Dalagita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dalagita
AsalBandung, Jawa Barat, Indonesia[1]
GenrePop
Tahun aktif2010–sekarang
LabelSony Music Indonesia
Mantan anggotaNanda Rizky Fitriani Syahrudin
Sanya Vidya Dharizky
Dilla Magistra
Putri Chika Desiyanti
Fatia Shafira
Aulia Hasna Wardiyana
Fauzia Irva Lestari

Dalagita adalah sebuah grup vokal yang beranggotakan enam vokalis gadis remaja berbakat asal Bandung, yaitu Nanda Rizky, Sanya Vidya, Dilla Magistra, Putri Chika, Fatia Shafira, dan Aulia Hasna. Dalagita terbentuk karena para personil Dalagita dipertemukan oleh satu lembaga les vokal bernama Bina Seni Vokal Bandung. Nama Dalagita sendiri berasal dari bahasa Tagalog yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai makna gadis remaja.

Grup ini dikenal setelah penampilan mereka pada program pencarian bakat X Factor Indonesia musim pertama dan dimentori oleh musisi Ahmad Dhani. Namun, pada Galashow ke-2 langkah Dalagita harus terhenti di 12 besar. Single pertama Dalagita adalah Cinta yang merupakan salah satu lagu yang ada pada album kompilasi X Factor Indonesia. Lagu ini sebenarnya diciptakan oleh Chrisye dan pernah dipopulerkan oleh Vina Panduwinata. Sebelum mengikuti program X Factor Indonesia musim pertama, Dalagita pernah mengikuti ajang pencarian bakat bernama Suara Indonesia yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Dilla Magistra[sunting | sunting sumber]

Aldilla Magistra, lahir pada tanggal 7 September 1997 (umur 26) di kota Tangerang.[2] Aldilla bersuara alto. Aldilla memiliki range vokal yang lebih rendah di antara personil yang lain sehingga Aldilla selalu mengisi solo di lirik yang bernada rendah.

Aulia Hasna[sunting | sunting sumber]

Aulia Hasna Wardiyana, lahir pada tanggal 25 Februari 1997 (umur 27) di kota Bandung.[2] Aulia adalah seotang Mezzo-Soprano. Suaranya yang unik,tipis dan masih seperti suara anak-anak ini juga memiliki kemampuan sebagai rapper pada lagu Pandangan Pertama.

Fatia Shafira[sunting | sunting sumber]

Fatia Shafira, lahir pada tanggal 5 Juli 1997 (umur 26) di kota Bandung.[2] fatia termasuk kedalam golongan sopran. Suaranya yang paling tinggi di antara personil lain, sehingga ketika menyanyika lagu bergenre klasik Fatia selalu menjadi lead vokal pada lagu tersebut.

Nanda Rizky[sunting | sunting sumber]

Nanda Rizky Fitriani Syahrudin, lahir pada tanggal 9 Oktober 1996 (umur 27) di kota Bandung.[2] Personil baru yang kuliah di Fakultas Kedokteran UNAIR Surabaya ini bersuara Mezzo-Sopran. Semenjak dia diterima di perguruan tinggi dia memutuskan untuk dihijab.

Putri Chika[sunting | sunting sumber]

Putri Chika Desiyanti, lahir pada tanggal 29 Desember 1995 (umur 28) di kota Serang.[2] Personil dengan suara mezzo ini memiliki suara yang terkuat di antara yang lain. Chika merupakan personil dengan umur tertua.

Sanya Vidya[sunting | sunting sumber]

Sanya Vidya Dharizky, lahir pada tanggal 15 April 1997 (umur 27) di kota Bandung.[2] Sanya yang biasa dipanggil Anya ini memiliki suara berjenis alto. Sanya memiliki suara yang merdu serta unik yaitu berat dan juga agak serak. Anya adalah lead vokal dari dalagita. Karena hampir disetiap lagu Sanya selalu bernyanyi solo.

Karier[sunting | sunting sumber]

Suara Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pertama kali Dalagita tampil di layar televisi adalah ketika Dalagita mengikuti ajang pencarian bakat bernama Suara Indonesia yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta. Pada waktu itu Dalagita beranggotakan lima orang yaitu: Sanya Vidya Dharizky, Putri Chika, Fatia Shafira, Aulia Hasna, dan Irva Lestari tanpa Nanda Rizky karena ada suatu hal yang tidak memungkinkan (pada saat itu Aldilla Magistra belum bergabung dalam grup vokal ini). Pada babak audisi, mereka menyanyikan lagu The Lonely Goatherd dari The Sound of Music. Namun sayangnya, lagu Parasit milik Gita Gutawa membuat perjalanan Dalagita harus terhanti sampai babak putaran semi final.

X Factor Indonesia[sunting | sunting sumber]

Setelah kandas dari panggung Suara Indonesia, Dalagita mengikuti audisi musim pertama dari X Factor Indonesia. Mereka hadir dengan formasi baru yaitu dengan adanya Aldilla Magistra dan Nanda Rizky sebagai pengganti Irva Lestari. Mereka berhasil mengikuti audisi sebagai grup. Penampilan pertama mereka membawakan lagu Bohemian Rhapsody milik penyanyi Queen yang membawa mereka berhasil lolos kebabak Bootcamp. Hampir disetiap penampilan mereka mendapatkan pujian dari juri dan membawa mereka sampai ke Gala Show.

Penampilan di X Factor Indonesia

Episode Tema Lagu Artis Hasil
Audisi Pilihan peserta Bohemian Rhapsody Queen Lolos
Bootcamp 1 Pilihan peserta Could it Be Raisa Andriana Lolos
Bootcamp 2 Stage Act N/A N/A Lolos
Bootcamp 3 Pilihan peserta Kembang Perawan Gita Gutawa Lolos
Judge's Home Visit Pilihan peserta Tiba-Tiba Cinta Datang Maudy Ayunda Lolos
Showcase Pilihan finalis Call Me Maybe Carly Rae Jepsen Aman
Gala Show 1 Mentor's Choice My Favourite Thing The Sound of Music Aman
Gala Show 2 Songs from my Mentor Roman Picisan Dewa 19 Bottom Two
Save Me Song The Lonely Goatherd The Sound of Music Tereliminasi

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Single

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]