Politeknik Negeri Bengkalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Politeknik Negeri Bengkalis
Moto dalam bahasa Inggris
Competence for Competition
Didirikan2000
DirekturJohny Custer, S.T., M.T
Alamat
Jl. Bathin Alam, Sungai Alam Bengkalis Riau - 28711
,
Situs webhttp://www.polbeng.ac.id/

Politeknik Negeri Bengkalis merupakan politeknik negeri yang berada di provinsi Riau. Kampus Politeknik Negeri Bengkalis berada di Bengkalis, Riau, Indonesia didirikan pada awal tahun 2000 oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Yayasan Gema Bahari.

Awalnya Politeknik ini hanya mempunyai 3 (tiga) program studi, yaitu: Teknik Listrik Kapal, Teknik Bangunan Kapal, Teknik Permesinan Kapal. Akan tetapi, untuk saat ini Politeknik Negeri Bengkalis sudah memiliki 8 jurusan (Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Administrasi Niaga, Teknik Informatika, Bahasa, Kemaritiman) dan terdapat 19 program studi.

Dalam perjalanannya, politeknik ini berganti nama menjadi Politeknik Bengkalis dan berada di bawah Yayasan Bangun Insani (YBI) dengan 5 (lima) program studi yaitu: Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Administrasi Bisnis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 2000, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melalui Yayasan Gema Bahari mendirikan perguruan tinggi dengan nama Politeknik Perkapalan Bengkalis, yang mempunyai 3 (tiga) program studi, yaitu: Teknik Listrik Kapal, Teknik Bangunan Kapal, dan Teknik Permesinan Kapal. Dalam perjalanannya, Politeknik Perkapalan Bengkalis berubah nama menjadi Politeknik Bengkalis dan berada di bawah Yayasan Bangun Insani (YBI) Bengkalis, dengan 5 (lima) program studi yaitu: Teknik Perkapalan,Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Administrasi Bisnis.

Pada bulan Juli 2001, Politeknik Bengkalis menerima mahasiswa baru angkatan pertama. Tahun 2006, Politeknik Bengkalis menambah 2 (dua) program studi baru, yaitu Bahasa Inggris Bisnis dan Teknik Informatika.

Pada awal 2008 Politeknik Bengkalis meminta dukungan kepada YBI Bengkalis,Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis untuk mengusulkan peningkatan status dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan TinggiNegeri (PTN).

Tahun 2009, Politeknik Bengkalis bersama YBI Bengkalis dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengusulkan peningkatan status dari PTS menjadi PTN kepada Kementerian PendidikanNasional melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Pada tanggal 9 Februari 2011 Politeknik Bengkalis bersama YBI Bengkalis dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis presentasi ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi guna melengkapi kelayakan penegerian Politeknik Bengkalis.

Pada tanggal 29 Juli 2011, Politeknik Bengkalis resmi menjadi PTN dengan nama Politeknik Negeri Bengkalis melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 28 tahun 2011 tentang Pendirian, Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Bengkalis.

Pada tanggal 26 Desember 2011, Politeknik Negeri Bengkalis diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pada tahun 2013 Politeknik Negeri Bengkalis menambah 2 prodi baru yaitu D4 (Teknik Mesin produksi dan Perawatan dan Teknik listrik) dan 3 prodi D2 (Teknik Pengelasan, Teknik Sistem Pembangkit Tenaga Listrik dan Komputer Akutansi) yang merupakan Program Studi Diluar Domisili (PDD).

pada tahun 2020 Politeknik Negeri Bengkalis menambah prodi baru yaitu D4 (KEAMANAN SISTEM INFORMASI) prodi yang populer pada saat ini

Pada tahun 2014 dan 2015, Politeknik Negeri Bengkalis menambah 2 prodi baru yaitu D4(Teknik Perancangan Jalan & Jembatan) dan D3 ( Nautika, Teknika & Ketatalaksanaan dan Pelabuhan Niaga)

Pada tahun 2016 Politeknik Negeri Bengkalis menambah beberapa prodi yaitu D4 ( rekayasa Perangkat Lunak, Administrasi Bisnis Internasional dan Akuntansi Keuangan Public)

Pada tahun 2020, Politeknik Negeri Bengkalis menambah prodi baru yaitu D4 (Keamanan Sistem Informasi).

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Dalam rangka merintis terselenggaranya program diploma yang berorientasi kepada kebutuhan masyarakat tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Yayasan Bangun Insani membuka program pendidikan diploma bidang teknik dalam bentuk Politeknik yang sudah mendapatkan izin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Depdiknas, dengan rincian Program Studi sebagai berikut

No Program Studi Izin Penyelenggaraan Perpanjangan Izin
1 Teknik Perkapalan 45/D/O/2002 699/D/T/2008
2 Teknik Mesin 2094/D/T/2002 697/D/T/2008
3 Teknik Elektronika 45/D/O/2002 696/D/T/2008
4 Teknik Sipil 45/D/O/2002 698/D/T/2008
5 Administrasi Bisnis 45/D/O/2002 700/D/T/2008

Dalam rangka membekali mahasiswa dengan kompetensi global, yaitu kemampuan TIK dan penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris, maka pada tahun 2006 Politeknik Bengkalis menambah 2 (dua) program studi baru yaitu:

No Program Studi Izin Penyelenggaraan
1 Bhs. Inggris Bisnis 2420/D/T/K-X/2009
2 Teknologi Informasi 2365/D/T/2008

Pada tahun 2006 Politeknik Bengkalis mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk lima program studi yaitu:

No Program Studi Nomor SK BAN-PT Tanggal SK
1 Teknik Perkapalan 011/BAN-PT/Ak-VI/Dpl-III/IX/2006 07-09-2006
2 Teknik Mesin 005/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/VI/2010 18-06-2010
3 Teknik Elektronika 013/BAN-PT/Ak-VI/Dpl-III/X/2006 05-10-2006
4 Teknik Sipil 029/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/III/2010 05-03-2010
5 Administrasi Bisnis 010/BAN-PT/Ak-VI/Dpl-III/IX/2006 01-09-2006
5 Bahasa Inggris Bisnis 004/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/VI/2010 11-06-2010

Sedangkan untuk program studi Teknologi Informasi, proses akreditasinya sedang dalam proses pengusulan ke BAN-PT.

Pendidikan politeknik diselenggarakan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional pada level supervisi di industri. Pendidikan politeknik adalah pendidikan tinggi vokasi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu, maksimal jenjang pendidikannya setara dengan program sarjana.

Kualitas perguruan tinggi dinilai oleh masyarakat atas terpenuhinya societal, industrial, and professional needs, kepuasan layanan pendidikan, dan kepuasaan pengguna lulusannya. Untuk mendapatkan kualitas yang baik, maka pembangunan dan pengelolaan perguruan tinggi harus selalu berdasarkan pada perencanaan yang baik. Pendekatan ini merupakan kunci dalam pengelolaan sebuah institusi perguruan tinggi.

Untuk itu, maka disusun Rencana Strategis Politeknik Bengkalis. Renstra Politeknik Bengkalis merupakan rencana atau pedoman pengembangan Politeknik Bengkalis ke depan. Renstra Politeknik Bengkalis untuk periode 2009-2014 telah disusun dengan mempertimbangkan perubahan kebijakan pemerintah khususnya di bidang pengembangan dan manajemen pendidikan.

Perubahan kebijakan tentang pendidikan secara nasional terjadi cukup signifikan sejak diperkenalkannya Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003–2010 dalam tiga kebijakan dan program pendidikan tinggi, yaitu: (1) pemerataan dan perluasan akses; (2) peningkatan mutu, relevansi dan daya saing; (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik. Kemudian disusul dengan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pedidikan Nasional, UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, RUU Badan Hukum Pendidikan (BHP) dan aturan lainnya. Munculnya berbagai kebijakan baru tersebut berdampak pula pada penentuan strategi pendanaan, yaitu adanya penggunaan skema pendanaan berbasis kompetisi yang diluncurkan oleh pemerintah seperti PHK Institusi, IMHERE, dan hibah-hibah lainnya.

Sesuai dengan perubahan dalam paradigma tersebut, dan dalam rangka mencapai visi dan misi Politeknik Bengkalis maka disusunlah Rencana Strategis Politeknik Bengkalis 2008 – 2014, yang diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman untuk menentukan arah pengembangan Politeknik Bengkalis. Setelah Renstra ini tersusun, selanjutnya akan disusun Rencana Operasional (Renop) yang merupakan penjabaran secara teknis dan terukur dari renstra ini. Renop disusun dengan pendekatan bottom up berdasarkan usulan dari tiap unit di lingkungan Politeknik Bengkalis.

Makna Lambang[sunting | sunting sumber]

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) memiliki lambang berupa perpaduan antara roda gigi, poros dan tiga buah buku berjajar.

Roda gigi berwarna biru tua, melambangkan laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu diikuti oleh Polbeng.

Tiga buah buku berjajar berwarna biru muda melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Poros roda gigi berwarna kuning emas, melambangkan bahwa Polbeng merupakan pusat pendidikan vokasional dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lambang Polbeng mengandung makna keutuhan adalah merupakan pusat pendidikan vokasional dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memiliki konsep memadukan kepentingan antara dunia industri dan dunia pendidikan yang berlandaskan pada tri dharma perguruan tinggi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

http://official.polbeng.ac.id/# Diarsipkan 2022-05-21 di Wayback Machine.