Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Fakultas Ilmu Komputer
Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi
Universitas Indonesia
signature fasilkom ui

Signature FASILKOM UI[1]
Didirikan 1993
Jenis Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum[2]
Dekan Dra. Mirna Adriani, B.Sc, P.hD[3][4][5]
Lokasi Depok, Jawa Barat, Indonesia
Kampus Urban
Alamat Fakultas Ilmu Komputer
Jalan Prof. Dr. Nugroho Notosusanto
Kampus UI Depok
Warna Biru dongker - Merah darah
         
Situs web http://www.cs.ui.ac.id/
Informasi Umum
Jenjang S1, S2, S3
Jalur Masuk SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI - Paralel, Talent Scouting, SIMAK UI
Guru Besar Aktif -
Bidang Studi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia atau disingkat Fasilkom UI adalah salah satu fakultas Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi. Fasilkom UI mengelola program pendidikan jenjang dengan gelar sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) serta program pelatihan non-gelar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom) berdiri sejak tahun 1993, dan saat ini membuka 5 program studi untuk sarjana, 2 untuk program magister, dan 1 untuk program doktor. Daftar program lengkap dapat dilihat di halaman http://www.cs.ui.ac.id Sebelum pendiriannya, pendidikan Ilmu Komputer di UI dilaksanakan oleh Pusilkom UI (Pusat Ilmu Komputer) yang kini berstatus sebagai unit usaha akademis di bawah Fasilkom UI.

Kegiatan akademiknya adalah Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Program Sarjana[sunting | sunting sumber]

Reguler dan Paralel Ilmu Komputer[sunting | sunting sumber]

Program Studi Ilmu Komputer/Informatika di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang Ilmu Komputer pada tingkat sarjana (S1). Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional di bidang Teknologi Informasi.

Reguler dan Paralel Sistem Informasi[sunting | sunting sumber]

Program Studi Sistem Informasi di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang Sistem Informasi/Teknologi Informasi pada tingkat sarjana (S1). Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional, terutama terkait dengan pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan Sistem Informasi/Teknologi Informasi dalam suatu organisasi.

Kelas Internasional Ilmu Komputer[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2002, Fasilkom-UI bekerjasama dengan School of Information Technology and Electrical Engineering, The University of Queensland (ITEE-UQ) dalam menyelenggarakan Program Sarjana Internasional (S1-Kelas Internasional) bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Peserta program ini harus menyelesaikan delapan semester pendidikan yang dibagi menjadi dua bagian, yakni pada semester 1-5 diselenggarakan di UI dan pada semester 6-8 diselenggarakan di UQ, Australia. Seluruh proses pendidikan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris. Kemudian, lulusan program ini akan mendapatkan dua gelar,yaitu Sarjana Ilmu Komputer dari UI, dan Bachelor of Information Technology dari ITEE UQ.

Paralel untuk D3 (Ekstensi) Sistem Informasi[sunting | sunting sumber]

Program Studi Sistem Informasi kelas Ekstensi, atau disebut juga Program Sarjana Ekstensi Sistem Informasi ini dilatarbelakangi oleh keinginan Fasilkom UI untuk menyediakan program peningkatan skill dan kompetensi bagi para lulusan program D3 di bidang-bidang yang berkaitan dengan teknologi informasi dan sudah bekerja. Kompetensi utama lulusan program ini adalah kemampuan menangani penerapan sistem dan teknologi informasi dalam suatu organisasi maupun mengembangkan penelitian, khususnya penelitian terapan teknologi informasi, di sektor bisnis dan sektor publik.

Program Pascasarjana[sunting | sunting sumber]

Program Magister di Fasilkom UI terdiri dari dua program studi yakni Magister Ilmu Komputer (MIK) dan Magister Teknologi Informasi (MTI). Program MIK dirancang sebagai research-based master program untuk mencetak tenaga ahli dengan wawasan riset dalam bidang ilmu komputer. Kegiatan perkuliahan di MIK dikaitkan dengan kegiatan penelitian yang sedang berlangsung di laboratorium-laboratorium riset Fasilkom UI, yakni Lab Computational Intelligence, Lab Digital Library and Distance Learning, Lab Formal Metnods in Software Engineering, Lab High Performance Computing & Grid Computing, Lab Image Processing and Geographics Information Systems, Lab Information Retrieval, Lab IT Governance, Lab E-Government, dan Lab Enterprise Computing. Program MTI menekankan pada pengembangan profesi serta kemampuan manajerial dalam menangani Teknologi Informasi. Fasilkom UI juga menyelenggarakan Program Pemelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Perkuliahan MTI Dual Mode. Penyelengaraan perkuliahan dilaksanakan dengan cara semi-pembelajaran jarak jauh, berupa kombinasi pengajaran melalui media elektronik, dan pengajaran di kampus Universitas Indonesia. Pengajaran melalui media elektronik tersebut dapat terselenggara dengan memanfaatkan fasilitas Student Centered E-Learning Environment (SCeLE).

Program Doktor Ilmu Komputer (DIK) merupakan program doktor yang pertama di Indonesia dalam bidang Ilmu Komputer. Program ini dirancang untuk menghasilkan pakar Ilmu Komputer yang mampu menerapkan ilmunya, baik untuk penyelesaian masalah aplikatif maupun upengembangan ilmu komputer lebih lanjut.

Magister Teknologi Informasi[sunting | sunting sumber]

Magister Teknologi Informasi (MTI) adalah pendidikan tingkat lanjut (strata 2) mengenai penerapan Teknologi Informasi. Program MTI dipimpin oleh seorang koordinator, yang melapor kepada Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Program MTI dimulai tahun 1996 sebagai program kekhusuan Teknologi Informasi (TI). Sejak 2005, Program MTI berdiri sebagai program sendiri dan lulusan berhak menyandang gelar Magister Teknologi Informasi.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Program MTI memiliki fasilitas sebagai berikut:

  • Perpustakaan
  • Kantin
  • Laboratorium
  • Ruang diskusi
  • Situs Web Perkuliahan

Doktor Ilmu Komputer (S3)[sunting | sunting sumber]

(silahkan didetailkan)

Penelitian[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ilmu Komputer mempunyai 9 laboratorium riset yang mengkhususkan untuk melakukan penelitian-penelitian di bidang-bidang sebagai berikut:

  • Computational Intelligence
  • Digital Libraries and Distance Learning
  • Formal Methods in Software Engineering
  • High Performance and Grid Computing
  • Image Processing and Geographical Information Systems
  • Text Processing and Information Retrieval
  • Enterprise Computing
  • IT Governance
  • E-Government

Galeri Lambang Makara FASILKOM UI[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lambang makara UI resmi adalah lambang yang dicirikan dengan warna kuning khas UI yang dominan pada makara dengan warna-warna dasar panji fakultas sebagai latar belakang, sedangkan lambang makara UI tidak resmi dicirikan dengan warna panji fakultas pada makara dan tidak terdapat warna khas kuning UI. Ketentuan lebih lanjut terkait dasar hukum pembakuan lambang UI dapat dilihat pada PP 68 Tahun 2013 (Pasal 7) dan keputusan rektor yang mengaturnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Panduan Penggunaan Logo Universitas Indonesia". Kantor Komunikasi UI. Publikasi Kantor Komunikasi UI. Diakses 10 Juni 2015. 
  2. ^ "Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta Universitas Indonesia". Peraturan Pemerintah. Salinan PP sesuai aslinya diakses dari pranala FKM UI. Diakses 10 Juni 2015. 
  3. ^ Virdhani, Marieska Harya (20 Desember 2013). "Sertijab, 10 Dekan Baru UI Resmi Bertugas". Okezone.com. Diakses 25 Juni 2015. 
  4. ^ Lantara, Feru (20 Desember 2013). "UI lantik sembilan dekan baru". Antaranews. Diakses 25 Juni 2015. 
  5. ^ "Rektor UI Melantik Sembilan Dekan Baru". Poskotanews. 20 Desember 2013. Diakses 25 Juni 2015.