Politeknik Negeri Lampung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
Informasi
Didirikan 7 April 1984
Jenis Perguruan Tinggi, Politeknik, Universitas
Program/jurusan/
peminatan
Budidaya Tanaman Pangan, Budidaya Tanaman Perkebunan, Teknologi Pertanian, Peternakan, Ekonomi dan Bisnis
Alamat
Lokasi Jalan Soekarno-Hatta No. 10, Rajabasa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Tel./Faks. [0721-703995] [0721-787309]
Situs web www.polinela.ac.id [1] [2]
Surel humas@polinela.ac.id
Moto
Moto Profesional, Cerdas dan Kompetitif

Perguruan Tinggi Negeri di Provinsi Lampung yang menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk menciptakan lulusan ahli madya dan sarjana terapan berjiwa disiplin, mandiri dan profesional di Indonesia.

"State Universities in Lampung Province that organizes vocational education to create graduates of middle-aged experts and applied undergraduate discipline, independent and professional in Indonesia"

Profil[sunting | sunting sumber]

Politeknik Negeri Lampung atau POLINELA, pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001.

Selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, keberadaan Politeknik di era otonomi daerah diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisator dan akselerator pembangunan daerah. Dalam kaitan tersebut Politeknik terus melakukan pengembangan aktivitas dan fasilitas akademik dengan memperluas penyelenggaraan bidang studi guna mencetak tenaga professional di sejumlah bidang pengetahuan khusus. Sejak 2 Agustus 2004 Politeknik Pertanian Negeri Lampung resmi berubah nama menjadi  Politeknik Negeri Lampung, hal ini di karenakan rencana pengembangan Politeknik yang di masa datang dimana bidang studi yang di selenggarakan tidak lagi hanya di bidang pertanian.

politeknik negeri lampung
Politeknik Negeri Lampung

Pendidikan Profesional/Vokasi[sunting | sunting sumber]

Politeknik Negeri Lampung diamanatkan untuk melaksanakan Pendidikan Vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dan profesionalitas dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana. Oleh karena itu pendidikan di Politeknik Negeri Lampung lebih diarahkan kepada pembelajaran yang professional dengan dukungan tenaga pengajar (dosen), teknisi, tenaga administrasi dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar yang menunjang sistem pembelajaran tersebut.

Tujuan umum program pendidikan profesional/vokasi adalah menyiapkan mahasiswa menjadi warganegara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dalam bidang keahliannya, serta memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam bidang tertentu.

Program pendidikan profesional/vokasi yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Lampung terdiri atas Program Diploma III dan Program Diiploma IV :

  • Program Diploma 3 (Ahli Madya) mempunyai beban studi komulatif 110 - 120 sks, dijadwalkan untuk 6 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 6 - 20 semester.
  • Program Diploma 4 (Sarjana Terapan) mempunyai beban studi komulatif 144 - 160 sks, dijadwalkan untuk 8 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 8 - 14 semester.

Jurusan (Fakultas)[sunting | sunting sumber]

Program pendidikan di Politeknik Negeri Lampung dikelompokkan dalam 5 (lima) jurusan (fakultas) yaitu :

  1. Budidaya Tanaman Pangan, pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang budidaya tanaman pangan.
  2. Budidaya Tanaman Perkebunan, pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang budidaya tanaman perkebunan.
  3. Teknologi Pertanian, pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang teknologi pertanian.(Teknik Pengelolaan Sumberdaya Lahan dan Lingkungan, Mekanisasi Pertanian, dan Teknologi Pangan)
  4. Peternakan, pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang produksi ternak dan budidaya perikanan
  5. Ekonomi dan Bisnis, pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang ekonomi, bisnis dan manajemen informatika.

Program Studi Jenjang Diploma III ( DIII/D3 ) / Ahli Madya[sunting | sunting sumber]

Program studi di Politeknik Negeri Lampung terdiri dari 11 (Sebelas) Program Studi yaitu :

  1. Produksi Tanaman Pangan (D3) : Menyiapkan lulusan yang kompetitif untuk memenuhi pasar tenaga kerja, berjiwa wirausaha, pelaku bisnis pembenihan yang handal, dan berkemampuan komunikasi yang baik.
  2. Hortikultura (D3) : Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai manajer, supervisor, konsultan, penyuluh, teknisi produksi holtikultura, kultur jaringan dan penata taman serta mampu mengembangkan agribisnis hortilkultura.
  3. Produksi Tanaman Perkebunan (D3) : Menyiapkan lulusan yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan (kualifikasi) pada tingkat supervisor dalam bidang perkebunan yang meliputi budidaya, pengolahan hasil, manajemen perkebunan kewirausaan yang memiliki kemampuan berkomunikasi dan sikap yang bertanggung jawab berdasarkan kaidah ilmiah.
  4. Teknik Sumber Daya Lahan dan Lingkungan (D3) : Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan teknis operasional dan manajerial dibidang keteknikan sumber daya lahan dan air dengan kompetensi dibidang survei dan perpetaan, perencanaan dan aplikasi irigasi, pengolahan dan pemanfaatan sumber daya lahan, analisis kualitas lingkungan.
  5. Mekanisasi Pertanian (D3) : Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai seorang supervisor pengoperasian alat dan mesin budidaya pertanian, alat dan mesin pasca panen, bangunan pertanian, dan perbengkelan pertanian.
  6. Teknologi Pangan (D3) : Menyiapkan lulusan yang profesional dalam teknologi pengolahan pangan dan penanganan produk pertanian, memiliki kemampuan sebagai seorang quality control dan supervisor proses pengolahan pangan dengan daya juang yang tinggi serta memiliki kemampuan mengembangkan diversifikasi produk olahan pangan dan memiliki jiwa wirausaha.
  7. Produksi Ternak (D3) : Menyiapkan lulusan yang profesional dalam seleksi ternak bakalan, program pemberian dan formulasi ransum ternak, penerapan program reproduksi ternak, perancangan program pencegahan dan pemberantasan penyakit, perencanaan dan pengelolaan suatu usaha peternakan dan pemasaran produk peternakan.
  8. Budidaya Perikanan (D3) : Menyiapkan lulusan yang mampu bersaing dalam pasar global, memiliki kemampuan sebagai tenaga kerja tingkat madya, wirausahawan yang handal dibidang pembenihan serta pembesaran ikan, udang, kerang dan lain-lain.
  9. Agribisnis (D3) : Menyiapkan lulusan yang profesional dalam wirausaha agribisnis serta terampil menerapkan teknologi dan komunikasi dalam bisnis.
  10. Akuntansi (D3) : Menyiapkan lulusan yang profesional dalam penyusunan laporan keuangan untuk berbagai jenis perusahaan, penghitungan dan pelaporan pajak, dan pelaksanaan proses audit dengan mengimplementasikan sistem informasi akuntansi.
  11. Manajemen Informatika (D3) : Menghasilkan lulusan Ahli Madya (Amd) Manajemen Informatika dan komputer yang mampu : 1). Merancang, mengembangkan dan mengelola sistem basis data. 2). Merancang, mengembangkan dan mengelola perangkat lunak komputer. 3). Merancang, mengembangkan dan mengelola sistem informasi berbasis web. 4). Merencanakan dan menerapkan konsep bisnis berbasis teknologi informasi untuk tujuan wirausaha. dan 5). Mampu Beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Program Studi Jenjang Diploma IV ( DIV/D4 ) / Sarjana Terapan[sunting | sunting sumber]

Program studi di Politeknik Negeri Lampung terdiri dari 7 (Tujuh) Program Studi yaitu :

  1. Teknologi Pembenihan (S1/D4) : Menghasilkan Sarjana Saint Terapan (SST) di bidang teknologi perbenihan yang profesional, berkarakter dan berbudi luhur serta memiliki kemampuan dalam pemberdayaan agribisnis dan teknologi pertanian yang tangguh dan berkelanjutan.
  2. Produksi dan Manajemen Industri Perkebunanan (S1/D4) : Menyiapkan sumber daya manusia (lulusan) yang memiliki kemampuan teknis (profesional), manajerial, akademik, dan kemampuan komunikasi interpersonal berdasarkan keahlian pada komoditi tanaman perkebunan tertentu.
  3. Teknologi Produksi Ternak (S1/D4) : Menyiapkan lulusan yang disiplin, mandiri dan kompetitif dibidang teknologi produksi ternak
  4. Agribisnis Pangan (S1/D4) : Menyiapkan lulusan yang profesional, disiplin, mandiri dan kompetitif dibidang agribisnis pangan
  5. Akuntansi Perpajakan (S1/D4) : Menyiapkan lulusan yang profesional dalam bidang penghitungan dan pelaporan pajak, dan pelaksanaan proses audit dengan mengimplementasikan sistem informasi akuntansi.
  6. Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura (S1/D4) : Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai manajer, supervisor, konsultan, penyuluh, holtikultura, kultur jaringan dan penata taman serta mampu mengembangkan agribisnis hortilkultura.
  7. Teknologi Rekayasa Kimia Industri (S1/D4) :

Mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru[sunting | sunting sumber]

Mekanisme penerimaan mahasiswa baru di di Politeknik Negeri Lampung, yaitu :

No. Jalur Penerimaan Waktu Keterangan Link
1 Penelusuran Minat kemampuan Akademik dan Bakat (PMKAB) Januari s.d. Mei Seleksi prestasi melalui nilai rapor Politeknik Negeri Lampung
2 Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) Januari s.d. Mei Seleksi prestasi melalui nilai rapor http://pmdk.politeknik.or.id
3 Beasiswa Bidik Misi Februari s.d. Mei Seleksi prestasi melalui nilai rapor dan kemampuan ekonomi orang tua http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
4 Ujian Masuk Politeknik Negeri/UMPN se-Indonesia   Mei s.d. Juni Seleksi ujian tulis bersama dengan Politeknik Negeri seluruh Indonesia http://pmb.polinela.ac.id
5 Ujian Masuk Mandiri Juli Seleksi ujian tertulis di Polinela http://pmb.polinela.ac.id

Khusus untuk pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) dan Ujian Masuk Mandiri. Pendaftaran dilakukan online melalui situs : pmb.polinela.ac.id.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar Politeknik Negeri di Indonesia: [1]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]