Lembaga Pendidikan Perkebunan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) yang merupakan asosiasi milik BUMN Perkebunan, merupakan sebuah lembaga pendidikan yang diperuntukkan bagi karyawan industri perkebunan. Lembaga ini telah beridiri sejak tahun 1950. Sebelumnya, nama lembaga ini adalah College Gula Negara (CGN).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah LPP diawali oleh berdirinya College Gula Negara (CGN) pada tahun 1950, untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli bidang industri gula pasca rasionalisasi perusahan-perusahaan eks Belanda yang kemudian diubah menjadi Akademi Gula Negara (AGN) tahun 1961. Pada waktu itu AGN telah berhasil meluluskan tenaga-tenaga ahli di bidang industri gula. Sejalan dengan perkembangan kebutuhan SDM yang profesional untuk pembangunan industri perkebunan secara umum, AGN kemudian dikembangkan dan diubah menjadi Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) pada tahun 1970[1].

LPP saat ini[sunting | sunting sumber]

LPP yang merupakan asosiasi milik BUMN Perkebunan telah mampu mengembangkan kompetensi serta memperluas layanan diklat dan konsultansinya. Tanpa meninggalkan core business LPP pada layanan diklat dan konsultansi bidang agribisnis perkebunan, LPP juga terbukti mampu melayani dan memperluas bidang layanan diklat maupun konsultansinya pada pengembangan SDM, manajemen bisnis, dan teknologi non perkebunan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]