The Social Network

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Social Network
Social network film poster.jpg
Poster film
Sutradara
Produser
Penulis
Didasarkan
dari
The Accidental Billionaires
oleh Ben Mezrich
PemeranJesse Eisenberg
Andrew Garfield
Justin Timberlake
Brenda Song
Rooney Mara
Armie Hammer
Penata musikTrent Reznor
Atticus Ross
SinematograferJeff Cronenweth
PenyuntingKirk Baxter
Angus Wall
Perusahaan
produksi
Relativity Media
Scott Rudin Productions
Michael De Luca Productions
Trigger Street Productions
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
  • 24 September 2010 (2010-09-24) (Festival Film New York)
  • 1 Oktober 2010 (2010-10-01) (Amerika Serikat)
  • 3 November 2010 (2010-11-03) (Indonesia)
Durasi120 menit[1]
Negara
Bahasa
AnggaranAS$40 juta[2]
Pendapatan
kotor
AS$224.920.315[2]

The Social Network adalah film biografi drama Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh David Fincher dan diproduseri oleh Scott Rudin, Dana Brunetti, Michael De Luca dan Ceán Chaffin. Naskah film ini ditulis oleh Aaron Sorkin berdasarkan buku The Accidental Billionaires karya Ben Mezrich. Film ini dibintangi oleh Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake, Brenda Song, Rooney Mara dan Armie Hammer.

Film The Social Network ditayangkan secara perdana di Festival Film New York pada tanggal 24 September 2010[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 1 Oktober 2010.[4] Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus.

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2003, mahasiswa Universitas Harvard bernama Mark Zuckerberg (diperankan Jesse Eisenberg) dicampakkan oleh kekasihnya, Erica Albright (Rooney Mara). Kembali ke asramanya, Mark menulis sebuah catatan yang menghina tentang Erica di blog LiveJournal-nya dan kemudian membuat situs web kampus bernama Facemash dengan meretas basis data perguruan tinggi untuk mencuri foto-foto mahasiswa perempuan, lalu membiarkan pengunjung situs menilai seberapa seksi mereka. Setelah berlalu lintas ke situs tersebut dan menggagalkan sebagian jaringan komputer Harvard, Mark mendapat hukuman masa percobaan akademi selama enam bulan. Namun, popularitas Facemash menarik perhatian mahasiswa angkatan atas Universitas Harvard sekaligus si kembar Cameron dan Tyler Winklevoss (Armie Hammer) dan rekan bisnis mereka Divya Narendra (Max Minghella). Ketiganya mengajak Mark untuk bekerja di Harvard Connection, sebuah jejaring sosial yang menampilkan sifat eksklusif mahasiswa Universitas Harvard dan bertujuan untuk berkencan.

Setelah menyetujui untuk menggunakan konsep si kembar Cameron dan Tyler, Mark mendekati temannya Eduardo Saverin (Andrew Garfield) dengan ide untuk membuat Thefacebook, sebuah situs jejaring sosial daring yang akan menjadi eksklusif bagi mahasiswa di Ivy League. Eduardo menyediakan AS$1,000 sebagai modal awal, yang mengizinkan Mark untuk membangun situs web dan dengan cepat menjadi populer. Ketika mereka mengetahui tentang Thefacebook, si kembar dan Divya marah, percaya bahwa Mark mencuri ide mereka ketika mereka diam-diam bekerja sama untuk mengembangkan situs web Harvard Connection. Mereka membuat keluhan mereka kepada Presiden Universitas Harvard Lawrence Summers (Douglas Urbanski), yang meremehkan dan tidak melihat adanya tindakan indisipliner maupun di situs Thefacebook itu sendiri.

Eduardo dan Mark bertemu dengan sesama mahasiswa Christy Lee (Brenda Song), yang meminta mereka untuk "facebook me", sebuah ungkapan yang membuat mereka berdua terkesan. Seiring dengan popularitas Thefacebook yang berkembang, Mark memperluas jaringan ke Universitas Yale, Columbia dan Stanford. Christy mengatur jadwal Eduardo dan Mark untuk bertemu dengan pendiri Napster Sean Parker (Justin Timberlake), yang mempresentatkan visi "miliaran dolar" untuk perusahaan yang membuat Mark tertarik. Dia juga menyarankan untuk menghapus kata "The" dari Thefacebook, dengan hanya menyebutnya Facebook. Atas saran Sean, mereka pindah ke Palo Alto, California, dengan Eduardo tinggal di New York untuk mengembangkan bisnisnya. Setelah Sean berjanji untuk memperluas Facebook ke dua benua, Mark mengundangnya untuk tinggal di rumah yang Mark gunakan sebagai kantor pusat perusahaan.

Saat berkompetisi di Henley Royal Regatta dari Universitas Harvard melawan Hollandia Roeiclub, si kembar Cameron dan Tyler mengetahui bahwa Facebook telah berkembang ke Universitas Oxford, Cambridge dan LSEPS, dan mereka memutuskan untuk menuntut perusahaan tersebut karena pencurian kekayaan intelektual. Sementara itu, Eduardo menolak Sean dalam membuat keputusan bisnis untuk Facebook dan membekukan rekening bank perusahaan dalam sengketa tersebut. Dia kemudian mengalah saat Mark mengungkapkan bahwa mereka telah mendapatkan AS$500,000 dari investor malaikat Peter Thiel (Wallace Langham). Namun, Eduardo marah saat menemukan bahwa kesepakatan investasi baru tersebut memungkinkan saham Facebook-nya menipis dari 34% menjadi 0,03%, sambil mempertahankan persentase kepemilikan semua pihak lainnya. Dia berdebat dengan Mark dan Sean, dan Eduardo berjanji untuk menuntut Mark atas semua saham perusahaan sebelum keluar dari gedung tersebut. Lalu, nama Eduardo dihapus sebagai pendiri Facebook. Kemudian, insiden kepemilikan kokain yang melibatkan Sean dan usahanya untuk menyalahkan Eduardo akhirnya meyakinkan Mark untuk memutuskan hubungan dengannya.

Sepanjang film tersebut, ceritanya dipelintir dengan adegan dari deposisi yang diambil oleh si kembar Cameron dan Tyler dan tuntutan Eduardo terhadap Mark dan Facebook. Si kembar mengklaim bahwa Mark mencuri ide mereka, sementara Eduardo mengklaim bahwa sahamnya di Facebook tidak dicairkan secara tidak adil saat perusahaan itu didirikan. Pada akhirnya, Marylin Delpy (Rashida Jones), seorang pengacara junior, memberitahu Mark bahwa mereka akan tinggal dengan Eduardo, karena rincian terselubung tentang pendirian Facebook dan sikap tidak berperasaan Mark sendiri akan membuat Mark sangat tidak simpatik terhadap dewan juri. Setelah semua orang pergi, Mark mengirimkan permintaan pertemanan kepada Erica di Facebook dan kemudian menyegarkan halaman web setiap beberapa detik saat dia menunggu responnya.

Film tersebut berakhir dengan pernyataan bahwa si kembar Cameron dan Tyler Winklevoss menerima pembayaran sebesar AS$65 juta, menandatangani sebuah perjanjian rahasia dan mengikuti pertandingan mendayung di Olimpiade Beijing 2008, menempatkan mereka di posisi keenam. Eduardo Saverin menerima pembayaran dengan jumlah yang tidak diketahui dan namanya dikembalikan sebagai pendiri Facebook. Situs web ini memiliki lebih dari 500 juta anggota di 207 negara dan bernilai AS$25 miliar dan Mark Zuckerberg adalah miliarder termuda dan terkenal di dunia.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Social Network mendapatkan ulasan positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 96%, berdasarkan 298 ulasan, dengan rating rata-rata 9/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 95/100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[9] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai B+ dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[10]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film The Social Network mendapat penghasilan AS$96.962.694 di Amerika Utara dan AS$127.957.621 di negara-negara lainnya. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai AS$224.920.315, melebihi anggaran produksi film AS$40 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan AS$22.445.653, menempati posisi teratas di box office.[2]

Rencana sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2019, Sorkin menyebut Rudin berencana membuat skenario untuk sekuel film ini, dia bilang "Ada banyak hal menarik dan dramatis beberapa saat setelah film usai."[11] Sorkin juga mengatakan banyak bahan yang tersedia untuk merangkai cerita sekuel.[12] Pada tanggal 18 Juli 2019, Eisenberg tertarik untuk membintangi rencana sekuel tersebut, dia berkata "Sorkin adalah orang jenius, dan jika dia menulis sesuatu, saya akan tertarik".[13] Pada bulan Oktober 2020, satu dekade sejak perilisan film, Sorkin bilang dia akan menulis naskah sekuel jika David Fincher akan kembali menyutradarinya.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Social Network". British Board of Film Classification. 21 September 2010. Diakses tanggal 21 Juni 2014. 
  2. ^ a b c d "The Social Network (2010)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 9 Februari 2018. 
  3. ^ Kilday, Gregg (8 Juli 2010). "'Social Network' to open N.Y. Film Festival". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 9 Februari 2018. 
  4. ^ Dargis, Manohla (23 September 2010). "Millions of Friends, but Not Very Popular". The New York Times. Diakses tanggal 9 Februari 2018. 
  5. ^ Tomio, Jay (9 Desember 2009). "Rashida Jones in Fincher's The Social Network" Diarsipkan 2020-11-18 di Wayback Machine.. BSC Review. Diakses tanggal 5 Februari 2010.
  6. ^ Nemiroff, Perri (8 Juli 2010). "'The Social Network''s Second Teaser Trailer Makes Its Point Via Status Updates". Shockya.com. Diakses tanggal 9 Juli 2010.
  7. ^ "'Bogus Bill' has a blast playing billionaire in 'The Social Network'". Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Juli 2015. Diakses tanggal 9 Februari 2018. 
  8. ^ "The Social Network (2010)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 9 Februari 2018. 
  9. ^ "The Social Network reviews". Metacritic. Diakses tanggal 9 Februari 2018. 
  10. ^ "CinemaScore". CinemaScore. 
  11. ^ Hermanns, Grant (12 Januari 2019). "Aaron Sorkin Considering a Social Network Sequel". ComingSoon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 November 2020. Diakses tanggal 13 Januari 2019. 
  12. ^ Sharf, Zack (14 Januari 2019). "'The Social Network' Sequel Is Getting Closer, Aaron Sorkin Says There's Enough New Material". IndieWire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Desember 2020. Diakses tanggal 22 Desember 2020. 
  13. ^ Kohn, Eric (18 Juli 2019). "Jesse Eisenberg Is Up For a 'Social Network' Sequel, But Nobody's Called Him Yet". IndieWire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Desember 2020. Diakses tanggal 22 Desember 2020. 
  14. ^ Lawrence, Gregory (7 Oktober 2020). "Aaron Sorkin Wants to Write a 'Social Network' Sequel, But Only on One Condition". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Desember 2020. Diakses tanggal 22 Desember 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]