Politeknik Negeri Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Politeknik Negeri Cilacap (PNC) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah yang berlokasi di Kabupaten Cilacap. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 2014 dengan dasar hukum Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No 102 tahun 2014.[1][2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Politeknik Negeri Cilacap digagas oleh bupati Cilacap pada tahun 2006 untuk memberikan kesempatan masyarakat Cilacap meningkatkan taraf kehidupan melalui jenjang pendidikan yang sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Cilacap yaitu "Menuju daerah pro investasi". Gagasan tersebut kemudian direspon oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui bantuan hibah sebesar 70%. Sedangkan sisanya, 30% ditanggung oleh pemerintah setempat. Kompleks kampus berdiri di atas lahan seluas 10 hektar. Tanah. Dengan izin pendirian dari Dirjen Dikti No.125/D/O/2008, Politeknik Cilacap didukung oleh sumberdaya manusia berkualitas serta ditunjang oleh gedung baru dan fasilitas laboratorium modern sesuai standar peralatan industri dari Eropa, Amerika, dan Jepang. Politeknik Negeri Cilacap juga menerima mahasiswa, mendidik mahasiswa yang sesuai kebutuhan instansi dan perusahaan serta menyalurkan lulusan ke dunia kerja ke instansi dan perusahaan yang sudah terikat kerjasama. Selain kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program studi, Politeknik Cilacap membekali mahasiswa dengan ketrampilan bahasa Inggris, agar lulusannya dapat bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain.

Bidikmisi[sunting | sunting sumber]

Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2010 kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik memadai namun kurang mampu secara ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan terhadap yang berprestasi, Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang memberikan fasilitas kepada mahasiswa tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan. Walaupun demikian, syarat prestasi pada program ini ditujukan untuk menjamin bahwa penerimanya terseleksi dan benar-benar mempunyai kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Sasaran dari program Bidik Misi adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik. Politeknik Negeri Cilacap memberikan kesempatan kepada siswa/siswa berprestasi tetapi mempunyai kendala biaya kuliah melalui program Bidikmisi. Penerima program Bidikmisi akan mendapatkan beberapa fasilitas, yaitu bebas biaya pendaftaran, bebas biaya kuliah sampai lulus, dan uang saku bulanan.

Program studi[sunting | sunting sumber]

  • D-3 Teknik Elektronika
  • D-3 Teknik Informatika
  • D-3 Teknik Mesin

Unit kegiatan mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Situs resmi Politeknik Negeri Cilacap, diakses 20 Juni 2015
  2. ^ Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, diakses 20 Juni 2015