Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone
JenisPoliteknik, Perguruan tinggi kedinasan
Lembaga induk
Kementerian Kelautan dan Perikanan
DirekturDr. Muhammad Hery Riyadi Alaudddin, S.Pi., M.Si
Alamat
Jl. Sungai Musi Km 9 Kelurahan Pallette, Kec. Tanete Riattang Timur
,
Situs webhttps://site.poltekkpbone.ac.id/

Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan terletak di Bone, Sulawesi Selatan. Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk masyarakat di lingkungan pemerintah pusat, daerah, TNI, Polri, BUMN, dan lembaga lainnya. Kampus ini menyelenggarakan program D3 di bidang ilmu kelautan dan perikanan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berdiri berdasarkan gagasan Menteri Kelautan Perikanan untuk membentuk 10 Politeknik KP dan dukungan Pemerintahan Kabupaten Bone. Berdiri di atas tanah seluas 99.152 m2, yang merupakan daerah pertambakan di Jalan Sungai Musi KM.9, Kelurahan Waetuo-Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Mulai dibangun pada tahun 2015 dengan anggaran APBN Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta mulai beroperasi pada bulan September 2016.

Pendirian Politeknik KP Bone Berdasarkan pada, (1) Surat Rekomendasi Bupati Bone Nomor: 410/424/III/Dp tanggal, 12 Maret 2015; (2) Surat Rekomendasi dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidkan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor: 5459/E2.2/KL/2015, tanggal 14 Juli 2015 tentang Pendirian Politeknik KP Bone; (3) Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor: 185/KPT/I/2016 Tanggal 11 Mei 2016, tentang Pembukaan Program Studi dalam rangka Pendirian Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone; dan (4) Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor: 64/PERMEN-KP/2016 tanggal 27 Desember 2016, tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik KP Bone.[1]

Jurusan[sunting | sunting sumber]

Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone menyelenggarakan program D3, terdiri dari:

Diploma (D3)[sunting | sunting sumber]

  • Teknik Penangkapan Ikan
  • Teknik Budidaya Perikanan
  • Teknik Kelautan

Referensi[sunting | sunting sumber]