Akademi komunitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Akademi Komunitas Negeri Pacitan, Jawa Timur

Akademi Komunitas atau Community college adalah salah satu jenis pendidikan formal pada jenjang perguruan tinggi. Pada Akademi Komunitas diselenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu pengetahuan dan teknologi tertentu. Akademi Komunitas hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi hingga setingkat diploma satu atau diploma dua.[1] Akademi Komunitas diselenggarakan dengan memerhatikan keunggulan lokal yang dimiliki suatu daerah untuk memenuhi kebutuhan khusus yang belum terpenuhi di suatu daerah.[2] Akademi Komunitas menjadi pendukung bagi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. Akademi komunitas berperan penting dalam memenuhi kebutuhan dan potensi sosial, ekonomi dan budaya pada masing-masing daerah.[3]

Akademi Komunitas Negeri (AKN) adalah akademi komunitas yang dinaungi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. AKN adalah kerja sama antara pemerintah daerah dengan perguruan tinggi negeri dan merupakan rintisan perguruan tinggi baru. AKN tersebar di berbagai daerah di Indonesia namun akhirnya banyak yang ditutup atau berubah status menjadi Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU).[4][5] Sekarang tersisa 5 AKN yang masih aktif dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).[6]

Konsep dan tujuan[sunting | sunting sumber]

Akademi Komunitas menyelenggarakan program studi yang sesuai dengan potensi yang ada di suatu daerah. Selain itu, Akademi Komunitas bekerja sama dengan industri lokal yang ada di daerah untuk menghasilkan lulusan yang dapat bekerja di industri lokal. Akademi komunitas berperan aktif dalam menanggapi dan menerima setiap aspirasi yang bersifat saling membangun antara pemerintah daerah, masyarakat dan industri lokal dalam memajukan suatu daerah.[2]

Penyelenggaraan Akademi Komunitas bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam rangka memanfaatkan dan mengembangkan kemampuan lokal suatu daerah. Sasaran peserta didik dari Akademi Komunitas adalah lulusan pendidikan menengah yang belum bekerja maupun yang telah bekerja. Hakikat pendirian Akademi Komunitas yaitu meningkatkan kompetensi yang diperlukan oleh suatu daerah maupun industri lokal disekitarnya. Selain itu, Akademi Komunitas juga ditujukan untuk memperluas penyelenggaraan pendidikan tinggi. Akademi Komunitas juga bertujuan untuk mendorong tumbuhnya usaha kecil dan menengah di suatu daerah sesuai dengan potensi wilayahnya.[3] Lulusan jenjang pendidikan menengah yang berasal dari keluarga dengan pemenuhan ekonomi yang rendah, dapat melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi melalui pendidikan tinggi yang ada di daerahnya sendiri. Kondisi ini akan membantu masyarakat dengan taraf ekonomi yang rendah untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas. Selain itu, penyelenggaraan Akademi Komunitas akan menambah angka lulusan pendidikan vokasional yang profesional di bidangnya, dengan keunggulan berupa keahlian dalam mengembangkan potensi yang ada di daerahnya.[2]

Peran[sunting | sunting sumber]

Pendirian Akademi Komunitas menjadi pendukung bagi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. Hal ini berdampak positif bagi pemenuhan kebutuhan tenaga terampil. Penyelenggaraan pendidikan oleh Akademi Komunitas di daerah akan memeratakan akses pendidikan tinggi, sekaligus akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan masyarakat lokal. Lulusan Akademi Komunitas juga meningkatkan partisipasi terhadap dunia kerja dan meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat. Akademi Komunitas menjadi alat pengubah kehidupan sosial kemasyarakatan di daerah dalam rangka peningkatan sumber daya manusia, partisipasi dunia kerja, daya beli masyarakat, dan angka partisipasi pendidikan tinggi. Peran penting dari keberadaan Akademi Komunitas yaitu terjadinya perubahan pandangan kependudukan yang meningkatkan percepatan pembangunan dan kesejahteraan sosial di tingkat wilayah kabupaten atau kota. Lulusan Akademi Komunitas menjadi pengisi posisi tenaga kerja terampil pada tingkatan tertentu. Dengan demikian, Akademi komunitas berperan penting dalam memenuhi kebutuhan dan potensi sosial, ekonomi dan budaya pada masing-masing daerah.[3]

Daftar Akademi Komunitas Negeri[sunting | sunting sumber]

Terdapat sekitar 92 Akademi Komunitas Negeri di seluruh Indonesia yang terdaftar di situs akademikomunitas.ristekdikti.go.id/akademi/index. Namun hanya 5 AKN yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, sehingga sebagian besar AKN saat ini berstatus tidak aktif.[6] Beberapa AKN mengusulkan untuk bergabung dengan perguruan tinggi negeri menjadi Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) sehingga tidak lagi menyelenggarakan program D2 atau D1.

Aktif[sunting | sunting sumber]

Alih bentuk[sunting | sunting sumber]

Tutup[sunting | sunting sumber]

  • AKN Bojonegoro

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Agung, Iskandar (2014). "Akademi Komunitas dan Penerapan Master Plan Perluasan dan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)". Jurnal Visi P2TK PAUD NI. 9 (1): 68—81. 
  2. ^ a b c Nabawi, R.A., Jalinus, N., dan Syahril (2018). "Mewujudkan Tujuan Pendirian Akademi Komunitas Melalui Penerapan Model Project Based Learning". Jurnal PTK: Research and Learning in Vocational Education. 1 (2): 51—58. doi:10.24036/jptk.v1i2.1423. 
  3. ^ a b c Ulumudin, Ikhya (2015). "Efektivitas Pendirian Akademi Komunitas dalam Mendukung Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 21 (1): 39—51. 
  4. ^ "AKN Bojonegoro Tutup, Inventaris Kampus Dihibahkan Ke Lumajang". kabarpasti.com. 2020-10-15. Diakses tanggal 2023-08-03. 
  5. ^ Bramantyo, Haryoto (2021-09-28). "Meski Berhasil Selenggarakan Program D2, Akademi Komunitas Negeri Kajen Kabupaten Pekalongan ditutup". suaramerdeka.com. 
  6. ^ a b "pddikti.kemdikbud.go.id". 
  7. ^ "SV UNS Kampus Madiun Siap Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ini". uns.ac.id. Universitas Negeri Sebelas Maret. 2020-05-09. 
  8. ^ Setiawan, Ferry Ardi (2021-04-29). "AKNL Resmi Menjadi Polinema Kampus Lumajang". memorandum.co.id. 
  9. ^ "Selayang Pandang Polinema Pamekasan". polinema.ac.id. Politeknik Negeri Malang. Diakses tanggal 2023-08-03. 
  10. ^ Basri, Abdul (2021-02-17). "Bupati Resmikan PENS, Kampus Negeri Pertama di Sumenep". radarmadura.jawapos.com. Radar Madura. 
  11. ^ Nugroho, Adi (2021-02-22). "Pasang Surut Pendidikan Tinggi Negeri di Nganjuk". radarkediri.jawapos.com. Radar Kediri. 
  12. ^ a b Agus AP (2021-05-08). "Pemkab Demak dan PNJ Buka Prodi di Luar Kampus Utama". radarsemarang.jawapos.com. Radar Semarang. 
  13. ^ Gusti, Meliana (2021-03-26). "Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar Resmi Beralih Status Menjadi PSDKU PNP". kabarsumbar.com. 
  14. ^ a b "Senat PNP Setujui Pembukaan Prodi Luar Kampus di Kabupaten Tanah Datar, Solok Selatan, dan Riau". pnp.ac.id. Politeknik Negeri Padang. 2020-07-25. Diakses tanggal 2023-08-03. 
  15. ^ "Tambah 3 Prodi, Pemkab Siak Kerjasama dengan Politeknik Sriwijaya". nadariau.com. 2021-06-27. Diakses tanggal 2023-08-03. 
  16. ^ "Politeknik Negeri Sriwijaya Kampus Banyuasin Akan Segera Terwujud". banyuasinkab.go.id. Pemerintah Kabupaten Banyuasin. 2020-01-20. 
  17. ^ "Kabupaten OKU Akan Segera Hadir PSDKU Politeknik Negeri Sriwijaya". sumselpost.co.id. 2021-07-03. Diakses tanggal 2023-08-03. 
  18. ^ a b Arafah, Muh (2019-12-02). "Pemkab – UNHAS Sepakat Pengalihan Akademi Komunitas Jadi Pendidikan Vokasi". upeks.co.id.