Wikipedia:Kapan harus mengutip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kriteria untuk artikel-artikel pilihan menghendaki adanya kutipan-kutipan, bila dianggap perlu. Wikipedia:Pemastian, yang merupakan kebijakan Wikipedia, menyatakan bahwa harus diberikan rujukan ke suatu sumber terpublikasi dan terpercaya untuk isi serta semua kutipan yang diperdebatkan atau kemungkinan akan diperdebatkan. Halaman ini memperjelas persyaratan tersebut.

Kapan suatu sumber rujukan diperlukan[sunting | sunting sumber]

Bahan artikel yang ditentang oleh penyunting lain membutuhkan suatu sumber rujukan, atau ia dapat dihapus; dan segala sesuatu yang secara akal sehat cenderung menimbulkan pertentangan harus diberikan sumber rujukan, untuk menghindari perselisihan dan untuk membantu para pembaca. Dalam prakteknya, hal ini berarti bahawa sebagian besar pernyataan yang sedemikian itu harus didukung oleh suatu kutipan (referensi). Dalam kasus adanya beberapa referensi yang dapat digunakan untuk mendukung sebuah pernyataan, maka "sumber-sumber rujukan yang paling dapat diandalkan" lah yang harus digunakan.

  • Kutipan - Selalu tambahkan rujukan bila mengutip dari sumber-sumber yang pernah diterbitkan; Rujukan harus ditempatkan langsung setelah kutipan, atau tepat sebelum kutipan.
  • Klaim istimewa - klaim yang luar biasa di Wikipedia memerlukan sumber rujukan berkualitas tinggi yang dapat dipercaya:
  • Klaim yang mengejutkan atau yang tampaknya penting namun tidak terliput oleh sumber-sumber rujukan yang umum,
  • Laporan atas pernyataan dari seseorang yang tampaknya tidak sesuai dengan karakternya, mempermalukannya, kontroversial, atau berlawanan dengan kepentingan yang sebelumnya mereka bela;
  • Klaim yang bertentangan dengan pandangan umum dari masyarakat yang bersangkutan, atau yang secara signifikan akan mengubah asumsi yang umum; terutama dalam bidang-bidang sains, kedokteran, sejarah, politik, dan biografi orang yang hidup, dan terutama ketika penganjur pendapat tersebut memperkirakan adanya konspirasi untuk membuat mereka diam.
  • Pernyataan tentang orang yang masih hidup yang dapat diperdebatkan - Para penyunting harus memberikan perhatian khusus terhadap penambahan bahan biografis tentang orang hidup dalam setiap halaman Wikipedia. Bahan tersebut memerlukan sensitivitas tingkat tinggi; janganlah membiarkan di dalam artikel adanya informasi tanpa rujukan, yang dapat merusak reputasi sesorang yang masih hidup atau suatu organisasi.
  • Lain-lain - Pendapat, data dan statistik, serta pernyataan yang didasarkan pada karya ilmiah seseorang, haruslah dikutip dan dikaitkan dengan para penulisnya di dalam teks artikel.

Dalam prakteknya, suatu kutipan digunakan untuk mendukung setiap hal penting yang terdapat dalam teks artikel, maka bukanlah tidak lazim bagi artikel-artikel terbaik Wikipedia untuk memiliki minimal satu rujukan pada setiap paragrafnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Kebijakan[sunting | sunting sumber]

Panduan[sunting | sunting sumber]