Politeknik Negeri Pontianak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Logo-polnep.jpg
Didirikan1987
JenisPerguruan tinggi negeri
RektorIr. H. Muhammad Toasin A., M.Si
Staf akademik234 (2011)[1]
LokasiKota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
JulukanPOLNEP
Situs webhttp://www.polnep.ac.id

Politeknik Negeri Pontianak atau biasa disingkat Polnep adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia. Politeknik Negeri Pontianak merupakan sistem Pendidikan tinggi jalur profesional yang menekankan penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mendukung era industrialisasi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Politeknik Negeri Pontianak didirikan pada 1987 dengan nama Politeknik Universitas Tanjungpura, dengan 2 jurusan: Teknik Sipil dan Teknik Mesin. Tahun 1988 menyusul dibuka Jurusan Teknik Listrik (yang selanjutnya berubah menjadi Teknik Elektro). Tahun 1994 dibuka Jurusan Tata Niaga dengan program studi Akuntansi dan Administrasi Niaga (selanjutnya, tahun 1997 menjadi Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Bisnis). Tahun 1999 dibuka Jurusan Teknologi Pertanian dengan Program Studi Hasil Perkebunan. Pada tahun 2000 dibawah Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Program Studi Teknik Arsitektur dibuka. Tahun 2002 dibuka Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan Program Studi Budidaya Perikanan. Tahun 2003 bertambah dengan Program Studi Penangkapan Hasil Perikanan dan Pengolahan Hasil Ikan.

Politeknik Universitas Tanjungpura berdiri secara mandiri menjadi Politeknik Negeri Pontianak, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 079/O/1997 tanggal 28 April 1997 – tanggal ini juga dijadikan hari dies natalis.

Lambang dan Atribut[sunting | sunting sumber]

Lambang[sunting | sunting sumber]

Logo-polnep.jpg

Politeknik Negeri Pontianak mempunyai lambang dengan simbol-simbol sebagai berikut :

a. Pusat lambang Tugu Khatulistiwa berwarna hitam merupakan ciri provinsi Kalimantan Barat dan khususnya kota Pontianak sebagai kota khatulistiwa.
b. Tanda panah berwarna merah mengarah ke kanan di pusat lambang menunjukkan visi global Politeknik Negeri Pontianak.
c. Roda gigi berwarna abu-abu yang berarti kerja keras atau lambang sumber daya manusia yang selalu bekerja keras.
d. Butiran air disusun berbentuk sayap berwarna kuning keemas-emasan menunjukkan ciri provinsi Kalimantan Barat dan melambangkan kemakmuran.
e. Butiran air berjumlah 12 di kiri dan 12 di kanan menunjukkan keseimbangan dan ketepatan baik waktu, ukuran dan aturan.
f. Bingkai segi lima berwarna hitam yang melingkari lambang keseluruhan menunjukkan dasar negara yaitu lima sila yang tercantum dalam Pancasila.
g. Di bawah pusat lambang tercantum tulisan POLNEP menunjukkan singkatan Politeknik Negeri Pontianak.
h. Warna dasar lambang berwarna biru langit menunjukkan keluasan dan ketinggian yang berarti ilmu pengetahuan harus dikejar setinggi mungkin.

Direktur[sunting | sunting sumber]

Jurusan[sunting | sunting sumber]

1.Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan

  • Program Studi Sipil Konstruksi

2.Jurusan Teknik Mesin

3.Jurusan Teknik Elektro

4.Jurusan Akuntansi

5.Jurusan Administrasi Bisnis

6.Jurusan Teknologi Pertanian

7.Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan

8.Teknik Arsitektur

Referensi[sunting | sunting sumber]