Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
Logo UPNVJ.png
Lambang UPN Veteran Jakarta[1]
Nama lain
UPN Veteran Jakarta, UPNVJ
Nama sebelumnya
PTPN Veteran Cabang Jakarta
MotoWidya Mwat Yasa
Moto dalam bahasa Inggris
Learn to develop
JenisPerguruan Tinggi Negeri[2]
Didirikan21 Februari 1967 (1967-02-21)[3]
Lembaga induk
Flag of the Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Republic of Indonesia.svg Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
AnggaranRp. 278 Milyar (2021)[4]
RektorProf. Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA[5]
Alamat
Kampus Limo
City Flag of Depok.svg Kota Depok, Coat of arms of West Java.svg , Jawa Barat
Kampus Pondok Labu
, , ,
12450
,
KampusUrban:
Limo, ±10.000 m²
Pondok Labu, 28.887 m²
Rural:
Tanjungsari, Bogor (rencana)[6]
WarnaHijau  [7]
Nama julukanUPNVJ, Kampus Bela Negara
Situs webhttps://www.upnvj.ac.id/id.html

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Pondok Labu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta dan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. UPN "Veteran" Jakarta didirikan pada tanggal 21 Februari 1967, UPN "Veteran" Jakarta pada awalnya merupakan universitas kedinasan milik Departemen Pertahanan dan Keamanan RI, tetapi pada tahun 1994 statusnya berubah menjadi swasta. Semenjak tahun 2014, UPN "Veteran" Jakarta resmi ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Pada saat didirikan, UPN "Veteran" Jakarta hanya memiliki tiga akademi (Akademi Bank, Akademi Tekstil, dan Akademi Tata Laksana Pelayaran Niaga). Sekarang, UPN "Veteran" Jakarta memiliki 6 fakultas, 2 akademi, dan 1 program pascasarjana. Kampus utama UPN "Veteran" Jakarta berlokasi di Jalan RS Fatmawati, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Sedangkan Kampus kedua berlokasi di daerah Limo, Cinere, Depok, Jawa Barat, dan kampus ketiga (khusus untuk Program Pascasarjana) berlokasi di Jalan Batu, Gambir, Jakarta Pusat. Kegiatan UPN "Veteran" Jakarta dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

  1. Pada tahun 1967 berubah nama menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) "Veteran" Cabang Jakarta.
  2. Periode 1976 - 1994 terjadi peralihan status PTPN "Veteran" Cabang Jakarta sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah pembinaan Departemen Pertahanan Keamanan RI.
  3. Pada tahun 1977 berubah nama menjadi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Cabang Jakarta.
  4. Pada tahun 1995 berubah menjadi Perguruan Tinggi Swasta dengan nama UPN "Veteran" Jakarta yang secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman dan secara fungsional di bawah pembinaan Departemen Pertahanan dan Keamanan RI.
  5. Pada tahun 2007 UPN "Veteran" secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan yang secara fungsional di bawah pembinaan Kementerian Pertahanan RI.
  6. Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan yang telah diraih, UPN "Veteran" Jakarta diproyeksikan oleh Kementerian Pertahanan untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  7. Pada 6 Oktober 2014, UPN "Veteran" Jakarta berubah status menjadi PTN yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono saat acara HUT TNI ke-69 di Surabaya.
  8. Pada 27 Desember 2014, UPN "Veteran" Jakarta secara resmi mulai bergabung dengan peserta SBMPTN 2015.

Atribut identitas[sunting | sunting sumber]

Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang UPN "Veteran" Jakarta berbentuk persegi lima yang cembung dengan warna dasar kuning, bentuk tersebut mengandung makna agar senantiasa dapat mengikuti perkembangan tuntutan zaman dalam kiprahnya di dunia pendidikan sekaligus sebagai pengawal, pendukung dan pengikut seluruh makna yang terkandung di dalam logo UPN "Veteran" Jakarta.[8]

Bunga melati berwarna putih yang sedang mekar dengan dua kelopak yang merekah mengandung makna sebagai lambang kepribadian bangsa yang suci, bersih dan agung serta harum merebak sepanjang masa. Lima kelopak bunga yang menguncup bersatu, melambangkan kejiwaan Pancasila. Dua kelopak bunga yang terbuka melambangkan penuntutan ilmu serta membaktikan diri kepada masyarakat.

Nyala api yang berkobar di kiri dan kanan logo melambangkan semangat yang tinggi dan pantang menyerah serta kemauan yang menyala-nyala guna mencapai tujuan.

Tumpuan nyala api berteras tiga warna hitam melambangkan Tridarma Perguruan Tinggi.

Pita berwarna putih dengan sesanti “Widya Mwat Yasa” melambangkan sesanti “Menuntut ilmu dalam rangka pengabdian kepada negara dengan hati yang suci dan bersih serta tulus dan ikhlas".

Topi Baja berwarna hijau berbintang satu bersudut lima berwarna kuning melambangkan perwujudan dari UPN "Veteran" sebagai monumen aktif "Veteran" RI serta upaya pewarisan nilai-nilai 45 kepada generasi muda.

Tulisan melingkar Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta mengandung makna sebagai suatu perguruan Tinggi UPN "Veteran" merupakan suatu tempat pendadaran kader-kader dengan tujuan dikemudian hari mengamal baktikan ilmunya demi kepentingan dan kemajuan bangsa dan negara Indonesia di wilayah DKI Jakarta.[8]

Kampus[sunting | sunting sumber]

Kampus Utama UPN "Veteran" Jakarta di Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Secara geografis, posisi kampus UPN Veteran Jakarta terletak di dua provinsi yang berbeda, yaitu kampus Pondok Labu dan kampus Limo. Sebagian besar fakultas berada di kampus Pondok Labu yang merupakan pusat keseharian warga Pondok Labu, dikarenakan letaknya yang berdekatan dengan pasar, sekolah, dan fasilitas Kementerian Pertahanan. Sedangkan kampus Limo, dikhususkan untuk pendidikan di bidang kesehatan dan teknik.

Kampus Pondok Labu[sunting | sunting sumber]

Kampus UPN Veteran Jakarta Pondok Labu terletak di wilayah Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kampus Pondok Labu merupakan kampus Utama menempati lahan seluas 2,4 ha dan memiliki luas lantai bangunan keseluruhan 28.887 m2[9]. Kampus ini dihuni oleh 6 fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Hukum. Selain 6 fakultas tersebut, Kampus Pondok Labu juga merupakan lokasi dari Rektorat universitas.

Kampus Limo[sunting | sunting sumber]

Kampus UPN Veteran Jakarta Limo terletak di wilayah Limo, Depok. Kampus Limo merupakan kampus dengan luas lahan 2,1 ha  dan memiliki luas lantai bangunan mencapai 3.591 m2 dengan 14 ruang kuliah, bengkel mesin, bengkel otomotif, bengkel teknik bangunan kapal, workshop mesin-mesin pendingin seluas 1.360 m2.[9] Kampus ini dihuni oleh 3 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran.

Kampus Tanjungsari (rencana)[sunting | sunting sumber]

UPN Veteran Jakarta merencanakan pembangunan kompleks universitas baru seluas 30 hektar yang berlokasi di wilayah Tanjungsari, Bogor. Pembangunan kompleks universitas tersebut merupakan bagian dari rencana untuk memenuhi syarat PTN yang diharuskan memiliki tanah paling sedikit 30 hektar. Namun, dikarenakan oleh permasalahan sertifikat, pembangunan tidak bisa dimulai.[10] Hingga 2022, belum ada pembangunan signifikan di wilayah tersebut.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Saat ini, UPN Veteran Jakarta memiliki 7 fakultas,6 program pascasarjana, 20 program sarjana, 5 program vokasi yang menjalani seluruh kegiatan pengajaran, pendidikan, dan penelitian. Setiap fakultas memiliki program studi sesuai dengan bidang dalam fakultas masing-masing. Setiap fakultas dipimpin oleh satu dekan dan dibantu oleh tiga wakil dekan.

Unit Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

  • UKM Seni
    • Teater Hijau 51
    • Paduan Suara Mahasiswa "PSM Gita Advayatva"
    • Band UBV (UPN Band "Veteran" Jakarta)
    • UPN Fotografi & Videografi "Veteran" Jakarta (UFO)
    • Seni Tari "STVJ"
  • UKM Olah Raga
    • Bulutangkis "BUVEJA"
    • Sepak Bola UVFC
    • Bola Basket "BVJ"
    • Catur
  • UKM Bela Diri
    • Jiujitsu
    • Pencak Silat
    • Tarung Derajat AA Boxer
  • Resimen Mahasiswa, Kepanduan, dan Pecinta Alam
    • Resimen Mahasiswa "Menwa" UPNVJ
    • Pecinta Alam "Girigahana"
    • KSR PMI
  • UKM Keilmuan, Studi, dan Media
    • Majalah Mahasiswa "ASPIRASI"
    • Pusat Studi Pemberdayaan Mahasiswa "Bata Merah"
    • Veteran Conference

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Identitas Logo". Humas UPN Veteran Jakarta. UPN Veteran Jakarta. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  2. ^ "Statuta UPNV Jakarta". UPNVJ.ac.id. 22 Desember 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  3. ^ "Sejarah". Humas UPN Veteran Jakarta. UPN Veteran Jakarta. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  4. ^ "RINCIAN KERTAS KERJA SATKER T.A. 2021". Humas UPN Veteran Jakarta. UPN Veteran Jakarta. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 19 September 2022. 
  5. ^ "Pimpinan Universitas". Humas UPN Veteran Jakarta. UPN Veteran Jakarta. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  6. ^ "Lahan Terhalang Sertifikat". Thalita Yuristiana. LPM Aspirasi. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  7. ^ "Statuta UPNV Jakarta". UPNVJ.ac.id. 22 Desember 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  8. ^ a b UPNVJ, Humas. "Identitas Logo - UPN Veteran Jakarta". www.upnvj.ac.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-16. Diakses tanggal 2018-09-16. 
  9. ^ a b Humas UPN Veteran Jakarta (2022-05-31). "Lokasi Kampus". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 2022-09-18. 
  10. ^ "Lahan Terhalang Sertifikat". Thalita Yuristiana. LPM Aspirasi. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 18 September 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]