Universitas Katolik Soegijapranata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang
Unika Soegijapranata.png
Moto Talenta pro patria et humanitate
Moto dalam bahasa Indonesia Talenta untuk tanah air dan kemanusiaan
Didirikan 5 Agustus 1982
Jenis Perguruan Tinggi Terakreditasi A
Rektor Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya, SE., S.Kom., MS-IEC
Lokasi Jl. Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan DuwurSemarang, Jawa Tengah, Indonesia
Warna      Ungu
Situs web www.unika.ac.id

Universitas Katolik Soegijapranata adalah sebuah perguruan tinggi Katolik terkemuka di Indonesia yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah dan berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang (Archdiocese of Semarang). Universitas ini merupakan kelanjutan dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Cabang Semarang yang lahir tahun 1964 dan yang kemudian berubah menjadi Institut Teknologi Katolik Semarang (I.T.K.S.) pada tahun 1973.

Pada tanggal 5 Agustus 1982 dengan Surat Keputusan Mendikbud RI tanggal 24 September 1983 Nomor.0400/0/1983, I.T.K.S. berubah nama menjadi Universitas Katolik Soegijapranata.

Universitas Katolik Soegijapanata merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang memiliki motto: "Talenta Pro Patria et Humanitate" (talenta terbaik dipersembahkan demi bangsa-negara serta kemanusiaan). Adapun universitas ini memiliki jaringan kerjasama yang luas baik di dalam maupun di luar negeri.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di awal berdirinya, Universitas Katolik Soegijapranata yang berlokasi di Jl. Pandanaran 100 Semarang terdiri dari tiga Fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi. Seiring dengan perkembangan Universitas, sejak pertengahan dekade 1990 seluruh aktivitas UNIKA Soegijapranata dipusatkan di Kampus Bendan Dhuwur dan hingga saat ini Kampus Bendhan Dhuwur menjadi pusat kegiatan akademis perguruan tinggi ini.

Nama "Soegijapranata" diambil dari nama Mgr. Alb. Soegijapranata, SJ, seorang imam dan Uskup Agung pribumi pertama yang menjadi tokoh dan pahlawan nasional. Soegijapranata lahir di Surakarta, 25 November 1896. Masuk sebagai novis Serikat Yesus di Mariendaal, Grave, Belanda pada tanggal 27 September 1920. Ditabiskan sebagai Imam pada tanggal 15 Agustus 1931 dan pada tanggal 20 September 1940 sebagai Uskup Agung Semarang.

Perjuangan dan perhatian dia dalam dunia pendidikan merupakan kelanjutan dari sikap gurunya, Romo Frans Van Lith, SJ. Salah satunya adalah perjuangannya dalam mengangkat dua perguruan tinggi Katolik tertua. Universitas Parahyangan Bandung dan IKIP Sanata Dharma Yogyakarta (sekarang Universitas Sanata Dharma) hingga memperoleh status disamakan dengan perguruan tinggi negeri. Melalui nama "Soegijapranata" inilah, Unika Soegijapranata berkehendak untuk meneruskan semangat perjuangan Mgr. Alb. Soegijapranata, SJ sebagai pelindung universitas. Adapun film yang mengangkat kisah hidup Mgr. Albertus Soegijapranata yang merupakan pelindung dari Universitas Katolik Seogijapranata sendiri telah diangkat ke layar lebar pada tahun 2012 lalu. Film berjudul "Soegija" tersebut disutradarai oleh Garin Nugroho dan mendapat sambutan yang sangat baik dari seluruh pecinta film di negeri ini dimana tercatat lebih dari 500.000 penonton telah menyaksikan film ini secara langsung di bioskop-bioskop seluruh Indonesia.

Program Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Hingga saat ini Unika Soegijapranata mengelola 18 Program Studi Sarjana, 1 Program Studi Diploma III, dan 8 Program Magister.

  • Fakultas Arsitektur & Desain
    • Program S-1 Arsitektur
    • Program S-1 Desain Komunikasi Visual
  • Fakultas Teknik
    • Program S-1 Teknik Sipil
    • Program S-1 Teknik Elektro
    • Program S-1 Robotik dan Mekatronik
  • Fakultas Hukum dan Komunikasi
    • Program S-1 Ilmu Hukum
    • Program S-1 Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    • Program S-1 Manajemen
    • Program S-1 Akuntansi
    • Program D-3 Perpajakan
  • Fakultas Psikologi
    • Program S-1 Psikologi
  • Fakultas Ilmu Komputer
    • Program S-1 Teknik Informatika
    • Program S-1 Sistem Informasi
    • Program S-1 Game Technology
    • Program S-1 Mobile Computing
  • Fakultas Teknologi Pertanian
    • Program S-1 Teknologi Pangan
    • Program S-1 Nutrisi dan Teknologi Kuliner
  • Fakultas Sastra
    • Program S-1 Sastra Inggris
    • Program S-1 Englishpreneurship

Program Pasca Sarjana:

  1. Magister Lingkungan dan Perkotaan (M.Si.)
  2. Magister Sains Psikologi (M.Si.)
  3. Magister Profesi Psikologi (M.Psi.)
  4. Magister Hukum Kesehatan (M.H)
  5. Magister Manajemen (M.M.)
  6. Magister Akuntansi (M.Akt)
  7. Magister Arsitektur (M.Ars.)
  8. Magister Teknologi Pangan (M.TP)

Kerjasama Internasional[sunting | sunting sumber]

Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, kerjasama internasional juga dijalin oleh Unika Soegijapranata dengan berbagai insititut pendidikan terbaik di seluruh penjuru dunia. Kerjasama yang terjalin meliputi: memorandum of understanding, student and faculty exchange, scholarships, value sharing, serta international conference participation. Selain itu tergabungnya Universitas Katolik Soegijapranata ke dalam jaringan universitas internasional seperti ASEACCU (Association of South East and East Asia Catholic Colleges and Universities) serta ACUCA (Association of Christian Universities and Colleges in Asia) semakin memperluas afiliasi universitas ini sehingga program-program seperti student exchange dan international conference menjadi agenda wajib di setiap semester.

  1. Netherlands : Vrije University of Amsterdam, Radboud University of Nijmegen, Wageningen University
  2. USA : Youngstown State University Ohio, Bowling Green State University Ohio, Eckerd College Florida
  3. Australia : Australian Catholic University, University of Notre Dame
  4. Taiwan : Providence University, Fu Jen Catholic University, Wenzao Ursuline School of Languages, Chung Yuan Christian University, Soochow University
  5. South Korea : Namseoul University, Hanyang University, Catholic University of Korea, Soongsil University, Ewha Womans University, Handong Global University
  6. Japan : Sophia University, International Christian University
  7. Singapore : National University of Singapore
  8. Malaysia : University of Malaya
  9. Thailand : Assumption University of Bangkok, Mahidol University
  10. Philippines : De La Salle University, St. Thomas University of Manila, University of the Philippines, Miriam College, Ateneo de Manila University, UP Los Banos Philippines
  11. East Timor : Dilli Institute of Technology

Unit Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Universitas Katolik Soegijapranata memiliki berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berfungsi sebagai tempat aktualisasi diri para mahasiswanya. Dengan mengikuti UKM yang ada, mahasiswa tidak hanya akan memperoleh soft skill yang berkualitas, tetapi juga kemampuan berorganisasi dan pengendalian diri yang amat bermanfaat bagi karier para peserta didik di kemudian hari.

Berikut adalah daftar Unit Kegiatan Mahasiswa yang dimiliki oleh Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

  1. Olahraga : Basket, Sepak bola, Tennis, Badminton, Futsal
  2. Kesenian : Paduan Suara (Gratia Choir dan Gratia Voice), Dance
  3. Entrepreneurship : Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Soegijapranata dengan Student Business Center yang terintegrasi
  4. Hobi : Bridge, Soegijapranata English Debate Club
  5. Pelayanan Pastoral dan Konseling : Campus Ministry dan Peer Educator
  6. Beladiri : Karate, Capoiera
  7. Soegijapranata Echo Life (SEL) : adalah unit kegiatan mahasiswa yang suka mendaur ulang barang-barang bekas
  8. Lembaga Pers Mahasiswa (Paraga),
  9. Korps Suka Rela (KSR),
  10. Soepra Radio dan Televisi
  11. Racana Soegijapranata (Pramuka)

Alumni Terkenal[sunting | sunting sumber]

  1. Hendrar Prihadi (Wali kota Semarang periode 2013-2015 dan 2015-2020)
  2. Dea Rizkita (Putri Indonesia 2017)

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Tahun 2008 Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata mendapatkan hasil “B” untuk Akreditasi Institusi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 050/BAN-PT/Ak-I/Inst/IV/2008 tertanggal 12 April 2008

Tahun 2013 Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata mendapatkan hasil “B” untuk Akreditasi Institusi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 063/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013 teratanggal 21 Februari 2013

Tahun 2015 Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata menduduki peringkat ke-10 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik dan peringkat ke-39 seluruh perguruan tinggi seluruh Indonesia versi Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Tahun 2017 Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata mendapatkan hasil “A” untuk Akreditasi Institusi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 0384/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2017 tertanggal 26 Januari 2017 yang berlaku sampai dengan 26 Januari 2022.

Prestasi Universitas Katolik Soegijapranata Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) sebagai tolok ukur kualitas perguruan tinggi dimulai oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2007. Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata yang merupakan satu dari 50 Promising Universities di Indonesia terpilih mengawali akreditasi ini, sebagai pilot project Akreditasi Institusi BAN-PT yang saat itu belum diwajibkan. Hasilnya, Unika Soegijapranata mendapatkan akreditasi “B” untuk pertama kalinya berdasarkan SK Nomor 050/BAN-PT/Ak-I/Inst/IV/2008 tertanggal 10 April 2008. Selanjutnya pada tahun 2013, Unika Soegijapranata mempertahankan hasil “B” untuk re-akreditasi Institusi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 063/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013.

Pada tahun 2016, Unika Soegijapranata kembali mengajukan re-akreditasi Institusi yang ketiga kalinya dan mendapatkan hasil “A” untuk Akreditasi Institusi pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 0384/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2017 tertanggal 26 Januari 2017 yang berlaku sampai dengan 26 Januari 2022. Hasil ini tidak lepas dari peran serta civitas akademika Unika Soegijapranata dan masyarakat dalam membangun kampus ini.

Sebelumnya, pada tahun 2014 Unika Soegijapranata mendapatkan penghargaan untuk masuk ke dalam klaster Utama Penelitian Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Selanjutnya, tahun 2015 Unika Soegijapranata menempati peringkat ke-10 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik secara nasional dan peringkat ke-39 seluruh perguruan tinggi seluruh Indonesia versi Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Pada akhir tahun 2015, Unika Soegijapranata kembali mendapatkan penghargaan melalui perpustakaan dengan diterimanya hasil akreditasi A dari Perpustakaan Nasional.

Sedangkan pada tahun 2016, Unika Soegijapranata dipercaya oleh Kemenristek Dikti menjadi salah satu dari 40 perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan Program Profesi Insinyur (PPI).

Tahun 2017 Kemenristekdikti (Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi) menetapkan 26 perguruan tinggi negeri dan swasta yang terakreditasi A, menjadi perguruan tinggi asuh bagi puluhan perguruan tinggi swasta yang terakreditasi C.

Rektor[sunting | sunting sumber]

No Nama Masa Jabatan
1 Dr. A. Suroyo 1982 – 1986
2 Dr. Y. Chr. Purwawidyana, PR. 1986 – 1989
3 Dr. M. Sastrapratedja, SJ. 1989 – 1993
4 Dr. Ir. P. Wiryono Priyotamtomo, MSc., SJ. 1993 – 1996
5 Dr. Al. Purwo Hadiwardaya, MSF. 1996 – 2000
6 Dr. Martinus T. Handoko, FIC. 2000 – 2004
7 Prof. Dr. M. Sastrapratedja, SJ. 2004 – 2005
8 Dr. Y. Bagus Wismanto, Msi. 2005 – 2009
9 Prof. Dr. Ir. Y. Budi Widianarko, M.Sc. 2009 – 2017
10 Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya, SE., S.Kom., MS.IEC 2017 – 2021

Pranala luar[sunting | sunting sumber]