Indonesia International Institute for Life Sciences

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lokasi
Jakarta
Logo i3L

Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) adalah institusi pendidikan dan penelitian yang didedikasikan untuk penyelenggaraan pendidikan dan penelitian berkualitas yang berpusat di Jakarta – dengan fasilitas-fasilitas satelit untuk penelitian laut, hutan, dan kesehatan serta jaringan internasional yang terdiri dari pengajar berkelas dunia, pemimpin-pemimpin sektor swasta, dan berbagai mitra penelitian. Dilengkapi dengan fasilitas kelas dunia dan pengajar dengan jumlah publikasi jurnal ilmiah yang terbesar di Indonesia, i3L merintis pengembangan kemampuan dan kapasitas riset yang belum pernah dicoba sebelumnya di Indonesia dengan penekanan pada kompetensi global, kewirausahaan, dan integrasi kegiatan pendidikan dan penelitian untuk menghasilkan kepemimpinan ilmiah yang siap menghadapi tantangan abad ke-21. Perkuliahan di i3L sendiri menggunakan bahasa inggris mulai dari test masuk, pembelajaran sehari-hari serta ujian.

Kampus i3L merupakan hasil kolaborasi antara Indonesia dan Karolinska Institute dan Swedish University of Agriculture Sciences (SLU), Swedia[1][2][3].

Life Sciences di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Life sciences adalah bidang studi yang menuntut studi sistematis dan holistik organisme hidup, yang telah memfasilitasi terobosan-terobosan ilmiah dengan dampak yang tinggi terhadap kesehatan manusia dan perbaikan kualitas hidup, serta peningkatan daya saing ekonomi nasional melalui pendalaman pemahaman mekanisme biologis – yang sekaligus menciptakan kesempatan-kesempatan kewirausahawan dan bisnis-bisnis multi-miliar dolar. Indonesia, negara dengan kelas menengah muda dan berkembang, dan keanekaragaman hayati tertinggi kedua di dunia, menawarkan potensi karier yang unik untuk lulusan life sciences berkualitas global yang dapat memperkenalkan potensi alam Indonesia ke dunia yang lebih luas melalui penelitian berkualitas tinggi – dan produk dan jasa yang inovatif melalui kegiatan kewirausahaan.

i3L dibuat dalam konteks pertumbuhan dan perkembangan yang pesat di Indonesia, dan dengan dukungan penuh dari pemerintah Indonesia dan sektor swasta, guna menghasilkan generasi ilmuwan dan pengusaha berikutnya yang tertanam secara lokal dan terhubung secara global.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Indonesia International Institute for Life Sciences berlokasi di Jalan Pulomas Barat, Kav. 88, Jakarta Timur, 13210, Indonesia.[4]

Program studi[sunting | sunting sumber]

Indonesia International Institute for Life Sciences menawarkan pendidikan sarjana dengan 7 program studi jenjang Strata 1, yaitu:Program Studi

1. Ilmu Pangan (Food Science)

Bidang ilmu pangan meliputi pengetahuan kimiawi dan sifat fisik dari makanan – prinsip-prinsip pengolahan makanan dan pengembangan produk makanan baru dan yang lebih baik. Ilmu pangan telah menjadi area penting dalam menciptakan bisnis konsumen dengan pertumbuhan tinggi dan perbaikan dalam nutrisi dan kesehatan manusia melalui perbaikan dalam profil gizi, teknik pelestarian, dan produktivitas.

Program Ilmu Pangan di i3L dikembangkan bersama dengan Swedish University of Agricultural Sciences (SLU), yang secara konsisten menduduki ranking terbaik di antara yang terbaik di dunia dalam bidangnya, dalam rangka menyediakan lulusan dengan pemahaman global mutakhir yang holistik dalam disiplin ilmu tersebut. Siswa akan mempelajari fundamental dari ilmu pangan, nutrisi, kimia, fisika, mikrobiologi, dan kewirausahaan untuk memungkinkan siswa sukses dalam karier di penelitian dan bisnis.

2. Teknologi Pangan (Food Technology)

Teknologi pangan adalah ilmu terapan solusi teknis baru untuk panen, pengolahan dan pengangkutan bahan makanan dan pemprosesannya menjadi produk konsumen – mulai dari pemanenan sampai pembuatan makanan. Teknologi pangan merupakan area yang penting, khususnya di Indonesia, karena teknologi makanan berada di garis depan rantai pasokan dan manufaktur yang terus-menerus berinovasi untuk melayani pertumbuhan tinggi industri dan populasi.

Program Teknologi Pangan di i3L dikembangkan bersama dengan Swedish University of Agricultural Sciences (SLU), yang secara konsisten menduduki ranking terbaik di antara yang terbaik di dunia dalam bidangnya, dalam rangka menyediakan lulusan dengan pemahaman global mutakhir yang holistik dalam disiplin ilmu tersebut. Siswa akan belajar teknik pemanenan, penanganan, pelestarian, pengolahan, pengemasan dan distribusi makanan dan minuman untuk memungkinkan mereka mengambil peran kepemimpinan dalam industri dan akademisi.

3. BioMedis (BioMedicine)

Biomedis adalah nama kolektif untuk semua mata pelajaran biologi yang berhubungan dengan kesehatan manusia dan kesejahteraannya meliputi analisis dan modifikasi bahan hidup untuk aplikasi obat terapeutik. Ilmuwan biomedis telah bertanggung jawab untuk inovasi yang telah memberantas penyakit, mengurangi angka kematian bayi, dan meningkatkan ekspektasi hidup rata-rata di seluruh dunia.

Dalam program biomedis di i3L, siswa akan mempelajari biologi, kimia dan fisiologi organisme hidup, analisis biologis dan teknik manipulasi, serta pemanfaatan obat-obatan, terapi, dan rekayasa genetika untuk mengatasi kebutuhan kesehatan saat ini dan masa depan. Lulusan dari program ini akan berkompeten untuk mengisi peran-peran penelitian dan manajemen dalam industri, akademisi, lembaga kebijakan, dan pemerintahan.

4. BioTeknologi (BioTechnology)

Bioteknologi adalah sebuah ilmu disiplin yang terletak di persimpangan biologi dan teknologi – meliputi interaksi antara manusia dan mesin. Memanfaatkan aplikasi biologis teknologi dan aplikasi teknologi biologi, ilmuwan bioteknologi telah bertanggung jawab untuk terobosan inovasi berdampak tinggi termasuk alat pacu jantung, sendi buatan, biofuel, dan pemetaan genom manusia.

Siswa BioTeknologi di i3L akan belajar dasar-dasar biologi dan teknologi, berinteraksi dengan para ahli internasional dan pemimpin dalam fasilitas mutakhir i3L, dan terlibat dalam bioteknologi translasi dalam rangka mempersiapkan mereka untuk karier internasional di laboratorium, perusahaan, start-up, LSM, dan kelompok pemikir.

5. BioInformatika (BioInformatics)

BioInformatika adalah bidang menarik yang berdiri pada antarmuka antara biologi, matematika dan ilmu komputer. Siswa yang menghadiri program BioInformatika akan belajar metode inovatif untuk mengumpulkan, menyimpan, mengorganisir, dan menganalisis data biologis untuk menghasilkan kesimpulan yang berguna yang membantu memudahkan dan mempercepat inovasi dalam life sciences.

6. BioEntrepreneurship (BioEntrepreneurship)

Bidang BioEntrepreneurship berdiri pada antarmuka antara bisnis, biologi, kimia dan teknik – dan pembentukan kewirausahaan yang sukses membawa inovasi ilmiah dan penemuan ke dunia bisnis.

Tujuan dari program Bio Entreprenuership di i3L adalah untuk mengajar calon pengusaha kemampuan identifikasi yang efektif untuk menangkap dan menerjemahkan inovasi dan peluang life sciences ke dalam dunia bisnis.

7. Farmasi (Pharmacy)

Dosen tetap[sunting | sunting sumber]

  1. Matteo Morello, Ph.D.
  2. Iwan Surjawan, Ph.D.
  3. Agus Budiawan Naro Putra, M.Agr., Ph.D.
  4. Rusdianto Budiraharjo, Ph.D.
  5. Irnayuli Sitepu, Ph.D.
  6. Amadeus Yeremia Pribowo, Ph.D.
  7. Kholis Abdurachim Audah, Ph.D.
  8. Victor Christoff de Vries, Ph.D.
  9. Solmaz Aslanzadeh, Ph.D.
  10. Ir. Siti Muslimatun M.Sc., Ph.D.
  11. Richard Sutejo, Ph.D.
  12. Dias Rima Sutiono S.Pd, M.Si.
  13. Victor Aprilyanto M.Sc.
  14. Gabriella Gita Febriana, S.Si., Mres
  15. Indra Bachtiar, Ph.D.Dosen tetap

Beasiswa[sunting | sunting sumber]

Untuk menghargai siswa dengan prestasi atau dedikasi dalam Life-Sciences yang luar biasa, i3L menawarkan beberapa jenis beasiswa:Beasiswa

Beasiswa Penuh[sunting | sunting sumber]

Jenis Beasiswa: i3L Future Science Leader: gratis 100% Biaya Kuliah selama 4 tahun

Persyaratan:

  • Nilai rata-rata Ujian Nasional SMA minimal 75
  • Harus lulus Tes Masuk i3L dengan nilai min 80 untuk setiap tes (Academic Potential Test, Information Retrieval Ability, Essay)
  • Harus memiliki research proposal atau business plan di bidang life-sciences (boleh dalam ide atau proyek yang pernah dilakukan)
  • Mendapatkan hasil interview yang baik

Jenis Beasiswa: i3L National Science Olympic Appreciation: gratis 100% Biaya Kuliah selama 4 tahun

  • Harus lulus Tes Masuk i3L dengan nilai min 80 untuk setiap tes (Academic Potential Test, Information Retrieval Ability, Essay)
  • Wajib memiliki pengalaman berpartisipasi dalam kompetisi life-science nasional atau internasional semasa SMTA
  • Mendapatkan hasil interview yang baik

Beasiswa Parsial[sunting | sunting sumber]

  • Jenis Beasiswa i3L Top Rank Top School: beasiswa 50% untuk Biaya Kuliah. Persyaratan:
    • Mendapat ranking 5 besar saat kelas 11 dan disertai surat keterangan dari sekolah. Hanya Sekolah terpilih yang termasuk dalam kategori Top School.
    • Harus lulus Tes Masuk i3L dengan nilai min 75 untuk setiap tes (Academic Potential Test, Information Retrieval Ability, Essay)
    • Pengalaman berpartisipasi dalam kompetisi life-sciences di tingkat nasional atau internasional merupakan nilai tambahan
  • Jenis Beasiswa i3L Parents Appreciation: beasiswa 30% untuk Biaya Kuliah. Persyaratan:
    • Harus lulus Tes Masuk i3L dengan nilai min 75 untuk setiap tes (Academic Potential Test, Information Retrieval Ability, Essay)
    • Orang tua harus berprofesi dalam: Perusahaan Life-Sciences (contoh: Kalbe, Kimia Farma, Tempo Scan, Dexa Medica, Pharos), atau merupakan Ilmuwan di bidang Life-Sciences
    • Pengalaman berpartisipasi dalam kompetisi life-science di tingkat nasional atau internasional merupakan nilai tambahan

Kerjasama dengan Universitas Asing[sunting | sunting sumber]

Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) bekerja sama dengan beberapa universitas asing, antara lain:

Referensi[sunting | sunting sumber]

i3L|Message from President

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs web resmi