Sistem operasi bertipe Unix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Diagram of the relationships between several Unix-like systems

Sistem operasi bertipe Unix (Inggris: Unix-like) adalah sistem operasi yang memiliki cara kerja mirip Unix walaupun tidak selalu berspesifikasi Single UNIX Specification. Istilah ini juga termasuk sistem operasi bebas/sumber terbuka yang diinspirasi oleh Unix Bell Labs atau yang didesain untuk mengemulasikan beberapa fiturnya, perangkat lunak tak bebas yang komersial, dan versi yang berbasis kode sumber Unix yang berlisensi. Walaupun demikian tidak ada definisi formal standar untuk istilah ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sistem operasi bertipe Unix mulai ada sejak akhir 1970-an dan awal 1980-an. Banyak versi dengan hak kepemilikan, seperti Idris (1978), UNOS (1982), Coherent (1983), dan Uniflex (1985), yang menyediakan fungsi-fungsi bisnis untuk pengguna pelajar dari UNIX.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Bebas/sumber terbuka[sunting | sunting sumber]

Umumnya sistem operasi bertipe Unix bebas/terbuka tidak memakai merek UNIX untuk produk mereka walaupun sistem tersebut secara keseluruhan atau hampir keseluruhan menyerupai cara kerja Unix. Istilah Freenix kemudian diperkenalkan untuk mengacu kepada sistem-sistem ini.

Tak bebas[sunting | sunting sumber]