Universitas Nusantara Manado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Universitas Nusantara Manado

Logo UN.jpg
Didirikan 13 Juli 1995
Jenis Universitas Swasta
Rektor Lucky Mangkey, SE, M.Kom
Alamat Jalan Raya Lengkong Wuaya, Manado, Sulawesi Utara, Indonesia
Telepon (0431) 3670806
Situs resmi www.nusantara.ac.id

Universitas Nusantara Manado, adalah perguruan tinggi swasta di Manado, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1995. Rektor pada tahun 2010 adalah Drs. Yosias Eldrich Teddy Manueke, MM. Saat ini rektor UN ke-2 untuk periode 2011-2015 dijabat oleh Lucky Mangkey, SE, M.Kom DEA.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Atas berkat rahmat ALLAH Yang Maha Kuasa, sehingga Universitas Nusantara (UN) dapat berdiri sejak tanggal 13 Juli 1995 oleh Yayasan Bakti Nusantara Manado berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 78/D/O/96 tanggal 4 Desember 1996 dan menjadi bagian dari elemen bangsa Indonesia untuk mencapai cita - cita yang telah di rumuskan sejak memproklamirkan kemerdekaannya, yakni menuju masyarakat adil dan makmur. Sebagai bagian dari elemen pejuang untuk mengisi kemerdekaan, Universitas Nusantara (UN) telah menyelenggarakan visi dan misinya dengan cita - cita luhur pendiri bangsa ini agar penyelenggaraannya tetap selaras dengan cita - cita bangsa Indonesia.

Dengan tetap menjunjung tinggi Pancasila dan Undang - Undang Dasar 19945, Universitas Nusantara (UN) dalam penyelenggaraannya bertekad untuk tetap setia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, tunduk pada tatanan hukum Negara Indonesia sejauh tidak menyimpang dari Undang - Undang Ilahi yang di tuangkan dalam AlKitab, yang di yakini pendirinya sebagai sumber dari segala sumber hikmat dan akal budi. Dalam kiprahnya yang berembrio di daerah, Universitas Nusantara(UN) di cita - citakan bukan hanya menunjukkan kiprahnya di kancah pendidikan Sulawesi Utara tetapi juga bisa mewarnai pendidikan Nasional dan dunia dengan terus berpedoman pada Tujuan Pendidikan Nasional dan menjunjung tinggi etika Ilmu Pengetahuan.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan yang pendirinya adalah penganut kristiani, Universitas Nusantara (UN) menganut filosofis pendidikan Kristen dengan standar Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, yakni "Pendidikan yang benar adalah mengembalikan peta Allah (Imange of God) yang telah hilang di Eden ", untuk menjawab kebutuhan dunia akan manusia - manusia yang tidak dapat di perjualbelikan, manusia yang dalam sanubarinya setia dan jujur, manusia yang berani menyebut dosa dengan namanya yang sebenarnya, manusia yang angan - angan hatinya setia kepada tugas seperti jarum kompas yang selalu menunjuk ke kutub, manusia yang mau berdiri demi kebenaran walau langit runtuh sekalipun.

Untuk menjaga kelestarian dalam setiap pengambilan langkah agar tidak menyimpang dari cita - cita semula saat pendiriannya, maka disusunlah suatu Statuta Universitas Nusantara yang menjadi dasar penyelenggaran di Universitas Nusantara sehingga diharapkan semuanya dapat di selenggarakan dengan berlandaskan kasih.

Makna Lambang UN[sunting | sunting sumber]

Makna Elemen Lambang Universitas Nusantara :

Bentuk Segi Lima, berarti menjunjung tinggi Pancasila sebagai satu - satunya azaz.

Buku terbuka, mengartikan Alkitab sebagai buku di atas buku

Tunas kelapa yang tumbuh subur, mengartikan terus berkembang dan berguna bagi masyarakat.

Nyala Api, mengartikan semangat yang terus menyala.

Siratan UN, mengartikan pengelolaan waktu selama 7 hari dalam sepekan.


Makna Warna dari Lambang Universitas Nusantara:

Warna Hijau, mengartikan kesungguhan, kesehatan, kesetiaan dan keabadian.

Warna Kuning, mengarikan kegemilangan.

Warna Putih, mengartikan kemurnian dan ketulusan.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas Nusantara Manado memiliki 5 fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Pertanian
  3. Fakultas Ilmu Komputer
  4. Fakultas Ekonomi
  5. Fakultas Sastra

Pranala luar[sunting | sunting sumber]