STAIN Bengkalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
STAIN BENGKALIS
RIAU - INDONESIA
LOGO STAIN BENGKALIS
RIAU - INDONESIA
JenisPerguruan tinggi Islam negeri di Indonesia
Didirikan19 September 2014
Lembaga induk
Kementerian Agama Republik Indonesia
AfiliasiIslam
KetuaProf. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag.
Alamat
Jl. Lembaga, Desa Senggoro,
, ,
Situs web[1]

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis adalah Perguruan Tinggi Negeri di Bengkalis, Riau, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis (STAIN Bengkalis) merupakan peralihan dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Kautsar Bengkalis yang sebelumnya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Bengkalis. Berdiri pada tanggal 17 Juli 1988 di kelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Kautsar (YPIA) dan berada di bawah naungan Kopertais VI Sumbar, Riau dan Kerinci, selama lebih kurang sembilan tahun di bina oleh IAIN Imam Bonjol Padang (sekarang UIN Imam Bonjol Padang).

STAIN Bengkalis didirikan berawal dari niat tulus Bapak Drs. Asy`ari Nur (ketika itu pegawai Departemen Agama), yang tidak terlalu berlebihan jika kita sebut ia sebagai seorang yang berjiwa besar dan sangat memperhatikan masa depan Kabupaten Bengkalis khususnya bidang Pendidikan. Pemikiran pendirian STIT dilatarbelakangi dari keprihatinannya saat itu karena minimnya aparatur pemerintahan yang berkualifikasi sarjana Strata 1 diberbagai diberbagai instansi yang berada di Bengkalis.

Keseriusan pendirian STIT olehnya kemudian ditindaklanjuti dengan pengajuan izin operasional PTAIS pada tahun 1989, ketika itu dipersiapkannya sebelum menunaikan Ibadah Haji. Dari keseriusan tersebut akhirnya berhujung manis setelah kurang lebih 40 hari setelah kepulangannya dari menunaikan Haji izin operasional tersebut keluar.

Selanjutnya pada bulan Oktober 1988 pembinaan STAI Bengkalis di alihkan kepada Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri yang di bina oleh IAIN Susqa Pekanbaru (sekarangUIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru). Pergantian nama dari STIT ke STAI terjadi pada tahun 1999 dengan maksud memberi peluang untuk membuka jurusan lainnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

STAI Bengkalis pada awal berdirinya,hingga tahun 1999 berkedudukan di jalan Pembangunan I masih menumpang di gedung SMPLB Kabupaten Bengkalis, dan sejak tahun 2000 hingga sekarang setelah penegerian STAIN Bengkalis menempati Gedung Baru yang berlokasi di Jalan Lembaga Bengkalis dengan luas tanah ± 1.6 hektare. Yang merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Periodeisasi kepemimpinan STIT/STAI Bengkalis hingga berubah menjadi STAIN saat ini sudah berjalan 4 kali pergantian. Yang pertama dipimpin oleh Alm. H. Beng Sabli, SH (1988 – 1992), kemudian dilanjutkan oleh Drs.H.Asyari Nur, SH.MM (1992 – 2002), ketiga Alm. Rahman Jalil,Sag.MM ( 2002 – 2010), dan keempat dipimpin oleh Prof.Dr.H.Samsul Nizar, MA (2010 – 2014, 2015-2019)

Pertama berdiri pada tahun 1988 STAI Bengkalis merupakan yayasan yang dikembangkan oleh Dr Asyari Nur. Ia secara sukarela menyerahkan jerih payahnya kepada pemerintah dan Negara demi anak bangsa di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis bisa mengecap pendidikan berkualitas dan bergengsi yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam perjalanannya, banyak suka dan duka serta titisan air mata untuk mengembangkan lembaga pendidikan STAI Bengkalis tersebut yang berangkat dari keingingan untuk mengangkat anak negeri yang terlalu jauh ke pusat provinsi dalam mengecap pendidikan. Titis air mata, kesedihan, dan canda tawa itu akhirnya terobati saat Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, akhirnya membubuhkan tanda tangan pada Jumat, 19 September 2014, yang menandai perubahan status STAI menjadi STAIN. Selanjutnya, dengan seiring perjalanan waktu, maka saat ini STAIN Bengkalis sudah dimasukan dalam sistem penerimaan mahasiswa nasional. Dan ternyata mahasiswa yang berminat untuk masuk ke STAIN Bengkalis sangat besar yang terlihat dari animo calon mahasiswa dari berbagai daerah.

STAIN Bengkalis sebagai Lembaga Pendidikan Islam telah mampu menunjukkan perkembangan yang dapat di banggakan dengan aktivitasnya dan telah di rasakan manfaatnya oleh masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Baik melalui kegiatan KKN, Praktek Pengajaran Lapangan, Pengisian wirid pengajian di mesjid-mesjid melalui safari Ramadhan, Perayaan hari-hari besar Islam dan juga menggelar kegiatan-kegiatan seni dan olahraga serta mengadakan seminar-seminar dan ikut dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah maupun organisasi. Hal tersebut di lakukan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia dan juga mensosialisasikan institusi kepada masyarakat luas. Dan tidak kalah pentingya adalah sebagai wujud nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Kemajuan lain yang paling terlihat adalah peningkatan jumlah mahasiswa yang masuk ke STAIN Bengkalis dari tahun ke tahun. hingga pada tahun ajaran 2017/2018 STAIN Bengkalis telah memiliki mahasiswa sebanyak 2866 orang dengan rincian:

No Tahun Jumlah Mahasiswa
1 2015 135 Orang
2 2016 1647 Orang
3 2017 2240 Orang
4 2018 2866 Orang

Dalam pencapaian keberhasilan tersebut,ucapan terima kasih atas segala perhatian dalam, sumbangan pikiran, bantuan moril maupun materiil terutama kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, IAIN Imam Bonjol, Universitas Islam Negeri Suska Riau, Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri, Para Dosen, Alim Ulama, Cerdik Pandai serta masyarakat Kabupaten Bengkalis secara keseluruhan.

Motto[sunting | sunting sumber]

Motto STAIN Bengkalis adalah "MELAYU" yang memiliki arti:

M = Mandiri

E = Empati

L = Luhur

A = Amanah

Y = Yakin

U = Unggul

Pimpinan Saat ini[sunting | sunting sumber]

  • Ketua: Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag
  • Wakil Ketua I: Dr. H. Saifunnajar, MH
  • Wakil Ketua II: H. Nasrun Harahap, MA
  • Wakil Ketua III: Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I

Jurusan dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Jurusan Tarbiyah dan Keguruan[sunting | sunting sumber]

  • Prodi S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) S.Pd.
  • Prodi S1 Tadris Bahasa Inggris (TBI) S.Pd.
  • Prodi S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) S.Pd.
  • Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) S.Pd.
  • Prodi S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA) S.Pd.

Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam[sunting | sunting sumber]

  • Prodi S1 Hukum Tata Negara (HTN) S.H.
  • Prodi S1 Hukum Keluarga Islam (HKI) S.H.
  • Prodi S1 Ekonomi Syariah (ES) S.E.
  • Prodi S1 Perbankan Syari'ah (PS) S.E.
  • Prodi S1 Akutansi Syari'ah (AS) S. Akun.
  • Prodi S1 Manajemen Keuangan Syari'ah (MKS) S.E.

Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam[sunting | sunting sumber]

  • Prodi S1 Manajemen Dakwah (MD) S.Sos
  • Prodi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) S.Sos
  • Prodi S1 Sosiologi Agama (SA) S.Sos

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs Web resmi STAIN Bengkalis: [./Http://kampusmelayu.ac.id http://staibengkalis.ac.id Diarsipkan 2019-05-19 di Wayback Machine.]