Microsoft 365

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Microsoft 365
Microsoft 365 Logo
Perancang awalMicrosoft
PengembangMicrosoft
Rilis perdana28 Juni 2011; 9 tahun lalu (2011-06-28) (sebagai Office 365) 10 Juli 2017; 3 tahun lalu (2017-07-10) (sebagai Microsoft 365)
Rilis stabil
Versi 2005 (Build 16.0.12827.20268) / 2 Juni 2020; 2 bulan lalu (2020-06-02)
Bahasa pemrogramanC++
Sistem operasiWindows, macOS, Android, iOS
PlatformCross-platform (x86, x64, ARM)
Tersedia dalamlebih dari 42 bahasa
JenisPaket aplikasi perkantoran dan Komputasi Awan, SaaS (Langganan perangkat lunak berbentuk layanan)
LisensiTrialware (Ritel, lisensi volume, SaaS)
Situs webhttps://www.office.com/

Microsoft 365 adalah produk layanan berlangganan yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari lini produk Microsoft Office. Secara umum, fasilitas Microsoft 365 terdiri dari perangkat lunak Microsoft Office serta perangkat lunak berbasis komputasi awan sebagai produk layanan untuk lingkungan bisnis, seperti Hosting Exchange Server, Skype for Business Server, dan SharePoint ditambah opsi tambahan layanan Windows 10 Enterprise. Semua paket Microsoft 365 diperbarui otomatis tanpa biaya tambahan.

Setelah beta test yang dimulai pada Oktober 2010, Microsoft meluncurkan Office 365 pada 28 Juni 2011 sebagai pengganti Microsoft Business Productivity Online Suite (BPOS), yang awalnya ditujukan untuk pengguna korporat. Kemudian, Microsoft mengekspansi Office 365 untuk berbagai jenis bisnis dan untuk konsumen umum.

Mulai kuartal keempat tahun fiskal 2017, pendapatan Microsoft dari Office 365 melebihi pendapatan dari Microsoft Office klasik.

Pada 21 April 2020, Office 365 berganti nama menjadi Microsoft 365, yang menekankan fitur produktivitas dan layanan di luar paket perangkat lunak inti Microsoft Office. Merek Office 365 tetap digunakan untuk paket yang ditujukan untuk pasar perusahaan.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Logo lama Office 365

Microsoft pertama kali mengumumkan Office 365 pada bulan Oktober 2010; dimulai dengan beta pribadi dengan berbagai organisasi, menuju beta publik pada bulan April 2011, dan mencapai ketersediaan umum pada tanggal 28 Juni 2011. Demi menghadapi meningkatnya kompetisi dari Google (layanan Google Apps), Microsoft merancang platform Office 365 untuk "menyatukan" layanan online yang ada (seperti Business Productivity Online Suite ) menjadi "layanan cloud yang selalu-up-to-date" dengan menggabungkan Exchange Server (untuk e-mail), SharePoint (untuk jejaring sosial internal, kolaborasi, dan web publik situs), dan Lync (untuk komunikasi, VoIP, dan konferensi). Rencana awalnya diluncurkan untuk usaha kecil dan perusahaan; rencana bisnis kecil yang ditawarkan Exchange e-mail, SharePoint Online, Lync Online, web hosting melalui SharePoint, dan Aplikasi Web Office. Microsoft juga menambahkan lisensi per-pengguna untuk perangkat lunak Office 2010 Professional Plus dan dukungan telepon penuh. Setelah peluncuran layanan, pelanggan Business Productivity Online Suite diberi waktu 12 bulan untuk merencanakan dan melakukan migrasi mereka dari BPOS ke platform Office 365.

Paket ritel Office 365

Dengan rilis Office 2013, versi terbaru dari platform Office 365 diluncurkan pada 27 Februari 2013. Komponen server juga diperbarui ke versi 2013, dan Microsoft memperluas layanan Office 365 dengan paket baru, seperti Small Business Premium, MidSize Premium, dan ProPlus. Paket Office 365 Home Premium baru yang ditujukan untuk pengguna rumahan juga diperkenalkan; paket baru ini menawarkan akses ke Office 2013 untuk hingga lima komputer, bersama dengan penyimpanan OneDrive yang ditambah kapasitasnya, dan 60 menit panggilan Skype setiap bulan. Rencananya ditujukan untuk konsumen, terutama mereka yang ingin menginstal Office di beberapa komputer. Sebuah paket Universitas juga diperkenalkan, ditargetkan untuk pengguna yang akan masuk ke perguruan tinggi. Dengan penawaran baru ini, Microsoft mulai menawarkan langganan Office 365 langganan pra-bayar melalui gerai ritel bersama dengan edisi Office 2013 untuk satu komputer (bukan langganan).

Pada tanggal 19 Maret 2013, Microsoft merilis Office 365 dengan integrasi dengan platform jejaring sosial perusahaan Yammer (yang telah mereka beli pada tahun 2012) untuk Office 365 seperti kemampuan untuk mengganti umpan berita SharePoint dan fungsionalitas sosial dengan Yammer. Kemampuan untuk menyediakan tautan ke jaringan Yammer dari portal Office 365 diperkenalkan pada Juni 2013, dengan integrasi yang lebih canggih (seperti aplikasi Yammer untuk SharePoint dan sistem masuk tunggal) yang akan diperkenalkan pada Juli 2013.

Pada tanggal 8 Juli 2013, Microsoft meluncurkan Power BI, seperangkat alat intelijen bisnis dan alat penambangan data mandiri untuk Office 365, yang akan dirilis akhir tahun ini. Power BI akan dimasukkan ke dalam Excel, membuat pengguna dapat menggunakan Power Query untuk membuat spreadsheet dan grafik menggunakan data publik dan pribadi, dan juga menggunakan Power Map untuk melakukan geovisualisasi dengan data Bing Maps (sebelumnya tersedia sebagai plug-in beta yang dikenal sebagai GeoFlow). Pengguna juga akan dapat mengakses dan mempublikasikan laporan, dan melakukan kueri bahasa natural pada data. Microsoft juga mengumumkan bahwa pelanggan Office 365 Home Premium atau Universitas akan menerima langganan satu tahun Xbox Live Gold gratis sebelum 28 September 2013.

Pada Maret 2014, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan mengganti nama paket "Home Premium" menjadi "Home", dan menambahkan rencana paket "Personal" untuk pengguna pribadi untuk satu orang; opsi baru ini secara resmi diluncurkan pada 15 April 2014.

Pada Juni 2014, jumlah penyimpanan OneDrive yang ditawarkan ke pelanggan Office 365 ditingkatkan dari 20 GB menjadi 1 terabyte. Pada 27 Oktober 2014, Microsoft mengumumkan bahwa pelanggan Office 365 akan menerima penyimpanan OneDrive "tak terbatas". Tetapi, karena banyaknya kasus penyalahgunaan kapasitas penyimpanan, Microsoft mengembalikan ukuran kapasitas OneDrive menjadi 1 terabyte pada bulan November 2015.

Pada April 2017, Microsoft mengumumkan bahwa ketika Office 2016 kehilangan dukungan utama pada 13 Oktober 2020, akses ke OneDrive for Business dan server yang dihosting Office 365 untuk Skype for Business, akan kedaluwarsa bagi mereka yang tidak menggunakan Office 365 ProPlus atau Microsoft Office biasa dalam dukungan mainstream.

Pada 21 April 2020, Microsoft melakukan rebranding produk Office 365 dengan mengubah nama produknya menjadi Microsoft 365.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Layanan Office 365 terdiri dari sejumlah produk dan layanan. Semua komponen Office 365 dapat dikelola dan dikonfigurasi melalui portal online sederhana; pengguna dapat ditambahkan secara manual atau diimpor dari file CSV. Office 365 dapat diatur untuk masuk dengan Active Directory lokal menggunakan Active Directory Federation Service. Namun, pengaturan dan fitur yang lebih canggih membutuhkan penggunaan skrip PowerShell.

Outlook[sunting | sunting sumber]

Outlook adalah layanan email, manajemen tugas, aplikasi kalender, dan manajer kontak yang disertakan dengan bisnis dan perusahaan langganan Office 365. Outlook terbagi menjadi Outlook Mail, Outlook Calendar, Outlook People, dan Outlook Task.

Microsoft memperkenalkan fitur email bernama Clutter dengan Office 365. Clutter dapat mengingat preferensi pengguna karena menyangkut relevansi dan pentingnya email. Clutter dapat menganalisis pola perilaku pengguna tentang topik email, jika pengguna terus mengabaikan email tentang topik tertentu, Clutter juga dapat memindahkan email tersebut ke folder dengan nama yang sama di Outlook. Pengguna dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini dengan masuk ke portal Office 365.

Layanan yang dihosting[sunting | sunting sumber]

Rencana bisnis Microsoft untuk Office 365 adalah dengan menawarkan akses ke versi platform server Office yang di-hosting oleh cloud pada perangkat lunak sebagai basis layanan, termasuk Exchange, Skype for Business, SharePoint, dan suite Office Web Apps berbasis browser.

Sebagai pengganti perangkat lunak Microsoft, Paket Office 365 "Home" ditingkatkan pada layanan online tingkat konsumen, seperti peningkatan kapasitas OneDrive menjadi 1 terabyte untuk setiap pengguna, bersama dengan 60 menit panggilan telepon per bulan menggunakan Skype VoIP Service.

Aplikasi Office[sunting | sunting sumber]

Office 365 memiliki fitur akses ke versi terbaru dari aplikasi desktop Office untuk Windows (Office 2019) dan OS X (Office for Mac 2019) untuk periode berlangganan. Dalam kasus Office 365 di Windows, ia diinstal menggunakan sistem "Click-to-Run" yang memungkinkan pengguna untuk mulai menggunakan aplikasi secara instan ketika file diunduh di latar belakang. Pembaruan perangkat lunak diinstal secara otomatis, mencakup pembaruan keamanan dan versi baru dari Office. Jika langganan Office 365 telah kedaluwarsa, aplikasi Office akan masuk pada mode baca di mana fungsi pengeditan dinonaktifkan. Untuk mengembalikan fungsionalitasnya, pengguna harus membeli langganan baru dan mengaktifkannya.

Office 365 juga memiliki akses ke aplikasi Office Mobile untuk perangkat Android dan iOS (termasuk smartphone dan tablet). Konsumen umum juga dapat melakukan pengeditan dasar dan pembuatan dokumen secara gratis untuk penggunaan pribadi. Namun, Office 365 masih diperlukan untuk membuka fitur pengeditan lanjutan tertentu. Langganan Office 365 aktif juga diperlukan untuk menggunakan aplikasi Office Mobile pada perangkat dengan layar lebih besar dari 10,1 inci, atau menggunakan aplikasi untuk penggunaan bisnis. Outlook Groups juga tersedia sebagai aplikasi di Windows 10 Mobile.

Alat kolaborasi[sunting | sunting sumber]

Office 365 menyertakan beberapa aplikasi produktivitas yang dirancang untuk kebutuhan kolaborasi di tingkat organisasi, departemen, dan tim. Saat ini, daftar alat kolaborasi termasuk OneDrive for Business, SharePoint Online, Microsoft Teams, Yammer, Skype for Business, Outlook Online, dan Delve Board. Aspek-aspek kunci yang mempengaruhi pilihan alat tertentu adalah kebutuhan komunikasi tertentu, ukuran tim, spesifikasi proyek, serta preferensi karyawan. Menurut pendekatan use case, setiap alat kolaborasi sesuai dengan skenario kolaborasi tertentu. SharePoint Online berfungsi sebagai platform untuk intranet perusahaan dan portal dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh SharePoint On-Premises. Pada saat yang sama, SharePoint Online hadir tidak hanya dengan situs tim tetapi juga dengan situs komunikasi dan situs hub (Pelanggan Rilis Pertama Office 365 akan dapat mencobanya di paruh pertama tahun 2018). Microsoft Teams memungkinkan saluran kolaborasi untuk komunikasi publik atau pribadi, serta konferensi suara dan video. Outlook Online menghosting kolaborasi berbasis-email. Yammer berfungsi untuk komunikasi dengan pengguna bisnis di luar organisasi dan memungkinkan komunikasi korporat yang mirip forum dan tim. Skype for Business mendukung perpesanan instan, VoIP, audio, video, dan konferensi web. Sedangkan untuk Delve Board, berfungsi untuk mengelompokkan dan berbagi dokumen terkait. Selain itu, ada juga Office 365 Group untuk merangkai alat-alat Office 365. Office 365 Group memungkinkan membuat ruang kolaborasi terpisah di alat Office 365 lainnya. Grup Office 365 dapat diatur di Outlook, SharePoint Online, Yammer, Microsoft Teams, dan alat kolaborasi lain untuk mendiversifikasi kemampuan kolaborasi asli aplikasi ini. Misalnya, jika sebuah tim berkolaborasi dalam Grup di Yammer, anggotanya secara otomatis mendapatkan kalender tim, kotak masuk Outlook bersama, pustaka SharePoint, situs tim SharePoint, Planner, dan OneNote yang dibagikan.

Pembaruan[sunting | sunting sumber]

Ikon baru beberapa aplikasi di layanan Office 365, pada update Juni 2019

Platform Office 365 menggunakan model rilis bergulir; pembaruan untuk komponen online layanan disediakan sekali per kuartal. Saat peluncuran, server versi 2010 digunakan dengan Office 365. Layanan ini secara otomatis ditingkatkan ke rekan Office 2013 setelah dirilis pada Februari 2013. Dengan diperkenalkannya Office 2013, kepala divisi Office, Kurt DelBene menyatakan bahwa pembaruan tambahan untuk perangkat lunak desktop Office akan diberikan secara periodik yang sama untuk semua pengguna Office 365 dengan menggunakan sistem streaming, berbeda dengan pembaruan dengan siklus tiga tahun untuk rilis utama Office yang telah digunakan di masa lampau.

Microsoft merilis Office 2019 pada 24 September 2018.

Office 365 Education[sunting | sunting sumber]

Office 365 Education, sebelumnya Office 365 for Education dan Microsoft Live @edu, adalah paket gratis layanan dan aplikasi Microsoft yang ditujukan untuk kebutuhan pendidikan.

Program ini diberikan kepada lembaga pendidikan dengan seperangkat layanan kolaborasi yang dihosting, alat komunikasi, dan aplikasi seluler, desktop, dan berbasis web, serta kemampuan penyimpanan data. Di dalam paket ini terdapat aplikasi Microsoft untuk kolaborasi, di antaranya: Office Live WorkSpace, Windows Live SkyDrive, Windows Live Space, Microsoft SharedView Beta, Microsoft Outlook Live, Windows Live Messenger, dan Windows Live Alerts.

Paket ini merupakan bagian dari Microsoft Education Solution. Dengan Microsoft Live ID, siswa dapat masuk dan mengakses beberapa aplikasi Microsoft seperti Outlook Live, Windows Live Messenger, Windows Live Spaces, Windows Live SkyDrive, Windows Live Mobile, dan lainnya. Universitas, akademi, dan sekolah dapat mendaftar di program melalui proses pendaftaran gratis.

Pada 2012, Live @edu dipindahkan ke bawah payung layanan Microsoft Office 365. Kemudian, portal Outlook Live Answers, sebuah forum untuk mengajukan pertanyaan tentang layanan Live @edu, dihentikan pada tanggal 17 Desember 2012.

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2011, Microsoft mengumumkan bahwa platform Office 365 sekarang sudah sesuai dengan standar keamanan 27001 ISO / IEC. Office 365 juga sudah sesuai dengan standar keamanan Perlindungan Data Directive Uni Eropa (melalui penandatanganan Model Klausa) dan Undang-Undang Asuransi Kesehatan Portabilitas dan Akuntabilitas untuk kesehatan lingkungan perawatan di Amerika Serikat. Pada saat yang sama, Microsoft juga meluncurkan portal "Pusat Kepercayaan" baru, yang berisi informasi lebih lanjut tentang kebijakan privasi dan praktik keamanannya untuk layanan tersebut. Pada Mei 2012, Microsoft mengumumkan bahwa Office 365 sekarang telah sesuai dengan Undang-Undang Pengelolaan Keamanan Informasi Federal. Office 365 juga telah digunakan oleh lembaga pemerintah AS.

Paket Langganan[sunting | sunting sumber]

Office 365 tersedia di sejumlah paket berlangganan berbeda yang ditujukan untuk kebutuhan dan segmen pasar yang berbeda, menyediakan serangkaian fitur berbeda pada titik harga yang berbeda.

Personal: Termasuk akses ke Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft OneNote, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher & Microsoft Access untuk penggunaan di rumah / nonkomersial di satu komputer (PC atau Mac) plus akses ke fitur premium di satu tablet (Android , iOS atau Windows RT, karena Windows penuh dianggap sebagai komputer) atau telepon. Manfaat tambahan termasuk 1 TB penyimpanan OneDrive tambahan dan 60 menit panggilan internasional Skype per bulan (tergantung wilayah). Versi Pribadi yang dibeli dengan paket empat tahun yang didiskon, yang dikenal sebagai Office 365 University, memungkinkan penggunaan pada dua perangkat oleh satu pengguna, tersedia bagi mereka yang ada di institusi pasca sekolah menengah. Microsoft juga menawarkan langganan Office 365 kepada siswa lembaga yang memiliki lisensi perangkat lunak Office untuk fakultas mereka.

Home: Ditujukan untuk konsumen dan keluarga; sama seperti Pribadi, tetapi untuk digunakan pada hingga lima pengguna.

Business: Menawarkan aplikasi desktop untuk Mac dan PC hingga lima komputer per pengguna, tanpa layanan online Exchange, SharePoint, dan Skype for Business.

Business Premium: Kombinasi rencana Bisnis dan Bisnis.

ProPlus: Menawarkan akses ke aplikasi Office 2019 Professional Plus pada hingga lima perangkat per pengguna.

Enterprise: Digunakan di lingkungan perusahaan. Menawarkan akses ke semua aplikasi Office, Exchange yang dihosting, SharePoint, dan layanan Skype for Business, ditambah fitur dan dukungan kepatuhan hukum khusus perusahaan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]