Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora
Universitas Indonesia
FISIP UI
Signature fisip

Signature FISIP UI[1]
Didirikan 1 Februari1958 (bernama FIPK UI)
Jenis Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum[2]
Dekan Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc[3][4][5]
Lokasi Depok, Jawa Barat, Indonesia
Kampus Urban
Nama sebelumnya Fakultas Ilmu Sosial
Alamat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jalan Prof. Dr. Selo Soemardjan, Kampus UI Depok
Warna Jingga
    
Situs web http://www.fisip.ui.ac.id/
Informasi Umum
Jenjang S1, S2, S3
Jalur Masuk SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI - Paralel, Talent Scouting, SIMAK UI
Departemen

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia atau disingkat FISIP UI adalah Kelompok Fakultas Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora yang merupakan bagian dari Universitas Indonesia. FISIP UI mengelola program pendidikan berjenjang dengan gelar sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3). Fakultas ini dikenal sebagai fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Universitas Indonesia (6.230 orang per Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015). Saat ini FISIP UI dipimpin oleh Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc dengan masa bakti 20172021.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Keberadaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) dimulai dengan dibentuknya Jurusan Publisistik (saat ini Departemen Ilmu Komunikasi) yang tergabung dalam Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia (FH‐IPK) pada 12 Desember 1959. Tujuan pembentukannya adalah meningkatkan mutu pers dengan memberi kesempatan kepada para wartawan untuk mengikuti pendidikan universitas di bidang jurnalistik.

Seiring dengan perkembang ilmu publisistik dan jurnalistik, kemudian dirasakan pula kebutuhan untuk mengembangkan ilmu-ilmu sosial yang lain, seperti Sosiologi, Ilmu Politik, dan Imu Administrasi. Sebab, dari segi keilmuan maupun pemanfaatan dalam kehidupan praktis, keberadaan ilmu-ilmu sosial tersebut memang telah berkembang pesat.

Setelah menyelenggarakan sejumlah lokakarya untuk mematangkan gagasan tersebut, maka pada tanggal 1 September 1962—semasa Dekan FH‐IPK, Prof. Sujono Hadinoto, S.H.— bidang ilmu yang tercakup dalam Bidang Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan secara resmi diperluas. Bidang ilmu tersebut meliputi enam jurusan, yaitu Ilmu Publisistik, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi, Sosiologi, Kriminologi, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perguruan Tinggi No. 42 tahun 1968, secara resmi Bagian Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan dipisahkan dari Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan (FH IPK). Mulai 1 Februari 1968, statusnya ditingkatkan menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia (FIPK UI) yang berdiri sendiri. Sebagai Dekan pertama diangkat Prof. Dr. Selo Soemardjan untuk masa jabatan dua tahun.

Pada tahun 1970 muncul kebutuhan penyeragaman nama fakultas‐fakultas yang bergerak dalam bidang ilmu‐ilmu sosial. Sehubungan dengan hal itu, dalam rapat sub konsorsium ilmu‐ilmu sosial yang diselenggarakan pada 4—5 Agustus 1970, diusulkan perubahan nama menjadi Fakultas Ilmu‐ilmu Sosial. Rapat ini dihadiri para wakil dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Padjadjaran. Sesuai dengan keputusan rapat, nama Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia kemudian diubah menjadi Fakultas Ilmu‐ilmu Sosial Universitas Indonesia (FIS UI), melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia No.002/SK/R/BR/72. Status FIS UI sebagai salah satu fakultas yang berdiri sendiri diperkuat dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 31/C/1972.

Pada tahun 1982 nama FIS UI diganti menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI)— berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.44 tahun 1982. Pada saat yang sama, Sistem Kredit Semester (SKS) mulai diterapkan dalam kurikulum fakultas. Sementara itu, tiga program studi di jurusan Sosiologi direstrukturisasi menjadi jurusan yang berdiri sendiri. Dengan demikian, pada tahun 1982 FISIP UI resmi memiliki enam jurusan, yaitu Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi, Sosiologi, Kriminologi, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Setahun kemudian, yakni pada tahun 1983, jumlah jurusan di FISIP UI bertambah dengan berpindahnya Jurusan Antropologi yang semula menjadi bagian Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Pada tahun 1985, Jurusan Ilmu Hubungan Internasional dibuka sebagai pengembangan Program Studi Hubungan Internasional dan Kawasan dari jurusan Ilmu Politik.

Sejak tahun 2003, istilah “Jurusan” di FISIP UI diubah menjadi “Departemen”. Dengan demikian, sampai saat ini, FISIP UI memiliki delapan departemen, yaitu Departemen Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Politik, Departemen Ilmu Administrasi, Departemen Sosiologi, Departemen Kriminologi, Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial, Departemen Antropologi, dan Departemen Ilmu Hubungan Internasional.

Pada tahun akademik 2015, Departemen Ilmu Administrasi telah berkembang menjadi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI).

Profil Singkat FISIP UI[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) yang didirikan sejak 1968, merupakan salah satu fakultas dengan jumlah program studi dan mahasiswa terbanyak di Universitas Indonesia. Hingga akhir 2014, FISIP UI memiliki 34 program studi, dengan jumlah dosen sebanyak 227 orang, dan jumlah mahasiswa sebanyak 6.230 orang (semester genap 2014/2015) yang tergabung dalam delapan departemen, yaitu (1) Departemen Ilmu Komunikasi; (2) Departemen Ilmu Politik; (3) Departemen Ilmu Administrasi (yang sejak Maret 2015 sudah menjadi Fakultas Ilmu Administrasi); (4) Departemen Kriminologi; (5) Departemen Sosiologi; (6) Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial; (7) Departemen Antropologi; dan (8) Departemen Ilmu Hubungan Internasional.

Secara kelembagaan, FISIP UI dahulu merupakan bagian dari Badan Hukum Milik Negara (BHMN) Universitas Indonesia. Sejak 2001, melalui Peraturan Pemerintah nomor 152, Universitas Indonesia ditempatkan sebagai BHMN, yaitu sebuah lembaga yang secara manajemen otonom dari pemerintah. Dengan status tersebut Universitas memiliki Anggaran Rumah tangga sendiri, yang dituangkan dalam bentuk keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia tahun 2003 melalui SK No. 01/SK/MWA-UI/2003. Melalui Keputusan Menteri Pendidikan yang mensahkan UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Akhirnya MWA pun menetapkan bahwa MWA akan menjalankan amanah dari UU ini. Dalam UU tersebut, Universitas Indonesia dengan enam BHMN lainnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri badan hukum (PTN bh).

Melalui Keputusan Rektor Universitas Indonesia No.405/SK/R/UI/2008 tentang Pemberhentian Pejabat Dekan dan Pengangkatan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia periode 2013-2017, Rektor mengangkat Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Bersama dengan Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, serta Wakil Dekan bidang Sumber Daya, Ventura, dan Umum beserta berbagai jajaran pimpinan. Para pimpinan FISIP UI berusaha bersama untuk melakukan transformasi empat tahun ke depan menuju format kelembagaan yang lebih sesuai dengan “ruh” dan dinamika sebuah badan yang otonom, mandiri (non subsidi), dan profesional.

Sistem: Struktur Organisasi, Koordinasi, dan Cara Kerja[sunting | sunting sumber]

Dengan berpegang pada perubahan status PTN-BH yang otonom, FISIP UI bertujuan melakukan transformasi dengan prinsip dasar integritas yang bertujuan mewujudkan:

  1. Good Governance (good exercise of power) yang ditandai oleh transparansi dan akuntabilitas manajemen akademik dan non akademik;
  2. Proses pengambilan kebijakan yang berdasarkan pada olah pikir yang cermat, tata‐aturan, dan hirau pada masukan berbagai pihak;
  3. Percepatan kemajuan sistem/ manajemen dan infrastruktur/ fasilitas dalam rangka dicapainya kemandirian dan kemajuan di era otonomi kampus;
  4. Produktifitas dan pelayanan terbaik bagi segenap sivitas akademika dan bagi masyarakat;
  5. Menjalankan budaya korporasi berdasarkan mutual trust dan shared values yang diwarnai oleh semangat kolegial.

Struktur organisasi FISIP UI mengacu kepada Organisasi dan Tata Laksana yang ditetapkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Senat Akademik Fakultas dan Dewan Guru Besar Fakultas, serta Pimpinan dan Unsur Manajemen Fakultas. Senat Akademik Fakultas merupakan badan normatif tertinggi di lingkungan Fakultas yang di antaranya memiliki tugas dalam memberikan masukan kepada pimpinan fakultas mengenai rencana strategis dan rencana kerja dan anggaran tahunan fakultas. Sementara itu, Dewan Guru Besar Fakultas adalah organ dalam struktur organisasi fakultas yang melakukan pembinaan kehidupan akademik dan integritas moral serta etika dalam lingkungan sivitas akademika FISIP UI.

Fakultas dipimpin oleh Dekan yang dibantu oleh para Wakil Dekan untuk mengatur dan mengurus Bidang Akademik dan Bidang Non Akademik. Dekan dibantu oleh Kepala Unit Penjaminan Mutu Akademik dan Kantor Data dan Akreditasi, Kepala Unit Sekretariat Pimpinan dan staf yang mengatur dan mengurus hal‐hal yang bersifat pembantuan staf, internasionalisasi, koordinasi kelembagaan, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi serta kerja sama dengan lembaga luar. Selain itu, dalam merumuskan rancangan kebijakan di bidang penelitian, publikasi, dan pengelolaan ventura, Dekan dibantu oleh para manajer yang bertugas melaksanakan kebijakan‐kebijakan fakultas dengan dibantu oleh staf yang dimilikinya.

Dekan[sunting | sunting sumber]

Dari sejak berdirinya hingga sekarang ini, FISIP UI telah dipimpin oleh dua belas orang dekan, yakni:

  1. Prof. Dr. (HC). Muhamad Yogi, M.A., Ph.D. (1958-1968)
  2. Prof. Dr. Selo Soemardjan (1968‐1974)
  3. Prof. Dr. (HC). Miriam Budiardjo, MA (1974‐1979)
  4. Prof. Dr. R. Tobias Soebekti, MPA (1979‐1982)
  5. Prof. Dr. Manasse Malo (1982‐1988)
  6. Prof. Dr. Juwono Sudarsono, MA. (1988‐1994)
  7. Prof. Dr. Muhammad Budyatna (1994‐1998)
  8. Prof. Kamanto Sunarto, SH, Ph,D. (1998‐2001)
  9. Prof. Dr. Martani Huseini (2001‐2003)
  10. Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri (2003‐2007)
  11. Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono, M.Sc (2008‐2012)
  12. Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc (2013 - Sekarang)

Departemen / Jurusan[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia menaungi 7 departemen:

  1. Departemen Ilmu Komunikasi
  2. Departemen Ilmu Politik
  3. Departemen Kriminologi
  4. Departemen Sosiologi
  5. Departemen Antropologi
  6. Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial
  7. Departemen Ilmu Hubungan Internasional
  8. Departemen Ilmu Administrasi*

Terhitung pada Tahun Akademik 2015, Departemen Ilmu Administrasi telah berubah menjadi Fakultas Ilmu Administrasi (FIA UI), silahkan mengakses situs resmi FIA UI melalui link ini.

Akreditasi Departemen/ Jurusan[sunting | sunting sumber]

Jenjang Sarjana (S1)[sunting | sunting sumber]

No Program Studi Nilai Surat Keputusan BAN PT Masa Berlaku
1 Ilmu Komunikasi A 392/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014 s.d. 1 Oktober 2019
2 Ilmu Politik A 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 s.d. 22 November 2018
3 Kriminologi A 4725/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 s.d. 12 Desember 2022
4 Sosiologi A 1106/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017 s.d. 18 April 2022
5 Ilmu Kesejahteraan Sosial A 0122/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017 s.d. 10 Januari 2022
6 Antropologi Sosial A 4534/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 s.d. 28 November 2022
7 Ilmu Hubungan Internasional A 003/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2014 s.d. 9 Januari 2019

Jenjang Magister (S2)[sunting | sunting sumber]

No Program Studi Nilai Surat Keputusan BAN PT Masa Berlaku
1 Ilmu Komunikasi A 0004/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2016 s.d. 11 Januari 2021
2 Ilmu Politik A 5295/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2017 s.d. 27 Desember 2022
3 Kriminologi B 531/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2015 s.d. 22 Juni 2020
4 Sosiologi A 3881/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2017 s.d. 17 Oktober 2022
5 Ilmu Kesejahteraan Sosial A 216/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2014 s.d. 18 Juli 2019
6 Antropologi A 212/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2014 s.d. 18 Juli 2019
7 Ilmu Hubungan Internasional A 442/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2014 s.d. 07 November 2019

Jenjang Doktoral (S3)[sunting | sunting sumber]

No Program Studi Nilai Surat Keputusan BAN PT Masa Berlaku
1 Ilmu Komunikasi A 470/SK/BAN-PT/Akred/D/XII/2014 s.d. 14 Desember 2019
2 Ilmu Politik B 0497/SK/BAN-PT/Akred/D/I/2017 s.d. 26 Januari 2022
4 Kriminologi A 594/SK/BAN-PT/Akred/D/VI/2015 s.d. 27 Juni 2020
5 Sosiologi A 034/SK/BAN-PT/Akred/D/I/2015 s.d. 31 Januari 2020
6 Ilmu Kesejahteraan Sosial B 213/SK/BAN-PT/Akred/D/VII/2014 s.d. 18 Juli 2019
7 Antropologi A 006/SK/BAN-PT/Akred/D/I/2015 s.d. 9 Januari 2020

Dewan Guru Besar Fakultas[sunting | sunting sumber]

Dewan Guru Besar FISIP UI hingga saat ini terdiri dari 30 profesor yang berasal dari departemen yang ada di FISIP UI. Adapun struktur kelembagaannya dijabarkan sebagai berikut:

  • Ketua: Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., M.Sc, Ph.D. (Departemen Kriminologi)
  • Sekretaris: Prof. Dr. Haula Rosdiana, M.Si. (Departemen Ilmu Administrasi)
  • Anggota:
  1. Prof. Dr. Martani Huseini (Departemen Ilmu Administrasi)
  2. Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc. (Departemen Sosiologi)
  3. Prof. Dr. Muhammad Mustofa, M.A. (Departemen Kriminologi)
  4. Prof. Dr. Gunadi, M.Sc., Ak. (Departemen Ilmu Administrasi)
  5. Prof. Yasmine Zaky Shahab, S.S., M.A., Ph.D. (Departemen Antropologi)
  6. Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag. rer. Publ. (Departemen Ilmu Admnistrasi)
  7. Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri (Departemen Sosiologi)
  8. Prof. Dr. Achmad Fedyani Saifuddin, S.S., M.A. (Departemen Antropologi)
  9. Prof. Dr. Sasa Djuarsa Sendjaja, M.A.(Departemen Ilmu Komunikasi)
  10. Prof. Dr. Ferdinand Dehoutman Saragih, M.A. (Departemen Ilmu Administrasi)
  11. Prof. Dr. Zulhasril Nasir, M.S. (Departemen Ilmu Komunikasi)
  12. Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono, M.Sc (Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial)
  13. Prof. Amir Santoso, M.Sc., Ph.D (Departemen Ilmu Politik)
  14. Prof. Drs. Isbandi Rukminto Adi, M.Kes., Ph.D. (Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial)
  15. Prof. Dr. Ilya Revianti Sudjono Sunarwinadi, M.Si. (Departemen Ilmu Komunikasi)
  16. Prof. Dr. Drs. Ibnu Hamad, M.Si. (Departemen Ilmu Komunikasi)
  17. Prof. Dra. M. A. Yunita Triwardani W, M.S., M.Sc. PhD. (Departemen Antropologi)
  18. Prof. Dr. Irfan Ridwan Maksum, M.Si. (Departemen Ilmu Administrasi)
  19. Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M. (Departemen Ilmu Administrasi)
  20. Prof. Dr. Dody Prayogo, MPSt (Departemen Sosiologi)
  21. Prof. Dr. Sudarsono Hardjosoekarto (Departemen Sosiologi)
  22. Prof. Dr. Amy Yayuk Sri Rahayu, M.Si. (Departemen Ilmu Administrasi)
  23. Prof. Dr. Der. Soz. Rochman Achwan, MDS. (Departemen Sosiologi)
  24. Prof. Dr. Billy Sarwono, M.A. (Departemen Ilmu Komunikasi)
  25. Prof. Dr. Iwan G. Sudjatmiko (Departemen Sosiologi)
  26. Prof. Dr. Maswadi Rauf, M.A. (Departemen Ilmu Politik)*
  27. Prof. Dr. Meutia Farida Swasono, M.S. (Departemen Antropologi)*
  28. Prof. Dr. Burhan Djabir Magenda, M.A. (Departemen Ilmu Politik)*

Keterangan : * = Penugasan Kembali

Pusat Kajian di Lingkungan FISIP UI[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah Pusat Kajian yang berada di lingkungan FISIP UI:

  1. Puskapol (Pusat Kajian Politik)
  2. Puska Antropologi
  3. Puskakom (Pusat Kajian Komunikasi)
  4. Puska Gender dan Seksualitas
  5. CEPP (Center for Election and Political Party)
  6. Pusat Kajian Disabilitas
  7. CIReS (Center for International Relations Studies)
  8. Pusat Kajian Kriminologi
  9. Pusat Kajian Perlindungan Anak (Puskapa)
  10. LabSosio
  11. Pacivis (Pusat Kajian Global Civil Society)
  12. CERIC (Center for Inter-Group Relations and Conflict Resolution)
  13. Papua Center
  14. Pusat Kajian Ilmu Kesejahteraan Sosial
  15. ASEAN Study Center

Fasilitas di Lingkungan FISIP UI[sunting | sunting sumber]

Hingga Juni 2018, FISIP UI memilikifasilitas penunjang perkuliahan dan administrasi seperti:

Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC)[sunting | sunting sumber]

Gedung Miriam Budiardjo Resource Center atau MBRC merupakan serbaguna yang digunakan untuk menunjang kegiatan sivitas akademika FISIP UI, salah satunya perpustakaan FISIP UI. Gedung yang berdiri sejak 2007 ini mulai direnovasi pada September 2015 dan selesai di bulan Desember 2015[6], serta pemugaran pada tahun Februari 2016 dengan adanya fasilitas komputer terbaru yang terhubung ke jaringan daring. Pada Maret 2018, Prof. Juwono Sudarsono menyumbangkan 878 koleksi bukunya untuk menjadi koleksi MBRC FISIP UI. Buku-buku yang disumbangkan terdiri dari beragam topik, diantaranya adalah politik luar negeri negara-negara tertentu, politik luar negeri secara global, ekonomi politik, tulisan-tulisan tentang Indonesia, dan kamus-kamus besar.[7] Selain perpustakaan, MBRC FISIP UI memiliki 2 ruang pertemuan dan fasilitas peninjauan orisinalitas tulisan yang dapat dipergunakan oleh sivitas akademika FISIP UI secara cuma-cuma serta kegiatan diskusi publik serta pelatihan penulisan ilmiah bagi mahasiswa FISIP UI yang dilaksanakan dalam waktu tertentu.[8]

Koneksi Internet[sunting | sunting sumber]

FISIP UI terhubung jaringan daring dengan UI, adapun untuk menikmati fasilitas jaringan daring di FISIP UI diperlukan akun JUITA/SSO (Single Sign On) yang dapat diakses melalui http://sso.ui.ac.id. Akun ini disediakan oleh DSTI UI dan diberikan kepada sivitas akademika UI. Pihak umum dapat menggunakan fasilitas tersebut, namun dengan persyaratan khusus, sesuai dengan yang dipaparkan dalam situs SSO UI.

Layanan Akademik dan Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

FISIP UI memiliki layanan akademik dan kemahasiswaan yang berlokasi di Gedung F lantai 1. Di mana untuk layanan akademik, dikelola oleh Pusat Pelayanan Akademik dan Administrasi, di bawah naungan Manager Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan FISIP UI. Mahasiswa FISIP UI dapat mengajukan permohonan layanan administrasi berkaitan dengan surat menyurat dan legalisir berkas, khususnya ijazah dan transkrip bagi lulusan FISIP UI. Untuk kebutuhan administrasi pembiayaan dan beasiswa, serta pengajuan kegiatan mahasiswa, terdapat Unit Kemahasiswaan FISIP UI yang dapat membantu mahasiswa FISIP UI dalam mengurus pencicilan biaya operasional pendidikan, pengajuan beasiswa, hingga surat rekomendasi dan perizinan kegiatan acara. Semua layanan ini dapat diakses pada hari Senin-Jumat, pukul 08.00 - 16.00 WIB (dengan jeda istirahat makan siang pukul 12.00-13.00 WIB).

Taman Tunas Bangsa[sunting | sunting sumber]

Taman Tunas Bangsa pada adalah taman yang sebelumnya dikenal sebagai Plaza FISIP UI, merupakan ruang terbuka hijau yang multi fdan pada tahun 2017 dilaksanakan pemugaran dan dinamakan sebagai TamaLapangan Tunas Bangsa. Taman Tunas Bangsa ini dirancang oleh 2 alumni Departemen Arsitektur Fakultas Teknik UI, Heri Fuad dan Zainal Abidin. Taman ini memiliki 3 fungsi utama, yakni sebagai tempat mahasiswa berkegiatan, tempat penyelenggaraan seremoni fakultas, dan penyelenggaraan bazar. Bertempat di depan Perpustakaan FISIP UI, Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC), taman ini menjadi strategis untuk tempat berdiskusi mahasiswa FISIP karena dilengkapi bangku-bangku, sambungan listrik, dan wi-fi. Selain itu, desainnya yang lapang membuat Taman Tunas Bangsa dapat digunakan untuk tempat penyelenggaraan seremoni fakultas dan bazar. Dirancang dengan gaya rustic yang membuat kesan unfinished dan alamiah membuat taman ini akan menjadi lebih awet dan tahan lama menghadapi cuaca tanpa perlu maintenance berlebihan.

Auditorium[sunting | sunting sumber]

FISIP UI hingga 2018 memiliki 2 auditorium utama yang dapat digunakan untuk kebutuhan akademik, seremonial, hingga umum, antara lain:

  • Auditorium Juwono Sudarsono (Berlokasi di Gedung F lantai 2 FISIP UI)
  • Auditorium Gedung Komunikasi (Berlokasi di Gedung Komunikasi FISIP UI)

Fasilitas Olahraga dan Seni[sunting | sunting sumber]

FISIP UI hingga saat ini memiliki fasilitas olahraga antara lain:

  • Lapangan olahraga terintegrasi (voli dan futsal) - 1 unit
  • Lapangan bulu tangkis - 1 unit
  • Pelataran FISIP UI (dahulu ternama Teater Kolam atau Teko) untuk kebutuhan akademik, seremonial, hingga umum.

Kantin dan Layanan Lain[sunting | sunting sumber]

FISIP UI memiliki kantin atau foodcourt yang senantiasa bertransformasi seiring waktu. Pada masa 1980-an, kantin ini dinamakan Balsem (Balik Semak) sebagai cirinya yang berlokasi di balik semak-semak dalam kampus FISIP UI, lalu pada tahun 2000an, kantin ini mendapat julukan baru, yakni Takor (Taman Korea) sebagai bentuk apresiasi terhadap Yongma yang membantu pemugaran kantin ini.Pada tahun 2017, dekan FISIP UI menginisiasikan renovasi kembali Takor dan rencananya pada pertengahan tahun 2018, kantin ini akan kembali dibuka untuk umum dengan penampilan dan tata kelola yang lebih baik.

Selain itu, FISIP UI memiliki 2 kedai fotocopy dan pencetakan umum yang terletak di Selasar Gedung Koentajaraningrat dan Gedung Nusantara 1.

Parkir Kendaraan[sunting | sunting sumber]

Julukan FISIP UI sebagai fakultas dengan mahasiswa terbanyak di UI memberikan tantangan tersendiri, salah satunya dalam isu parkir. FISIP UI sendiri memiliki parkir mobil internal khusus untuk dosen dan VIP, serta parkir motor di dalam kampus yang dapat digunakan untuk mahasiswa dan karyawan FISIP UI. Pada tahun 2017, kanopi parkir motor FISIP UI dianggap membahayakan karena seiring bertambahnya usia, proses pelapukan kayu kanopi pun mulai terlihat sehingga dibongkar untuk keamanan bersama. Rencananya pada tahun 2018, FISIP UI akan menjalin kerjasama dengan pihak swasta untuk melakukan pemugaran parkir motor FISIP UI.

Lembaga Kemahasiswaan FISIP UI[sunting | sunting sumber]

FISIP UI pada dasarnya membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah kemampuan dalam berorganisasi dan mengabdi kepada masyarakat, hingga saat ini FISIP UI mengakui lebih dari 30 lembaga kemahasiswaan di tingkat fakultas, dan pengawasannya dilakukan oleh Koordinator Bidang Kemahasiswaan dan Manager Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan FISIP UI.

Lembaga Kemahasiswaan Fakultas[sunting | sunting sumber]

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP UI (BEM FISIP UI), dahulu bernama Senat Mahasiswa.
  • Badan Perwakilan Mahasiswa FISIP UI (BPM FISIP UI)

Lembaga Kemahasiswaan Departemen[sunting | sunting sumber]

  • Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HMIP FISIP UI)
  • Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMIK FISIP UI)
  • Hempunan Mahasiswa Antropologi (He-man FISIP UI)
  • Himpunan Mahasiswa Kriminologi (Himakrim)
  • Himpunan Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional (HMHI FISIP UI)
  • Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HMS FISIP UI)
  • Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial (HMIKS FISIP UI)

Lembaga Kemahasiswaan Bidang Keagamaan[sunting | sunting sumber]

  • Forum Studi Islam (FSI FISIP UI)
  • Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK FISIP-FIA UI), dahulu (hingga tahun 2014) bernama Keluarga Umat Katolik Sivitas Akademika FISIP UI (KUKSA FISIP UI)
  • Persekutuan Oikumene (PO FISIP-FIA UI), pada tahun 2015 bertransformasi menjadi PO FISIP-FIA UI sebagai integrasi bersama FIA UI.
  • Keluarga Mahasiswa Buddha (KMB UI), terintegrasi dengan KMB UI.
  • Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD UI), terintegrasi dengan KMHD UI.

Lembaga dan Komunitas Kemahasiswaan dalam Bidang Ilmu, Seni, dan Olahraga[sunting | sunting sumber]

  • FISIPERS UI, lembaga kemahasiswaan dalam bidang jurnalisme dan pemberitaan.
  • Paradoks FISIP UI, komunitas yang mendalami bidang teater dan seni drama.
  • Full Frame, komunitas yang mendalami bidang fotografi dan seni pengambilan gambar.
  • SAGARPA FISIP UI, komunitas yang mendalami bidang karya seni rupa, lukis, dan mural.
  • Jingga Book Club, komunitas yang mendalami pendalaman ilmu, isu, dan pengalaman, khususnya melalui media literasi,komik, hingga puisi.
  • SIAGA FISIP UI, komunitas yang mendalami pergerakan mahasiswa dalam bidang sosial dan politik, serta diskusi dan karya terhadap masalah sospol kekinian.
  • Komunitas Tari FISIP UI "Radha Sarisha" (KTF UI), komunitasyang mendalami tari tradisional dan modern.
  • Komunitas Musik FISIP UI (KMF UI), komunitas yang mendalami musik dalam berbagai genre.
  • Komunitas Bola FISIP UI (KBF UI), komunitas yang mendalami olahraga bola, futsal, hingga voli.
  • Komunitas Bulu Tangkis FISIP UI (KBTF UI), komunitas yang mendalami olahraga bulu tangkis.
  • FISIP UI Tennis Club (FTC UI), komunitas yang mendalami olahraga tenis lapangan.
  • Komunitas Hockey FISIP UI.
  • Komunitas Tenis Meja FISIP UI.
  • Komunitas Voli FISIP UI.
  • Komunitas Renang FISIP UI.
  • Track N Field FISIP UI, komunitas yang mendalami bidang atletik.
  • Afiliasi Taekwondo FISIP UI (ATF)
  • FISIPreneur, komunitas yang mendalami bidang kewirausahaan dan pengembangan kemampuan bisnis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Galeri Lambang Makara FISIP UI Dari Masa Ke Masa (Tidak Digunakan Kembali)[sunting | sunting sumber]

Kontak Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia[sunting | sunting sumber]

Alamat :[sunting | sunting sumber]

  • Jalan Prof. Dr. Selo Soemardjan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat 16424

No. Telp :[sunting | sunting sumber]

  • +62 - 21 7872 823
  • +62 - 21 7270 006
  • +62 - 21 7872 820 (Fax)

E-mail :[sunting | sunting sumber]

Media Sosial :[sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lambang makara UI resmi adalah lambang yang dicirikan dengan warna kuning khas UI yang dominan pada makara dengan warna-warna dasar panji fakultas sebagai latar belakang, sedangkan lambang makara UI tidak resmi dicirikan dengan warna panji fakultas pada makara dan tidak terdapat warna khas kuning UI. Ketentuan lebih lanjut terkait dasar hukum pembakuan lambang UI dapat dilihat pada PP 68 Tahun 2013 (Pasal 7) dan keputusan rektor yang mengaturnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Panduan Penggunaan Logo Universitas Indonesia". Kantor Komunikasi UI. Publikasi Kantor Komunikasi UI. Diakses tanggal 10 Juni 2015. 
  2. ^ "Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta Universitas Indonesia" (PDF). Peraturan Pemerintah. Salinan PP sesuai aslinya diakses dari pranala FKM UI. Diakses tanggal 10 Juni 2015. 
  3. ^ Virdhani, Marieska Harya (20 Desember 2013). "Sertijab, 10 Dekan Baru UI Resmi Bertugas". Okezone.com. Diakses tanggal 25 Juni 2015. 
  4. ^ Lantara, Feru (20 Desember 2013). "UI lantik sembilan dekan baru". Antaranews. Diakses tanggal 25 Juni 2015. 
  5. ^ "Rektor UI Melantik Sembilan Dekan Baru". Poskotanews. 20 Desember 2013. Diakses tanggal 25 Juni 2015.  Parameter |first1= tanpa |last1= di Authors list (bantuan)
  6. ^ "Penambahan Fasilitas Baru MBRC". fisip.ui.ac.id. FISIP Universitas Indonesia. 10 Maret 2016. Diakses tanggal 2018-06-23. 
  7. ^ "Prof. Juwono Sudarsono Hibahkan 878 Koleksi Buku untuk MBRC". fisip.ui.ac.id. FISIP Universitas Indonesia. 6 Maret 2018. Diakses tanggal 2018-06-23. 
  8. ^ "Workshop Publikasi Jurnal Internasional". fisip.ui.ac.id. FISIP Universitas Indonesia. 23 Maret 2018. Diakses tanggal 2018-06-23.