Pidgin (perangkat lunak)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pidgin
Logo Pidgin
Pengembang Tim pengembang Pidgin
Rilis perdana 1999
Bahasa pemograman C (C#, Perl, Python, Tcl digunakan untuk plugin)
Serambi Antar-platform
Ketersediaan bahasa Banyak bahasa
Jenis klien Pesan instan
Lisensi Lisensi Publik Umum GNU
Situs web resmi http://www.pidgin.im/

Pidgin (dahulu bernama Gaim) adalah klien pesan instan yang didasarkan pada pustaka libpurple. Libpurple mendukung banyak protokol pesan instan yang biasa digunakan, memungkinkan pengguna dapat memasuki berbagai layanan yang berbeda-beda hanya dari satu program aplikasi.

Banyaknya pengguna Pidgin diduga lebih dari tiga juta pada tahun 2007. Baik Pidgin maupun libpurple adalah perangkat lunak bebas, dilepas ke hadapan umum di bawah pasal-pasal Lisensi Publik Umum GNU.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Jendela obrolan paralel Pidgin di sistem operasi Ubuntu

Pidgin adalah front-end grafis untuk libpurple menggunakan GTK+[1]. Libpurple dikenal karena kemampuannya mendukung berbagai protokol pesan instan.

Pidgin mendukung banyak sistem operasi, termasuk Windows juga sistem operasi bertipe Unix seperti Linux, BSD, Mac OS X, dan AmigaOS (melalui mesin X11). Ia memiliki dukungan terpaket untuk NSS, memberikan enkripsi pesan klien-ke-peladen untuk protokol yang mendukungnya. Program ini dapat diberi ekstensi melalui berbagai plugin, termasuk "Off-the-Record Messaging" dan enkripsi Pidgin[2], yang menyediakan enkripsi ujung-ke-ujung.

Fitur-fitur Pidgin berupa alat-alat standar untuk sebuah klien pesan instan, seperti daftar kontak, transfer berkas pada protokol-protokol yang mendukung, dan riwayat pembicaraan/obrolan. Jendela obrolan paralel adalah fitur pilihan pada Pidgin. Jendela pesan instan berisi jendela pesan, alat pemformatan, dan kotak penyuntingan.

Mitra obrolan atau kontak (biasa juga disebut "Buddies") ditambahkan oleh jendela "Buddy List" atau oleh jendela pesan instan. Sebagai klien yang mendukung IRC dan program obrolan lainnya, Pidgin juga dapat menambahkan saluran IRC dan Obrolan pesan instan lainnya. Mitra obrolan dengan protokol majemuk dapat dikelompokkan ke dalam satu kontak tunggal sebagai ganti dari pengaturan protokol majemuk dan kontak dapat diberikan nama samaran atau dimasukkan ke dalam kelompok.

Untuk mencapai pengguna ketika mereka memasuki ruangan obrolan atau status perubahan muncul (seperti pindah dari "Away" ke "Available"), Pidgin mendukung skrip terautomasi on-action yang disebut Buddy Pounces untuk secara automatis mencapai pengguna menurut cara yang sudah dikostumasi.

Pidgin mendukung penghantaran berkas, dengan kemampuan menghentikan-sementara, melanjutkan proses, dan membatalkan penghantara dan mengamati penghantaran majemuk di jendela yang terpisah, tetapi tidak ada fitur tambahan seperti berbagi-direktori dari Yahoo. Namun, ketika menggunakan protokol MSN, penghantaran berkas berlangsung lamban, karena data dijalurkan melalui peladen MSN ke penerima, sebagai ganti dari pemanfaatan kegunaan peer-to-peer[3]. Sebuah proyek Google Summer of Code membantu penambahan kegunaan peer-to-peer pada 2007[4]. Dukungan untuk MSNP15 ditambahkan pada versi 2.5.0 tetapi tidak menyertakan dukungan untuk penghantaran berkas peer-to-peer[5].

Sejak versi 2.6 (dilepas ke umum pada 18 Agustus 2009) Pidgin memiliki kerangka kerja audio-video dengan menggunakan Farsight2 dan didasarkan pada proyek Google Summer of Code milik Mike Ruprecht dari tahun 2008[6]. Edisi itu menyediakan kemampuan mengobrol dengan suara sekaligus gambar menggunakan protokol XMPP (termasuk Google Talk), melalui penerapan yang belum sepenuhnya lengkap. Kerangka kerja ini juga mengizinkan untuk obrolan pada protokol lain, seperti MSN dan Yahoo, di masa depan[7].

Fitur tambahan meliputi dukungan untuk tema-tema, emoticon, pemeriksa ejaan, dan integrasi wilayah pemberitahuan[8].

Protokol yang didukung[sunting | sunting sumber]

Protokol-protokol berikut ini secara resmi didukung oleh libpurple 2.5.5, tanpa ekstensi atau plugin lain:[9]

Beberapa peladen XMPP menyediakan transportasi, yang memungkinkan pengguna mengakses jejaring yang menggunakan protokol bukan-XMPP tanpa harus memasang plugin atau perangkat lunak tambahan. Dukungan Pidgin untuk XMPP berarti bahwa transportasi ini dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui protokol yang tak memiliki dukungan, termasuk tidak hanya protokol pesan instan, tetapi juga protokol semacam SMS atau surat elektronik.

Protokol lainnya, yang didukung oleh plugin dari pihak ketiga, termasuk Skype[10], fitur obrolan jejaring sosial Facebook[11], jejaring permainan Xfire (memerlukan plugin Gfire)[12] dan aplikasi pesan instan bergerak MXit[13].

Plugin[sunting | sunting sumber]

Berbagai fitur lainnya didukung menggunakan plugin dari pihak ketiga[14]. Fitur tersebut meliputi:

  • Enkripsi dan kerahasiaan pribadi, melalui Off-the-Record Messaging
  • Pemberitahuan (misalnya menunjukkan gelembung pemberitahuan "toaster" atau Snarl, atau pencahayaan LED pada laptop)
  • Menunjukkan kepada rekan-rekan obrolan tentang apa yang sedang disimak dari beberapa pemutar media
  • Menambahkan rumus matematika yang ditulis menggunakan LaTeX kepada obrolan
  • Menonton video langsung kepada obrolan ketika menerima pranala situs web berbagi video, misalnya (YouTube atau Vimeo)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gaim 2.0.0 beta 6 berjalan di GNOME 2.16.0

Program ini aslinya ditulis pada atau sebelum tahun 1999 oleh Mark Spencer, seorang mahasiswa tahun kedua dari Universitas Auburn, sebagai emulasi dari program pesan instan AOL AOL Instant Messenger pada Linux dengan menggunakan GTK+.[15] Dinamai GAIM (GTK+ AOL Instant Messenger) untuk menghargai GTK+ dan AOL. Emulasi ini tidak didasarkan pada rekayasa balik, melainkan berdasarkan pada informasi tentang protokol yang diterbitkan oleh AOL melalui web; pengembangannya juga dibantu oleh pegawai teknis AOL.[15][16] Dukungan bagi protokol pesan instan lainnya ditambahkan menyusul.[15]

Sengketa penamaan[sunting | sunting sumber]

Sebagai tanggapan atas tekanan dari AOL, nama program ini diubah menjadi lebih bersifat akronim, tetapi dengan huruf kecil gaim. Karena AOL Instant Messenger meraih kesohoran, AOL mematenkan akronim ini, "AIM", mengarah kepada perjuangan hukum yang panjang dengan pencipta program, yang sangat menjaga rahasia ini.[17]

Pada 6 April 2007, regu pengembangan projek ini mengajukan hasil kesepakatan mereka dengan AOL, yang melibatkan sederetan perubahan nama: Gaim menjadi Pidgin, libgaim menjadi libpurple, dnd gaim-text menjadi finch.[18] Nama Pidgin dipilih merujuk pada istilah "pidgin", yang menggambarkan komunikasi antar-orang yang tidak memiliki bahasa yang sama. Juga terdengar rencana kembali ke nama, seperti burung pigeon adalah permainan burung yang ternama dan messenger. Nama "purple" merujuk pada "prpl", nama internal libgaim untuk sebuah plugin protokol pesan instan.

Karena isu hukum, versi 2.0 perangkat lunak ini dibekukan pada tahapan beta. Mengikuti kesepakatan, dinyatakan bahwa terbitan resmi pertama Pidgin 2.0.0 diharapkan muncul dua pekan ke muka sejak 8 April, 2007.[19] Namun, Pidgin 2.0 tidak diterbitkan sesuai jadual; pengembang Pidgin menerbitkannya pada 22 April 2007 di mana penundaan itu disebabkan oleh direktori preferensi ".gaim".

Pidgin 2.0.0 diterbitkan pada 3 Mei 2007. Inilah terbitan versi pertama dengan sebutan Pidgin, dan memuat rancangan grafis yang sepenuhnya baru.[20]

Kritikan[sunting | sunting sumber]

Perangkat lunak lain yang didasarkan pada libpurple[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What Is Libpurple - Pidgin - Trac". Pidgin.im. Diakses 2009-03-22. 
  2. ^ Pidgin-Encryption
  3. ^ "Protocol Specific Questions — FAQ — Pidgin". Diakses 2007-05-12. 
  4. ^ "UpdateMsnSupport — Pidgin — Trac". Diakses 2007-07-18. 
  5. ^ Bailey, John. "It's a bit late...". Diakses 2008-09-19. 
  6. ^ "Pidgin Changelog". Diakses 2009-08-22. 
  7. ^ "Pidgin Voice and Video". Diakses 2009-08-22. 
  8. ^ "About Pidgin". Diakses 2007-05-12. 
  9. ^ Pidgin developers. "Protocol Specific Questions". Diakses 2009-03-11. 
  10. ^ "Skype API Plugin for Pidgin/libpurple/Adium". Diakses 2009-07-06. 
  11. ^ "Plugins". Diakses 2009-07-12. 
  12. ^ "ThirdPartyPlugins". Diakses 2009-03-02. 
  13. ^ "MXit Pidgin Plugin". Diakses 2009-07-07. 
  14. ^ "Pidgin Third-Party Plugins". Diakses 2009-09-22. 
  15. ^ a b c Matthew Herper: Better Instant Messaging Through Linux Forbes.com, , 16 July 2002
  16. ^ GAIM: GTK+ America OnLine Instant Messenger Halaman web proyek asli pada 10 Februari 1999 (salinan pada Arsip Internet)
  17. ^ http://www.pidgin.im/~seanegan/cgi-bin/pyblosxom.cgi/momentum2
  18. ^ "SourceForge.net: gaim-i18n". Diakses 2007-04-11. ""Pidgin" for gaim itself, "libpurple" for libgaim, …and "finch" for gaim-text." 
  19. ^ "News — Pidgin". Diakses 2007-04-11. "Now that the settlement is signed, we hope to have the final Pidgin 2.0.0 release late this week or early next." 
  20. ^ "Identity vs. Account Orientation". Diakses 2007-05-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]