Elshinta Radio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Elshinta Radio
Jenis Jaringan radio
Industri/jasa Penyiaran umum
Didirikan 14 Februari 1968
Kantor pusat Jakarta
Daerah layanan Indonesia
Pemilik Elshinta Media
Slogan News and Talk
Situs web www.elshinta.com

Elshinta Radio adalah sebuah jaringan radio siaran di Indonesia, yang berpusat di Jakarta. Sesuai dengan format acaranya News and Talk, radio ini menyiarkan berita dan informasi aktual, serta talkshow. Berita yang disiarkan termasuk berita seputar kondisi lalu lintas terkini, selain ekonomi, politik, sosial, budaya dan berbagai hal yang diperlukan oleh komunitas pendengarnya diseluruh kota besar di Indonesia. Elshinta memiliki afiliasi dengan sejumlah radio di berbagai kota di Indonesia, seperti Bandung, Batam, Surabaya, Medan, Palembang dan Bandar Lampung serta masih banyak lagi.

Sejarah

Radio Elshinta diluncurkan pada tanggal 14 Februari 1968. Pendirinya adalah Mas Yos atau Oom Yos (Suyoso Karsono) yang kala itu seorang perwira di angkatan udara (AURI). Sedangkan nama "Elshinta" diambil dari nama putrinya Mas Yos.

Pertama kali mengudara pada frekuensi 1368 AM dengan menyiarkan lagu-lagu oldies dan lagu-lagu Hawaiian yang sangat populer kala itu bersama pembawanya Pak Hoegeng (Hoegeng Iman Santoso), pemain ukulele dan pendiri grup Hawaiian Seniors, selain pernah sebagai Kapolri pada periode 1968-1971.

Pada tahun 80an hingga pertengahan 90an, Radio Elshinta memutar lagu-lagu Top 40 dan sempat menyusun acara peringkat lagu-lagu hit saat itu. Nama acaranya yaitu Elshinta 13.

Pada tahun 1997, Radio Elshinta berpindah kantor ke Joglo Raya, Jakarta Barat. Sebelumnya, pernah juga berkantor di Jl. Pangeran Antasari. Kemudian berkantor di Gedung Arthaloka, Jl. Sudirman dan sempat pula pindah ke Setiabudi Building, Jl. HR Rasuna Said.

Mulai 14 Februari 2000 Radio Elshinta memproklamirkan diri menjadi "Radio Berita dan Informasi 24 Jam Nonstop" melalui sebuah acara launching Elshinta News and Talk di Hotel Le Meredien, Jakarta. Artinya, Radio Elshnta hanya berisi berita dan informasi tanpa selingan lagu sama sekali. Rating Radio Elshinta berada diposisi 5 besar setelah radio-radio dengan format musik Dangdut versi ACNielsen sepanjang tahun 2005 hingga 2009 ini.

Selain itu, Radio Elshinta juga menayangkan siaran BBC Indonesia yang langsung dari London, siaran China Radio International (CRI) yang langsung dari Beijing, mPro, dan beberapa mata acara dari Radio Australia. Sempat juga menayangkan beberapa acara dari VOA, namun sejak Juni 2009 acara tersebut telah berakhir. Pada bulan Januari 2009 Elshinta mengeluarkan majalah baru yaitu majalah Elshinta dengan slogan The Bright Side Of Human's Life dan kemudian pada 24 Desember 2010, majalah Elshinta tampil baru dengan halaman lebih tebal dan gambar lebih jernih dengan slogan Peluang dan Inspirasi Bisnis. Pemimpin Redaksi Radio Elshinta saat ini adalah Iwan Haryono.

Pada tahun 2011, sejak Indosiar diakuisisi oleh Elang Mahkota Teknologi, pemilik SCTV dan O Channel, Elshinta sudah merupakan salah satu radio dari grup tersebut. Kemudian pada tahun 2013, radio ini menjadi anggota dari grup Elshinta Media yang terpisah dari Elang Mahkota Teknologi.

Lihat pula

Pranala luar