WhatsApp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Whatsapp)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
WhatsApp Messenger
WhatsApp logo.svg
PengembangWhatsApp Inc.
Rilis perdanaJanuari 2009; 10 tahun lalu (2009-01)
Rilis stabil [±]
iOS2.19.50 / 6 Mei 2019; 6 bulan lalu (2019-05-06)[1]
Android2.19.134 / 10 Mei 2019; 6 bulan lalu (2019-05-10)[2]
Windows Phone 8, Windows 10 Mobile2.18.52[3]
Symbian2.16.57[4]
BlackBerry9.3.4 / 26 Juni 2016; 3 tahun lalu (2016-06-26)[5]
Rilis pratayang [±]
Android2.19.132 / 10 Mei 2019; 6 bulan lalu (2019-05-10)[6]
Windows Phone 8, Windows 10 Mobile2.18.112[7]
Bahasa pemrogramanErlang[8]
Sistem operasiAndroid, iOS, Windows Phone, BlackBerry OS, Symbian (ada aplikasi Windows, macOS, dan web yang beroperasi apabila tersambung dengan aplikasi seluler)
JenisPesan instan dan media sosial
LisensiPerangkat lunak gratis
Peringkat Alexa 52 (Mei 2019)[9]
Situs webwww.whatsapp.com
WhatsApp Inc.
WhatsApp.svg
Jenis usahaAnak perusahaan
Didirikan24 Februari 2009; 10 tahun lalu (2009-02-24)
MarkasMountain View, California, Amerika Serikat
Pendiri
CEOChris Daniels[10]
Karyawan50[11]
Perusahaan indukFacebook
Situs webwww.whatsapp.com
Berkirim pesan dengan WhatsApp

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (smartphone) dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.[12]

Sejarah

Awalnya, WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone, dan Symbian.

Sampai pada November 2010, WhatsApp menduduki posisi peringkat ke 3, aplikasi paling laris yang diunduh melalui nokia Ovi Store, setelah Swype dan NHL game center premium.[13].

Platform yang didukung

WhatsApp dapat dijalankan pada beberapa platform yaitu:

Penggunaan

WhatsApp dapat digunakan untuk pengguna iPhone, BlackBerry, Android, serta Symbian (Nokia). Aplikasi WhatsApp hanya dapat bekerja untuk sesama pengguna yang memiliki aplikasi WhatsApp. Aplikasi WhatsApp ini dapat diunduh secara gratis di websitenya. Aplikasi ini menggunakan nomor telepon ponsel yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna WhatsApp. Aplikasi ini memungkinkan pengguna BlackBerry, Android, iPhone, dan Symbian, serta Windows Phone untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi ini menggunakan fitur push sehingga Anda dapat selalu memberitahukan pesan yang sedang diterima. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan WhatsApp adalah

Kestabilan Koneksi

WhatsApp ini mengandalkan koneksi internet melalui jaringan GPRS/EDGE/3G atau wifi untuk menjalankannya. Aplikasi WhatsApp ini tidak keluar (log out) saat tidak tersambung dengan koneksi internet. Anda dapat melihat kontak maupun perbincangan dengan teman Anda walaupun tidak tersambung dengan koneksi internet. Seperti pada BlackBerry Messenger, apabila tidak tersambung dengan koneksi internet, Anda tetap dapat membuka aplikasi tersebut, tetapi saat Anda coba untuk mengirim pesan, terdapat tanda jam yang menandakan pesan Anda ditunda pengirimannya sampai terdapat koneksi internet.

Notifikasi

Terdapat pilihan notifikasi untuk pemberitahuan pesan baru di bagian pengaturan. Anda dapat memilih menampilkan pesan baru secara Pop Up atau hanya tampil di bagian notifikasi. Anda pun dapat mengatur suara panggilan di bagian pengaturan.

Nomor ponsel sebagai PIN

Berbeda dengan BlackBerry Messenger yang menggunakan PIN unik untuk menambahkan daftar teman. Pada WhatsApp untuk menambahkan teman, nomor ponsel teman Anda yang diperlukan. Menariknya, Anda tidak perlu menambahkan teman di dalam aplikasi WhatsApp tersebut. Cukup isi daftar kontak telepon Anda dengan teman Anda beserta nomor poselnya, dan lakukan sinkronisasi dengan menekan tombol segarkan (refresh) di option saat berada di daftar teman (+). Apabila teman Anda terdaftar menggunakan nomor poselnya tersebut, WhatsApp akan mencarinya sendiri dan menampilkan teman Anda langsung di daftar panggilan. Saat pertama kali menginstallnya, Anda akan mendapatkan daftar kontak WhatsApp yang terisi secara otomatis. WhatsApp langsung mengambil data di kontak telepon dan melakukan sinkronisasi dengan server. Apabila nomor poselnya teman Anda terdaftar di WhatsApp, otomatis aplikasi ini akan mengenalnya.

Tanda pesan sukses terkirim, sudah diterima, dan sudah dibaca

Fitur ini mirip sekali dengan BlackBerry Messenger. Kalau di BlackBerry Messenger menggunakan tanda D dan R, di WhatsApp menggunakan tanda centang. Satu tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan berhasil dikirim, dua tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan telah diterima tetapi belum dibaca, dan dua tanda centang berwarna biru berarti pesan telah di baca.[14] Apabila tidak ada koneksi internet, akan muncul tanda jam yang mengartikan pengiriman pesan tertunda. WhatsApp dapat mengirim file-file seperti:

  1. Foto (langsung dari kamera, pengelola berkas (''file manager''), dan galeri).
  2. Video (langsung dari video kamera, pengelola berkas, dan galeri).
  3. Audio (langsung merekam suara, pengelola berkas, audio).
  4. Lokasi (Anda dapat mengirim lokasi Anda dengan mengambil posisi Anda dari Google Maps).
  5. Kontak (mengirim detail kontak dari kontak telepon).

Fitur lain-lain

Fitur lain yang terdapat di WhatsApp adalah:

  1. View Contact: Anda dapat melihat contact di phonebook, WhatsApp juga muncul sebagai daftar contact di phonebook
  2. Avatar: Anda tidak dapat mengganti Avatar secara manual, WhatsApp akan mengambil data avatar dari Profile phonebook. Apabila menggunakan sinkronisasi Facebook dengan Phonebook, maka avatar yang muncul adalah avatar Facebook.
  3. Add conversation shortcut: dapat juga menambahkan shortcut conversation ke homescreen.
  4. Email Conversation Anda pun dapat mengirim semua perbincangan melalui email.
  5. Copy/Paste: Setiap kalimat perbincangan juga dapat di copy, forward dan delete dengan menekan dan menahan kalimat tersebut dilayar.
  6. Smile icon: Untuk menambahkan serunya perbincangan, Anda pun dapat menambahkan emotions dengan banyak pilihan, seperti: smile emotions, icon-icon seperti cuaca, binatang, tanaman, alat-alat musik, buku, kartu, mobil, bangunan, pesawat dll.
  7. Search: fitur dasar setiap IM, Anda dapat mencari daftar contact melalui fitur ini.
  8. Call: karena pin WhatsApp ini sama dengan nomor ponsel teman, Anda pun dapat melakukan panggilan langsung dari aplikasi WhatsApp ini.
  9. WhatsApp Call: Pengguna bisa melakukan panggilan melalui WhatsApp dengan koneksi internet.[15]
  10. Block: digunakan untuk memblok kontak tertentu.
  11. Status: seperti kebanyakan fitur IM, Status juga hadir di WhatsApp. Namun tidak seperti BBM yang menampilkan pembaruan terbaru setiap ada perubahan status dari teman, WhatsApp hanya menampilkan status di bawah nama teman, mirip dengan di Yahoo Messenger. Anda pun dapat mengganti status yang sudah tersedia di WhatsApp seperti available, busy, at school, dll.

Whatsapp Berbasis Web untuk Komputer

WhatsApp secara resmi mengumumkan peluncuran fitur resmi bernama Whatsapp Web pada tanggal 22 Januari 2015. Fitur ini mencoba memfasilitasi penggunaan aplikasi ini untuk pengguna berbasis komputer. Laiknya WhatsApp berbasis telepon genggam, fitur ini membutuhkan koneksi internet sebagai jalur penyampaikan informasi. WhatsApp bekerja melalui portal online yang disediakan oleh pengembang yang beralamat di www.web.whatsapp.com. WhatsApp web pada prinsipnya berfungsi untuk membuka akun WhatsApp melalui perangkat komputer.

Fitur ini pada periode awal lebih mudah digunakan melalui aplikasi Chrome yang dikembangkan oleh Google. Sinkronisasi dibutuhkan untuk membuka akun WhatsApp melalui web ini. Pengembang menyediakan barcode yang perlu dipindai melalui aplikasi WhatsApp mobile. Pemindaian akan secara langsung membuka aplikasi Whatsapp sesuai dengan akun yang berfungsi pada telepon genggam yang digunakan untuk pemindaian.

Percakapan yang terdapat pada aplikasi WhatsApp di telepon seluler akan turut disajikan pada versi web ini. Sinkronisasi akan dilakukan secara otomatis apabila terjadi perubahan pada salah satu aplikasi yang aktif[16].

Kelebihan

Beberapa keuntungan memakai WhatsApp:

  1. Tidak hanya teks: WhatsApp memiliki fitur untuk mengirim gambar, video, suara, dan lokasi GPS melalui GPS atau Google Maps. Media tersebut langsung dapat ditampilkan dan bukan berupa tautan.
  2. Terintegrasi ke dalam sistem: WhatsApp, layaknya SMS, tidak perlu membuka aplikasi untuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan masuk ketika ponsel sedang mati akan tetap disampaikan jika ponsel sudah hidup.
  3. Status Pesan: - Jam Merah untuk proses loading di HP kita - Tanda centang jika pesan terkirim ke jaringan - Tanda centang ganda jika pesan sudah terkirim ke teman chat. - Silang merah jika pesan gagal
  4. Broadcats dan Group chat: Broadcast untuk kirim pesan ke banyak pengguna. Group chat untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.
  5. Hemat Bandwidth: Karena terintegrasi dengan sistem, maka tidak perlu login dan loading contact/avatar, sehingga transaksi data makin irit. Aplikasi dapat dimatikan, dan hanya aktif jika ada pesan masuk, sehingga bisa menghemat baterai.[17]
  6. Hapus Pesan Ke Semua Orang: Fitur baru ini mirip dengan fitur "Tarik Pesan"-nya BlackBerry Messenger (BBM) yang telah lebih dulu dirilis. Fitur ini memungkinkan kita menghapus atau menarik kembali pesan yang telah terkirim. Awalnya fitur ini hanya tersedia untuk pengguna beta,[18][19] hingga kemudian dirilis ke publik.[20][21]

Referensi

  1. ^ "‎WhatsApp Messenger". App Store (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-05-06. 
  2. ^ "WhatsApp Messenger APKs". APKMirror. Diakses tanggal 2019-05-06. 
  3. ^ WhatsApp Inc. "WhatsApp Messenger". Windows Store. Microsoft. Diakses tanggal 7 April 2018. 
  4. ^ WhatsApp Inc. "WhatsApp for Nokia S60". whatsapp.com. WhatsApp Inc. Diakses tanggal 4 April 2017. 
  5. ^ WhatsApp Inc. (26 June 2017). "WhatsApp Messenger". BlackBerry World. BlackBerry. Diakses tanggal 7 August 2017. 
  6. ^ "WhatsApp Messenger APKs". APKMirror. Diakses tanggal 2019-05-10. 
  7. ^ "WhatsApp Beta – Windows Apps on Microsoft Store". Microsoft Store. Diakses tanggal August 7, 2018. 
  8. ^ Ainsley O'Connell (February 21, 2014). "Inside Erlang, The Rare Programming Language Behind WhatsApp's Success". fastcompany.com. Diakses tanggal December 20, 2017. 
  9. ^ "Whatsapp.com Traffic, Demographics and Competitors - Alexa". www.alexa.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 8 May 2019. 
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Wagner-2018-5-8
  11. ^ Metz, Cade (15 September 2015). "Why WhatsApp Only Needs 50 Engineers for Its 900M Users". Wired. Diakses tanggal 2 August 2016. 
  12. ^ Hartanto, AAT: " Panduan Aplikasi Smartphone", halaman 100.Gramedia Pustaka Utama, 2010. ISBN 100-6762-33-5
  13. ^ http://tekno.kompas.com/read/2010/11/24/19145961/Rekor.Tiga.Juta..Download..Per.Hari
  14. ^ Apa artinya tanda centang biru di pesan WhatsApp?
  15. ^ WhatsApp Android Bisa Telepon Gratis
  16. ^ http://ensiklo.com/2015/01/bagaimana-cara-instalasi-whatsapp-untuk-desktop-pc-atau-komputer/
  17. ^ http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6659941
  18. ^ Mix (2017-09-12). "WhatsApp testing unsend feature that lets you delete embarrassing texts". The Next Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-17. 
  19. ^ Black, Marie. "How to Delete a Sent WhatsApp Message". Tech Advisor (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-17. 
  20. ^ "Wow! WhatsApp Siapkan Fitur Hapus Pesan yang Sudah Terkirim". industri.bisnis.com. Diakses tanggal 2017-10-17. 
  21. ^ "WhatsApp Akan Munculkan Fitur 'Unsend', Bisa Hapus Pesan yang Udah Dikirim! - TribunStyle.com". TribunStyle.com. Diakses tanggal 2017-10-17. 

Pranala luar