Frekuensi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
frequency
Simbol umumf
Satuan SIHertz
Dalam satuan dasar SIs-1
Gelombang sinusoida dengan beberapa macam frekuensi; gelombang yang bawah mempunyai frekuensi yang lebih tinggi

Frekuensi adalah ukuran jumlah terjadinya sebuah peristiwa dalam satuan waktu. Satuan yang banyak digunakan adalah hertz, menunjukkan banyak puncak panjang gelombang yang melewati titik tertentu per detik.[1] Periode adalah durasi waktu dari satu siklus dalam kejadian yang berulang, sehingga periode adalah resiprok atau kebalikan dari frekuensi.[2]

Definisi dan satuan[sunting | sunting sumber]

Untuk menghitung frekuensi, seseorang menetapkan jarak waktu, menghitung jumlah kejadian peristiwa, dan membagi hitungan ini dengan panjang jarak waktu. Pada Sistem Satuan Internasional, hasil perhitungan ini dinyatakan dalam satuan hertz (Hz) yaitu nama pakar fisika Jerman Heinrich Rudolf Hertz yang menemukan fenomena ini pertama kali. Frekuensi sebesar 1 Hz menyatakan peristiwa yang terjadi satu kali per detik.

Secara alternatif, seseorang bisa mengukur waktu antara dua buah kejadian / peristiwa (dan menyebutnya sebagai periode), lalu memperhitungkan frekuensi () sebagai hasil kebalikan dari periode (), seperti tampak dari rumus di bawah ini:

dengan f adalah frekuensi (hertz) dan T periode (sekon atau detik).

Selain itu frekuensi juga berhubungan dengan jumlah getaran dengan rumusan:-

Pada perangkat mekanis yang berputar, sering digunakan ukuran frekuensi getaran per menit, disingkat r/min atau rpm. 60 rpm sama dengan satu hertz.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kubina, Richard M.; Lin, Fan-Yu (2008). "Defining frequency: A natural scientific term". The Behavior Analyst Today. 9 (2): 125–129. doi:10.1037/h0100651. ISSN 1539-4352. 
  2. ^ "Definition of PERIOD". Diakses tanggal 3 October 2016. 
  3. ^ Davies, A. (1998). Handbook of Condition Monitoring: Techniques and Methodology (dalam bahasa Inggris). Springer Science & Business Media. hlm. 275. ISBN 978-0-412-61320-3.