Universitas Teknokrat Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
UNIVERSITASTEKNOKRAT.png
Universitas Teknokrat Indonesia
RektorDr. H. M. Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A.

Universitas Teknokrat Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Lampung yang berdiri pada Februari 1986 dengan nama awal "Kursus dan Bimbingan Teknokrat". Perguruan Tinggi ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Teknokrat. Teknokrat memiliki moto Disiplin, Bermutu, Kreatif dan Inovatif.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Teknokrat Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Lampung, tepatnya berada di Jalan Zainal Abidin Pagaralam No. 9-11 Labuhan ratu, Bandarlampung. Perguruan Tinggi yang memiliki moto disiplin, bermutu, kreatif, dan inovatif ini semula adalah sebuah lembaga pendidikan yang bernama Kursus dan Bimbingan Technocrat. Lembaga pendidikan ini didirikan oleh Dr. H.M. Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A. berdasarkan izin Depdikbud (Depdiknas) Provinsi Lampung pada 19 Februari 1986.

Pada awal pendiriannya, Kursus dan Bimbingan Teknokrat terbatas pada kursus Bahasa Inggris, Akuntansi, bimbingan Belajar, dan mengetik manual. Tenaga pengajar pada saat itu hanya dua orang yaitu Dr. H.M. Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A. dan istri Hj. Hernaini, S.S., M.Pd.

Pada tahun 1995, Kursus dan Bimbingan Teknokrat berganti nama menjadi Lembaga Pendidikan Teknokrat. Lembaga ini membawahi dua departemen yaitu Departemen Kursus dan Bimbingan, serta Departemen Lembaga Pendidikan Bisnis dan Manajemen. Selanjutnya, Lembaga Pendidikan Bisnis dan Manajemen berupaya untuk terus mengembangkan program-program pendidikannya. Pada tahun 1996, Program Pendidikan Satu Tahun Teknokrat memulai proses pembelajarannya dan berlangsung hingga sekarang.

Berkat perkembangan yang pesat serta prestasi-prestasi yang telah berhasil diraih oleh Lembaga Pendidikan Teknokrat, lembaga ini terus berusaha untuk meningkatkan peran sertanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan Perguruan Tinggi Teknokrat pada tahun 2000. Perguruan tinggi yang didirikan meliputi tiga institusi, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Teknokrat, Akademi Manajemen Informatikan dan Komputer (AMIK) Teknokrat dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Teknokrat telah mendapat ijin operasional dan status badan hukum pada tanggal 8 Februari 2001 serta status terdaftar di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendididkan Nasional dengan Nomor; 13/D/O/2001. STMIK Teknokrat memiliki dua program studi Strata Satu yaitu Teknik Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI). Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Teknokrat telah mendapatkan ijin operasional dan status badan hukum pada tanggal 9 Juni 2000 serta status terdaftar di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 92/D/O/2000. AMIK Teknokrat memiliki tiga program studi Diploma Tiga yaitu Komputer Akuntansi (KA), Manajemen Informatika (MI) dan Teknik Komputer (TK). Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat telah mendapat ijin operasional dan status badan hukum pada tanggal 25 April 2000 serta status terdaftar di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendididkan Nasional dengan Nomor; 48/D/O/2000. STBA Teknokrat memiliki satu program studi Strata Satu yaitu Sastra Inggris dan dua program studi Diploma Tiga yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

Program Akademik[sunting | sunting sumber]

Kampus Teknokrat terletak di Jalan Zainal Abidin Pagaralam No. 9-11 Labuhan Ratu, Bandarlampung. Terdapat 3 institusi pendidikan, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Teknokrat, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Teknokrat dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat. Pada tahun 2015, Yayasan Pendidikan Teknokrat mengajukan usulan kepada Ditjen Dikti untuk menggabungkan tiga lembaga yang telah terorganisir menjadi universitas. Upaya dan kerja keras Yayasan Pendidikan Teknokrat akhirnya membuahkan hasil dengan disetujuinya penggabungan STMIK-AMIK-STBA Teknokrat menjadi universitas dengan nama Universitas Teknokrat Indonesia dengan Surat Keputusan No. 494/KPT/I/2017, yang mulai berlaku efektif 19 Januari 2017. Universitas Teknokrat Indonesia menyelenggarakan 3 fakultas, antara lain Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra dan Pendidikan.

Universitas Teknokrat Indonesia

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK)[sunting | sunting sumber]

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer memiliki 7 program studi yang terdiri dari 6 program sarjana (strata 1) dan 1 program diploma tiga. Program studi pada FTIK UTI antara lain:

  1. Program studi S1 Informatika
  2. Program studi S1 Sistem Informasi
  3. Program studi S1 Teknologi Informasi
  4. Program studi S1 Teknik Komputer
  5. Program studi S1 Teknik Elektro
  6. Program studi S1 Teknik Sipil
  7. Program studi D3 Sistem Infomrasi Akuntansi

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer memiliki visi Pada tahun 2025 Menjadi institusi Pendidikan Tinggi di Bidang Sains Terapan dan Sains Komputer yang Unggul di Sumatera dan berperan aktif dalam Pembangunan Bangsa melalui Proses Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknokrat Indonesia (FEB UTI), merupakan salah satu fakultas di lingkungan Universitas Teknokrat Indonesia yang didirikan pada tanggal 18 Januari 2017 berdasarkan SK Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 494/KPT/I/2017. Saat ini FEb UTI menyelenggarakan 2 program studi sarjana (strata 1), yaitu

  1. Program studi S1 Manajemen
  2. Program Studi S1 Akuntansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki visi untuk Menjadi Pusat Pengembangan IPTEKS dalam manajemen, bisnis, dan akuntansi yang unggul ditunjang dengan teknologi informasi ditingkat nasional pada tahun 2025 dan internasional pada tahun 2030.

Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP)[sunting | sunting sumber]

Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia menawarkan empat program unggulan, terdiri dari:

  1. Program studi S1 Sastra Inggris
  2. Program studi S1 Bahasa Inggris
  3. Program studi S1 Pendidikan Matematika
  4. Program studi S1 Pendidikan Olahraga

Program Sastra Inggris mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam bidang sastra, linguistik, budaya, bahasa Inggris untuk tujuan tertentu, dan penerjemahan yang mempersiapkan mereka untuk bekerja di kementerian dan kedutaan besar serta berbaur dengan perusahaan multinasional dan industri global. Sementara itu, program pendidikan membekali siswa dengan keterampilan pedagogik dan profesional, serta kompetensi di bidang informasi dan teknologi yang memungkinkan siswa untuk mengejar karir mengajar profesional baik di sekolah negeri maupun swasta, di dalam dan di luar Indonesia. Mahasiswa di semua program juga dibekali dengan pola pikir kewirausahaan, kreatif, dan gesit yang dibutuhkan di tempat kerja yang dinamis saat ini.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Perguruan Tinggi Teknokrat pada tahun 2014 antara lain menjadi Juara Umum Kontes Robot Indonesia, Juara Nasional Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), Juara Nasional Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (Roboboat), dan Juara Nasional 1 Kontes Robot Seni Indonesia. Selain itu, Perguruan Tinggi Teknokrat telah menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi di Indonesia yang memperoleh predikat The National ICT’s Smartest Campus Award pada tahun 2013.

Prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat pada bidang bahasa di antaranya adalah menjadi Juara Nasional 1 News Casting ALSA ’19 pada tahun 2015 dan menjadi Juara 1 Pidato Bahasa Jepang se-Sumatra pada tahun 2013, 2014, dan 2015. Selain itu, dalam bidang bahasa mahasiswa STBA Teknokrat juga pernah menjadi Juara Asia II Pidato Bahasa Inggris Asean English Olimpic pada tahun 2014.

Prestasi lain yang pernah diraih oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat adalah berhasil mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Debat Bahasa Inggris Tingkat Dunia di De La Salle University Filipina dan berhasil menjadi Duta Internasional dalam pertukaran Pemuda (Youth exchange Program) dan pada 2012, 2013, dan 2015.

Unit Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat Perguruan Tinggi yang fungsinya menampung berbagai minat dan bakat dari para mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat. Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut antara lain:

UKM Bidang Akademik[sunting | sunting sumber]

  1. UKM Robot
  2. UKM TEC
  3. UKM Desain Animasi
  4. UKM Pemograman

UKM Bidang Kerohanian[sunting | sunting sumber]

  1. UKM Islam
  2. UKM Katolik Lumine Christi
  3. UKM Cristian Youth Of Teknokrat
  4. UKM Hindu
  5. UKM Budha

UKM Bidang Seni[sunting | sunting sumber]

  1. UKM Tari
  2. UKM Paduan Suara
  3. UKM Band
  4. UKM Duta

UKM Bidang Olahraga[sunting | sunting sumber]

  1. UKM Futsal
  2. UKM Basket
  3. UKM Volley
  4. UKM Karate
  5. UKM Pencak Silat
  6. UKM Bulu Tangkis
  7. UKM Taekwondo
  8. UKM Menwa

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Laboratorium Komputer[sunting | sunting sumber]

Perguruan Tinggi Teknokrat memiliki 8 laboratorium komputer, meliputi laboratorium internet, intranet dan multimedia, laboratorium hardware dan jaringan, laboratorium elektronika digital, dan laboratorium software. Semua komputer di laboratorium tersambung ke internet dengan akses kecepatan tinggi. Selain itu, seluruh area telah tersambung melalui jaringan internet nirkabel dengan Wi-Fi. Teknologi mutakhir lainnya, yaitu komputer multimedia dengan teknologi LAN, LED TV 60 dan 70 inch dilengkapi dengan multimedia projector.

Laboratorium Bahasa[sunting | sunting sumber]

Terdapat 2 Laboratorium bahasa di Perguruan Tinggi Tinggi Teknokrat. Laboratorium tersebut dilengkapi dengan komputer Multimedia dan LED TV 60 dan 70 inch. Selain itu, laboratorium bahasa tersebut sudah dilengkapi dengan seperangkat peralatan elektronik, audio video yang terdiri atas instructor console sebagai mesin utama, dilengkapi dengan repeater language learning machine, tape recorder, DVD Player, video monitor, headset dan 40 students booth dengan seperangkat komputer dan screen untuk masing masing booth yang dipasang dalam satu ruang. Di samping itu, ada pula komponen komputer multimedia yang dapat dipakai sebagai komponen tambahan yang dapat dikombinasikan dengan kesemuanya itu. Apabila hal tersebut dilakukan maka laboratorium bahasa itu berfungsi juga sebagai laboratorium bahasa multimedia.

Laboratorium Perkantoran dan Kesekretarisan[sunting | sunting sumber]

Laboratorium perkantoran dan kesekretarisan di Perguruan Tinggi Teknokrat merupakan sebuah laboratorium yang modern. Untuk melengkapi praktik para mahasiswa di laboratorium tersebut, berbagai peralatan kantor modern telah tersedia, seperti:

  1. Ruangan dan meja untuk resepsionis
  2. Ruang direktur lengkap dengan meja
  3. Ruang rapat lengkap dengan meja modern
  4. Ruang-ruang kecil tiap bagian / unit kerja
  5. Komputer yang terhubung dengan Local Area Network beserta printer
  6. CCTV
  7. Mesin tik manual
  8. Mesin Faks
  9. Mesin penghancur kertas
  10. Infocus beserta layar
  11. Lemari File, dll

Laboratorium perkantoran dan kesekretarisan tersebut disediakan bagi para mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat sebagai tempat untuk mempraktikkan langsung aktivitas bekerja di kantor.

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perguruan Tinggi Teknokrat memiliki sebuah perpustakaan yang memiliki koleksi lengkap yang terdiri atas buku, skripsi, tesis, karya ilmiah dosen, majalah ilmiah (jurnal), majalah populer, surat kabar, kamus, ensiklopedia dan handbook. Terdapat pula koleksi skripsi dari bidang informatika dan bahasa.

Ruang Auditorium[sunting | sunting sumber]

Perguruan Tinggi Teknorat memiliki sebuah aula serbaguna yang biasa digunakan untuk seminar, lokakarya, rapat, pelatihan, kegiatan seni dan lain-lain. Aula tersebut memiliki kapasitas sebanyak 700 orang.

Indoor Stadium[sunting | sunting sumber]

Perguruan Tinggi Teknokrat juga memiliki indoor stadium dengan kapasitas 1500 orang yang berguna sebagai aula untuk kegiatan olahraga (basket, futsal, volleyball, bulu tangkis dll), kegiatan pendidikan (seminar, kuliah umum, pelatihan, lomba-lomba bahasa Inggris dan seni) dan kegiatan kampus (propti, yudisium, acara seni dll)

Ruang Kelas[sunting | sunting sumber]

Seluruh ruang belajar yang berada di lingkungan Teknokrat memiliki beberapa fasilitas, antara lain ruangan full AC, lengkap dengan komputer multimedia dan LED TV 60 inch sebagai projector. Selain itu, kegiatan yang berlangsung di ruang kelas dikontrol dengan Closed Circuit Television (CCTV).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]