Universitas Negeri Makassar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Negeri Makassar
Nama sebelumnya
Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Ujung Pandang
MotoTetap Jaya Dalam Tantangan
JenisPerguruan Tinggi Negeri
Didirikan1 Agustus 1961
Lembaga induk
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
RektorProf. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.T.P., IPU.
Jumlah mahasiswa40.000 orang
Lokasi, ,
AlamatJl. Andi Pangerang Pettarani (Kampus I Gunung Sari)
Jl. Daeng Tata (Kampus II Parang Tambung)
Jl. Wijaya Kusuma (Kampus III Banta-Bantaeng)
Jl. Tamalate I (Kampus IV Tidung)
Warna  Jingga
Nama julukanUNM
Situs webhttp://www.unm.ac.id

Universitas Negeri Makassar atau UNM adalah perguruan tinggi negeri di Makassar, Indonesia, yang berdiri pada 1 Agustus 1961.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Negeri Makassar didirikan pada tanggal 1 Agustus 1961 sampai dengan 31 Agustus 1964[perinci lagi], berstatus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hasanuddin, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 30 Tahun 1964 Tanggal 1 Agustus 1961. Pada tanggal 1 September 1964 sampai dengan Januari 1965 berstatus IKIP Yogyakarta cabang Makassar, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 154 Tahun 1965 Tanggal 1 September 1965. Lalu, pada tanggal 5 Januari sampai dengan 3 Agustus 1999, berstatus mandiri dengan nama IKIP Makassar, berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 272 Tahun 1965 tanggal 5 Januari 1965.

Sejak 1 April 1972, IKIP Makassar berubah menjadi IKIP Ujungpandang dengan mengikuti perubahan nama Kotamadya Makassar menjadi Kotamadya Ujungpandang. Pada tanggal 4 Agustus 1999 sampai sekarang, berstatus universitas dengan nama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999.

Rektor[sunting | sunting sumber]

Universitas Negeri Makassar yang awalnya masih merupakan bagian atau salah satu fakultas dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, telah dipimpin oleh pimpinan sebagai berikut:

No. Institusi Rektor Masa Bakti
1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hasanuddin Prof. Arnold Mononoetoe 1961
2. Prof. Idrak Yasin, M.A. 1964-1965
3. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta cabang Makassar Mayjen. A.A. Rivai 1965
4. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Makassar Prof. Edy Agussalim Mokodompit, M.A. 1965-1974
5. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ujung Pandang Drs. Abdul Karim 1974 -1982
6. Prof. Dr. Paturungi Parawansa 1982-1990
7. Prof. Dr. Sjahruddin Kaseng 1990-1999
8. Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Muhammad Idris Arief, M.S. 1999-2007
9. Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd. 2008-2016
10. Prof. Dr. H. Husain Syam, M.T.P. 2016-sekarang

Kampus[sunting | sunting sumber]

  1. Kampus I Gunung Sari (Kota Makassar)
  2. Kampus II Parang Tambung (Kota Makassar)
  3. Kampus III Banta-Bantaeng (Kota Makassar)
  4. Kampus IV Tidung (Kota Makassar)
  5. Kampus PGSD (Kabupaten Bone)
  6. Kampus PGSD (Kota Pare Pare)

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas Negeri Makassar, memiliki sembilan fakultas, yaitu:

  • Fakultas Bahasa dan Sastra
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Seni dan Desain
  • Fakultas Teknik

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Fasilitas Umum

Beberapa sarana dan fasilitas umum yang diperlukan dan tersedia di kampus UNM antara lain Poliklinik, BNI Kantor Kas Pembantu UNM, Auditorium, Masjid, tempat ibadah, asrama mahasiswa, guest house, sarana olahraga dan kesenian, kafetaria, kantin, toko dan koperasi, tempat parkir, dan perpustakaan

Poliklinik

Layanan terhadap pemakai jasa medis ditangani oleh 3 dokter umum, 1 dokter ahli penyakit jantung, 1 orang perawat, 1 orang perawat bidan, 1 orang asisten apoteker, 1 orang perawat gigi, 1 orang tenaga Lab, 1 orang tenaga administrasi dan 1 orang tenaga pembersih. Layanan dokter dilakukan tiap hari kerja pada pukul 11.30 – 13.00; untuk pelayanan khusus penyakit jantung pada hari Senin pukul 11.00 - 13.00, dan layanan lainnya pada pukul. 08.30 – 15.00. Jenis layanan yang dapat diperoleh antara lain: kesehatan umum, dan surat keterangan dokter untuk keperluan adminisrasi bagi mereka yang memerlukan.

Masjid

Di lingkungan kampus UNM Gunungsari Baru terdapat Masjid Nurul Ilmi yang luasnya sekitar 850 meter persegi. Pembangunan mesjid ini merupakan hasil swadaya warga UNM dan sumbangan dari pemerintah. Di kampus Banta-Bantaeng terdapat musala yang luasnya 30 meter persegi, dan Kampus Parangtambung terdapat Masjid Ulil Albab.

Asrama Mahasiswa

Untuk menampung mahasiswa yang kurang mampu, maka UNM Makassar menyiapkan asrama mahasiswa. Asrama mahasiswa tersebut masing-masing ditempatkan di Kampus III Banta-Bantaeng, Kampus UPP PGSD Tidung, UPP PGSD Pare-Pare, dan UPP PGSD Bone.

Auditorium/Aula

UNM mempunyai 1 buah auditorium yang diberi nama Auditorium Amannagappa yang luasnya 2430 meter persegi dan Aula Lanto Dg. Pasewang yang luasnya 427 meter persegi. Kedua gedung pertemuan tersebut difungsikan sebagai tempat kegiatan sivitas akademika di lingkungan UNM bahkan dapat dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkan pemakainnya. Selain itu UNM juga memiliki 1 Ruang Teater dan 4 balai riung yang berada pada Wing Menara Pinisi lantai 2,3 dan 4.

Sarana Olahraga

Untuk sarana Olagraga UNM sudah banyak menyiapkan pada beberapa kampus yang tersebar di beberapa tempat yang terpisah, masing-masing pada Kampus Gunungsari terdapat sarana olahraga berupa beberapa lapangan tennis, lapangan bulu tangkis dan lapangan bola voli yang setiap hari dipergunakan oleh sivitas akademik. Sedangkan pada Kampus III Banta-bantaeng terdapat banyak sarana olahraga berupa stadion sepak bola, kolan renang, gedung olahraga, ring tinju dan gedung latihan senam.

Sarana Kesenian

Sarana pentas seni drama bagi mahasiswa seni sebagai media pengembangan minat, bakat dan kreasi seni mahasiswa yang terletak di Kampus II UNM Parangtambung.

Koperasi Karyawan

Di lingkungan UNM didirikan koperasi pegawai negeri yang dinamakan Koperasi Karyawan KPN UNM yang anggotanya terdiri dari dosen dan tenaga administrasi. Jumlah anggota KPN UNM 11.85 orang. Bidang usaha yang dioperasikan mencakup dua bidang yaitu simpan pinjam dan cicilan barang, kebutuhan-kebutuhan pokok dan foto kopi.

Yayasan Pembina[sunting | sunting sumber]

Selain KPN UNM, dibentuk pula yayasan pembina kesejahteraan UNM. Bidang usahanya memberikan simpan pinjam kepada pegawai negeru UNM dengan bunga yang rendah. Juga memberikan cicilan barang-barang elektronik kepada pegawai negeri UNM.

Ikatan Alumni

Untuk menjalin hubungan antar alumni UNM, maka dibentuk Ikatan Alumni UNM Makassar, dan gedung alumni bertempat di lingkungan Kampus Parang Tambung.

Organisasi kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Organisasi kemahasiswaan terdiri atas organisasi intra- dan organisasi ekstrauniversitas. Berikut organisasi intrauniversitas yang ada di Universitas Negeri Makassar

  • Maperwa
Maperwa merupakan singkatan dari "Majelis Permusyawaratan Mahasiswa" adalah organisasi kemahasiswaan yamg merupakan perwakilan mahasiswa, menanmpung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa, melaui Penetapan garis besar program kerja (GBPK) yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Maperwa terdapat pada tingkat Universitas.
  • BEM
Badan Eksekutif Mahasiswa adalah lembaga perwakilan mahasiswa untuk menjabarkan dan melaksanakan GBPK dalam bentuk program kerja sesuai dengan yang ditetapkan oleh Maperwa.
  • UKM
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah satuan organisasi kemahasiswaan yang berfungsi menampung dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan bakat dan kegemaran mahasiswa masing - masing di tingkat Universitas
  • HMJ
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) adalah organisasi kemahasiswaan yang merupakan badan pelaksana pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa di tingkat Jurusan.
  • HMPS
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) adalah organisasi kemahasiswaan yang merupakan badan pelaksana pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa di tingkat Program studi.

Alumni ternama[sunting | sunting sumber]

  1. Nurdin Halid (Politisi Senior Partai Golkar)
  2. Akbar Faizal (Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem)
  3. Hafidz Abbas (Ketua Komnas HAM Republik Indonesia, 2012-2017)
  4. Muslimin Bando (Bupati Enrekang, 2013-2018, 2018-2023)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]