Britania Raya dan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara
Flag of the United Nations.svg Flag of the United Kingdom.svg
Keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa
Keanggotaan ASnggota penuh
Sejak 1945 (1945)
Kursi DK PBB Permanen
Duta Besar Matthew Rycroft

Britania Raya adalah anggota pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa dan salah satu dari lima anggota permanen Dewan Keamanan PBB.[1][2]

Sebagai penyedia kontribusi finansial terbesar kelima untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Inggris menyediakan 5 persen dari biaya PBB pada 2015,[3] dan 6.7 persen biaya penjagaan perdamaian.[4] Bahasa Inggris Britania adalah salah satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa,[5] dan Britania Raya adalah tempat dari Organisasi Maritim Internasional, yang memiliki kantor utamanya di London.

Misi-Misi Permanen Britania Raya untuk PBB berada di New York City, Jenewa, dan Wina. Misi-misi diplomatik tersebut mewakili Inggris saat negosiasi-negosiasi dan memajukan kepentingan dan pandangan Inggris untuk diserahkan kepada badan-badan PBB dan negara-negara anggota lainnya.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Founding Member States". United Nations. Diakses tanggal 25 October 2015. 
  2. ^ "Current Members". United Nations Security Council. Diakses tanggal 25 October 2015. 
  3. ^ "Assessment of Member States' contributions to the United Nations regular budget for the year 2015". United Nations Secretariat. 29 December 2014. Diakses tanggal 25 October 2015. 
  4. ^ "Financing peacekeeping". United Nations Peacekeeping. Diakses tanggal 25 October 2015. 
  5. ^ "Spelling". United Nations Editorial Manual Online. Diakses tanggal 30 October 2015 ; "Search Tips". United Nations. Diakses tanggal 25 October 2015. 
  6. ^ "UK Mission to UN New York" ; "UK Mission to the UN Geneva" ; "UK Mission to the UN Vienna". Foreign & Commonwealth Office. Diakses tanggal 25 October 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]