Universitas Pakuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Universitas Pakuan
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd.
Lokasi Bogor
Situs web www.unpak.ac.id
Logo Universitas Pakuan.jpeg

Universitas Pakuan, adalah perguruan tinggi swasta di Bogor, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1980. Rektor pada tahun 2010 adalah Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd..

Riwayat Singkat[sunting | sunting sumber]

Universitas Pakuan pada tahun 1980 memiliki 4 (empat) fakultas, yaitu: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Sastra. Satu tahun kemudian dibuka Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Program Diploma 1 Teknik Survei Lahan dan Pemetaan; pada saat itu ada 14 (empat belas) jurusan. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. No. 00330/0/1984, jumlah jurusan di lingkungan Unpak mengalami perubahan, dan menjadi 21 (dua puluh satu) jurusan pada tahun 1997.

Pada tahun 2007 telah diperbaharuinya ijin operasional penyelenggaraan Program Studi di lingkungan Universitas Pakuan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI)sebanyak 24 Program Studi, sehingga 100 % Program Studi di Universitas Pakuan telah memiliki ijin operasional.

Tahun yang sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah mengeluarkannya ijin operasional penyelenggaraan Program Studi Baru yaitu program studi Manajemen (S2), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Manajemen Keuangan dan Perbankan (D3), Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatika (D3). Pada tahun 2008 Fakultas Sastra (sekarang menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya/FISIB) membuka Program Studi baru yaitu Ilmu Komunikasi (S1). Hingga saat ini Universitas Pakuan memiliki Program Pascasarjana (S2) dengan 4 (empat) Program Studi yaitu Manajemen Pendidikan, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Ilmu Hukum dan Magister Manajemen. Program Sarjana (S1) dan Program Diploma III (D3) yang tergabung dalam 6 (enam) fakultas yaitu : Hukum, Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Budaya, Teknik dan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas Pakuan memiliki orogram Pascasarjana , yaitu:

  1. Program Doktor S3
    1. Program Doktor Manajemen Pendidikan S3
    2. Program Doktor Ilmu Manajemen
  2. Program Magister S2
    1. Program Studi Administrasi Pendidikan
    2. Program Studi Manajemen Lingkungan
    3. Program Studi Hukum
    4. Program Studi Manajemen
    5. Program Studi IPA

Universitas Pakuan memiliki 6 fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    1. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
    3. Program Studi Pendidikan Biologi
    4. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya
    1. Program Studi Ilmu Komunikasi
    2. Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris
    3. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia
    4. Program Studi Bahasa dan Sastra Jepang
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    1. Program Studi Biologi
    2. Program Studi Kimia
    3. Program Studi Matematika
    4. Program Studi Ilmu Komputer/Teknik Informatika
    5. Program Studi Farmasi
    6. Program Studi D3 Man. Informatika
    7. Program Studi D3 Teknik Komputer

Universitas Pakuan juga memiliki program D3 (Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Keuangan dan Perbankan, Teknik Komputer, Manajemen Informatika).


Lahan dan Bangunan[sunting | sunting sumber]

UNPAK menempati lokasi di Jalan Pakuan, Bogor dengan luas 3,5 ha. Fasilitas di lokasi ini meliputi: Gedung Rektorat, Program Pascasarjana, Perpustakaan Pusat; sembilan gedung fakultas, Gedung Pusat Penjaminan Mutu (PPM), gedung Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP), Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM), serta Lembaga Pengembangan dan Peningkatan Aktivitas Instruksional (LP2AI); gedung Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) dan Biro Administrasi Umum (BAUM); auditorium, Laboratorium Komputer, masjid, kantin, dan Unit-unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Lokasi kampus II UNPAK ditempati gedung Fakultas Teknik, rumah kaca, serta kebun dan kandang percobaan. UNPAK juga memiliki lahan di Cijujung, Kabupaten Bogor seluas 10,8 ha yang diperuntukkan bagi perumahan dosen dan karyawan, pengembangan kampus, rumah kaca, dan sarana latihan kegiatan mahasiswa. Lokasi kampus III UNPAK terletak di Ciangsana sekitar 25 km arah timur laut Kota Bogor yang menjadi lokasi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Kampus ini hasil kerja sama dengan Institut Semen dan Beton Indonesia.

Gedung Graha Pakuan Siliwangi diresmikan pada tahun 2016, yang terdiri dari 10 lantai dan merupakan gedung perkuliahan tertinggi di Bogor.

Sarana Pembelajaran[sunting | sunting sumber]

Sarana pembelajaran berupa peralatan mengajar, peralatan laboratorium, bengkel/workshop, serta perlengkapan seminar/sidang yang tersedia di setiap fakultas. Pengadaan kelengkapan laboratorium berasal dari dana internal maupun hibah dari lembaga dalam dan luar negeri, misalnya Latter Day Saint Charities-Amerika dan Larenstein University-Belanda.

Perpustakaan Pusat UNPAK memiliki koleksi 50.841 judul pustaka yang meliputi 30.738 judul buku, 10.052 judul skripsi, 80 judul tesis, 10 judul disertasi, 162 laporan penelitian, serta buku-buku akademik lainnya.

Sumber Daya Manusia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, UNPAK memiliki 632 dosen (274 dosen tetap dan 358 dosen tidak tetap) yang melayani 15.000 mahasiswa aktif. Rasio dosen dan mahasiswa UNPAK adalah 1:18. Sebanyak 22% dosen menjabat Asisten Ahli, 48% Lektor, 26% Lektor Kepala, dan 4% Guru Besar. Berdasarkan strata pendidikannya, terdapat 20% S1, 62% S2, dan 18% S3. Selain dosen, UNPAK memiliki 264 orang tenaga pendukung yang melaksanakan tugas sebagai tenaga administrasi, laboran, teknisi, operator komputer, dan pelaksana umum.

Alumni[sunting | sunting sumber]

  • Sahrul Gunawan, penyanyi dan aktor Indonesia, lulusan Fakultas Ekonomi tahun 1999.
  • Syahrini, penyanyi Indonesia, lulusan Fakultas Hukum tahun 2004.
  • Nurhayanti, Bupati Bogor, lulusan Fakultas Hukum tahun 1991.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]