network Specialist
  • System Analyst
  • Project Analyst
  • IT Manager
  • IT Consultant
  • Research Assistant
  • Trainer
  • Technopreneur

SISTEM INFORMASI[sunting | sunting sumber]

Program Studi Sistem Inforrnasi UPJ memilki cakupan yang terdiri dan pengetahuan teknologi informasi,sistem informasi, bisnis dan manajemen, teknik dan cara proses data menjadi informasi kemudian menjadi pengetahuan untuk solusi bisnis dan pengambilan keputusan, analisis dan pengembangan aplikasi serta sistem informasi. Dengan demikian, Program Studi Sistem lnformasi UPJ menghasilkan lulusan dengan profil analis dan pengembang sistem inforrnasi dan teknologi informasi sebagai solusi.

Profil lulusan[sunting | sunting sumber]

Analis dan Pengembang Sistem lnformasi dan Teknologi Informasi sebagai Solusi Bisnis (Information System and Information Technology Business Analyst & Developer).

Peluang Profesi[sunting | sunting sumber]

  • Information Center Manager
  • Computer Operations Assistant Manager
  • Project Manager Applications
  • Project Manager Systems
  • Webmaster
  • Communications Administrator
  • Database Aaministator
  • Information System ana Information Technology Consultant
  • Information System and Information Technology Implementation Sen/ices
  • Information System and Information Technology Support and Services
  • Information System and Information Technology Operation Managements
  • Information System and Information Technology Training Center
  • Software Development
  • Database Designer
  • Software and Information System Designer
  • Information Technology Government

TEKNIK SIPIL[sunting | sunting sumber]

Untuk mendukung kompetensi capaian, mahasiswa program studi Teknik Sipil mendapatkan materi meliputi 5 keahlian bidang ilmu secara umum, yaitu:

  • STRUKTUR : Menekankan pada pengembangan rekayasa struktur.
  • TRANSPORTASI : Menekankan pada perencanaan, pengembangan sistem dan teknik transportasi.
  • GEO TEKNIK : Menekankan pada rekayasa konstruksi pondasi dan mekanika tanah
  • KEAIRAN : Menekankan pada perencanaan struktur bangunan air.
  • MANAJEMEN KONSTRUKSI : Menekankan pada kemampuan pengelolaan pembangunan proyek Konstruksi.
Profil Lulusan[sunting | sunting sumber]
  • Perencana, Perancang, Pelaksana Konstruksi, dan Operator infrastruktur masyarakat Lingkungan binaan.
  • Pelopor dalam keberlanjutan Iingkungan alami dan sumber dayanya.
  • Pencipta dam Pengintegrasi ide dan teknologi antara sektor publik, swasta dan akademik.
  • Pengelola aspek risiko dan ketidakpastian yang diakibatkan oleh kejadian alami, kecelakaan dan ancaman lainnya
  • Pemimpin dalam diskusi dan pengambil keputusan

Peluang Profesi[sunting | sunting sumber]

  • PerencanaStruktur
  • Perencanaan Transportasi
  • Quantity Surveyor Estimator
  • Contract Engineer
  • Site Engineer
  • Quality Assurance & Ouality Control
  • Kontraktor

ARSITEKTUR[sunting | sunting sumber]

Program Studi Arsitektur UPJ memiliki kesempatan yang luas untuk mengasah keahlian mahasiswa/i untuk rnendapatkan pengalarnan aktual dari teori—teori yang rnereka dapatkan dari perkuliahan untuk diterapkan atau dianalisis di lapangan. Dukungan Kelompok Usaha Pembangunan Java rnelalui beberapa anak perusahaan yang terkait langsung sepert : Arkonin, Jaya Real Property, Jaya Konstruksi, Jaya Ancol dan Jaya Teknik sangat berdampak dalam penerapan metode problem-based learning dan menempatkan konteks urban lifestyle dalam pernbelajaran

Profil Lulusan[sunting | sunting sumber]

Dengan keseirnbangan antara konsep keilmuan dan hands-on experience (praktik Iangsung di Iapangan) di Grup Java, Sarjana Arsitektur UPJ mampu merancang dan rnenguasai ilmu arsitektur pada tingkat dasar dengan menitikberatkan pada arsitektur hijau yang berkelanjutan. Peran yang dapat dilakukan oleh Iulusan S1 arsitektur setelah menyelesaikan proses pembelajaran adalah :

  • Praktik Arsitektur khususnva perancang di bidang arsitektur dengan level pengetahuan di tingkat dasar.
  • Berhubungan dengan bidang Arsitektur, termasuk builder, developer, Aktivis "Design" (Kritikus, Kurator. Seniman Arsitektur, NGO), Akademisi (Pendidik dan Peneliti) Arsitektur, Pengelola Proyek, Pembuat kebijakan Arsitektur, dengan level pengetahuan pada tingkat dasar (general).
  • Non-Arsitektur. seperti birokrat, perbankan, manajemen, marketing, insan film, dan Iain-lain dengan level pengetahuan di tingkat dasar.

Peluang Profesi[sunting | sunting sumber]

  • Arsitek
  • Kontraktor
  • Developer
  • Proyek Manager
  • Interior Designer
  • Landscape Architect
  • Project Manager
  • Penulis Arsitektur
  • Akademisi
  • Urban Designer

Pembangunan Jaya Center For Urban Studies[sunting | sunting sumber]

Pembangunan Jaya Center for Urban Studies merupakan Pusat Unggulan Universitas (PUU), dengan kajian Iintas disiplin (interdisipliner) di Universitas Pemhangunan Jaya yang menyatukan sederetan peneliti dan praktisi UPJ dan Pembangunan Jaya group dari berbagai bidang ilmu. PUU ini fokus pada penvelesaian tantangan global terkait isu pembangunan berkelanjutan dalam konteks urban, antara Iain kemajuan dam kesetaraan ekonomi, inklusi sosial, pelestarian lingkungan, kota kreatif, ekonomi berbasis pengetahuan, kualtas kehidupan kota, pemukiman, transportasi, perencanaan serta tata pamong dalam konteks perkotaan.

PUU berkomitmen mendukung sasaran pembangunan berkelanjutan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan mewujudkan kota inklusif, aman, tangguh serta berkelanjutan. PUU ini berperan mempromosikan dan memfasilitasi penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan warga UPJ terkait isu-isu urban yang relevan dengan wilayah metropolitan, demi meningkatkan pemahaman tentang aneka tantangan dan kesempatan perkotaan serta memberikan respon inovatif terhadap hal—hal tersebut. Ruang lingkupnya mencakup struktur fisik,organisasi sosial dan perilaku kolektif di bawah payung gaya hidup urban (urban lifestyle) dan pembangunan kota (urban development).

WHERE LINK AND MATCH AMONG ACADEMICIAN, BUSINESS AND GOVERMENT MEET IN ONE PLACE

Peran tersebut diwujudkan dengan sinergi peneliti program studi Akuntansi, Arsitektur, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Psikologi, Sistem lnformasi, Teknik Informatika dan Teknik SipIl di Umversitas Pembangunan Jaya dengan pakar dan praktisI Jaya Group yang berpengalamah lebih dari 55 tahun berkontribusi pada pengembangan 25 kota di Indonesia secara strategis rnelaluI pembangunan berkelanjutan, pengelolaan air, transportasi, fasilitas pendidikan dan berbagai sarana dan prasarana yang meningkatkan kualitas kehidupan urban.

PUU UPJ memberikan layanan dengan menghasilkan peneltian serta dimenisasi hasil-hasilnya, merumuskan beraneka kebijakan dan menyusun program serta menyediakan beragam inisiatif peningkatan kapasitas sumher daya manusia seperti Iokakarya, pelatihan dan asistensi teknis. Layanan yang diberikan PUU mencakup konsultasi, studi kelayakan, pengumpulan dan analisis data, advokasi, pengelolaan pengetahuan, lokakarya dan pelatihan, pemantauan dan evaluasi dan lain sebagainya.

Kurikulum Unggulan Kota[sunting | sunting sumber]

Dilatarbelakangi dengan kiprah Jaya Grup selama 55 tahun di 25 kota di Indonesia, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mengusung Pusat Unggulan Universitasnya dengan nama Pembangunan Jaya Center for Urban Studies, dengan fokus utama pada kajian urban lifestyle and urban development. Dalam pembelajarannya, warna khas ini dikemas secara khusus dalam kurikulum Pola llmiah Pokok (PIP) UPJ dengan nama KOTA yang merupakan nama yang terkait erat dengan Urban studies, tetapi yang juga memiliki pemaknaan Iain berupa singkatan dari Kelas Open To All yang bertema Urban.

Kelas Open To All merupakan lebih dari 100 mata kuliah tanpa prasyarat dari 10 Prodi UPJ yang dapat diambil oleh semua mahasiswa serta memiliki konten urban secara eksplisit (urban sebagai obyek kajian) maupun implisit (urban sebagai konteks kajian). UPJ memiliki 5 rumpun KOTA yaitu :

  1. Urban Development (ARS & TSP) : Memahami bagaimana kawasan urban dirancang, dibangun dan dikelola dari& aspek spasial sesuai kebutuhan agar tumbuh sebagai konteks interaksi antara manusia tempat berkembangnya peradaban.
  2. Urban Growth (AKT & MAN) : Memahami bagaimana kawasan urban tumbuh dan berkembang dari perspektif transaksional dengan melihat pergerakan manusia dan barang berbentuk produk dan jasa sehingga menjadi jantung kesejahteraan masyarakat.
  3. Urban Society (KOM & PSI) :  Memahami keberagaman dan dinamika masyarakat terutama memanfaatkan,menciptakan dan mengembangkan aset dan/atau modal sosial guna menyelesaikan masalah dan/atau tantangan kehidupan urban
  4. Urban Culture (DKV & DP) : Memahami bagaimana dimensi kultural, termasuk kreativitas dan inovasi, berkontribusi pada pengembangan kawasan urban menjadi pusat kemajuan budaya yang memperkaya kehidupan
  5. Urban and the Future (SIF & TIF) : Memahami peran dan kontribusi teknologi digital sebagai ujung tombak kemajuan dan kemuktahiran demi meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat urban

Di bawah arahan dosen pembimblng akademik, mahaslswa UPJ mengasah kompetensi sesuai Prodi seraya memperluas wawasan dengan melintas ke berbagai rumpun pengetahuan, bersama dengan mahasiswa dari Prodi serta angkatan yang berbeda. Hal ini selaras dengan tantangan global dengan leburnya batas antar negara maupun budaya seperti pada Masyarakat Ekonoml ASEAN (MEA). Pemimpin global masa mendatang membutuhkan perspektif multi disiplin, interdisipllner, adaptif terhadap perbedaan dan responsif terhadap perubahan. Melalui kurikulum unggulan KOTA, UPJ memberi bekal pengetahuan serta keterampilan tersebut - empowering people to be global leaders.

Jaya Softskill Development Program (JSDP)[sunting | sunting sumber]

UPJ menyadari betul bahwa pendidikan rnerupakan mandat budaya, amanah luhur yang sarat akan tanggung jawab sehingga perencanaan yang terarah dan sadar, dilakukan melalui berbagai metode pendidikan dan pengajaran untuk menghantar manusia Jaya menyadari pilihan atau tujuan hidupnya, peran dan posrsinya dan kemampuan menghargai seluruh karya cipta Tunan untuk dihasilkannya kebaikan dan kebaikan Iain yang membawa manusia kepada hakikat kemanusiaannya (learning to be dan learning throughout Iife melalui learning to know, learning to do, learning to live together). JSDP rnerupakan program unggulan UPJ yang diintegrasikan dalam perkulahan maupun program tambahan yang sengaja disusun untuk rnenajamkan keterarnpilan softskills warga UPJ Selain pembelajaran formal yang menekankan pembentukan sikap, berbagai modul pembelajaran di luar kelas, kegiatan outbound. implenlentasi berbasis studi kasus dan kegiatan lapangan dilaksanakan untuk menambah kemarnpuan warga UPJ dan lulusannya memiliki keterampilan :

  1. Berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah
  2. Bekerjasama dan memimpin
  3. Ketangkasan dan kemampuan beradaptasi
  4. lnisiatif dan jiwa entrepreneur
  5. Kemampuan komunikasi Iisan dan tertulis yang efektif
  6. Kemampuan mengakses dan menganalisa informasi
  7. Memiliki rasa ingin tahu dan imajinasi, yang keseluruhannya mempersiapkan warga UPJ dan lulusannya menjadi warga masyarakat yang membawa pengaruh dan kebaikan bagi Iingkungannya.

Jayapreneurship Center[sunting | sunting sumber]

Jayapreneurship center merupakan wadah unggulan pendidikan leadership dan entrepreneurship ala Jaya yang mernpersiapkan warga UPJ dan lulusannya memiliki mindset dan spirit entrepreneur, kemampuan mengelola persepsi, leadership quotient, kreativitas dan inovasi untuk menghasilkan start-ups dan menjadi entrepreneur muda yang sesuai dengan passion dan bidang keilmuannya. UPJ sadar bahwa setiap manusia adalah masterpiece Tuhan yang unik, memiliki tujuan hidup dan perannya masing-rnasing sehingga daiarn proses belajar mengajar di “rumah belajar” UPJ, UPJ rnenyediakan berbagai wadah pendidikan yang mampu mengembangkan seluruh potensi sumber daya manusia yang ada, termasuk didalamnya melalui Jayapreneurship center.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]