Universitas Islam Internasional Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Islam Internasional Indonesia
International Islamic University Indonesia
الجامعة الإسلامية الإندونيسية الدولية
دانشگاه بین المللی اسلامی اندونزی
印尼国际伊斯兰大学
MotoAllah is my God, Islam is my Religion, Muhammad is my Prophet.
JenisPTN-BH di Bawah Kementerian Agama RI
Didirikan29 Juni 2016
RektorProf. Dr. Komaruddin Hidayat
Alamat
Jl. Raya Bogor No.9, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16416
,
Nama julukanUIII
Situs webwww.uiii.ac.id

Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) (Bahasa Inggris: International Islamic University Indonesia (IIUI), Bahasa Arab: الجامعة الإسلامية العالمية بإندونيسيا) adalah salah sebuah universitas di Indonesia, didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia sebagai perguruan tinggi berstandar Internasional yang menjadi model pendidikan tinggi Islam terkemuka dalam bidang studi agama Islam, ilmu-ilmu sosial, humaniora dan sains teknologi.

Pendirian UIII juga tidak lepas dari keinginan untuk meningkatkan pengakuan masyarakat akademik internasional atas peran Islam di Indonesia, dan menjadikan Indonesia menjadi salah-satu pusat peradaban Islam di dunia melalui jalur dan jenjang pendidikan tinggi yang memenuhi standar internasional.

Sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) berbasiskan universalisme Islam, paling tidak ada beberapa hal yang utama yang penting dijelaskan sehubungan dengan UIII ini. Pertama, konteks dan karakteristik Islam di Indonesia sebagai model peradaban Islam. Kedua, pendirian UIII sebagai pusat peradaban Islam melalui pendidikan; ketiga, kaitan UIII dengan integrasi ilmu, terutama cara pandang UIII berkaitan dengan epistemologi ilmu, model kajian yang berkaitan dengan Islam, dan model pengembangan kelembagaan; ketiga, UIII menjadi pusat kajian dan riset internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Sarana dan Prasarana

  • Perpustakaan Pusat
Di dalam perpustakaan ini terdapat bermacam-macam sejarah yang berkaitan dengan agama Islam. Perpustakaan ini terletak di samping Museum Sejarah Nabi Muhammad.
  • Masjid Jami' Palestine Al-Indonesia
Masjid ini di bangun bertujuan untuk mengingat bangsa Palestine yang di tindas oleh Zionis Israel. Masjidil Aqsha yang menjadi kiblat pertama umat Islam telah di kuasai bahkan Umat Islam yang ingin beribadah disana di jaga ketat oleh Kepolisian Israel
  • Museum Sejarah Nabi Muhammad
Di dalam Museum ini terdapat sejarah Nabi Muhammad SAW secara lengkap, silsilah Rasulullah, nilai-nilai Islam yang dibawanya bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadits, peranan para sahabat Nabi. Museum ini dilengkapi dengan teknologi modern tiga dimensi (3D), hologram dan layar sentuh. Di museum juga akan dibangun miniatur Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Dua masjid tersebut akan menjadi pusat pelatihan manasik haji dan umrah nasional.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]