Lompat ke isi

Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar


 
Informasi
MotoSmart, Adaptive, Excellent
JenisAkademi komunitas
Didirikan2014
Lembaga induk
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
RektorDr. Drs. Halid Hasan, M. Strat., H.R.M
Alamat
Jalan dr. Sutomo 29
,
Blitar, Jawa Timur
,
Indonesia
Situs webakb.ac.id

Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar atau AKB adalah perguruan tinggi negeri berbentuk akademi komunitas yang berada di Kota Blitar dan dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Awalnya AKB adalah rintisan perguruan tinggi binaan Politeknik Negeri Malang, namun sekarang sudah berdiri sendiri dengan adanya Permendikbud no. 156 Tahun 2014 tentang Pendirian, Organisasi, dan Tata Kerja Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar.

Berbeda dengan kebanyakan perguruan tinggi negeri lainnya, AKB menyelenggarakan program studi Diploma 2 (D2) karena bertipe akademi komunitas. Lulusannya bergelar Ahli Muda (A.Ma.). AKB adalah satu dari 5 AKN yang mandiri dan masih beroperasi saat ini.

"Putra Sang Fajar" adalah julukan untuk Presiden Indonesia Ir. Soekarno. Blitar adalah lokasi pemakaman proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kerjasama antara Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Pendidikan Kota Blitar dengan PENS Surabaya mewujudkan program Diploma 1 Community College (CC Blitar). Tahun 2012, CC Blitar berubah menjadi Program Studi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Malang rintisan Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 161/P/2012 tentang Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Studi Diluar Domisili. Awal terbentuknya AKN Blitar mengusung 2 program studi yaitu Manajemen Informatika dengan Konsentrasi Studi 1) Teknik Informatika (TI), 2) Multimedia (MM), dan Administrasi Bisnis dengan Konsentrasi Studi Administrasi Perkantoran (AP).[1]

Tahun 2014 PDD Polinema rintisan Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar berdiri sendiri menjadi perguruan tinggi negeri berdasarkan Permendikbud no. 156 Tahun 2014 tentang Pendirian, Organisasi, dan Tata Kerja Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar.[1]

Jurusan[sunting | sunting sumber]

AKB menyelenggarakan program studi vokasi Diploma 2 (D2) sebagai berikut:[2][1]

  • Administrasi Server dan Jaringan Komputer
  • Operasionalisasi Perkantoran Digital
  • Penyuntingan Audio dan Video
  • Pengolahan Hasil Ternak Unggas

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]