Illumos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Illumos
Perusahaan / pengembang illumos.org
Diprogram dalam C
Keluarga Unix, System V Release 4 (SVR4)
Status terkini Current
Model sumber Mixed open source, targeted open source
Rilis perdana 2010
Rilis stabil terkini onnv_145
Ketersediaan bahasa English
Ketersediaan bahasa pemrograman C
Dukungan platform SPARC, IA-32, x86-64
Jenis kernel Monolithic
Lisensi BSD or MIT or CDDL
Situs web resmi http://www.illumos.org

Illumos diumumkan melalui webinar[1] pada Selasa, 3 Agustus 2010 sebagai sebuah upaya komunitas dari beberapa enjiner inti Solaris untuk menciptakan Sistem Operasi Solaris yang benar-benar open source dengan mengganti Closed Source bit yang ada dalam sistem OpenSolaris. Illumos merupakan turunan dari OS/Net (juga biasa disebut ON) yang merupakan kernel dari Solaris/OpenSolaris dengan sebagian besar driver, sistem file, pustaka inti, dan perintah-perintah dasar. Illumos bergantung kepada OS/Net, berusaha untuk sedekat mungkin namun tetap memungkinkan untuk menyimpan perubahan pada kode yang mungkin dapat diterima oleh derivasi. Illumos dirancang 100% ABI (Application Binary Interface) kompetibel dengan Solaris ON, fokus hanya pada blok inti. Secara eksplisit bukan sebuah distribusi (dan juga bukan pesaing).

Untuk saat ini tim illumos lebih fokus pada libc, NFS lock manager, crypto module dan device driver untuk menciptakan Solaris yang 100% Open Source.

Illumos adalah permainan kata-kata dari Solaris, dengan bahasa Latin "Illum" = Light(Cahaya) + OS untuk Operating System.

Saat ini, Illumos dipimpin oleh Garrett D'Amore sebagai Benevolent Dictator, pengelolaan dilaksanakan berdasarkan meritokrasi.

Afiliasi[sunting | sunting sumber]

Tim Illumos sangat menekankan independensi dan entitas legal, bertitik tolak pada upaya komunitas secara mandiri. Dengan status independen sehingga terlepas dari intervensi manapun.
Ada beberapa perusahaan dan komunitas mensponsori upaya itu. Bertindak sebagai mitra adalah Nexenta (perusahaan di belakang Nexenta OS dan NexentaStor), Joyent, Greenviolet , BeleniX, SchilliX, BerliOS dan everycity.

Relasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Garrett D'Amore (August 3rd, 2010). "Illumos - Hope and Light Springs Anew - Presented by Garrett D'Amore". illumos.org. Diakses 2010-08-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Situs Web Resmi
  2. OpenSolaris Community: OS/Net (ON)