Britania Raya dan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara
Flag of the United Nations.svg Flag of the United Kingdom.svg
Keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa
Keanggotaan ASnggota penuh
Sejak 1945 (1945)
Kursi DK PBB Permanen
Duta Besar Matthew Rycroft

Britania Raya adalah anggota pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa dan salah satu dari lima anggota permanen Dewan Keamanan PBB.[1][2]

Sebagai penyedia kontribusi finansial terbesar kelima untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Inggris menyediakan 5 persen dari biaya PBB pada 2015,[3] dan 6.7 persen biaya penjagaan perdamaian.[4] Bahasa Inggris Britania adalah salah satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa,[5] dan Britania Raya adalah tempat dari Organisasi Maritim Internasional, yang memiliki kantor utamanya di London.

Misi-Misi Permanen Britania Raya untuk PBB berada di New York City, Jenewa, dan Wina. Misi-misi diplomatik tersebut mewakili Inggris saat negosiasi-negosiasi dan memajukan kepentingan dan pandangan Inggris untuk diserahkan kepada badan-badan PBB dan negara-negara anggota lainnya.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Founding Member States". United Nations. Diakses tanggal 25 October 2015. 
  2. ^ "Current Members". United Nations Security Council. Diakses tanggal 25 October 2015. 
  3. ^ "Assessment of Member States’ contributions to the United Nations regular budget for the year 2015". United Nations Secretariat. 29 December 2014. Diakses tanggal 25 October 2015. 
  4. ^ "Financing peacekeeping". United Nations Peacekeeping. Diakses tanggal 25 October 2015. 
  5. ^ "Spelling". United Nations Editorial Manual Online. Diakses tanggal 30 October 2015 ; "Search Tips". United Nations. Diakses tanggal 25 October 2015. 
  6. ^ "UK Mission to UN New York" ; "UK Mission to the UN Geneva" ; "UK Mission to the UN Vienna". Foreign & Commonwealth Office. Diakses tanggal 25 October 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]