EULA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir atau disingkat PLPA (bahasa Inggris: End-user license agreement atau EULA, kadang juga disebut user agreement atau UA) adalah perjanjian atau kontrak antara pembuat, penerbit atau pengembang aplikasi perangkat lunak dan pengguna atau konsumen aplikasi sebelum menggunakannya.

EULA sering juga disebut lisensi perangkat lunak (software license) yang menyatakan bahwa pengguna boleh menggunakan perangkat lunak ini dengan syarat ia harus setuju untuk tidak melanggar semua larangan serta setuju terhadap seluruh kebijakan pengembang perangkat lunak yang tercantum pada EULA tersebut.

Persetujuan ini bisa dinyatakan dengan memilih "I accept" atau "I agree" pada awal proses instalasi aplikasi. Akan tetapi, tidak semua aplikasi perangkat lunak meminta pengguna untuk menyetujui EULA secara tersurat di awal proses instalasi. Dengan kata lain, hanya dengan menginstal dan langsung menggunakannya, pengguna dianggap sudah menyetujui kebijakan yang telah tercantum pada EULA aplikasi tersebut secara otomatis.

Lisensi EULA yang tidak tersurat biasanya tercantum di bagian "kebijakan privasi" (privacy policy), informasi, atau "tentang" (about) pada sebuah perangkat lunak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]