BlackBerry Messenger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
BlackBerry Messenger
TipePengirim pesan instan
GenreKlien Pesan Instan
Layanan Streaming
LisensiProprieter
Model bisnisfreemium
Bahasa
Daftar bahasa

Multibahasa

Karakteristik teknis
Sistem operasiBlackBerry OS
BlackBerry 10
BlackBerry Tablet OS
iOS
Android
Informasi pengembang
PengembangBlackBerry Limited (2005 - Sekarang)
Elang Mahkota Teknologi (2017 - 2019)
PenerbitGoogle Play dan App Store
Informasi tambahan
Situs webwww.blackberry.com/bbm
Stack ExchangeEtiqueta
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Ikon lama BlackBerry Messenger di BlackBerry 10, iOS dan Android (2013 - 2016)

BlackBerry Messenger, disingkat BBM, adalah aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Contohnya fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. Semuanya bisa didapatkan oleh pengguna perangkat BlackBerry pada aplikasi ini. BlackBerry Messenger merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail. Layanan Messenger ini dibuat khusus bagi pemilik BlackBerry dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna. Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN yang juga eksklusif dimiliki masing-masing perangkat BlackBerry.

Mulai tanggal 23 Oktober 2013, layanan BBM secara resmi bisa digunakan lintas platform dengan dirilisnya BBM untuk Android dan iOS.

Mulai tanggal 31 Mei 2019, layanan BBM secara resmi tidak beroperasi atau ditutup disemua perangkat seperti Android, BlackBerry OS, BlackBerry 10, iOS, dan lainnya. Konsumen dapat beralih ke BBM Enterprise yang berbayar.


Perkembangan[sunting | sunting sumber]

BlackBerry Messenger memiliki beberapa versi terdahulu yang disesuaikan dengan tipe masing-masing perangkat, yaitu:

  • OTA OS 4.5, untuk tipe 83xx / 81xx
  • OTA OS 4.6, untuk tipe 9000 Bold
  • OTA OS 4.6.1, untuk tipe 8900 Javelin
  • OTA OS 4.7, untuk tipe 95xx

Research In Motion (RIM) sebagai pemegang lisensi BlackBerry secara resmi meluncurkan BlackBerry Messenger versi terbaru yaitu OTA OS 5.0 untuk tipe 83xx / 81xx, 9000 Bold, 8900 Javelin, 95xx pada tanggal 13 Oktober 2009 di Indonesia.

Research In Motion (RIM) secara resmi meluncurkan BlackBerry Messenger untuk PlayBook dengan cara menghubungkan BlackBerry yang dihubungkan dengan BlackBerry Bridge.[3]

Terhitung Juni 2016 PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) telah resmi membeli BlackBerry Messenger, satu produk dari BlackBerry Limited, dengan nilai mencapai Rp 2,9 triliun. Kesepakatan senilai $207,5 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun ini bakal berlangsung selama 6 tahun, dan akan memungkinkan Emtek untuk menggabungkan layanan mereka dengan BBM. Satu hal yang perlu dicatat adalah kesepakatan ini berlaku untuk BBM saja, tanpa menyertakan layanan BlackBerry Enterprise.

Fitur[sunting | sunting sumber]

BlackBerry Messenger versi 4.5/4.6/4.6.1/4.7[sunting | sunting sumber]

Aplikasi BlackBerry Messenger versi 4.5/4.6/4.6.1/4.7 mempunyai tampilan yang masih sangat sederhana, yang hanya terdiri dari nama-nama kontak dan status.

Menampilkan kontak dan status[sunting | sunting sumber]

BlackBerry Messenger dapat menampilkan kontak dan status dari masing-masing pengguna. Untuk membuat suatu hubungan antar pengguna perangkat BlackBerry di dalam BlackBerry Messenger, pengguna harus menambah kontak dengan cara memasukkan nomor PIN dari pengguna lain. Selain menggunakan nomor PIN, menambah kontak bisa dilakukan dengan memasukkan alamat surat elektronik masing-masing pengguna. Selain itu,seperti layaknya Facebook atau Twitter, dalam BlackBerry Messenger juga dapat menampilkan status masing-masing pengguna yang akan muncul bersama dengan daftar kontak. Pengguna dapat memperbaharui status kapanpun dan dimanapun, hanya dengan mengetik status yang diinginkan di kolom status.

Berbagi Berkas[sunting | sunting sumber]

Pengguna BlackBerry Messenger juga dapat membagi berkas yang berupa data selain foto dan suara, kontak telepon dan kontak BlackBerry Messenger antar sesama pengguna. Berkas yang dikirimkan melalui aplikasi ini dapat tersampaikan ke pengguna yang dituju secara cepat dan mudah.

Percakapan Grup[sunting | sunting sumber]

Dalam BlackBerry Messenger, pengguna juga dapat membuat percakapan grup. Mereka dapat melakukan percakapan dengan beberapa orang dengan waktu yang bersamaan. Untuk membuat suatu grup percakapan pengguna harus mengundang beberapa kontak untuk ikut dalam percakapan dalam grup ini. dalam satu grup beranggotakan maksimal 30.

BlackBerry Messenger versi 5.0[sunting | sunting sumber]

Versi terbaru dari BlackBerry Messenger ini tentu saja banyak memiliki kelebihan dibandingkan dengan versi terdahulunya. Aplikasi baru ini juga sudah diunduh langsung di situs resmi BlackBerry.

Identitas Kode Batang[sunting | sunting sumber]

Jika sebelumnya menambah kontak BlackBerry Messenger hanya dengan nomor PIN atau alamat surat elektronik saja pengguna, dengan BlackBerry kode batang spesial yang ada di layar BlackBerry Messenger di masing-masing pengguna perangkat BlackBerry dapat dipindai secara otomatis dan mengundang kontak baru untuk bergabung dengan daftar kontak BlackBerry Messenger. Contohnya dengan menggunakan kamera pada perangkat BlackBerry. Syaratnya perangkat harus mempunyai kamera untuk memindai kode batang perangkat lain. Kode batang ini juga dapat memudahkan pengguna BlackBerry untuk saling bertukar informasi kontak. Pengguna dapat melihat di Ubah Info Saya dan dapat digunakan untuk menyimpan data pribadi seperti nama, PIN BlackBerry, tautan situs dan yang lainnya.

Avatar[sunting | sunting sumber]

Selain nama, pengguna dapat mengatur gambar tampilan sebagai personal avatar mereka. Avatar sebagai representasi pengguna tentang dirinya sendiri ataupun ego. Avatar dapat secara otomatis terlihat pada kontak BlackBerry Messenger. BlackBerry Messenger versi 5.0 juga mengumpulkan avatar dari semua kontak yang ada dalam kontak BlackBerry pengguna.

Perbaharui Status[sunting | sunting sumber]

BlackBerry Messenger versi 5.0 dapat memungkinkan pengguna dapat memantau perubahan status dari setiap kontaknya. Pengguna bisa meng-klik panel Keadaan Terbaru di atas panel info tampilan Messenger untuk menampilkan daftar kontak yang baru saja memperbaharui status. Notifikasi akan selalu muncul di panel Keadaan Terbaru setiap kontak lain memperbaharui status mereka.

Kontak Cadangan[sunting | sunting sumber]

Jika pada versi BlackBerry Messenger terdahulu, cara menjaga data PIN kontak BlackBerry Messenger adalah dengan menyalin ke Buku Alamat, dengan BlackBerry Messenger versi 5.0, pengguna hanya tinggal meng-klik saja Salin Daftar Kontak di tampilan menu. Pilihan tempat penyimpanan untuk menyimpan data kontak bisa ke memori internal atau memori eksternal.

Pesan Penyiaran[sunting | sunting sumber]

Membagi info ke seluruh atau beberapa kontak tidak perlu dengan cara mengetiknya satu persatu. Klik Pesan Penyiaran pada menu untuk mengirim info yang sama ke beberapa kontak sekaligus. Klik Semua untuk mengirim pesan yang sama ke semua kontak, atau pilih beberapa kontak saja dengan memilih nama-nama kontak tertentu dari daftar kontak.

Membagi Lokasi[sunting | sunting sumber]

Jika ingin membagi lokasi dari posisi berada atau ingin membagi lokasi sebuah tempat, klik Kirim Lokasi pada menu. Pilihan untuk mengirimkan lokasi bisa langsung dari lokasi berada dengan memanfaatkan fitur GPS, atau dari data lokasi yang telah disimpan sebelumnya di Peta BlackBerry. Permintaan lokasi kontak bisa juga dilakukan atau mengatur notifikasi kedekatan dengan kontak lain.

Fungsi Grup Baru[sunting | sunting sumber]

Pada BlackBerry Messenger versi sebelumnya, fasilitas untuk melakukan percakapan secara berkelompok memang sudah ada. Hanya saja pada BlackBerry Messenger versi 5.0, fasilitas percakapan secara berkelompok ini bisa disertai dengan subyek obrolan. Jadi kontak yang baru diundang ketika percakapan sudah berlangsung tidak akan bingung untuk mengikuti topik percakapan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat atau bergabung dengan grup seseorang untuk tetap terhubung dan berbagi pengalaman secara waktu yang asli. Pengguna juga dapat melakukan percakapan maya dan berbagi pembaharuan lokasi, alamat, kalender, foto, daftar dan banyak lagi. Satu grup dapat menampung sebanyak 30 anggota.

Transfer Berkas Berukuran Besar[sunting | sunting sumber]

Dengan BlackBerry Messenger versi 2,0, pengguna dapat berbagi berkas foto, suara, kontak telepon dan kontak BlackBerry Messenger berukuran besar sampai dengan ukuran 6MB. BlackBerry Messenger versi 5.0 ini juga mendukung pengiriman berkas video. Pengiriman berkas melalui BlackBerry Messenger versi 5.0 ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan berkas secara mudah dan cepat.

Lambang Tampilan Awal[sunting | sunting sumber]

Adakalanya pengguna terlibat dalam percakapan seru dengan salah satu kontak, tetapi disaat yang bersamaan harus mengecek aktivitas lain di perangkat. Jelas agak merepotkan jika harus buka tutup layar BlackBerry Messenger. Pada BlackBerry Messenger versi 5.0 terdapat fasilitas untuk menempatkan kontak di layar tampilan awal. Jadi untuk membuka layar percakapan cukup mengakses dari lambang kontak yang ditempatkan pada tampilan awal.

Layanan Streaming TV[sunting | sunting sumber]

Sejak 2017, BBM resmi bekerja sama dengan media Emtek Group, sejak itu juga BBM mengakses layanan streaming TV seperti SCTV, Indosiar, dan O Channel Sehingga BBM bisa menjadi alternatif streaming TV selain aplikasi Vidio.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BlackBerry World - BlackBerry Messenger". Appworld.blackberry.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-12. Diakses tanggal 2013-09-10. 
  2. ^ "BlackBerry Messenger version 6.2.0.44 now available". CrackBerry. April 17, 2012. Diakses tanggal April 26, 2012. 
  3. ^ "BlackBerry Bridge 1.0.0.93". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-10. Diakses tanggal 2011-06-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]