Rumah Sakit Universitas Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rumah Sakit
Universitas Indonesia
Lambang Kota Depok.png
Pemerintah Kota Depok
StatusBadan Layanan Umum
Klasifikasi RSRumah Sakit Umum Pendidikan Tipe B
Jumlah Tempat Tidur300 tempat tidur[1]
Kepala RSdr. Julianto Witjaksono, Sp.OG
Luas74.043 m2
LokasiJl. Prof. Dr. Bahder Djohan No.1, Pondok Cina, Kec. Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424
Situs Webhttp://www.rs.ui.ac.id

Rumah Sakit Universitas Indonesia atau disingkat RS UI adalah rumah sakit universitas tipe B yang terletak area Universitas Indonesia. RS UI yang dibangun sejak tahun 2009 dan direncanakan beroperasi pada Oktober 2016 memiliki pelayanan unggulan di bidang Neurokardiovaskular, Geriatri dan Pelayanan Ibu dan Anak.

Rumah sakit ini memiliki desain bangunan tahan gempa hingga magnitudo 9.0 SR. Selain itu, RS Universitas Indonesia menjadi penyelenggara BPJS dan menerapkan pola rujukan dan rujuk balik dari Klinik Satelit UI serta pelayanan kesehatan primer yang berada diseluruh Kota Depok.[2]

RS Universitas Indonesia juga merupakan sarana pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat bagi mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia yang terdiri dari:

Lokasi[sunting | sunting sumber]

RS Universitas Indonesia berlokasi di kompleks area Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan Kampus UI. Atau tepatnya di Jalan Prof. Dr. Bahder Djohan No.1. Terdapat jembatan penghubung yang menghubungkan langsung antara RS UI dengan Gedung RIK.

Selain itu, RS Universitas Indonesia ini direncanakan akan dapat diakses dari jalur Jalan Tol Cinere-Jagorawi ataupun dari Jalan Margonda Raya sehingga memudahkan akses masyarakat menuju rumah sakit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Irfan, Laskito (12 November 2015). "Rumah Sakit Perguruan Tinggi UI Dibuka 2016". VIVA.co.id. Diakses tanggal 5 Desember 2015. 
  2. ^ Mahdi, Imam (12 November 2015). "RS UI Depok Mulai Beroperasi Tahun Depan". Tempo. Diakses tanggal 5 Desember 2015.