iCloud

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

ICloud
Berkas:Apple iCloud.png
Berkas:ICloud Pane.png
Bilah preferensi iCloud di OS X 10.8.1
Tipepenyimpanan awan, aplikasi, layanan di internet, layanan daring dan Apple service (en)
Versi pertamaVersi pengembang
6 Juni 2011
Versi publik
12 Oktober 2011
[1]
GenreLayanan backup daring
LisensiPerangkat lunak gratis
Bahasa
Daftar bahasa

Multibahasa

Klasifikasi Alexa 957 (December 2012)[2]
Karakteristik teknis
Sistem operasimacOS dan Microsoft Windows
Bahasa pemrogramanObjective-C
Informasi pengembang
PembuatApple Inc.
PengembangApple Inc.
PenerbitBursa Microsoft
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

iCloud adalah layanan komputasi awan yang dipublikasikan oleh Apple Inc. dalam acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco.[3] iCloud memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan komputer secara otomatis pada waktu yang bersamaan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja tanpa perlu mem-back up data secara manual.[3]

iCloud merupakan bentuk pengembangan dari trend teknologi terbaru dibidang jaringan yaitu komputasi awan (Inggris:cloud computing)[4] iCloud bekerja pada perangkat yang memiliki sistem operasi Mac OS X, iOS dan Microsoft Windows terbaru yaitu Windows Vista dan Windows 7 .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

iCloud merupakan pengembangan dari layanan komputasi awan yang telah disediakan Apple sebelumnya yaitu iTools pada tahun 2000, .Mac pada tahun 2002 dan MobileMe pada tahun 2008. Dan Steve Jobs, CEO Apple, dalam Apple Worldwide Developers Conference 2011 telah menyatakan bahwa iCloud akan menggantikan layanan MobileMe yang telah dikeluarkan Apple sebelumnya.[5] Dalam kesempatan tersebut Steve Jobs juga mengumumkan bahwa Apple telah membangun pusat data senilai US$ 1 miliar di North Carolina yang memungkinkan pengguna menyimpan konten mereka di layanan komputasi awan milik mereka.[6]

Fitur Yang Disediakan[sunting | sunting sumber]

Fitur-fitur yang tersedia dalam layanan iCloud antara lain:[7]

iTunes dalam iCloud[sunting | sunting sumber]

Berkas:Itunes-in-icloud-600x434.png
iTunes in The Cloud

iCloud akan mensinkronisasi secara otomatis musik yang telah dibeli melalui iTunes di semua perangkat Apple yang terhubung dengan akun iCloud.

  • Pembelian Baru , dengan iCloud, lagu atau aplikasi yang baru dibeli pada perangkat mobile melalui iTunes akan tersinkronisasi secara otomatis di perangkat lainnya.
  • Pembelian Lalu, iCloud menyimpan semua data pembelian di iTunes. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh kembali musik ataupun aplikasi yang pernah dibeli menggunakan perangkat manapun.
  • iTunes Match, merupakan layanan iTunes yang akan secara otomatis mencocokkan musik yang disalin dari CD dengan 18 juta musik yang tersedia di iTunes, lalu salinan musik tersebut akan disimpan ke dalam iCloud dan akan diputar dengan format musik AAC 256 kbps. Layanan ini dikenakan biaya senilai $24.99 per tahun untuk menyimpan sebanyak 20.000 musik.

Berkas foto[sunting | sunting sumber]

Berkas:Photostream-icloud-600x455.png
Berkas Foto

iCloud akan menyinkronisasi secara otomatis foto yang diambil dari satu perangkat ke dalam perangkat lain tanpa adanya proses sinkronisasi manual ataupun proses pengiriman foto tersebut.

iCloud akan menyimpan 1000 foto terakhir yang diambil dari perangkat Apple dalam waktu 30 hari yang dapat diakses dengan perangkat Apple lainnya dalam kurun waktu tersebut.

Aplikasi, Buku dan Back up[sunting | sunting sumber]

Berkas:Apps, book, backup.png
Aplikasi, Buku dan Back Up
  • Aplikasi, dengan iCloud, aplikasi pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad dan iPod touch akan di mutakhirkan secara otomatis ketika pengguna mengunduh aplikasi dengan menggunakan salah satu perangkat.
  • Buku, iCloud akan menyimpan semua buku yang telah diunduh oleh salah satu perangkat dan akan mensinkronisasi secara otomatis ke semua perangkat lainnya. Begitu juga dengan semua petunjuk, sorot teks, ataupun catatan yang dibuat akan disimpan oleh iClouds lalu disinkronisasi ke perangkat lainnya. Sehingga semua perangkat selalu termutakhir.
  • Back Up, iCloud akan membackup setiap perubahan yang ada di perangkat iOS setiap hari menggunakan sambungan Wi-Fi. Dengan kata lain, pengguna akan memiliki cadangan data personal (seperti musik, aplikasi dan buku dari iTunes) di iCloud dan dapat dengan mudah mengembalikannya lagi ke perangkat iOS yang baru diperbaharui sistem operasinya hanya dengan menghubungkan dengan sambungan Wi-Fi dan memasukkan akun Apple dan kata sandi.

Kontak, Kalender dan Email[sunting | sunting sumber]

Berkas:Icloud-contacts-calendar-mail.png
Kontak, Kalender dan Email
  • Kontak, iCloud akan secara otomatis memutakhirkan data kontak di setiap perangkat saat terjadi perubahan data kontak di iPhone, iPad ataupun iPod touch. iCloud akan mengirimkan mutakhir kontak tersebut ke Address Book di Mac dan Outlook di perangkat komputer (direkomendasikan sistem Outlook 2007 atau 2010).
  • Kalender, iCloud dapat memutakhirkan jadwal kalender di semua perangkat Apple secara otomatis. Dan layanan ini didukung dengan adanya layanan Shared Calendar yaitu layanan untuk memutakhirkan jadwal kalender antara pengguna iCloud.
  • Email, saat mendaftar iCloud, pengguna akan mendapatkan akun email me.com secara gratis. Dan dengan iCloud, email (kotak masuk dan folder) pengguna akan dimutakhirkan secara otomatis di semua perangkat.

Dokumen[sunting | sunting sumber]

Berkas:Document-in-cloud.png
Dokumen di iCloud

iCloud menyimpan semua dokumen yang dibuat dan akan meng-up date dokumen tersebut ke dalam perangkat lainnya secara otomatis. Sehingga dokumen tersebut dapat diakses di perangkat manapun yang terhubung dengan akun iCloud tersebut.[3]

Ketersediaan dan Harga[sunting | sunting sumber]

iCloud beta tersedia bagi anggota program pengembang iOS dan Mac OS. iCloud akan dirilis untuk umum pada musim gugur nanti seiring dengan keluarnya iOS 5 dan Mac OS X Lion.[3]

iCloud merupakan layanan yang diberikan secara gratis kepada pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch yang menggunakan sistem operasi iOS 5 dan juga kepada pengguna Mac yang menggunakan sistem Mac OS X Lion dengan akun Apple yang valid.

Setiap akun iCloud telah difasilitasi kapasitas penyimpanan awan sebanyak 5GB untuk menyimpan data email, dokumen dan data backup. Data musik, aplikasi, buku dan berkas foto tidak terhitung dalam limit data penyimpanan awan yang disediakan. Sedangkan layanan iTunes Match dikenakan biaya $24.99 per tahun (untuk wilayah Amerika Serikat).[3]

Foto bugil selebriti diposting setelah iCloud diretas[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 31 Agustus, 2014 hacker memposting foto bugil 100-an selebritas Hollywood yang mengaku berasal dari akun iCloud mereka menggunakan kerentanan keamanan iCloud. Hacker pertama memposting daftar semua selebritas yang dilibatkan dalam peretasan pada 4chan.[8][9][10][11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]