Politeknik Negeri Lampung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
Informasi
Didirikan 7 April 1984
Jenis Perguruan Tinggi Negeri
Program/jurusan/
peminatan
Budidaya Tanaman Pangan, Budidaya Tanaman Perkebunan, Teknologi Pertanian, Peternakan, Ekonomi dan Bisnis
Alamat
Lokasi Jalan Soekarno-Hatta No. 10, Rajabasa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Telp./Faks. 0721-703995 / 0721-787309
Situs web www.polinela.ac.id [1]
Surel [humas@polinela.ac.id]

Profil[sunting | sunting sumber]

Politeknik Negeri Lampung atau (POLINELA), pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001.

Selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, keberadaan Politeknik di era otonomi daerah diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisator dan akselerator pembangunan daerah. Dalam kaitan tersebut Politeknik terus melakukan pengembangan aktivitas dan fasilitas akademik dengan memperluas penyelenggaraan bidang studi guna mencetak tenaga professional di sejumlah bidang pengetahuan khusus. Sejak 2 Agustus 2004 Politeknik Pertanian Negeri Lampung resmi berubah nama menjadi  Politeknik Negeri Lampung, hal ini di karenakan rencana pengembangan Politeknik yang di masa datang dimana bidang studi yang di selenggarakan tidak lagi hanya di bidang pertanian.

Sejak 2005 Politeknik Negeri Lampung mengelola lima jurusan dan 13 Program Studi yaitu Jurusan Ekonomi dan Bisnis (Agribisnis, Akuntansi, Manajemen Informatika), Budidaya Tanaman Pangan(Hortikultura, Produksi Tanaman Pangan, Teknologi Pembenihan), Budidaya Tanaman Perkebunan (Budidaya Tanaman Perkebunan dan Produksi Tanaman Kebun), Teknologi Pertanian (Mekanisasi Pertanian, Teknik Pengelolaan Sumberdaya Lahan dan Air dan Teknologi Pangan) dan Peternakan (Perikanan dan Peternakan).

Politeknik Negeri Lampung diamanatkan untuk melaksanakan Pendidikan Vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dan profesionalitas dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana. Oleh karena itu pendidikan di Politeknik Negeri Lampung lebih diarahkan kepada pembelajaran yang professional dengan dukungan tenaga pengajar (dosen), teknisi, tenaga administrasi dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar yang menunjang sistem pembelajaran tersebut.

Filosofi, Visi, Misi dan Tujuan Strategis[sunting | sunting sumber]

Filosofi[sunting | sunting sumber]

Politeknik Negeri Lampung mempunyai filosofi adalah sebagai berikut (1) Keterkaitan dan kesepadanan antara kurikulum dan kebutuhan industri yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan (customer satisfactory). (2) Penyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi. (3) Peningkatan kualitas secara berkelanjutan (continuous quality improvment). (4) Belajar dengan melakukan (learning by doing). (5) Pengembangan organisasi dan manajemen modern yang berorientasi pada mutu, profesionalisme dan keterbukaan serta mampu bersiang secara nasional maupun regional. dan (6) Profesional dan berakhlak mulia.Politeknik sebagai lembaga pendidikan tinggi dalam pengembangannya selain berpedoman pada asas dasar cita-cita kemanusiaan juga tetap mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa dan kelestarian sumberdaya alam, berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, karena itu dalam proses keterlibatan pengembangan teknologi terapan, ilmu pengetahuan serta inovasi teknologi dan seni (dan budaya) bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membela kepentingan nasional. Di samping itu pengembangan Politeknik juga ditetapkan berdasarkan antisipasi ke depan, kemana dan bagaimana politeknik harus dibawa, karya-karya apa saja yang akan dihasilkan, sumbangan apa saja yang bisa diberikan kepada masyarakat dan negara serta eksistensinya dapat diperhitungkan oleh lembaga lain.

Visi[sunting | sunting sumber]

Dengan mengacu pada batasan tersebut maka Politeknik Negeri Lampung mempunyai visi yaitu : " Pada tahun 2020 Politeknik Negeri Lampung menjadi perguruan vokasi 5 besar terbaik di Indonesia ".

Misi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan dengan visi yang sudah dicanangkan, Politeknik Negeri Lampung mengunggulkan vokasi dengan bidang kajian pokok Pertanian, tata niaga, dan informatika dengan misi sebagai berikut : (1). Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Vokasi yang berorientasi pada akhlak mulia, terampil, disiplin, mandiri, dan kompotitif. (2). Pelaksanaan penelitian terapan untuk guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. (3). Peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial demi kepentingan masyarakat. (4). Kerjasama secara berkelanjutan dengan stake holder baik kerjasama regional, nasional, maupun internasional. (5). Pengembangan organisasi yang sehat dengan manajemen yang transparan.

Tujuan Strategis[sunting | sunting sumber]

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi industri dan berjiwa enterprenur serta berakhlak mulia sehingga mampu bersaing baik ditingkat lokal maupun regional dalam rangka menghadapi persaingan global. Menghasilkan karya karya teknologi tepat guna meningkatkan mutu pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Meningkatkan kualitas kerjasama yang saling menguntungkan dengan stake holder. Menjadikan polinela sebagai lembaga pendidikan tinggi yang efektif, efisien, dan produktif.

Optimalisasi Fungsi[sunting | sunting sumber]

Untuk lebih mengoptimalkan fungsi yang diharapkan, maka perlu dijabarkan pada bidang kajian sebagai berikut: (1). Menghasilkan tenaga profesional dan spesialis dibidang agribisnis dan agroindustri. (2). Mengembangkan penelitian yang berorientasi produk yang dapat dijual dan penelitian yang bersifat pengembangan dan inovasi. (3). Memasyarakatkan peneltian dan pengembangan teknologi yang dihasilkan sehingga dapat dijadikan keunggulan sumber wilayah. dan (4). Menjalin kerjasama dengan masyarakat, industri dan instansi di luar Politeknik.

Pendidikan Profesional/Vokasi[sunting | sunting sumber]

Tujuan umum program pendidikan profesional/vokasi adalah menyiapkan mahasiswa menjadi warganegara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dalam bidang keahliannya, serta memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam bidang tertentu.

Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang ditujukan untuk kepentingan praktis dimulai dari D-I, D-II, D-III, Sarjana Terapan, Magister Terapan dan Doktor Terapan yang berfungsi mengembangkan peserta didik agar memiliki pekerjaan keahlian terapan tertentu melalui program vokasi dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan keahlian terapan, beradaptasi pada bidang pekerjaan tertentu dan dapat menciptakan peluang kerja.

Pendidikan vokasi menganut sistem terbuka (multi-entry-exit system) dan multimakna (berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak, dan kepribadian, serta berbagai kecakapan hidup life skill. Pendidikan vokasi berorientasi pada kecakapan kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja. Pendidikan vokasi merupakan pendidikan keahlian terapan yang diselenggarakan di perguruan tinggi berbentuk akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut dan universitas. Bentuk penyelenggaraan pendidikan vokasi terdiri dari Program Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3, dan Diploma 4. Standar nasional pendidikan vokasi dikembangkan berdasarkan standar kompetensi nasional dan/atau internasional.

Sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tersebut memberikan wawasan dan keyakinan pendidikan tinggi harus dikembangkan ke arah suatu sistem demi kepentingan nasional, dan hal ini mendorong Ditjen Dikti Depdiknas merumuskan serangkaian kebijakan pengembangan pendidikan tinggi. Untuk itu disusunlah Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPTJP IV 2003-2010) yang selanjutnya disempurnakan menjadi HELTS (Higher Education Long Term Strategy), di mana isinya berupa suatu rencana strategis pengembangan jangka panjang yang bertujuan menempatkan sistem pendidikan tinggi nasional, dengan segala keterbatasan yang ada pada kedudukan paling baik di masa depan agar mampu menanggapi tantangan yang dihadapi secara efektif. HELTS merumuskan tiga strategi utama pengembangan pendidikan tinggi, yaitu daya saing bangsa (nation?s competitiveness), otonomi dan desentralisasi (autonomy), dan kesehatan organisasi (organizational health).

Program pendidikan profesional/vokasi yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Lampung terdiri atas Program Diploma III dan Program Diiploma IV :

  • Program Diploma 3 (Ahli Madya) mempunyai beban studi komulatif 110 - 120 sks, dijadwalkan untuk 6 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 6 - 20 semester.
  • Program Diploma 4 (Sarjana Terapan) mempunyai beban studi komulatif 144 - 160 sks, dijadwalkan untuk 8 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 8 - 14 semester.

Program Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Program pendidikan di Politeknik Negeri Lampung dikelompokkan dalam 5 (lima) jurusan yaitu :

  1. Budidaya Tanaman Pangan adalah jurusan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang budidaya tanaman pangan.
  2. Budidaya Tanaman Perkebunan adalah jurusan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang budidaya tanaman perkebunan.
  3. Teknologi Pertanian adalah jurusan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang teknologi pertanian.(Teknik Pengelolaan Sumberdaya Lahan dan Lingkungan, Mekanisasi Pertanian, dan Teknologi Pangan)
  4. Peternakan adalah jurusan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang produksi ternak dan budidaya perikanan
  5. Ekonomi dan Bisnis adalah jurusan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang ekonomi, bisnis dan manajemen informatika.