Politeknik Negeri Media Kreatif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
State Polytechnic of Creative Media
Polimedia.png
MotoWhere the Innovation Grows
Didirikan2008
DirekturDr. Tipri Rose Kartika,M.M
Lokasi
Jakarta Selatan
WarnaUngu
Nama julukanPolimedia Kreatif

Politeknik Negeri Media Kreatif (biasa disebut: Polimedia) merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi berstatus negeri yang berdomisili di Jakarta. Menurut berita yang terdapat pada laman Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, Polimedia dirancang khusus untuk menyediakan tenaga terampil guna memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di sektor Industri Kreatif.

Kemristekdikti berharap dengan pendirian Politeknik Negeri Media Kreatif menghasilkan standar kompetensi lulusan yang diselaraskan dengan kebutuhan dunia usaha kreatif dengan cara menerapkan proses pendidikan berbasis kompetensi produksi dan kewirausahaan.

Politeknik Negeri Media Kreatif memiliki dua Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) di Makassar, Sulawesi Selatan dan Medan, Sumatra Utara

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bermula dari Pusat Grafika Indonesia (Pusgrafin), yang merupakan pelaksana tugas di bidang Diklat Grafika. Pusgrafin yang berada langsung di bawah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, telah memiliki memiliki reputasi panjang dalam pembinaan dan pengembangan SDM di bidang grafika, penerbitan dan desain grafis, sejak tahun 1969. Kebijakan revitalisasi Pusgrafin menjadi politeknik merupakan langkah Kemendikbud menindaklanjuti arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pidatonya pada Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) di Jakarta Convention Center, 4 Juni 2008.  Tepat pada 8 Oktober 2008, melalui Surat Keputusan Mendiknas Nomor 60 Tahun 2008 tentang Pendirian Politeknik Negeri Media Kreatif, hadir sebuah perguruan tinggi vokasi dengan amanah untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan mendukung perkembangan industri kreatif nasional.[1]

Atribut Identitas[sunting | sunting sumber]

Lambang

Lambang Polimedia dibuat oleh Hari Purnomo, dosen Desain Grafis yang terinspirasi dari bentuk bumi yang membulat tanpa sudut dan dinamis mengikuti zaman. Logo Polimedia merefleksikan kesederhanaan tetapi penuh dengan daya kreasi dan inovasi tinggi yang diharapkan mampu membentuk SDM unggul dalam persaingan industri global.

Selain lambang kampus, setiap program studi di kampus Polimedia juga memiliki logo dan warna masing-masing yang menggambarkan filosofi serta profil dari masing-masing program studi. Secara umum warna untuk masing-masing program studi adalah sebagai berikut:

  1. Teknik Grafika berwarna magenta.
  2. Penerbitan berwarna cokelat.
  3. Desain Grafis berwarna merah.
  4. Teknik Kemasan berwarna hijau.
  5. Fotografi berwarna abu-abu.
  6. Periklanan berwarna kuning.
  7. Desain Grafis konsentrasi Animasi berwarna jingga.
  8. Desain Grafis konsentrasi Multimedia berwarna cyan.
  9. Penerbitan konsentrasi Broadcast berwarna hitam.
  10. Desain Grafis konsentrasi Desain Mode berwarna merah muda.

Panji/Bendera

Polimedia memiliki dua macam panji dengan warna dasar putih dan kuning dengan isi logo kampus Polimedia. Untuk masing-masing jurusan dan program studi juga memiliki panji berisi logo masing-masing program studi.

Jaket Almamater

Jaket Almamater Polimedia berwarna dasar ungu kebiruan dengan berwarna logo Polimedia berwarna emas yang dibordir di sebelah kiri dada, logo masing-masing program studi di lengan sebelah kiri dan logo organisasi kemahasiswaan di lengan sebelah kanan.

Lagu

Polimedia memiliki dua buah lagu yang wajib berjudul Mars Polimedia dan Hymne Polimedia. Mars Polimedia berisi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa sebagai mahasiswa Polimedia, sedangkan Hymne Polimedia berisi harapan dan cita-cita luhur civitas akademika Polimedia kepada Indonesia. Kedua lagu ini biasanya dinyanyikan pada kegiatan-kegiatan resmi kampus, penyambutan mahasiswa baru dan wisuda.

Visi dan Misi[sunting | sunting sumber]

Polilteknik Negeri Media Kreatif mempunyai visi, yaitu:

Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terkemuka dan unggul di bidang industri kreatif pada tahun 2025.

Sedangkan misi yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut adalah:

  1. Membangun dan mengembangkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, kompetitif, dan berakhlak mulia serta berwawasan kebangsaan.
  2. Menciptakan program-program pendidikan di bidang industri kreatif yang berbasis produksi dan kewirausahaan.
  3. Mengembangkan, menerapkan, dan menyebarluaskan teknologi di bidang industri kreatif yang berbasis pada kebutuhan masyarakat, dunia usaha dan industri.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, kreatif, inovatif, kompetitif, dan berjiwa kewirausahaan;
  2. Terwujudnya program Pendidikan Vokasi jenjang diploma, sarjana terapan, magister terapan, dan doktor terapan;
  3. Terwujudnya program keterampilan, dan sertifikasi kompetensi di bidang industri kreatif;
  4. Terciptanya sumber daya manusia yang berprestasi dan berintegritas; dan
  5. Terwujudnya iklim akademik untuk mendorong bakat, minat, dan kreativitas dalam rangka menunjang pengembangan industri kreatif.

Sistem Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  1. Program Diploma ditempuh dalam waktu enam semester untuk jenjang D-3 dan delapan semester untuk jenjang D-4
  2. Jumlah satuan kredit semester antara 110-144 sks sesuai dengan jenjang pendidikan.
  3. Kapasitas kelas maksimum 32 mahasiswa.
  4. Beban teori 40% dan praktik 60%.
  5. Kurikulum berbasis Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia dengan menerapkan Multi Entry Multi Exit System (MEMES)

Pola Pembelajaran[sunting | sunting sumber]

4-1-1, yakni empat semester perkuliahan di kampus sesuai program studi yang diambil, satu semester magang di industri, dan satu semester mengerjakan proyek Tugas Akhir bagi mahasiswa program D-3.

4-3-1, yakni empat semester perkuliahan di kampus sesuai program studi yang diambil, tiga semester perkuliahan di luar program studi baik berupa mengambil mata kuliah di program studi lain, magang industri, riset terbimbing, wirausaha, pengabdian masyarakat, mengajar di sekolah, maupun proyek independen, bagi mahasiswa program D4.

Penerimaan Mahasiswa Baru[sunting | sunting sumber]

Penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Media Kreatif melalui empat jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) khusus program sarjana terapan, dan Ujian Mandiri yang diadakan oleh Polimedia. Dari tahun ke tahun, peminat calon mahasiswa yang ingin masuk Polimedia mengalami peningkatan. Lebih dari 8.000 orang memperebutkan 2.000 kursi di Polimedia.

Fasilitas Kampus[sunting | sunting sumber]

Kawasan POLIMEDIA merupakan sebuah kompleks yang memiliki 4 gedung operasional akademik dan beberapa fasilitas penunjang lainnya berupa:

  1. Gedung A merupakan gedung Direktorat.
  2. Gedung B merupakan ruang praktik produksi.
  3. Gedung C merupakan ruang kegiatan akademik jurusan Teknik Grafika.
  4. Gedung E merupakan ruang kegiatan akademik jurusan Penerbitan dan Desain Grafis.

Ruang Kuliah[sunting | sunting sumber]

Seluruh ruang perkuliahan di Polimedia dilengkapi dengan Air Conditioner, LCD Projector, papan tulis whiteboard, dan bangku kuliah single seat. Ruang kelas yang tersebar di gedung B tiga lantai, gedung C tiga lantai, dan gedung E 10 lantai, belum termasuk kelas di PSDKU Medan dan Makassar yang juga tiga lantai.

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan Polimedia ada empat lokus, yakni Perpustakaan di gedung Direktorat yang menyediakan koleksi buku dari berbagai bidang ilmu khususnya ranah industri kreatif, perpustakaan di gedung Tower Polimedia yang menyediakan koleksi Tugas Akhir, Perpustakaan PSDKU yang ada di Kampus Medan dan Makassar. Selain tempat membaca buku, perpustakaan Polimedia juga menyediakan ruang diskusi kelompok.

Sarana Penunjang Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Bengkel Kerja[sunting | sunting sumber]

Bengkel ini memiliki peralatan pracetak, produksi cetak, hingga pascacetak, diantaranya Digital Printing HP Indigo, OCE, Simulator Offset, Offset Sakurai empat warna, Image Setter CTP dan CTF.

Laboratorium Pengujian[sunting | sunting sumber]

Laboratorium ini dapat digunakan untuk uji ketahanan lipat dan cabut, uji daya serap kertas dan minyak, uji kuat tekan, uji density, dan uji pendebuan.

Laboratorium Komputer[sunting | sunting sumber]

Terdapat lima ruang komputer PC dan satu ruang komputer Apple Mac untuk kegiatan praktik perkuliahan, pelatihan, dan sertifikasi profesi industri kreatif yang memerlukan perangkat komputer.

Laboratorium Motion Capture[sunting | sunting sumber]

Laboratorium ini digunakan untuk membuat produk animasi 3D untuk keperluan motion capture dan rigging. Di laboratorium ini, mahasiswa dapat melakukan pemodelan dan simulasi animasi 3D.

Studio Fotografi[sunting | sunting sumber]

Studio ini dilengkapi dengan seperangkat kamera digital medium format, lampu studio dan aksesoris, sceiling track, limbo, kamera digital DSLR, tripod serta satu ruang pameran.

Studio Penyiaran[sunting | sunting sumber]

Studio multikamera ini dilengkapi dengan switcher video, audio mixer, portajib, rigging, lighting dan satu ruang MCR (ruang kontrol siaran) yang dikonsep sesuai standar industri.

Hotel dan Kitchen[sunting | sunting sumber]

D’Hotel Polimedia digunakan sebagai sarana praktik perkuliahan pengelolaan perhotelan. Sarana ini dilengkapi dengan Open Kitchen dengan fasilitas peralatan dapur yang juga digunakan oleh industri kuliner. Hotel Polimedia memiliki tiga lantai yang terdiri dari kamar tidur, ruang rapat besar, dapur besar, mini restoran, dan lobi. Selain digunakan sebagai factory teaching mahasiswa Jurusan Pariwisata, tempat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat pelatihan berkonsep in house training

Gelanggang Olahraga[sunting | sunting sumber]

Polimedia menyediakan fasilitas olahraga berupa Sport Hall yang berada di lantai 3. Sarana olahraga ini untuk menyalurkan bakat dan minat serta mengembangkan prestasi mahasiswa di bidang olahraga. Jenis olahraga yang tersedia di antaranya ialah bulu tangkis, futsal, bola voli, basket, dan senam.

Poliklinik[sunting | sunting sumber]

Polimedia menyediakan fasilitas kesehatan untuk memeriksa kesehatan mata, gigi, dan badan yang didukung seorang dokter dan tenaga kesehatan. Poliklinik melayani sesuai hari dan jam kerja kantor. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan ambulans untuk kondisi rujukan darurat.

Kantin[sunting | sunting sumber]

Terdapat dua kantin di kampus Polimedia, yakni kantin lama di antara gedung B dan C serta kantin baru yang berada di belakang Hotel Polimedia. Adapula kafe, yakni Bambu Café yang berada di Hall Tower Polimedia dan Café Hotel Polimedia

Masjid[sunting | sunting sumber]

Untuk memenuhi kebutuhan ibadah sehari-hari, disediakan masjid. Adapun peringatan ibadah umat beragama lainnya, diselenggarakan sesuai hari besar agama masing-masing di kampus

Bank dan ATM Center[sunting | sunting sumber]

Untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan bagi civitas akademika, Polimedia menyediakan bank nasional beserta pusat ATM. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan juga oleh masyarakat sekitar kampus

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya Polimedia membuka 4 (empat) jurusan, yaitu Teknik Grafika, Penerbitan, Desain Grafis dan Pariwisata. POLIMEDIA adalah perguruan tinggi vokasi yang secara khusus ditangani untuk menyiapkan tenaga terampil tingkat madya (dengan gelar Diploma 3) dan sarjana terapan (dengan gelar Diploma 4) di bidang industri kreatif, yang lulusannya difokuskan terampil dan memahami proses produksi, serta dibekali pengetahuan konsep dan wawasan bisnis untuk berwirausaha.[2]

Program Studi yang ada di Polimedia untuk saat ini antara lain:

  • Jurusan Teknik
  1. Program Studi Teknik Grafika (D3)
  2. Program Studi Teknik Kemasan (D3)
  3. Program Studi Teknik Perbaikan dan Perawatan Mesin (D3)
  • Jurusan Penerbitan
  1. Program Studi Penerbitan (D3)
  2. Program Studi Penerbitan konsentrasi Fotografi (D3)
  3. Program Studi Penerbitan konsentrasi Broadcasting (D3)
  4. Program Studi Penerbitan konsentrasi Periklanan (D3)
  • Jurusan Desain Grafis
  1. Program Studi Desain Grafis (D3)
  2. Program Studi Desain Grafis konsentrasi Game Teknologi (D4)
  3. Program Studi Desain Grafis konsentrasi Animasi (D4)
  4. Program Studi Desain Grafis konsentrasi Multimedia (D4)
  5. Program Studi Desain Grafis konsentrasi Desain Mode (D4)
  • Jurusan Pariwisata
  1. Program Studi Pariwisata konsentrasi Perhotelan (D4)
  2. Program Studi Pariwisata konsentrasi Seni Kuliner (D3)
  • POLIMEDIA PSDKU Medan
  1. Program Studi Teknik Grafika
  2. Program Studi Desain Grafis
  3. Program Studi Desain Grafis konsentrasi Multimedia
  • POLIMEDIA PSDKU Makassar
  1. Program Studi Teknik Grafika
  2. Program Studi Desain Grafis
  3. Program Studi Desain Grafis konsentrasi Multimedia

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

Akreditasi Politeknik Negeri Media Kreatif Baik Sekali (No SK. 203/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2021)

Program Studi No SK Tahun SK Peringkat
Teknik Grafika 0040/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/I/2017 2017 B[3]
Desain Grafis 0039/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/I/2017 2017 B[4]

Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) POLIMEDIA merupakan organisasi kemahasiswaan di kampus POLIMEDIA yang memiliki wewenang dan sifat di bidang legislatif dan yudikatif, yang berarti MPM POLIMEDIA memiliki hak untuk membuat segala peraturan perundang-undangan serta peradilan untuk kemahasiswaan di POLIMEDIA. Secara fungsi MPM POLIMEDIA mengacu kepada sistem yang diterapkan pada DPR RI dan memiliki fungsi dalam bidang advokasi aspirasi, pengawasan, budgeting dan legislasi. Dalam menjalankan fungsinya, MPM POLIMEDIA menaungi kampus POLIMEDIA Jakarta, Medan dan Makassar.

Badan Eksekutif Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) POLIMEDIA merupakan organisasi kemahasiswaan eksekutif tingkat kampus di Politeknik Negeri Media Kreatif. Dalam menjalankan Tugas pokok dan fungsinya BEM POLIMEDIA menindaklanjuti aspirasi mahasiswa serta menaungi Unit Kegiatan Mahasiswa.

Koordinator Eksekutif Mahasiswa

Koordinator Eksekutif Mahasiswa (KEM) merupakan organisasi kemahasiswaan eksekutif tingkat kampus yang menaungi kampus POLIMEDIA di Medan dan Makassar.

Himpunan Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa (HIMA) merupakan organisasi eksekutif tingkat program studi di POLIMEDIA. HIMA di POLIMEDIA terdiri dari:

  1. Himpunan Mahasiswa Teknik Grafika Kemasan.
  2. Himpunan Mahasiswa Penerbitan.
  3. Himpunan Mahasiswa Desain Grafis.
  4. Himpunan Mahasiswa Fotografi.
  5. Himpunan Mahasiswa Periklanan.
  6. Himpunan Mahasiswa Animasi.
  7. Himpunan Mahasiswa Multimedia.
  8. Himpunan Mahasiswa Broadcast.
  9. Himpunan Mahasiswa Desain Mode.
  10. Himpunan Mahasiswa Game Technology.
  11. Himpunan Mahasiswa Pengelolaan Perhotelan.
  12. Himpunan Mahasiswa Seni Kuliner.

Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) merupakan organisasi kemahasiswaan tingkat kampus yang menaungi berbagai minat dan bakatpara mahasiswa POLIMEDIA. UKM yang terdapat di POLIMEDIA antara lain:

  1. Komunitas Pecinta Seni (KOMPENI)
  2. Ikatan Mahasiswa Islam Polimedia (IMIP)
  3. Ikatan Mahasiswa Nasrani (IMANI)
  4. Basketball
  5. Futsal
  6. Bulu Tangkis
  7. Voli
  8. Karate
  9. Taekwondo
  10. Pencak Silat
  11. Paduan Suara NOMINA Choir
  12. Komunitas Sineas (Cineddict)
  13. Komunitas Komikus (INKKING)
  14. Mahasiswa Pecinta Alam Polimedia Balukuwana
  15. Pecinta Musik Digital (PEMUDIG)
  16. Tari Tradisional (TRADA)
  17. Lembaga Pers Mahasiswa KETIK Diarsipkan 2020-11-23 di Wayback Machine.
  18. Korps Sukarelawan PMI Polimedia

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]