Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
ꦈꦤꦶꦮ꦳ꦼꦂꦱꦶꦠꦱ꧀​ꦄꦠ꧀ꦩ​ꦗꦪ​ꦔꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦠ
UAJYLOGOGRAM.png
Nama lain
UAJY
MotoServiens In Lumine Veritatis
(Melayani Dalam Cahaya Kebenaran)
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan27 September 1965 (56 Tahun)
RektorProf. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D
(sejak 26 Mei 2017)
Jumlah mahasiswa11.896 (2021)
Alamat
Jl. Babarsari No.44, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok 55281
, , ,
KampusUrban Daerah Istimewa Yogyakarta
BahasaBahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Bahasa Jawa
WarnaKrem     
AfiliasiAssociation of Christian Universities and Colleges in Asia, Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik, ASEACCU, IFCU, NUNI
Situs webwww.uajy.ac.id
UAJYVERTIKAL.png

Universitas Atma Jaya Yogyakarta, (bahasa Jawa: ꦈꦤꦶꦮ꦳ꦼꦂꦱꦶꦠꦱ꧀​ꦄꦠ꧀ꦩ​ꦗꦪ​ꦔꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦠ, translit. Univêrsitas Atma Jaya Ngayogyakarta) didirikan 27 September 1965 oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. Lima orang pendiri Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah:

  • Prof. R.A. Soehardi,S.H.
  • Drs. A.J. Liem Sioe Siet
  • A., Sutijoso, S.H.
  • Prof. Drs. Oey Liang Lee
  • Dr. Leo Sukoto, S.J.

Awalnya sebagai cabang Universitas Atma Jaya Jakarta, kemudian memisahkan dan menjadi independen di bawah Yayasan Slamet Rijadi pada tanggal 31 Agustus 1973. Dimulai dengan meminjam ruang kelas di IKIP Sanata Dharma, kini Universitas Sanata Dharma, pembangunan gedung kampus sendiri selesai pada tahun 1980 yang berlokasi di Jalan Demangan Baru 28, berseberangan dengan Universitas Sanata Dharma. Dengan semakin berkembangnya jumlah mahasiswa, pada tahun 1990 bertepatan dengan pesta peraknya, rektorat dan Fakultas Teknik menempati gedung baru di Jalan Babarsari. Pada tahun 1995, Fakultas Ekonomi dan Program Magister juga menempati gedung baru, di seberang gedung rektorat, juga di Jalan Babarsari Yogyakarta.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta berdiri pada tanggal 27 September 1965

Sejak 31 Agustus 1973 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Yogyakarta melepaskan diri dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya di Jakarta, dan berdiri sendiri sebagai Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Nama Atma Jaya diambil dari bahasa Sanskerta. Atma berarti jiwa dan Jaya berarti unggul; sehingga Atma Jaya berarti Jiwa yang Unggul. Motto: Serviens In Lumine Veritatis yang artinya melayani dalam cahaya kebenaran (serving in the light of truth).

Semua program studi S-1 dan S-2 telah terakreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Visi & Misi[sunting | sunting sumber]

Visi

Menjadi Komunitas Atma Jaya Yogyakarta yang berjiwa unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas serta mampu memberi sumbangan pada kualitas kehidupan yang lebih baik melalui pelayanan dalam cahaya kebenaran.


Misi

Memberikan sumbangan pada peningkatan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan ketrampilan profesional yang bermanfaat bagi martabat manusia melalui karya yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan semangat pelayanan dalam cahaya kebenaran.


Nilai

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memiliki tiga nilai dasar yaitu unggul, inklusif, dan humanis.

Nilai unggul memiliki makna bermutu atau lebih baik daripada yang lain. Dalam konteks UAJY nilai unggul dapat dimaknai bahwa UAJY memiliki mental sebagai juara (jiwa yang unggul) dan selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam karya pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, serta memiliki integritas dalam menjaga visi dan misi pendidikan berdasarkan ajaran Gereja Katolik dan UUD 1945. Bagi civitas akademika dan alumni UAJY, nilai unggul dimaknai dengan terbentuknya insan-insan yang memiliki daya saing tinggi, beriman, etis, dan berintegritas tinggi. Keunggulan UAJY berdimensi luas meliputi lokal, nasional, maupun internasional.

Nilai inklusif memiliki makna merangkul semua golongan dalam masyarakat. Dalam konteks UAJY nilai insklusif dapat dimaknai UAJY terbuka untuk pengembangan berbagai cabang ilmu pengetahuan dan terbuka untuk semua orang dari berbagai suku, ras, agama, nasionalitas, budaya, gender, maupun golongan untuk terlibat dalam karya pendidikan yang diselenggarakan UAJY. Setiap civitas akademika UAJY didorong untuk memiliki semangat bela rasa yang tinggi terhadap keberagaman dan budaya yang berbeda-beda.

Nilai humanis memiliki makna mengabdi pada kepentingan sesama manusia. Bagi UAJY nilai humanis direalisasikan melalui spirit serviens in lumine veritatis, yakni melayani dalam cahaya kebenaran. Pelayanan tersebut ditujukan kepada mereka yang membutuhkan dan dengan memperhatikan mereka yang kecil, lemah, miskin, tersingkir, dan difabel. Melalui pelayanan kepada sesama UAJY turut berkontribusi terhadap peningkatan dan pengembangan nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban yang lebih egaliter, adil, ramah lingkungan, dan dinamis.

Nilai integritas memiliki makna menjunjung tinggi prinsip-prinsip moral dan etika, kejujuran, kehandalan, konsistensi perkataan dan perbuatan, dan bertanggung jawab. Bagi UAJY, nilai ini meliputi baik integritas institusi maupun integritas personal. Integritas institusi mengandung makna bahwa UAJY selalu menjaga komitmen visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkannya dan bersikap profesional, mempertimbangkan kewajaran, rasa hormat dan kejujuran sebagai pedoman untuk setiap kebijakan, kegiatan dan dalam berhubungan dengan berbagai pihak. Integritas personal mengandung makna bahwa setiap individu yang terlibat dalam karya pendidikan UAJY dituntut untuk memiliki sifat-sifat jujur dan bertanggung jawab, bermoral baik, berkepribadian luhur, adil, berjiwa sosial, imiah, teguh pada pendirian serta bermental juara.


Visi UAJY dijiwai oleh semangat Katolik yang melayani dalam cahaya kebenaran dan menjaga pelestarian keutuhan ciptaan. Dalam kaitannya dengan pembentukan karakter lulusan UAJY, visi dan ciri khas Katolik ini perlu diperkuat dengan nilai-nilai yang spesifik dan khas agar lulusan UAJY memiliki kemampuan yang lebih relevan dengan tantangan Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0. Penguasaan Literasi Manusia, Literasi Data, dan Literasi Teknologi mendorong perlunya lulusan UAJY menjadi pribadi yang etis, kreatif, inovatif, adaptif, transformatif, kolaboratif, dan murakabi, dengan etos kerja yang unggul, yang mampu berkontribusi pada keberlanjutan kehidupan.

Identitas[sunting | sunting sumber]

Filosofi Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang lebih banyak menggunakan unsur-unsur garis lengkung yang lebih bersifat feminin sebagai ungkapan universitas sebagai almamater (ibu asuh). Secara geometris lambang yang memiliki bentuk yang simetris melambangkan kestabilan dari sebuah institusi. Secara keseluruhan merupakan gambar dari kuncup bunga, melambangkan bahwa sebuah universitas adalah wadah aktivitas yang mengembangkan generasi muda menuju masa depannya.

UAJYLOGOGRAM.png

Mahkota Bunga

Mahkota bunga terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut: Tujuh Sinar Roh Kudus yaitu sinaran (1) anugerah budi, (2) kebijaksanaan, (3) ilmu pengetahuan, (4) firman, (5) cinta kasih, (6) kekuatan dan (7) ketakwaan pada Tuhan.

Ketujuh sinar tersebut memancar dari tengah buku sebagai lambang bahwa misi pendidikan melekat dengan misi penyematan Allah melalui pengutusan Roh Kudus. Ketujuh sinar Roh Kudus memancar ke lingkaran yang melambangkan dunia. Pancaran sinar itu secara grafis dibuat sampai ke ujung batas dunia, melambangkan kesempurnaan yang hendak dicapai oleh misi pendidikan UAJY. Hal ini sesuai dengan salah satu misi UAJY yaitu Strive for Academic Excellence.

Pancaran ketujuh sinar tersebut dibuat cukup dominan, sehingga dari jarak jauh sekalipun akan tetap tampak jelas.

Teks Universitas Atma Jaya Yogyakarta ditulis membentuk setengah lingkaran di luar gambar dunia dengan latar belakang berbentuk silhouette bentuk mahkota uskup yang melambangkan universitas katolik ini berpartisipasi di dalam memberikan sumbangan pada kehidupan dan misi gereja universal.

Tangkai Bunga

Tangkai bunga terletak di bagian bawah yang merupakan stilasi dari ujung pena yang melambangkan karya utama dari universitas yaitu mewartakan (secara tertulis). Secara grafis ujung pena ini dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk silhouette dua burung merpati yang saling berhadapan. Kedua burung yang saling berhadapan ini melambangkan komunikasi dalam sebuah komunio sekaligus menyimbolkan kesetaraan egaliter, yang merupakan salah satu ciri dari kaum awam.

Kelopak Bunga (terdiri stilisasi dari gambar Buku – Sayap Burung – Tangan Menengadah)

Visualisasi ketiganya mempunyai bentuk simetris yang disatukan pada bagian dasar. Secara grafis diungkapkan dengan bidang putih dan garis-garis kontur untuk memberikan kesan dinamis yang mengesankan sayap yang terus mengepak, buku yang terus aktif dibuka dan tangan yang terus memohon.

Makna Warna

Warna yang ditampilkan dalam logo adalah warna biru, kuning dan putih. Biru dan kuning adalah warna-warna primer yang dapat digunakan sebagai stimulus yang kuat.

  1. Warna biru adalah salah satu warna yang digunakan dalam logo UAJY. Warna ini merepresentasikan kekuatan, kestabilan, kebijaksanaan, serta spiritualisme. Hal ini sesuai dengan nama, “atma jaya” yaitu “jiwa yang unggul” atau “roh yang menang”.
  2. Warna lain yang digunakan adalah kuning. Warna ini melambangkan kejayaan, keagungan, keutamaan, serta melambangkan intelektualitas. Warna ini sesuai dengan misi, visi dan falsafah UAJY sebagai institusi pendidikan yang seluruh kegiatannya dilandasi oleh semangat Yesus Kristus, yaitu semangat kerasulan yang dijiwai iman Katolik sebagai basis moral dan operasional.
  3. Warna putih, merupakan warna yang melambangkan kesucian.
  4. Penggunaan warna biru sebagai warna lembut dengan warna kuning sebagai warna hangat merupakan perpaduan dari dua sisi yang saling melengkapi, dan berguna untuk memberikan skema yang seimbang.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Program Sarjana[sunting | sunting sumber]

  1. Fakultas Teknik
    1. Teknik Sipil (Akreditasi A)
    2. Teknik Sipil Internasional (Akreditasi A)
    3. Teknik Arsitektur (Akreditasi A)
  2. Fakultas Ekonomi Diarsipkan 2019-01-13 di Wayback Machine.
    1. Manajemen (Akreditasi A)
    2. Manajemen Internasional (Akreditasi A)
    3. Akuntansi (Akreditasi A)
    4. Akuntansi Internasional (Akreditasi A)
    5. Ilmu Ekonomi (Akreditasi A)
  3. Fakultas Hukum
    1. Ilmu Hukum (Akreditasi A)
  4. Fakultas Teknobiologi
    1. Biologi (Akreditasi A)
  5. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
    1. Teknik Industri (Akreditasi A)
    2. Teknik Industri Internasional (Akreditasi A)
    3. Teknik Informatika (Akreditasi A)
    4. Sistem Informasi (Akreditasi B)
  6. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
    1. Komunikasi (Akreditasi A)
    2. Sosiologi (Akreditasi A)
  7. Fakultas kedokteran (soon)

Program Magister[sunting | sunting sumber]

  1. Program Magister Manajemen Akreditasi A
  2. Program Magister Teknik Sipil Akreditasi B
  3. Program Magister Teknik Arsitektur Akreditasi A
  4. Program Magister Ilmu Hukum Akreditasi A
  5. Program Magister Teknik Informatika Akreditasi B
  6. Program Magister Ilmu Komunikasi Terakreditasi A
  7. Program Magister Teknik Industri

Kampus[sunting | sunting sumber]

Kampus 1 - Gedung Alfonsus Mrican
Kampus 2 - Gedung Thomas Aquinas Babarsari
Kampus 3 - Gedung Bonaventura Babarsari
Kampus 4 - Gedung Teresa Babarsari

Unit Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

  • Aikido
  • Atma Jaya Photography Club
  • Basket
  • Bulutangkis
  • Debat
  • Karate
  • Koperasi Mahasiswa
  • Kyokushinkai
  • Marching Band
  • Merpati Putih
  • Paduan Suara Mahasiswa
  • Palawa
  • Pasti
  • Pro Patria
  • Renang
  • Selam
  • Seni Budaya Nusantara
  • Sepak Bola
  • Tae Kwon Do

Komunitas[sunting | sunting sumber]

  • Tari
  • Leaders Comunity
  • Lembaga Belajar Mahasiswa
  • Atma Jaya Movement
  • Mahasiswa PSSB
  • Mahasiswa BIDIKMISI
  • FORKOMI
  • KMHD Mahasiswa
  • Kamadhis / KDJU
  • PMK Melisia Christi
  • PMK Oikumene
  • Joy Fellowship
  • PD Missio Dei
  • Misa Kampus
  • Garuda Katolik

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Prestasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Nama Unit Prestasi
Lince Ria Sitohang dan Febriyanti Vera Mahasiswa akhir Fakultas Teknobiologi (FTB) “The Best Student Presentation”  10th Asian Raptor Research and Conservation Network (ARRCN) Symposium di Ateneo de Davao University, Filipina pada 18-22 Oktober
Andy Maulana Arman, Taufik Martha Andrianta, Kevin Marihot Hasudungan Aritonang Komunitas Hapkido UAJY. Medali emas dan Medali perunggu dalam kategori hoshinsul senior  pada Kejuaraan Nasional Hapkido Indonesia di Gedung Multi Purpose UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 26-27 Agustus.
Laurentius Dimas Mahasiswa semester 7 Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Lolos proposal penelitian dalam program Indofood Riset Nugraha (IRN) yang diadakan oleh Indofood
F. Anita Herawati, S.I.P., M.Si. dan Ina Nur Ratriyana, M.A. Dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Berhasil mendapatkan hibah dari British Council pada acara forum Science Journalism Workshop yang digelar Sabtu (19/8) di Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.
PKM Karsa Cipta oleh  Bapak Kristanto Agung Nugroho selaku dosen pembimbing  dan Juan Pranajaya, I Dewa Putu Gede Raditya Wijaya, Eleonora Maria, dan Pradisty Herlina Setiabudi mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Program Kreativitas Mahasiswa Merancang game untuk pasien stroke dengan menggunakan Kinect yaitu  Dengan menciptakan game virtual rehability. July 2017
Kumpulan Tulisan para mahasiswa (71 orang) yang mengambil mata kuliah Penulisan Naskah Feature (PNF) serta Birgitta B. Puspita, dosen pengampu mata kuliah PNF. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Meluncurkan sebuah buku berjudul “Kisah di Bawah Langit”. Resmi diluncurkan pada Senin (12/6) di Kedai Laliwayah, Yogyakarta.
Marcelino Giovano, Ricky Dwi Haryanto , Rio Ardy, Hosang Maxtien Mourend,  Robertus Aditya Nugroho, Tri Wahyu Andi Santoso, Patrick Arsy Pratama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bulu Tangkis Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Tempat  ketiga dalam LIMA Badminton CJYC 2017 Kaskus Yogyakarta Subconference yang diadakan pada Sabtu (1/4) hingga 7 April bertempat di GOR Lembah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (PSM UAJY) binaan pelatih Yason Christy Pranowo UKM Paduan Suara Mahasiswa Gold Medal and Winner of Championship kategori Folklore dalam Asia Pasific Choir Games dengan nilai 90.00, Gold Medal and Winner kategori Folklore dalam Grandprix of Nations dengan nilai 94.70, dan Gold Medal kategori Mixed Youth dalam Grand Prix of Nations dengan nilai 86.10 di Asia Pasific Choir Games (APCG) dan Grand Prix of Nations di Colombo, Srilanka pada 21–28 Oktober 2017.
Tim Putera  dan Tim Putri UAJY Basketbal UKM Basket UAJY Juara 3 Putra dan Juara 3 Putri Pada Liga Mahasiswa (LIMA) Regional Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta 2017 di GOR Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.
Hastya Varani UKM Taekwondo Medali perunggu dalam kategori Kyoruki Wanita Under 57 kg di 15th International Clubs Open Taekwondo Championship 2017 pada tanggal 7–11 September 2017 yang diselenggarakan di Stadium Badminton Kuala Lumpur Malaysia.
Alfonsus Edo Winardi, Mahasiswa Program Studi Manajemen dan Pangisi Yando Oktoriyanando, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (UKM) Taekwondo Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Pada kategori Geup Poomsae Individual Senior I dan Geup Poomsae Individual Senior,  mendapatkan Medali Emas dalam ajang “2017 Chungdokwan World Taekwondo Competition” yang diadakan pada tanggal 21 – 24 Juli 2017 di Seongnam Gymnasium, Korea Selatan.
Illaria Montagna Mahasiswa Program Beasiswa Darmasiswa RI – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Juara IV Lomba Penulisan Jurnal Bahasa Indonesia “Catatan Darmasiswa: Hidup dan Kehidupan Indonesia.” diselenggarakan oleh Sekretariat Program Beasiswa Darmasiswa RI – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada 8-9  Mei 2017 di Universitas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM
Mifthakul Mukhasanah, Sherly Margaretha dan Agung Budi Sanjaya Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Sipil, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Juara I dalam kategori lomba Beton Mutu Tinggi dan Juara II dalam kategori Lomba Estimasi Biaya Proyek.  dalam ajang Civil National Expo 2017 yang diadakan oleh Universitas Tarumanegara (Untar) pada tanggal 5 dan 6 Mei 2017
Emily Florentyna Mahasiswa FISIP UAJY Angkatan 2013 Advertising Silver Kategori Print Ad dalam ajang lomba design Bhratika Fest 2017. diadakan oleh Universitas Kristen Petra Surabaya, dengan mengambil tema Wanifesto
Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Menjadi salah satu dari sepuluh Prodi penerima hibah penyusunan Kurikulum dan Modul Matakuliah Bermuatan Pendidikan Karakter Kebangsaan dan Beriorentasi KKNI (KMPKK KKNI) yang diadakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Dana hibah yang didapatkan oleh setiap prodi sebesar Rp100.000.000,- dengan rincian penyusunan kurikulum sebesar Rp50.000.000,- dan penyusunan modul matakuliah sebesar Rp50.000.000,-. November 2016
Elvina Oktaviani, Juanarta Angga Wijaya, dan Tegar Yuda Aditama Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UAJY Juara I dalam kompetisi Ikom Bavery Competition (I-Bravery) yang diselenggarakan oleh Universitas Telkom Bandung. November 2016
Trevi Arga Kurniawan, Maria Ratna Puspitasari, dan Deonisius Pradipta Aprisa, Dionysius Edna Hartyan, Leodevik Nio Derianto, dan Adrianus Brian Abhisa, RM Parikesit Surya A, Dieva Krisna, dan Gabriel Selo Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta Tim dari Maria Ratna mendapatkan predikat sebagai Juara II, tim dari Adrianus Brian mendapatkan predikat sebagai Juara III, dan tim dari RM Parikesit meraih Juara Harapan I Pada Ajang kompetisi beton (concrete) CIVIL FEST 2016 yang diselenggarakan Universitas Pembangungan Nasional di Jawa Timur (UPN JATIM).
Robertus Andrianto, Winsen Halim, dan Vandono Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Tim Kopi Jahe berhasil memenangkan juara I kompetisi Iclamation 2016 tentang Investor Club Capital Market Competition yang diadakan pada Kamis (24/11) sampai dengan Jumat (25/11) di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
Hendy Sebastian, Michael Boenardi, Nicolas, Rafael Dwijaya Karto Singgih mahasiswa Fakultas Teknik UAJY dan mahasiswa arsitektur Juara III Indocement Award kategori Fabricated House Competition 2016 yang diselenggarakan oleh P.T. Indocement Tunggal Prakarsa

Dan masih banyak lagi...

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]