Politeknik Negeri Madura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Politeknik Negeri Madura
Didirikan 2012
Lokasi Kabupaten sampang

Politeknik Negeri Madura, adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kabupaten Sampang, Madura, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Berdirinya Politeknik Madura, proses awalnya diprakarsai oleh Yayasan Bina Sampang Mandiri (BSM), yang diketuai oleh Ir. Mohammad Syaifurrahman Noer atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cipung, dia adalah putra dari H. Mohammad Noer (alm) mantan Gubernur Jawa Timur. Hal ini disambut antusias oleh Bupati Sampang saat itu. Selanjutnya, Yayasan BSM bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Sampang merealisasikan gagasan tersebut, dan sepakat memberi nama Politeknik Madura (POLTERA).

Prof. Dr. Ir. H.Muhammad Nuh, DEA., Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan respon yang sangat luar biasa atas permohonan pendirian Politeknik Madura. Pada saat kunjungan ke lokasi kampus Politeknik Madura (12 Mei 2012), dia menyampaikan bahwa politeknik ini langsung akan menjadi Politeknik Negeri Madura (POLTERA). Ini merupakan bukti keseriusan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam mengembangkan Politeknik di Madura.

Pendirian POLTERA bertujuan untuk memenuhi kebutuhan SDM yang berkualitas (Cerdas, Unggul Bermartabat) untuk sektor industri di mana lulusannya dipersiapkan untuk menjadi pelaku dalam pembangunan.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

  1. Teknik Mesin Alat Berat
  2. Teknik Listrik Industri
  3. Teknik Bangunan Kapal