Universitas Islam Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bandung Islamic University
Lambang-Universitas Islam Bandung.png
Lambang Universitas Islam Bandung [1]
Moto mujahid (Pejuang)
mujtahid (Peneliti)
mujaddid (Pembaharu)
Didirikan 15 November 1958 (Sebagai Perguruan Islam Tinggi)
1967-Sekarang (Sebagai Universitas Islam Bandung
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H.
Staf akademik 828 (2014)[2]
S1 - 14%[2]
S2 - 64%[2]
S3 - 22%[2]
Jumlah mahasiswa 12.274 [2]
Sarjana 10.923
Magister 1154
Doktor 197
Lokasi Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Kampus Urban 146.760 meter persegi (1.579.711,49 sq ft)
Warna Biru     
Julukan Kampus Biru, Kampus Perjuangan
Maskot Ka'bah
Afiliasi BAN-PT
Situs web www.unisba.ac.id

Universitas Islam Bandung atau dikenal dengan UNISBA adalah salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan paling prestisius di Indonesia yang berkedudukan di Kota Bandung. Lahir atas gagasan para tokoh umat Islam dan tuntutan masyarakat Jawa Barat akan adanya perguruan tinggi yang bernafaskan Islam dan melahirkan intelektual muslim. UNISBA memiliki tujuan pendidikan dalam mewujudkan mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu) dalam suatu masyarakat ilmiah yang Islami.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun 1957, sejumlah tokoh umat Islam Jawa Barat bersama beberapa ulama yang pada saat itu menjadi anggota Konstituate, menggagas kaderisasi pemimpin umat yang faqih fiddin pada masa mendatang. Pada tanggal 15 November 1958, gagasan tersebut diwujudkan melalui pendirian Perguruan Islam Tinggi (PIT), di bawah Yayasan Pendidikan Islam dengan Akta Notaris Lie Kwie Nio, nomor: 42. Para pendiri yang tercantum pada akta Notaris yaitu : Prof. Sjafie Soemardja, dr. H. Chasan Boesoiri, Achmad Sadali, Drs., Oja Somantri, R. Kosasih, R. Sabri Gandanegara, dan Dadang Hermawan.

Pada tahun 2007 Yayasan Pendidikan Islam diubah dengan Akta Notaris Dadang Abdul Haris Kosidin, S.H., nomor: 07, tertanggal 22 April 2007, menjadi Yayasan Universitas Islam Bandung (Yayasan UNISBA).Secara filosofis, dibalik semua itu terkandung harapan akan pelaksanaan ajaran Islam, dalam arti yang seluas-luasnya, terutama dalam menyiapkan manusia Indonesia yang berpendidikan tinggi, bertanggung jawab terhadap bangsa, negara, dan umat manusia yang berdasarkan pada pencapaian ridha Allah SWT.

Kehadiran perguruan tinggi ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Barat, khususnya akan adanya perguruan tinggi bernapaskan Islam di tengah bermacam corak perguruan tinggi pada waktu itu. Pembentukan perguruan tinggi ini mendapat dukungan sepenuhnya dari masyarakat Jawa Barat melalui para anggota DPRD-GR Provinsi Jawa Barat.

Untuk pertama kalinya, kegiatan perkuliahan diselenggarakan di Gedung Muslimin, Jalan Palasari No. 9 Bandung. Setahun kemudian, pada tahun 1960, kegiatan akademik dipindahkan ke Jalan Abdul Muis No. 73 Bandung. Pada tahun 1967, Perguruan Islam Tinggi (PIT) berubah menjadi Universitas Islam Bandung (UNISBA) yang dipimpin oleh Prof. T. M. Soelaeman, M.Sc., EE. Sejak tahun 1972, seluruh kegiatan universitas diselenggarakan di kampus biru, yaitu di Jalan Tamansari No. 1 Bandung, di atas tanah seluas 10.808 m2, yang disediakan Pemerintah Daerah Kotamadya Bandung.

Berbekal swadana dan swadaya kaum muslimin, didirikan bangunan-bangunan semi permanen untuk ruang kuliah, kantor, perpustakaan, fasilitas akademik, Masjid Al-Asya’ari UNISBA, dan aula serbaguna. Karena jumlah mahasiswa semakin bertambah dan program akademik semakin banyak pada tahun 1980, dibangun kampus II di Ciburial Dago, lebih kurang 7 km dari kampus di Tamansari. Kampus II tersebut dibangun pada lahan sumbangan dari H. Amir Machmud (Menteri Dalam Negeri pada waktu itu).

Sejak tahun 1987, seluruh kegiatan akademik dan kemahasiswaan dipusatkan kembali di kampus Jalan Tamansari, sedangkan kampus II Ciburial digunakan untuk kegiatan pesantren mahasiswa, pertemuan-pertemuan ilmiah, penataran, dan pelatihan.[3]

Sarana Kampus[sunting | sunting sumber]

Kampus Biru

Fasilitas layanan yang dimiliki oleh universitas dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Fasilitas tersebut meliputi ruang perkuliahan, perpustakaan, labolatorium, sistem informasi, layanan kesehatan, layanan pesantren dan pelatihan di kampus II Ciburial, dan fasilitas pendukung. UNISBA terdiri dari dua kampus, kampus I terdiri dari Jl.Tamansari No. 1, Jl.Tamansari No. 22, Jl.Tamansari No. 24, Jl.Hariangbanga No. 2, Jl.Rangga Gading No. 8, Jl.Ranggamalela No. 1, Jl.Purnawarman No. 59, Jl.Purnawarman No. 63 dan kampus II ialah kampus yang berada di kawasan Ciburial-Bandung Utara.

Tamansari No 1 merupakan gedung utama kampus UNISBA, di lokasi ini terdapat gedung 4 lantai yang berfungsi sebagai ruang kuliah dan beberapa laboratorium di dalamnya. Terdapat juga gedung 3 lantai lainnya yang menjadi ruang dosen dan perkantoran fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik. Perpustakaan UNISBA juga berlokasi di area Taman sari No 1, selain itu terdapat lapangan olahraga, lapangan parkir, sekretariat aktivitas mahasiswa yang terdiri dari sekretariat BEM-U, DAM-U, LKM juga UKM. Terdapat dua gedung untuk penyelenggaraan kegiatan besar yaitu aula utama UNISBA (Gedung Kartini Kridhoharsojo) dan gedung student center (SC), di samping itu juga terdapat kantin dan koperasi mahasiswa. Selain itu diperluas lagi dengan keberadaan gedung Rektorat dan perkantoran yang berlokasi di Tamansari 20, dan sederet fasilitas penting lainnya di Tamansari No 24 seperti Laboratorium Psikologi, P4K, Laboratorium Radio dan TV, Studio Technopreneur, Laboratorium Fakultas Hukum, BRI Syariah dan Gedung PMB.

Di seluruh area kampus UNISBA, baik di Tamansari no 1, no 20, no 22, dan no 24, kampus pascasarjana jalan Purnawarman no 59, bagian kemahasiswaan, LPPM dan Koperasi Syariah UNISBA yang berlokasi di jalan purnawarman no 63, Kampus fakultas kedokteran di jalan Hariangbanga, Fakultas Hukum dan Fakultas Dirosah di jalan Ranggagading, dan Fakultas MIPA di jalan Ranggamalela semuanya dilengkapi dengan fasilitas laboratorium dan kemudahan mengakses jaringan internet dengan fasilitas wifi / hotspot.

kampus II UNISBA adalah fasilitas khusus untuk memenuhi kebutuhan program pesantren mahasiswa ataupun berbagai program pelatihan lainnya, yaitu yang berlokasi di kawasan Ciburial – Dago Bandung. Selain udara dan lingkungan yang masih asri, kampus II Ciburial UNISBA menyediakan berbagai fasilitas seperti aula, asrama mahasiswa, masjid, fasilitas olahraga, lapangan parkir, dan area outdoor games.

Pelayanan Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Untuk mengoptimalkan proses kegiatan akademik dan non akademik, diperlukan berbagai pelayanan dalam kampus, salah satunya adalah fasilitas pelayanan kesehatan. Terdapat klinik dalam kampus untuk melayani mahasiswa yang memerlukan penanganan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang tersedia adalah dokter umum dan dokter spesialis gigi. Bagi mahasiswa yang memerlukan pelayanan kesehatan dapat mendatangi klinik UNISBA (dengan membawa kartu mahasiswa) di Jl.Tamansari No.1 Bandung, terletak di samping masjid Al-Asy’ari.

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan R.H.M Saddak.

UPT Perpustakaan UNISBA sebagai perpustakaan perguruan tinggi merupakan salah satu unsur penunjang yang ada di dalam Universitas Islam Bandung. Unsur penunjang merupakan pelengkap di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berada di luar fakultas, jurusan, laboratorium dan studio.

Sebagai unsur penunjang di Universitas Islam Bandung, UPT Perpustakaan turut membantu pelaksanaan tridharma perguruan tinggi serta berusaha membantu terwujudnya mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti), serta mujaddid (pembaharu) dalam suatu masyarakat ilmiah yang Islami dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional. UPT Pepustakaan UNISBA terletak di Jl. Tamansari No.1 dengan nama Gedung R.H.M Saddak.

Perpustakaan menyediakan layanan akses Jurnal Online bagi sivitas akademika yang mencakup beberapa bidang ilmu antara lain: Agama, seni, ekonomi, akuntansi, manajemen, hukum, ilmu Sosial, komunikasi, kedokteran, matematika, fisika, statistika, farmasi, biologi, kebidanan, teknik pertambangan, teknik planologi, teknik industri, Pendidikan, psikologi, dsb.

Layanan yang tersedia di UPT Perpustakaan UNISBA:

  • Layanan Sirkulasi (peminjaman & pengembalian) dan Cadangan (Reserve),
  • Ruang Koleksi Referensi
  • Ruang Koleksi Studi Islam
  • Ruang Koleksi Tugas Akhir
  • Ruang Koleksi Majalah Ilmiah dan Jurnal
  • Ruang Dokumentasi Penelitian
  • Ruang Koleksi Digital
  • Ruang Baca
  • Ruang Pelayanan Referensi
  • Ruang Diskusi Ilmiah
  • Ruang Multimedia
  • Layanan Print Out koleksi digital
  • Layanan Jurnal Online
  • Layanan Notebook
  • Layanan Multimedia berupa Virtual Drive


Laboratorium[sunting | sunting sumber]

Laboratorium merupakan suatu sarana yang disediakan oleh universitas untuk mendukung praktek mata kuliah yang sedang dilaksanakan oleh mahasiswa. Tujuannya yaitu untuk memberikan gambaran secara nyata dan mahasiswa terlibat langsung dalam kegiatan atau praktek yang dilakukan di Laboratorium. Adapun Laboratorium yang terdapat di masing-masing fakultas di UNISBA dijelaskan sebagai berikut.

Akademik[sunting | sunting sumber]

Penerimaan mahasiswa baru UNISBA dilakukan melalui mekanisme seleksi yang dilakukan secara mandiri. Tingkat kesulitan untuk memasuki UNISBA adalah kompetitif. Setiap tahunnya UNISBA hanya menerima sekitar 25% mahasiswa baru dari 10.000 pendaftar setiap tahunnya.

Jenjang Pendidikan
Jalur Prestasi
PMDK
Jalur Ujian Tulis
USM
Sarjana (S1)
YaY
YaY
Profesi (Ps)
N
YaY
Magister (S2)
YaY
YaY
Doktoral (S3)
YaY
YaY

Jenjang Pendidikan dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Program studi yang ditawarkan oleh Universitas Islam Bandung meliputi jenjang pendidikan dengan tingkatan berdasarkan acuan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yakni:

  1. Sarjana atau Strata-1 (S1) yang dirancang selesai dalam 4 tahun dengan gelar Sarjana
  2. Magister atau Strata-2 (S2) yang dirancang selesai dalam 2 tahun dengan gelar Magister
  3. Doktor atau Strata-3 (S3) yang dirancang selesai dalam 3 tahun dengan gelar Doktor

Pendidikan Program Sarjana di UNISBA mempunyai beban sekurang-kurangnya 144 SKS dan sebanyak-banyaknya 160 SKS yang terbagi dalam:

  1. Tahap Persiapan Bersama dengan beban minimal 36 (tiga puluh enam) SKS
  2. Tahap Sarjana Muda dengan beban minimal 72 (tujuh puluh dua) SKS
  3. Tahap Sarjana dengan beban minimal 36 (tiga puluh enam) SKS

Mahasiswa Program Sarjana yang menunjukkan prestasi akademik tinggi dapat memilih untuk mengikuti pendidikan Program Magister sebagai bagian yang menyatu dengan Program Sarjana. Lulusan pendidikan Program Sarjana dengan prestasi akademik tinggi dapat memilih untuk mengikuti Program magister secara langsung.

Pendidikan Program Magister adalah kelanjutan linear Program Sarjana, atau merupakan interaksi beberapa disiplin ilmu yang terbentuk sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan atau tuntutan kebutuhan. Pendidikan Program Magister setelah Program Sarjana mempunyai beban sekurang-kurangnya 36 (tiga puluh enam) SKS dan sebanyak-banyaknya 50 (lima puluh) SKS.

Pendidikan Program Doktor adalah kelanjutan dari Program Magister mempunyai beban 46 SKS dan 6 SKS tidak sebidang

Sarjana[sunting | sunting sumber]

Universitas Islam Bandung mempunyai 10 Fakultas dengan 18 Program Studi dan 4 Profesi, yaitu:[4]

Tahun

Dies Natalis

Fakultas/Sekolah/Program
1958 Fakultas Syari’ah
1958 Program Studi Peradilan Agama
2002 Program Studi Muamalah
1961 Fakultas Dakwah
2005 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
1962 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
1962 Program Studi Pendidikan Agama Islam
2013 Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
1970 Fakultas Hukum
1971 Fakultas Psikologi
1972 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
1972 Program Studi Statistik
1983 Program Studi Matematika
2006 Program Studi Farmasi
1973 Fakultas Teknik
1973 Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
1974 Program Studi Teknik Pertambangan
1976 Program Studi Teknik Industri
2016 Program Profesi Insinyur
1979 Fakultas Ekonomi dan Bisnis
1979 Program Studi Manajemen
1980 Program Studi Akutansi
1985 Program Studi Ilmu Ekonomi
1983 Fakultas Ilmu Komunikasi
1983 Bidang Kajian Ilmu Jurnalistik
1983 Bidang Kajian Ilmu Hubungan Masyarakat
1998 Bidang Kajian Ilmu Manajemen Komunikasi
1998 Program Pascasarjana
1998 Program Studi Magister Ilmu Hukum
1999 Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
2003 Program Studi Magister Ilmu Komunikasi
2005 Program Studi Magister Profesi Psikologi
2006 Program Studi Doktor Ilmu Hukum
2007 Program Studi Magister Manajemen
2016 Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota
2017 Program Studi Magister Kenotariatan
2017 Program Studi Magister Ekonomi Syariah
2004 Fakultas Kedokteran
2004 Program Studi Pendidikan Dokter
2008 Pendidikan Profesi Dokter
  • Fakultas Syari'ah
    • Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
    • Program Studi Hukum Keluarga Islam
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
  • Fakultas Dakwah
    • Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
  • Fakultas Hukum
    • Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Psikologi
    • Program Studi Psikologi
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    • Program Studi Statistika
    • Program Studi Matematika
    • Program Studi Farmasi
    • Program Profesi Apoteker
  • Fakultas Teknik
    • Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
    • Program Studi Teknik Pertambangan
    • Program Studi Teknik Industri
    • Program Profesi Insinyur
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    • Program Studi Manajemen
    • Program Studi Akuntansi
    • Program Studi Ilmu Ekonomi
    • Program Profesi Akuntan
  • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Program Studi Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Kedokteran
    • Program Studi Pendidikan Kedokteran
    • Program Profesi Kedokteran

Pascasarjana[sunting | sunting sumber]

Universitas Islam Bandung mempunyai 8 Program Studi Magister, yaitu:[5]

Program Magister[sunting | sunting sumber]

Program Doktoral[sunting | sunting sumber]

Universitas Islam Bandung mempunyai 1 Program Studi Doktoral, yaitu:[5]

  • Program Studi Doktor Ilmu Hukum

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

UNISBA memperoleh akreditasi institusi dengan peringkat A (Amat Baik) dari Badan Akreditasi Nasionai Perguruan Tinggi. Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) tersebut diperoleh pada tahun 2017. Penilaian akreditasi meliputi 15 indikator meliputi kepemimpinan, kemahasiswaan, sumber daya manusia, kurikulum, prasarana dan sarana, pendanaan, tata pamong, sistem pengelolaan, sistem pembelajaran, suasana akademik, sistem informasi, sistem jaminan mutu, lulusan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta program studi.[6]

Reputasi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi Kemenristekdikti (2015), UNISBA meraih peringkat 32 dari 3320 perguruan tinggi di Indonesia[7]. Pertengahan 2017, UNISBA meraih penghargaan Juara 1 Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) se-Indonesia dari Kemenristekdikti. UNISBA juga meraih penghargaan The Best Regional University di bidang Education Sphere dari Europe Business Assembly Oxford.[8]

Selain berakreditasi A, UNISBA termasuk 100 Kampus Pilihan KOMPAS (2017)[9]. Survey Nasional Data dan Analisis TEMPO menyebutkan UNISBA adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta Terfavorit calon mahasiswa di Indonesia melalui 6 Program Studi yakni Hukum, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Psikologi, Manajemen dan Akuntansi. Fakultas Ilmu Komunikasi UNISBA 5 tahun berturut - turut (tahun 2012-2016) menjadi peringkat “Best School of Communication” versi Majalah Mix. Fakultas Dirasah (Syariah, Dakwah, Tarbiyah) UNISBA juga berhasil menduduki peringkat pertama dalam kategori Fakultas Agama Islam terbaik di lingkungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten. Tak heran, setiap tahun pendaftar UNISBA, baik jalur PMDK maupun USM, selalu meningkat. Setiap tahun pendaftar UNISBA mencapai lebih dari 10 ribu orang, sementara calon mahasiswa baru yang diterima hanya 3 ribu orang saja.[10]

Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Berbagai kegiatan Kampus yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari berbagai Fakultas dan Program Studi baik yang bersifat keorganisasian maupun ekstrakurikuler dan pengembangan kemampuan mahasiswa selain workshop dan seminar ataupun bedah buku serta Stadium General maupun Kuliah Umum berbagai Organisasi kemahasiswaan di antaranya[3]:

Dewan Amanat Mahasiswa (DAMU)[sunting | sunting sumber]

Fungsi Dewan Amanat Mahasiswa UNISBA (DAMU) adalah mengawasi kinerja Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Bandung dalam penyaluran minat, bakat serta mensejahterakan mahasiswa UNISBA. Selain itu, DAMU merumuskan aspirasi mahasiswa dan memberikan hasilnya untuk dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Dalam perjalanannya, DAMU terbagi dalam 3 komisi :

  • Komisi A untuk bagian Internal dalam hal ini mengawasi segala aktivitas yang dilakukan mahasiswa Unisba sehingga jika terhalang oleh satu dan lain hal bias terbantu dalam penyelesainnya
  • Komisi B untuk bagian keuangan dan kesejahteraan, dalam hal ini lebih mengawasi pada keuangan dan kesejahteraan mahasiswa
  • Komisi C untuk bagian eksternal, dalam hal ini akan membantu hubungan dalam perhubungan eksternal

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEMU)[11][sunting | sunting sumber]

Badan Eksekutif Mahasiswa Unisba (BEMU) merupakan suatu wadah yang merupakan induk dari organisasi yang ada di Universitas Islam Bandung. Dimana BEMU ini membewahi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Universitas Islam Bandung. Serta memiliki tiga jalur koordinasi antara lain : jalur koordinasi dengan DAMU (Dewan Amanat Mahasiswa UNISBA), jalur koordinasi dengan BEMF (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas), serta jalur koordinasi dengan LKM (Lembaga Kegiatan Mahasiswa).

LKM dan UKM[sunting | sunting sumber]

Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas yang fungsinya menampung berbagai minat dan bakat dari para mahasiswa UNISBA[3]. LKM dan UKM tersebut antara lain:

  • Rumpun pendidikan
    • Korps Protokoler Mahasiswa[12]
    • Mahasiswa Pecinta Alam (MAPENTA)
    • Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI)[13]
    • Resimen Mahasiswa (MENWA)
    • BENDERA
  • Bidang keilmuan
    • Forum Kajian Mahasiswa (FORKAMA)
    • International Law Student Forum' (ILSF)
    • Youth Community of Islamic Economic (YOCIE)
    • Unit Pengembangan Tilawatil Qur’an (UPTQ)
  • Rumpun keagamaan
    • Badan Operasional Mentoring (BOM-PAI)[14]
    • Lembaga Dakwah Kampus AL-ASY'ARI
  • Rumpun olahraga & kesehatan
  • Rumpun media
    • Pers Suara Mahasiswa (SM)[15]
    • Radio Komunitas Swara UNISBA
    • Jendela Edukasi Pemotret UNISBA (JEPRET)
    • REKAM UNISBA[16]
    • UNISBA TV
  • Rumpun bahasa
    • English Learning Community (ELC)
    • UNISBA Nihon Kyoukai ( UNK)
    • Arabic Courses
  • Rumpun kewirausahaan
  • Rumpun seni & budaya
    • Paduan Suara Mahasiswa (PASUMA)[18]
    • Studi Teater UNISBA (STUBA)
    • Unit Lingkung Seni Budaya Sunda (LSBS)
    • Unit Pecinta Seni Budaya Melayu
  • Rumpun pengabdian masyarakat
    • Unit Bakti Desa
    • Clean and Green (CnG)

Dewan Amanat Mahasiswa Fakultas (DAM F)[sunting | sunting sumber]

Dewan Amanat Mahasiswa Fakultas (DAM F) adalah organisasi yang bekerja mengawasi dan menyalurkan aspirasi mahasiswa terhadap kinerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas dalam penyaluran minat, bakat serta mensejahterakan mahasiswa di tataran fakultas UNISBA.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM F)[sunting | sunting sumber]

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM F) merupakan suatu wadah yang merupakan induk dari organisasi di tiap fakultas yang ada di Universitas Islam Bandung. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas di Universitas Islam Bandung diantaranya:

  • BEM Fakultas Kedokteran[19]
  • BEM Fakultas Teknik
  • BEM Fakultas Hukum
  • BEM Fakultas Psikologi[20]
  • BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis[21]
  • BEM Fakultas Ilmu Komunikasi
  • BEM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • BEM Fakultas Dakwah
  • BEM Fakultas Syariah
  • BEM Fakultas Tarbiyah

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)[sunting | sunting sumber]

Himpunan Mahaiswa Jurusan adalah unit organisasi di lingkup universitas yang mewadahi kegiatan mahasiswa dari program studi tertentu. Himpunan Mahaiswa Jurusan di Universitas Islam Bandung diantaranya:

  • HMTP UNISBA (Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan)[22]
  • HMTPL UNISBA (Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi)
  • KMTI UNISBA (Keluarga Mahasiswa Teknik Industri)[23]
  • HIMAIE UNISBA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi)
  • HIMMAN UNISBA (Himpunan Mahasiswa Manajemen)
  • HIMASI UNISBA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi)
  • HIMASTA UNISBA (Himpunan Mahasiswa Statistika)
  • HIMAFAR UNISBA (Himpunan Mahasiswa Farmasi)
  • HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika)
  • HIMTANU UNISBA (Himpunan Mahasiswa Hukum Tata Negara)
  • HIMAPER UNISBA (Himpunan Mahasiswa Perdata Bisnis)
  • HIMAPI UNISBA (Himpunan Mahasiswa Pidana)
  • KMMK UNISBA (Keluarga Mahasiswa Manajemen Komunikasi)[24]
  • HIMA PR UNISBA (Himpunan Mahasiswa Public Relation)
  • KMJ UNISBA (Keluarga Mahasiswa Jurnalistik)
  • HIMA PGPAUD UNISBA (Himpunan Mahasiswa Tarbiyah dan Keguruan)
  • HIMA PAI UNISBA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam)

Lagu[sunting | sunting sumber]

Mars UNISBA

Melangkah dengan gegap gempita

UNISBA almamater tercinta

Satukan hatimu, satukan tekadmu

Tegakkan islam sebagai pegangannmu

Mandiri maju dan terkemuka

Jadikan visi kita bersama

Dengan niat tulus, dan selalu berdoa

Semoga UNISBA kan tetap jaya

Mujahid, mujtahid, dan mujaddid

Siap melahirkan generasi bangsa

Yang berkarya dengan berwawasan

Dan berlandaskan nilai islam

Rapatkan barisan dan majulah kedepan

Wahai almamater tercinta

Cerdaskan bangsa dan berakhlak karimah

UNISBA siap mencerdaskan bangsa

Hymne UNISBA

Dengar akan seruanmu

Islam agama pemersatu

UNISBA bangkit menyambutmu

Melayani selalu

Sadarlah mahasiswa kami

Untukmu umat yg berbakti

Negeri rahmat ilahi

Jaya nan abadi

Gelaran bukan tujuanmu

Tapi kurbanmu

Jaya islam bahagia nanti

Pastilah nyata

Rektor[sunting | sunting sumber]

Universitas Islam Bandung, telah mengalami beberapa pergantian pimpinan, yaitu :[3]

No.

Rektor

Dari

Sampai

Keterangan

1.

Prof. Sjafei Soemardja[25]

1958 1960 Rektor saat bernama Perguruan Islam Tinggi (PIT)
2. Prof. Dr. Ma’mun Arrasyid Koesoemadilaga 1960 1962 Rektor saat bernama Universitas Islam Kiansantang
3. K.H.M. Ali Usman 1962 1967 Rektor saat bernama Universitas Islam Bandung
1969 1971
4. Prof.T.M. Soelaeman, M.Sc.,EE. 1967 1969
5. Dr (HC). KHEZ. Muttaqien[26] 1971 1976
1976 1980
1980 1980
6. Prof. DR. Bagir Manan, SH., MCL. 1985 1986
2000 2001
7. Achmad Tirtosudiro, Letjen, TNI (Purn) 1986 1990
1990 1996
8. Prof. Dr. M. Djawad Dahlan 1996 2000
9. Prof. Dr. E. Saefullah, SH., L.LM. 2001 2005
2005 2009
10. Prof.Dr. dr. M. Thaufiq S. Boesoirie, MS., SP.THT-KL(K).[27] 2009 2013
2013 2017
11. Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H. 2017 2022

Alumni[sunting | sunting sumber]

  • Aam Amirudin, Penulis, Ustadz kondang
  • Anang Hermansyah, Musisi, Penyanyi, Produser Musik, anggota DPR RI periode 2014-2019
  • Brata Kesuma, Komisaris Bank Sumut
  • Datin Fatia Umar, Profesor Riset Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian ESDM[28]
  • Denny R. Thaher, Direktur Utama PT Trimegah Asset Management[29]
  • Devi Handayani, 3rd Sunsilk Hijab Hunt 2015
  • Dey Ravena, Ahli Hukum Indonesia dan Guru Besar Universitas Islam Bandung
  • DJ Arie, Founder DJ Arie Public Speaking and Broadcasting School[30]
  • Dynno Chressbon, Pakar Intelejen Indonesia
  • Echie Panda, News Anchor dan Reporter Net Mediatama
  • Elba Damhuri, Head of republika.co.id[31]
  • Elly Sunarya, Musisi/Penyanyi
  • Haerudin, Anggota DPR RI periode 2014-2019
  • Herman Khaeron, Anggota DPR RI periode 2014-2019[32]
  • Himawan Nuryahya, Owner PT Pancaran Surya Abadi[33]
  • Ilmi Hatta, Pemimpin Redaksi Inews TV Bandung
  • Imron Rosyadi, Bupati Kab.Bengkulu 2001-2005
  • Mella Ismelina Farma Rahayu, Ahli Hukum Indonesia
  • Moses Bandwidth, Musisi/Band Metal
  • Sofyan Yahya, Anggota DPR RI periode 2009-2014
  • Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) 2014-2019, Anggota DPR RI periode 2014-2019[34]
  • Nita Halimah, Senior Creative Net Mediatama
  • Noorshafia Faridathalla, News Anchor MNC Media
  • Nuri Maulida, Aktris
  • Vina Ferina, Aktris
  • Yetti Heryati, Anggota DPR RI periode 2009-2014

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berdasarkan Surat Keputusan Badan Pengurus Yayasan Unisba Nomor : 37/P-Y-Unisba/SK/2-2018 tentang Pengesahan Statuta Universitas Islam Bandung tahun 2018. Bahwa Lambang Unisba adalah Ka’bah berwarna hitam berbentuk bujur sangkar, terdiri atas tiga bagian dengan susunan 3/16 bagian atas berwarna hitam, 1/16 bagian tengah berwarna putih dan 12/16 bagian berwarna hitam: dilingkari tulisan “UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG” berwarna hitam.
  2. ^ a b c d e Pangkalan Data Perguruan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, diunduh dari [1]
  3. ^ a b c d Ceha, R., Yusdiansyah, E., Hidayat, A.R., Widiarso, A., Firdaus. N, Bachtiar, I., Nooraeni, H., Mumung, A., Wulandari, R., Jakaria, M., Riyanto, S., (2016) Pedoman Akademik Mahasiswa 2016/2017. Bandung: UNISBA
  4. ^ "Beranda". www.unisba.ac.id. Diakses tanggal 2018-04-07. 
  5. ^ a b UNISBA, Pascasarjana. "Unisba - Pascasarjana". pasca.unisba.ac.id. Diakses tanggal 2018-04-07. 
  6. ^ "Unisba Raih Akreditasi A dari BAN-PT | Republika Online". Republika Online. Diakses tanggal 2018-06-14. 
  7. ^ "100 Perguruan Tinggi Peringkat Teratas Indonesia DIKTI, 11 dari Jogja". Jogja Istimewa (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-14. 
  8. ^ "Visi Menjadi Perguruan Tinggi Terkemuka di Asia - Artikel - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia". www.kemendagri.go.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-14. 
  9. ^ "Direktori 100 Perguruan Tinggi Di Indonesia 2017" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-04-16. 
  10. ^ Webmaster. "Menempuh Studi di Kampus Bergengsi". Diakses tanggal 2018-06-14. 
  11. ^ "Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Bandung (BEMU)". kbm.unisba.ac.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-11. 
  12. ^ "About KPM UNISBA". Korps Protokoler Mahasiswa UNISBA (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-11. 
  13. ^ "KSR PMI UNIT UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG". ksrpmiunisba.blogspot.com. Diakses tanggal 2018-06-11. 
  14. ^ "Event Kami". bompaiunisba.tripod.com. Diakses tanggal 2018-06-11. 
  15. ^ "Suara Mahasiswa | Nakal, Tajam, Menggelitik". suaramahasiswa.info (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-11. 
  16. ^ "REKAM HD". YouTube. Diakses tanggal 2018-06-11. 
  17. ^ "Koperasi Mahasiswa (KOPMA)". kopmaunisba.wordpress.com. Diakses tanggal 2018-06-11. 
  18. ^ "Paduan Suara Mahasiswa (PASUMA)". YouTube. Diakses tanggal 2018-06-11. 
  19. ^ "BEM Fakultas Kedokteran". bemfkunisba (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-11. 
  20. ^ "BEM-F PSIKOLOGI UNISBA – Keluarga Mahasiswa Psikologi UNISBA". bempsiunisba.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-11. 
  21. ^ "BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis". bemfeb (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-11. 
  22. ^ "Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan". Mining Engineering Student Association (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-11. 
  23. ^ "KMTI UNISBA – Official Website". kmti.unisba.ac.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-11. 
  24. ^ "Keluarga Mahasiswa Manajemen Komunikasi". www.mankomunisba.com. Diakses tanggal 2018-06-11. 
  25. ^ "Kisah Sjafe'i Soemardja". pencuriperadaban.blogspot.co.id. Diakses tanggal 2018-05-12. 
  26. ^ Setiawan, Hawé; Kurnia, Atep; Iskandar, Amin R; Universitas Islam Bandung (Unisba); Lembaga Studi Islam (LSI) (2009). Ajengan dalam perubahan zaman: biografi Dr. (HC). K.H. E.Z. Muttaqien (dalam bahasa Indonesian). Bandung; LSI Unisba: Cupumanik ;. ISBN 9789791890045. 
  27. ^ "Habiskan 6 Menit 23 Detik Untuk Kenali Thaufiq S. Boesoirie* | Suara Mahasiswa". suaramahasiswa.info (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-12. 
  28. ^ Administrator. "Prof.Dr. Ir. Datin Fatia Umar, M.T." www.tekmira.esdm.go.id. Diakses tanggal 2018-05-08. 
  29. ^ "Direksi | PT Trimegah Asset Management". Diakses tanggal 2018-05-08. 
  30. ^ "About | DJ ARIE SCHOOL". DJ ARIE SCHOOL (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-08. 
  31. ^ "Unisba Gelar Pesantren Calon Sarjana | Republika Online". Republika Online. Diakses tanggal 2018-05-08. 
  32. ^ RI, Setjen DPR. "Anggota DPR RI - Dewan Perwakilan Rakyat". www.dpr.go.id. Diakses tanggal 2018-05-08. 
  33. ^ "Abah AJI, Kuliah 15 Tahun Dengan Hasil Memuaskan". KabarKampus.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-08. 
  34. ^ RI, Setjen DPR. "Anggota DPR RI - Dewan Perwakilan Rakyat". www.dpr.go.id. Diakses tanggal 2018-05-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]