Politeknik Negeri Fakfak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Politeknik Negeri Fakfak
MotoKreatif, Inovatif, Disipilin
JenisPerguruan Tinggi Negeri, Politeknik
Didirikan30 Oktober 2012
DirekturMuh. Subhan, S.ST., M.T.
Alamat
Jalan Imam Bonjol Atas, Air-Merah Wagom
, , ,
Situs webhttps://www.polinef.ac.id/

Politeknik Negeri Fakfak disingkat Polinef adalah salah satu perguruan tinggi yang berada di Fakfak, Provinsi Papua Barat.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Politeknik Negeri Fakfak (POLINEF) berdiri berdasarkan launching yang dilaksanakan di Gedung Winder Tuare, Fakfak, Papua Barat pada tanggal 18 Oktober 2012. Hal ini berdasar pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 tahun 2012 tanggal 29 Oktober 2012 tentang Pendirian, Organisasi dan Tata Kelola Politeknik Negeri Fakfak. Tanggal 29 Oktober ini jugalah yang ditetapkan sebagai hari jadi (Dies Natalis) Politeknik Negeri Fakfak. Pendirian Politeknik Negeri Fakfak di prakarsai oleh Bupati Kabupaten Fakfak Bapak Drs. Mochammad Uswanas, M.Si., peletakan batu pertama pendirian oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Bapak Djoko Santoso, dan Bapak Ir. Ilyas Mansur, M.T., sebagai Direktur yang masih menjabat hingga saat ini.

Kegiatan akademik Politeknik Negeri Fakfak dimulai untuk Tahun Ajaran 2012/2013 dengan mengusung pendidikan vokasional melalui program studi Diploma-3 dengan 3 program studi unggulan yaitu Teknik Sipil, Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin, dan Manajemen Informatika. Pada tahun 2016 Polinef menambah lagi dua program studi baru yaitu Teknik Listrik dan Agro Industri. Jumlah mahasiswa pertama POLINEF pada Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 113 orang yang telah menjalani wisuda pertama pada tahun 2015.

Program Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Saat ini Politeknik Negeri Fakfak menyelenggarakan program pendidikan Diploma 3 yaitu:

  • Program Studi Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin
  • Program Studi Teknik Sipil
  • Program Studi Teknik Listrik
  • Program Studi Manajemen Informatika
  • Program Studi Agro Industri

Pranala luar[sunting | sunting sumber]