Pemerintah Britania Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Pemerintah Yang Mulia" beralih ke halaman ini. Untuk pemerintahan pusat lainnya, lihat Pemerintah Kanada. Untuk dan, lihat Pemerintah Selandia Baru. Untuk dan, lihat Pemerintah Gibraltar. Untuk penggunaan istilah tersebut, lihat Pemerintah Yang Mulia (istilah).
Pemerintah Yang Mulia
bahasa Wales: Llywodraeth Ei Mawrhydi
Informasi
Negara Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara
Pemimpin Perdana Menteri
Ditetapkan oleh Penguasa monarki
Bagian badan Kabinet
Bertanggung jawab
untuk
Dewan Rakyat
Kantor pusat 10 Downing Street
London
Situs web https://www.gov.uk/

Pemerintah Yang Mulia (bahasa Inggris: Her Majesty's Government, HMG; bahasa Wales: Llywodraeth Ei Mawrhydi), yang umumnya disebut sebagai Pemerintah Britania Raya atau Pemerintah Inggris, adalah pemerintah pusat Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara.[1][2]

Pemerintahan tersebut dipimpin oleh Perdana Menteri, yang memilih seluruh menteri lainnya. Perdana menteri dan kebanyakan menteri senior lainnya masuk komite pembuatan keputusan tingkat tinggi, yang dikenal sebagai Kabinet.[2] Seluruh menteri pemerintahan duduk di Parlemen. Pemerintahannya bergantung pada Parlemen untuk membuat legislasi primer,[3] dan sejak Undang-Undang Parlemen Pengesahan Masa Jabatan 2011, pemilihan-pemilihan umum diadakan setiap lima tahun untuk memiliki Dewan Rakyat baru. Setelah pemilihan penguasa monarki (sekarang Ratu Elizabeth II) memilih perdana menteri dari pemimpin partai yang meraih suara mayoritas dalam Dewan Rakyat.[4]

Di bawah konstitusi Inggris tak tertulis, otoritas eksekutif sejajar dengan penguasa monarki, meskipun otoritas tersebut hanya bertindak atas nasehat perdana menteri dan kabinet.[5] Para anggota Kabinet menasehati penguasa monarki sebagai anggota Dewan Penasehat. Mereka juga memegang kekuasaan langsung sebagai para pemimpin Departemen Pemerintahan.

Perdana menteri saat ini adalah Theresa May, yang mulai menjabat pada 13 Juli 2016. Ia merupakan pemimpin Partai Konservatif, yang memenangkan mayoritas kursi dalam Dewan Rakyat pada pemilihan umum pada 7 Mei 2015, saat David Cameron menjadi pemimpin partainya. Sebelumnya, Cameron dan Partai Konservatif memimpin pemerintahan koalisi dari 2010 sampai 2015 dengan Partai Demokrat Liberal, dimana Cameron menjadi perdana menteri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Her Majesty's Government Retrieved 28 June 2010
  2. ^ a b Overview of the UK system of government : Directgov – Government, citizens and rights. Archived direct.gov.uk webpage. Retrieved on 29 August 2014.
  3. ^ "Legislation". UK Parliament. 2013. Diakses tanggal 27 January 2013. 
  4. ^ House of Commons – Justice Committee – Written Evidence. Publications.parliament.uk. Retrieved on 19 October 2010.
  5. ^ The monarchy : Directgov – Government, citizens and rights. Archived direct.gov.uk webpage. Retrieved on 29 August 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]