Eksekutif Irlandia Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eksekutif Irlandia Utara
Feidhmeannas Thuaisceart Éireann
Informasi
NegaraIrlandia Utara
PemimpinPerdana Menteri
(Michelle O'Neill)
Wakil Perdana Menteri
Emma Little-Pengelly)
Ditetapkan olehMajelis Irlandia Utara[a]
Kementrian9[1] (daftar)
Bertanggung jawab
untuk
Majelis Irlandia Utara
Kantor pusatKastil Stormont, Stormont Estate, Belfast
Situs webwww.northernireland.gov.uk


Eksekutif Irlandia Utara (bahasa Irlandia: Feidhmeannas Thuaisceart Éireann) adalah bentuk pemerintahan devolusi yang ada di Irlandia Utara. Eksekutif Irlandia Utara adalah cabang administratif dari Legislatif Irlandia Utara (Majelis Irlandia Utara). Eksekutif Irlandia Utara berwenang dalam memberikan jawaban dan keterangan-keterangan yang diajukan dalam persidangan Majelis Irlandia Utara dan pada awalnya dibentuk berdasarkan aturan-aturan yang dibahas dalam UU Irlandia Utara 1998 yang kemudian diikuti dengan penerapan Perjanjian Good Friday. Pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan dan kebijakan yang dilakukan oleh Eksekutif diawasi oleh Komite Eksekutif yang ada dalam Majelis Irlandia Utara. Selain itu Eksekutif Irlandia Utara juga menjadi contoh dari pemerintahan konsosiasionalis (pembagian kekuasaan).

Eksekutif Irlandia Utara dipimpin oleh Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri Irlandia Utara dan terbagi kedalam beberapa portofolio kementerian dan badan-badan yang berkaitan. Partai-partai yang memegang pemerintahan dalam Majelis Irlandia Utara menetapkan siapa saja orang-orang yang berhak menjadi menteri dengan pertimbangan dari Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri. Khusus untuk jabatan Menteri Kehakiman, akan dilakukan sebuah pemungutan suara lintas komunitas untuk memilih menteri yang akan menjabat. Eksekutif Irlandia Utara juga merupakan salah satu dari tiga pemerintahan devolusi di Britania Raya (dua lainnya adalah Pemerintah Skotlandia dan Wales).

Pada Januari 2017, Wakil Perdana Menteri Martin McGuinness mengundurkan diri akibat protes atas kasus Skandal Insentif Panas Terbarukan dan jatuhnya Eksekutif Irlandia Utara[2]. Pemerintahan di Irlandia Utara kemudian dijalankan oleh para pegawai negeri dalam kapasitas sebagai caretaker hingga Januari 2020 setelah disepakatinya Perjanjian New Decade, New Approach dan Eksekutif Irlandia Utara kembali dibentuk[3]. Namun tidak sampai dua tahun, Perdana Menteri Paul Givan mengundurkan diri akibat Protokol Irlandia Utara dan menyebabkan jatuhnya Eksekutif Irlandia Utara[4]. Tidak ada kesepakatan mengenai pembagian kekuasaan yang dibuat setelah Pemilihan Majelis tahun 2022, dan dari Oktober 2022 hingga Februari 2024, Irlandia Utara diperintah oleh pegawai negeri[5]. Pada 3 Februari 2024, Politikus Sinn Féin Michelle O'Neill diangkat menjadi Perdana Menteri dan menjadi nasionalis pertama yang dilantik menjadi Perdana Menteri Irlandia Utara[6][7].

Prosedur[sunting | sunting sumber]

Kastil Stormont, Kantor Pusat Eksekutif Irlandia Utara

Eksekutif Irlandia Utara dipimpin secara bersama oleh Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri Irlandia Utara dengan kewenangan seperti:

  1. Bertindak sebagai forum diskusi dan persetujuan atas permasalahan yang melibatkan tanggung jawab dari dua kementerian atau lebih;
  2. Mempriotaskan proposal eksekutif dan legislatif;
  3. Mendiskusikan dan memberikan persetujuan terhadap permasalahan yang penting dan/atau kontroversial;
  4. Memberikan rekomendasi nama pejabat yang dibutuhkan[8].

Rapat-rapat yang dilaksanakan dalam Eksekutif biasanya dilakukan setiap dua minggu sekali. Dibawah Peraturan Kementerian Eksekutif, para menteri diwajibkan[9] :

  1. Melaksanakan tugas dan kewenangan sesuai dengan visi dan misi pemerintah
  2. Mendukung segala keputusan yang diambil oleh Majelis dan Eksekutif Irlandia Utara
  3. Ikut terlibat penuh dalam Eksekutif, Dewan Menteri Utara/Selatan dan Dewan Britania–Irlandia.

Peraturan Kementerian Eksekutif memberikan dasar bahwa tiga menteri dalam Eksekutif Irlandia Utara harus dipilih melalui pemungutan suara lintas-komunitas.

Sistem devolusi yang berlaku saat ini menggantikan sistem pemerintahan langsung (1974–1999 dan 2002–2007), ketika Pelayanan Sipil Irlandia Utara mempunyai pengaruh yang besar dalam kebijakan pemerintah. Legislasi yang membentuk departemen baru pada tahun 1999 memberikan penegasan bahwa "fungsi dari sebuah departemen sewaktu-waktu dilaksanakan berdasarkan arahan dan pengawasan Menteri"[10]. Kewenangan kementerian dapat diberikan melalui sebuah Undang-undang Majelis dan para menteri juga dapat melaksanakan kewenangan eksekutif sebagaimana yang dipegang oleh Mahkota[11].

Para menteri juga terikat pada sejumlah pembatasan, termasuk Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia, Hukum yang berlaku dalam Uni Eropa dan peraturan-peraturan lainnya yang berlaku di Britania Raya[12], tidak boleh mendiskriminasi urusan atas dasar agama atau politik[13] serta tidak dapat membuat kebijakan atas Urusan yang dikecualikan dan yang telah diatur Undang-Undang (karena urusan tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Britania Raya)[14].

Keputusan kementerian dapat ditolak dengan sebuah petisi yang diajukan setidak-tidaknya oleh 30 orang anggota Majelis Irlandia Utara. Tindakan tersebut dapat dilakukan jika keputusan yang ditetapkan diduga telah melanggar UU Kementerian dan atas "hal-hal kepentingan publik". Ketua Majelis harus berkonsultasi dengan para pemimpin fraksi partai di Majelis sebelum memutuskan apakah keputusan tersebut adalah termasuk dalam hal-hal kepentingan publik. Petisi yang lolos kemudian akan dipertimbangkan oleh Eksekutif Irlandia Utara[15].

Jumlah menteri-menteri dapat diubah ketika sebuah departemen dibentuk atau dibubarkan. Proposal harus dibuat oleh Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri dan harus dibawa ke Majelis Irlandia Utara agar dapat diputuskan melalui pemungutan suara lintas-komunitas. Pada awalnya jumlah departemen kementerina ada sebanyak 10 buah namun bertambah menjadi 11 setelah urusan kehakiman dilimpahkan kepada pemerintahan devolusi Irlandia Utara[16].

Para menteri akan dicopot dari jabatannya jika ia diangkat menjadi bagian dalam Pemerintah Irlandia atau menjadi Ketua atau Wakil Ketua dari Komite yang ada di Oireachtas (Parlemen Irlandia)[17].

Kementerian-Kementerian[sunting | sunting sumber]

Hingga 9 Mei 2016[18], jumlah kementerian dan departemen di Eksekutif Irlandia Utara mengalami pengurangan. Saat ini Eksekutif Irlandia Utara terdiri dari beberapa departemen sebagai berikut[19] :

  1. Kantor Eksekutif
  2. Menteri Urusan Pertanian, Lingkungan dan Pedesaan
  3. Menteri Komunitas
  4. Menteri Pendidikan
  5. Menteri Perekonomian
  6. Menteri Keuangan
  7. Menteri Kesehatan
  8. Menteri Pekerjaan Umum
  9. Menteri Kehakiman

Diwaktu yang bersamaan dilakukan perubahan nomenklatur departemen sebagai berikut:

  • Kantor Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri diubah menjadi Kantor Eksekutif
  • Departemen Pengembangan Pertanian dan Pedesaan diubah menjadi Departemen Urusan Pertanian, Lingkungan dan Pedesaan
  • Departemen Badan Usaha, Perdagangan dan Investasi diubah menjadi Departemen Perekonomian
  • Departemen Keuangan dan Personel diubah menjadi Departemen Keuangan
  • Departemen Kesehatan, Layanan Sosial dan Keselamatan Umum diubah menjadi Departemen Kesehatan
  • Departemen Pengembangan Wilayah diubah menjadi Departemen Pekerjaan Umum
  • Departemen Pengembangan Sosial diubah menjadi Departemen Komunitas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1974[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya Eksekutif Irlandia Utara dibentuk pada 1 Januari 1974 berdasarkan hasil Perjanjian Sunningdale. Eksekutif tersebut terdiri dari koalisi antara Partai Unionis Ulster, Partai Demokrat Sosial dan Buruh dan Partai Aliansi Irlandia Utara dan menunjuk politikus Partai Unionis Ulster, Brian Faulkner sebagai Ketua Eksekutif. Namun Eksekutif Irlandia Utara ini hanya berlangsung singkat karena eksekutif ini jatuh pada 28 Mei 1974 akibat adanya Demo Serikat Pekerja Ulster dan munculnya Peristiwa The Troubles yang terus berlanjut sehingga mengakibatkan keaadaan politik menjadi tidak stabil dan eksekutif yang selanjutnya tidak dapat dibentuk.

1998–2002[sunting | sunting sumber]

Eksekutif Irlandia Utara yang ada pada hari ini dibentuk berdasarkan Perjanjian Belfast yang ditandatangani pada 10 April 1998. Dalam perjanjian tersebut, Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri akan dilantik pada 1 Juli 1998 dan akan diisi oleh politikus dari Partai Unionis Ulster dan Partai Demokrat Sosial dan Buruh[20]. Kemudian para menteri-menteri yang akan mengisi jabatan departemen dicalonkan pada 29 November 1999 dan mulai bekerja pada 2 Desember 1999 yang susunannya terdiri dari Partai Unionis Ulster, Partai Demokrat Sosial dan Buruh, Partai Unionis Demokrat dan Partai Sinn Féin[21].

Devolusi yang berjalan kemudian ditangguhkan selama empat kali dan seluruh departemen yang ada tetap bekerja dibawah tanggung jawab Menteri Irlandia Utara. Periode penangguhan tersebut terjadi pada:

  1. 12 Februari 2000 hingga 30 Mei 2000[22][23];
  2. 11 Agustus 2001[24][25];
  3. 22 September 2001[26][27];
  4. 15 Oktober 2002 hingga 8 Mei 2007[28][29].

Penangguhan yang terjadi pada tahun 2002 hingga 2007 terjadi akibat adanya penolakan Partai Unionis Ulster untuk bekerja sama dalam pembagian kekuasaan dengan Partai Sinn Féin setelah pejabat tinggi di Layanan Polisi Irlandia Utara yang diselidiki terkait dengan tuduhan bahwa pejabat tersebut terlibat dalam lingkaran mata-mata Tentara Republik Irlandia Sementara[30].

2007–2011[sunting | sunting sumber]

Eksekutif Ke-II kemudian dibentuk pada tahun 2007 dan dipimpin oleh Partai Unionis Demokrat dan Sinn Féin. Jabatan menteri-menteri yang memimpin departemen terdiri dari Partai Unionis Demokrat, Sinn Féin, Partai Unionis Ulster dan Partai Demokrat Sosial dan Buruh[31].

Meskipun demikian, pada 19 Juni 2008 hingga 20 November 2008, eksekutif yang sudah berjalan tidak dapat bekerja akibat boikot yang dilakukan oleh Sinn Féin. Hal ini terjadi akibat perselisihan antara Partai Unionis Demokrat dan Sinn Féin terkait dengan kewenangan pembuatan kebijakan dan kehakiman dalam sistem devolusi[32]. Kewenangan pembuatan kebijakan dan kehakiman kemudian dilimpahkan kepada pemerintah Irlandia Utara pada 12 April 2010 dengan dilantiknya politikus dari Partai Aliansi Irlandia Utara, David Ford yang memenangkan pemungutan suara lintas komunitas[33].

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Government departments". Northern Ireland Executive. 9 May 2016. Diakses tanggal 10 February 2024. 
  2. ^ "Martin McGuinness resigns as NI deputy first minister". BBC News. 10 January 2017. Diakses tanggal 7 November 2020. 
  3. ^ "Stormont deal: Arlene Foster and Michelle O'Neill new top NI ministers". BBC News. 12 January 2020. Diakses tanggal 7 November 2020. 
  4. ^ Kearney, Vincent (2022-02-03). "Paul Givan resigns as NI First Minister". RTÉ News. Diakses tanggal 2023-07-25. 
  5. ^ "NI election looms as Stormont deadline passes". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2022-10-27. Diakses tanggal 2023-07-25. 
  6. ^ "Stormont: Michelle O'Neill makes history as nationalist first minister". BBC News. 3 February 2024. 
  7. ^ https://news.sky.co.uk/story/michelle-oneill-appointed-northern-irelands-first-nationalist-first-minister-in-historic-moment-13062780
  8. ^ "Section 20, Northern Ireland Act 1998".
  9. ^ "Northern Ireland Executive Ministerial Code".
  10. ^ "Article 4, The Departments (Northern Ireland) Order 1999".
  11. ^ "Section 23, Northern Ireland Act 1998".
  12. ^ "Section 26, Northern Ireland Act 1998".
  13. ^ "Section 24, Northern Ireland Act 1998".
  14. ^ "Section 25, Northern Ireland Act 1998".
  15. ^ "Section 28B, Northern Ireland Act 1998".
  16. ^ "Section 17, Northern Ireland Act 1998".
  17. ^ "Section 19A, Northern Ireland Act 1998".
  18. ^ "The Departments (2016 Act) (Commencement) Order (Northern Ireland) 2016". legislation.gov.uk. 1 May 2016. 
  19. ^ "Departments Act (Northern Ireland) 2016". legislation.gov.uk. 29 February 2016. 
  20. ^ "First Minister (Designate) and Deputy". Official Report. Northern Ireland Assembly. 1 July 1998. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 December 2010. Diakses tanggal 25 October 2011. 
  21. ^ "Nomination of Ministers (Designate)". Official Report. Northern Ireland Assembly. 29 November 1999. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 August 2011. Diakses tanggal 25 October 2011. 
  22. ^ "The Northern Ireland Act 2000 (Commencement) Order 2000". legislation.gov.uk. 
  23. ^ "The Northern Ireland Act 2000 (Restoration of Devolved Government) Order 2000". legislation.gov.uk. 
  24. ^ "The Northern Ireland Act 2000 (Suspension of Devolved Government) Order 2001". legislation.gov.uk. 
  25. ^ "The Northern Ireland Act 2000 (Restoration of Devolved Government) Order 2001". legislation.gov.uk. 
  26. ^ "The Northern Ireland Act 2000 (Suspension of Devolved Government) (No.2) Order 2001". legislation.gov.uk. 
  27. ^ "The Northern Ireland Act 2000 (Restoration of Devolved Government) (No.2) Order 2001". legislation.gov.uk. 
  28. ^ "The Northern Ireland Act 2000 (Suspension of Devolved Government) Order 2002". legislation.gov.uk. 
  29. ^ "The Northern Ireland Act 2000 (Restoration of Devolved Government) Order 2007". legislation.gov.uk. 
  30. ^ Staff (14 October 2002). "Reid set to suspend Assembly". BBC News. Diakses tanggal 27 July 2012. 
  31. ^ "Affirmation of the Terms of the Pledge of Office – First Minister (Designate) and Deputy First Minister (Designate), Appointment of Ministers & Appointment of Junior Ministers". Official Report. Northern Ireland Assembly. 8 May 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 August 2011. Diakses tanggal 25 October 2011. 
  32. ^ Staff (20 November 2008). "Water charges deferred for a year". BBC News. Diakses tanggal 28 July 2012. 
  33. ^ "Assembly Business: Minister of Justice". Official Report. Northern Ireland Assembly. 12 April 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 August 2011. Diakses tanggal 25 October 2011. 

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri dicalonkan oleh dua partai pemegang suara terbesar dalam Majelis Irlandia Utara. Untuk pemilihan para menteri-menteri dalam eksekutif, Negara Irlandia Utara menerapkan Metode D'Hondt terhadap partai-partai yang memegang pemerintahan, khusus untuk Menteri Kehakiman akan dipilih melalui pemungutan suara lintas komunistas.