Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
RektorDr Alimatus Sahrah (2009-Sekarang)
Logo umc.gif

Universitas Mercu Buana Yogyakarta adalah sebuah universitas Swasta di Yogyakarta, Indonesia.

Tentang[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMB Yogya) yang dahulu berdiri dengan nama IPW (Institut Pertanian Wangsa Manggala) pada tahun 1984, yang kemudian berubah nama menjadi Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA) pada tahun 1986 dan berubah nama menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada tahun 2008.

Nama Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA) lahir pada tanggal 1 Oktober 1986 di bawah naungan Yayasan Wangsa Manggala. Pada saat didirikan UNWAMA memiliki 3 fakultas dengan 4 jurusan, sebagai rektor adalah Prof. Ir. Gembong Tjitrorosoepomo (alm) Guru Besar Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebagai seorang akademisi yang berpengalaman, beliau telah meletakkan landasan yang kuat bagi berkembangnya UNWAMA.

Memasuki usia 7 tahun (tahun 1993) di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Soelistyo, MBA (Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM) UNWAMA melakukan pengembangan dengan menambah fakultas dan program studi baru, yaitu membuka Fakultas Psikologi dan membuka Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi (keduanya di bawah Fakultas Ekonomi). Mulai tahun 1996 di bawah Rektor Prof. Dr. Ir. Mochamad Adnan, MSc Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian dan juga mantan Rektor Universitas Gadjah Mada.

Yayasan memandang perlu untuk mengganti nama UNWAMA menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMB Yogya) pada Mei 2008 (SK Yayayasan, dan SK DIKTI tanggal 12 Juni 2008). Melalui SK Yayasan Wangsa Manggala Nomor : 02/SKep/Ket/YWM/IV/2008 tertanggal 1 April 2008 secara resmi Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA) beralih nama menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Secara Resmi pada tanggal 12 Juni 2008 disyahkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan nasional Republik Indonesia Nomer : 102 /D/O/2008 Tentang Perubahan Nama Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta menjadi universitas Mercu Buana Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Wangsa Manggala Yogyakarta.

UMB Yogya yang telah mendapat kepercayaan masyarakat berbenah diri dengan menata kinerjanya menyongsong era global pada milenium ketiga. Untuk mengantisipasi pesatnya perkembangan IPTEK maka pada tahun 2008 mulai dibuka Program Studi baru seperti : Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Matematika. Program Studi ini semakin melengkapi Program Studi yang sudah ada sebelumnya yaitu : S2 Psikologi, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, Agroteknologi (Agronomi), Industri Peternakan dan Teknologi Hasil Pertanian.

Visi yang ingin dicapai adalah menjadi universitas yang memiliki komitmen untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan cita-cita yang tertanam dalam seboyan Angudi Mulyaning Bangsa (The Pursuit of Excellence). Memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan dan penajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakatbaik tingkat nasional maupun internasional. Sedangkan misi UMB Yogya adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mencerdaskan bangsa sehingga membantu masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraannya.

Melalui Kepemimpinan Rektor Yang Baru Yaitu Dr. Alimatus Sahrah, MSi., MM Universitas Ini Menjadi Salah Satu Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta. Selain Itu, Salah Satu Prodi Yang Menjadi Peminatan Tertinggi di Universitas Ini Adalah Psikologi, Ilmu Komunikasi, Teknologi Pangan, Peternakan & Manajemen.

Pada Tahun 2018 Universitas Mercubuana Yogyakarta Telah Memiliki Prodi Baru Yaitu Ilmu Keolahragaan, Bimbingan Konseling & S2 Ilmu Pangan.

Selain Itu, UMBY diharapkan mampu menjadi Universitas Millenial Cinta Tanah Air, Berjiwa Enterpreneurship & Berkembang Menjadi Universitas Berkelas Internasional.

Berbagai Pihak Memiliki Harapan Besar Kepada Universitas Mercubuana Yogyakarta dapat melebarkan sayap untuk pemerataan pengembangan kampus baik Kampus 1,2 & 3 dengan lebih menghidupkan Kampus 1 dengan Pendirian Fakultas Kedokteran & Kesehatan Masyarakat Dengan Prodi Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat,Gizi & Perawatan.

Selain Itu, Universitas Ini Dapat Mengembangkan Fakultas Ilmu Sosial & Hukum Dengan Prodi S1 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Hukum, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Pemerintahan & S2 Ilmu Komunikasi.

Kedepannya Diharapkan Pula Universitas ini semakin berkembang dengan membuka Program Doktor Agar Universitas Ini Dapat Semakin Berkontribusi Untuk Bangsa

Perubahan Nama[sunting | sunting sumber]

Terkait perubahan nama Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 102/D/O/2008 tertanggal 12 Juni 2008 UMBY melakukan beberapa pembenahan dan penataan program studi, diantaranya perubahan nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Komunikasi Bisnis.

Menurut Audita Nuvriasari, SE., MM Kepala Biro Pemasaran Universitas mercu Buana, mengatakan ” Universitas Mercu Buana tahun akademik 2008/2009 selain mempertahankan 8 program studi lama yakni : Agroteknologi, Manajemen Industri Peternakan, Ekonomi Perbankan dan Asuransi Syariah, Manajemen, Psikologi, Teknologi Pangan, Akuntansi, dan Teknik Elektro juga akan membuka 5 program studi baru diantaranya :

  1. Ilmu Komunikasi
  2. Informatika dan Multimedia
  3. Pendidikan Matematika
  4. Pendidikan Bahasa Inggris.

Alamat Kampus[sunting | sunting sumber]

  • Kampus I Sedayu : Jl. Wates Km. 10 Yogyakarta 55753. Telp: 0274-6498212, 6498211, Fax. 0274-6498213
  • Kampus II Gejayan : Jl. Jembatan Merah No. 84C Gejayan, Yogyakarta 55283. Telp: 0274-584922, 550703, 550704
  • Kampus III Ringroad Utara : Jl. Ring Road Utara, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Keterangan Lambang :[sunting | sunting sumber]

  1. Bentuk dasar lambang Universitas Mercu Buana Yogyakarta adalah oval yang melambangkan kekukuhan di dalam menegakkan prinsip-prinsip kebenaran dan keseimbangan.
  2. Visual lambang Universitas Mercu Buana Yogyakarta berupa nyala api yang terbagi menjadi tiga bagian yang melambangkan Tridharma Perguruan Tinggi di bawahnya tertulis Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Nyala api di tengah yang paling tinggi melambangkan dharma pendidikan, dua nyala api sama tinggi yang mengapitnya melambangkan dharma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Nyala api menyiratkan tekad dan komitmen para pendiri dan penerus untuk memberikan dan menjadikan sivitas akademika Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagai pemberi manfaat bagi lingkungan.
  4. Ketinggian api yang berbeda melambangkan visi yang dinamis, disamping melambangkan target yang dapat dijabarkan dan ditindak lanjuti dengan jelas.
  5. Api biru yang tenang menyiratkan tekad untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan beretika.

UMBY Meraih Sertifikasi ISO 9001 : 2015

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berhasil meraih pengakuan internasional dalam sistem manajemen mutu dengan ditandainya penyerahan Sertifikat SNI ISO 9001:2015 dari PT TUV RHEINLAND pada Selasa (4/12) di Kampus I Jln Wates Km. 10 Yogyakarta

Kerjasama UMBY Ranah Nasional & Internasional[sunting | sunting sumber]

UMBY Telah Bekerjasama Dengan Berbagai Lembaga, Institusi Pemerintah, Universitas & Perusahaan di Indonesia & Dunia diantaranya :

1. UGM

2. UNY

3. STKIP PGRI Pacitan

4. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta

6. UIN Raden Fatah Palembang

7. STTN

8. AAU

9. Universitas Brawijaya

10. UII

11. Universitas Dian Nuswantoro

12. Universiti Sains Malaysia

13. Universiti Malaysia Pahang

14. Prince Of Songkla University Thailand

15. Kasetsart University (KU) - Thailand

16. Lycheum Of The Phillippines

17. Singapore Polytacnic International

18. Tomsk State University

19. RUDN University

20. Central Luzon State University

21. Deakin University

22. University Of Tasmania

23. ITS Surabaya

24. STMM "MMTC"" Yogyakarta

25. Universitas Mercubuana Jakarta

26. KPID DIY

27. One Stop English Education

28. Pemkab Kulon Progo

29. Pemkab Sleman

30. Pemkab Bantul

31. Pemkab Magelang

33. Pemkot Pangkalpinang

34. Engenesis Pty Ltd, Western Australia

35. Curtin University

36. Murdoch University

dll

Kerjasama Perusahaan

UMBY melalui Career Center membuka peluang kerjasama baik dengan Perusahaan penyedia lapangan kerja atau lembaga lain terkait dengan Career center. Adapun perusahaan yang telah bekerjasama dengan career center UMBY antara lain :

  1. PT. Midi Utama Indonesia (Alfamidi)
  2. PT. Nusantara Sakti
  3. Tribun Jogja
  4. PT. Ameeya
  5. Waroeng Group
  6. PT. K24 Indonesia
  7. PT. AINO Indonesia
  8. PT. Gamatechno
  9. BNI Life
  10. PT. Pharos Indonesia
  11. Kapal Api
  12. Bina Talenta
  13. PT. Kontak Perkasa
  14. Bina Busana
  15. Hartono Mall
  16. Asuransi Sinarmas
  17. Lembaga Kinderstation
  18. Teleperformance
  19. PT. Clause
  20. Olympic Furniture
  21. Hotel Jayakarta
  22. Simply fresh
  23. Parkson
  24. Harian Jogja
  25. Sutindo
  26. Trans Food & Beverages
  27. J & T
  28. PT. Cerise

Universitas Mercubuana Yogyakarta Hingga Kini semakin Menunjukkan Eksistensi Kerjasama Dengan Berbagai Pihak Untuk Pengembangan Universitas Unggul & Millenial Cinta Tanah Air Melalui Semboyan "Angudi Mulyaning Bangsa".

Filosofi Pendidikan [sunting | sunting sumber]

Para pendiri Universitas Mercu Buana Yogyakarta berkeyakinan bahwa kebahagiaan dan kesejahteraan adalah rahmat Allah SWT dan merupakan cita-cita semua umat manusia. Oleh karena itu Universitas Mercu Buana Yogyakarta berusaha ikut andil membantu masyarakat Indonesia umumnya untuk mewujudkan cita-cita tersebut melalui penyelenggaraan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Struktur Organisasi[sunting | sunting sumber]

A. Susunan Organisasi Yayasan Wangsa Manggala

Pembina Yayasan Wangsa Manggala
Ketua : H.R. Probosutedjo
Wakil Ketua : Ny. Wina Noek Bressina Suhardjo
Anggota : - Aris Setyanto Nugroho
- Ny. Diniarti Pertiwi Probosutedjo
- Dr. Ir. H. Suharyadi, MS.
Pengurus Yayasan Wangsa Manggala
Ketua : H. Soehardjo
Wakil Ketua : Aryo Winoto, S.Pt
Sekertaris : Ny. Mami Lestari, S.Psi
Bendahara : Teguh Wahyudi, S.E
Pengawas
Ketua : Ny. Rita Ria Kurniata Probosutedjo
Anggota : - Wahyudi
- Yaumi Azhar, SH. LLM

B. Susunan Organisasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

1.

PIMPINAN UNIVERSITAS
Rektor                              : Dr. Alimatus Sahrah, M.Si, M.M.
Wakil Rektor I : Dr. Ir. Bayu Kanetro, M.P.
Wakil Rektor II : Tutut Dewi Astuti, SE., M.Si., Ak, CA.,CTA.
PENGURUS FAKULTAS
FAKULTAS AGROINDUSTRI          
Dekan : Ir. Wafit Dinarto. M.Si
Wakil Dekan : Ir. Niken Astuti, M.P
Ketua Prodi Agroteknologi   : Dr. Ir. F. Didiet Heru Swasono, M.P.
Ketua Prodi Peternakan : Ir. Nur Rasminati, M.P.
Ketua Prodi THP       : Prof. Dr. Ir. Dwiyati Pujimulyani, M.P.
Kepala Tata Usaha : Drs. Choiruddin Hanim
FAKULTAS  EKONOMI
Dekan : Drs. Raswan Udjang, M.Si
Wakil Dekan : Mushawir, S.E., M.M.
Ketua Prodi Manajemen : Drs. Subarjo, M.Si.
Ketua Prodi Akuntansi : Hasim As'ari, SE.,M.M.
Kepala Tata Usaha : Drs. Sumarsam
FAKULTAS PSIKOLOGI
Dekan : Dr. Kamsih Astuti, M.Si.
Wakil Dekan : Anwar, S.Psi., M.Si.
Ketua Prodi Psikologi : Kondang Budiyani, M.A., Psikolog
Kepala Biro Layanan Psikologi : Novia Sinta R, S.Psi., M.Si
Kepala Tata Usaha : Retna Murdaningsih, S.Psi
FAKULTAS TEKNOLOGI  INFORMASI
Dekan : Supatman, S.T., M.T.
Wakil Dekan : Indah Susilowati, S.T., M.Eng.
Ketua Prodi Teknik Informatika : Agus Sidiq Purnomo, S. Kom., M.Eng.
Ketua Prodi Sistem Informasi : Anief Fauzan R, S.Kom., M.Eng.
Kepala Tata Usaha : Dra. Rukinah
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Dekan : Ir. Wafit Dinarto. M.Si
Wakil Dekan : Agustinus Hary Setyawan, S.Pd.,MA.
Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris : Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd.
Ketua Prodi Pendidikan Matematika : Nanang Khuzaini, S.Pd.Si.,M.Pd.
Ketua Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling : Alfiandy Warih Handoyo, M.Pd
Ketua Prodi Pendidikan Ilmu Keolahragaan : Ardhika Falaahudin, S.Pd.Jas., M.Or
Kepala Tata Usaha : Ngatiyah, S.H.
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI DAN MULTI MEDIA
Dekan : Dr. Heri Budianto, S.Sos., M.Si
Wakil Dekan : Didik Haryadi Santoso, S.I.Kom., M.A
Ketua Prodi Ilmu Komunikasi : Kristina Andriyani, S.Sos., M.Ikom
Kepala Laboratorium Komunikasi : Rani Dwi Lestari, S.Sos., M.A.
Kepala Tata Usaha : Isro Istiqomah, S.E.
Kepala Lab Ilmu Komunikasi : Nita Andrianti, S.I.P., M.A.
PROGRAM PASCA SARJANA
Ketua Program Ilmu Pangan : Dr. Ir. Siti Tamaroh CM, M.P.
Ketua Program Magister Psikologi Profesi : Dr. Sri Muliati Abdullah, MA., Psikolog
Ketua Program Magister Psikologi Sains : Dr. Triana Noor Edwina DS, M.Si., Psi.

3. Unsur Pelaksana Administrasi Universitas

1 Kepala Biro Administrasi Akademik & Kemahasiswaan : Ch. Lilis Suryani, S.TP.,M.P.
2 Kepala Bagian Kemahasiswaaan & Alumni : Gumirlang Wicaksono, SE.,MBA.
3 Kepala Bagian Akademik & Laporan : Widarto, SE.
4 Kepala Biro AUK & SDM : Rani Merli Safitri, ST, M.Si.
5 Kepala Bagian Rumah Tangga : Sunardi
6 Kepala Bagian SDM : Eva Wahyuni Agustiningsih
7 Kepala Bagian Keuangan : Endang Sri Utami, SE.,M.Si.,Akt.
8 Bendahara : Briggita Hari Mulyani
9 Pengelola Kampus II Gejayan : Restu Arini, S.Pd.

4. Unsur Penunjang Universitas

1 Direktur Direktorat Penjaminan Mutu : Dra. Umul Aiman, M.Si.
2 Wakil Direktur Direktorat Penjaminan Mutu : Dr. Ir. Bayu Kanetro, M.P.
3 Direktur Direktorat Marketing : Reny Yuniasanti, S.Psi.,M.Psi.
4 Wakil Direktur Marketing : M. Budiantara, SE.,M.Si.,Ak.
5 Koordinator Marketing & Kehumasan :
6 Koordinator Marketing Kampus I : Ir. FX. Suwarta, M.P.
7 Koordinator Marketing Kampus II : Nuryadi, S.Pd.Si.
8 Kepala LPPM : Dr. Ir. Ch. Wariyah, M.P.
9 Wakil Kepala LPPM : Awan Santosa, SE.,M.Sc.
10 Sekertaris LPPM : Dr. Hermayawati, S.Pd., M.Pd.
11 Ketua Pusat Studi Ketahanan Pangan : Dr. Ir. SH. Candra Dewi, M.Si.
12 Sekertaris Pusat Studi Ketahanan Pangan : Dr.Ir.Sri Hartati Candra Dewi,MP.
13 Ketua Pusat Studi Kewirausahaan : Awan Santosa, SE., M.Sc.
14 Sekertaris Pusat Studi Kewirausahaan : Santi Esterlita P., Psi., M.Si.
15 Direktur Directorat Information & Comunication Technology (ICT) : A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng.
16 Kepala Divisi Hardware & Jaringan : Imam Suharjo, ST.
17 Kepala Divisi Web : Ristalia Dwi Utami, S.Kom.
18 Kepala Divisi SIM & E-Learning : David Nugroho, Amd.
19 Kepala Bagian Perpustakaan : Ir. Bambang Sriwijaya, M.P.
20 Kepala UPT Kebun : Ir. Warmanti Mildaryani, M.P.
21 Kepala UPT Ternak : Ir. Niken Astuti, M.P.
22 Kepala Lab. Bahasa : Dr. Hermayawati, M.Pd.
23 Kepala Unit Bisnis : Ir. Munasir

Fakultas dan Jurusan[sunting | sunting sumber]

Fakultas Agroindustri[sunting | sunting sumber]

  • Agroteknologi
  • Industri Peternakan
  • Teknologi Pangan

Fakultas Psikologi[sunting | sunting sumber]

  • Psikologi

Fakultas Teknologi Informasi[sunting | sunting sumber]

  • Teknik Informatika
  • Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komunikasi[sunting | sunting sumber]

Dengan Minat Studi :

  • Public Relations
  • Visual Communication
  • Broadcasting
  • Marketing Communication & Advertising

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)[sunting | sunting sumber]

  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Matematika
  • Bimbingan Konseling
  • Ilmu Keolahragaan

Pascasarjana (S2)[sunting | sunting sumber]

  • Magister Psikologi
  • Magister Psikologi Profesi
  • Magister Ilmu Pangan

Organisasi Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

BEM Agroindustri

merupakan wadah bagi mahasiswa di lingkungan fakultas agroidustri yang didirikan baru tahun 2014. dimana BEM ini di didirikan untuk menampung aspiras mahasiswa di fakultas agroindustri pada khussnya.

DPM FIKOMED

Mengawasi segala kegiatan BEM dan HMPS Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia UMB Yogya Kampus 2.

BEM FIKOMED

Merupakan wadah bagi mahasiswa fakultas ilmu komunikasi dan multimedia UMB Yogya Kampus 2 untuk menyalurkan kreativitas mahasiswa dan menumbuhkan jiwa sosial masyarakat.

HMPS IKOM

Merupakan wadah bagi mahasiswa prodi ilmu komunikasi di lingkungan UMB Yogya Kampus 2.

KSR PMI[sunting | sunting sumber]

Unit Kegiatan mahasiswa KSR PMI (Kors Sukarela Palang merah Indonesia) merupakan Salah satu UKM yang Eksisis di UMB Yogya. Bergerak dalam bidang Kemanusiaan dibawah Naungan Palang Merah Indonesia [PMI] Berikut Portal Web KSR PMI UMBY Diarsipkan 2019-10-19 di Wayback Machine.

HMPS TI[sunting | sunting sumber]

Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMPS TI) merupakan organisasi mahasiswa yang dibentuk sebagai wadah bagi mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Ketua HIMASTI :

2011/2012 : Panji Leksono

2012/2013 : Gregorius Arief (setengah periode)

2012/2013 : Imanuel Alex Porsiana (setengah periode)

2013/2014 : Muhammad Abdurrohman Alhafidz (satu periode).

2014/2015 : Martina Lova (satu periode)

2015/2016 : Purnomo Lamala (sampai sekarang)

HMPS SI[sunting | sunting sumber]

Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (HMPS SI) adalah sebuah organisasi mahasiswa yang dibentuk sebagai wadah aspirasi mahasiswa jurusan Sistem Informasi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta khususnya Kampus 2 Gejayan. Ketua HMPS SI:

2011/2012 : Aditya Prima Sanjaya

2012/2013 : Diyan Ari Susanti

2013/2014 : Subahman

2014/2015 : -

=== Resimen Mahasiswa (Satuan Manggala yudha) ===Korps satuan manggala yudha

=== Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah salah satu di antara sejumlah kekuatan sipil untuk mempertahankan negeri. Ia lahir di perguruan tinggi sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata), beranggotakan para mahasiswa yang merasa terpanggil untuk membela negeri. Para anggota Menwa (wira) di setiap kampus membentuk satuan, yang disebut Satuan. Sebagai salah satu unit kegiatan kemahasiswaan, komandan satuan melapor langsung kepada rektor/pimpinan perguruan tinggi.☀ dengan semboyan "WIDYA CASTRENA DHARMA SIDHA" Penyempurnaan Pengabdian Dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan". ☀ dan menggala yudha sendiri BERPIKIR BERTINDAK BERBICARA YANG TERBAIK.... ☀web resmi http://manggalayudha35.blogspot.com/[pranala nonaktif permanen] dan fanpage https://www.facebook.com/satmenwa.umby ===

jajaran Komandan

1988-1989 : Edi Suprayitno

1990-1991 : Ahmad Nursirwan

1992-1993 : Amrullah

1993-1994 : jamahat Siagian

1994-1996 : M rozak

1996-1997 : Abdul majid

1997-1998 : Heru widodo

1998-1999 : Yusri Wiseno Adi

1999-2000 : Supratigno

2000-2001 : A fatih Effendi

2001-2002 : R Sutrisna Fitrianta

2002-2003 : Sabri Marli

2003-2004 : Petri Dwiyanto

2004-2005 : Agus Trihartanto

2005-2006 : Menik Rahayu

2006-2007 : Teguh Puji Suprayitno

2007-2008 : Iwan Prasetya

2008-2009 : Didik Purwanto

2009-2010 : Ahmad Afandi

2010-2011 : Ardian Windhi P

2011-2012 : Wahyu Adikuncara

2012-2013 : Ghofar ismail

2013-2014 : Eko Riyanto

2014-2015 (Juni) : Tri Darwaji

2015- : Kasno

Paduan Suara[sunting | sunting sumber]

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Nafiri didirikan pada tahun 1999. Nafiri dibentuk dari UKM lain yaitu Talenta (Nasrani) yang menyukai seni vokal namun juga bisa merangkul teman - teman selain agama Nasrani. Ketua :

  • 1999-2008 : [tidak diketahui]
  • 2009/2010 : Nelya Monteiro
  • 2010/2011 : Ni Putu Mariyenshi
  • 2011/2012 : Adinda Indira Roosmasari
  • 2012/2013 : Philipus Katem
  • 2013/2014 : Voryend Iin Pakpahan
  • 2014/2015 : Alvin Noor Arief
  • 2015/2016 : Muhammad Abdillah Jundi

Nafiri menjadi pengisi acara dalam pembukaan Museum Memorial HM. Soeharto tanggal 8 Juni 2013. Pada tanggal 20 November 2013, Nafiri mengikuti lomba paduan suara tingkat Kopertis V Daerah Istimewa Yogyakarta dan memperoleh peringkat ke 10.

Fasilitas Kampus[sunting | sunting sumber]

  • Perpustakaan
  • WiFi Internet Warnet UMBY NET
  • ATM BNI
  • Koperasi
  • Kantin
  • Sarana Olahraga : Bola Basket / Volley, Footsal
  • Kost Mahasiswa yang murah
  • Suasana alam pedesaan aman nyaman sejuk
  • Berbagai Laboratorium : Komputer, Fisika, Kimia, Psikologi, Pertanian, dll

Referensi[sunting | sunting sumber]

Situs menwa universitas mercu buana yogyakarta http://manggalayudha35.blogspot.com/ Situs Himasti UMBY universitas mercu buana yogyakarta http://himastiumby.com/ Diarsipkan 2014-06-12 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]