Wikipedia:Esai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Esai, yang dipakai oleh para penyunting di Wikipedia, biasanya memuat saran atau opini dari sejumlah kontributor Wikipedia. Tujuan dari sebuah esai adalah untuk membantu isi ensiklopedia ini dan memberi masukan untuk isi tersebut, tanpa melihat kandungan lain dalam sebuah artikel yang tidak ada kaitannya dengan ensiklopedia. Esai tidak memiliki status resmi dan tidak mewakili komunitas Wikipedia karena esai dapat dibuat dan disunting seluruhnya tanpa sepengetahuan komunitas. Mengikuti arahan atau saran dalam sebuah esai hanyalah sebuah pilihan, bukan keharusan.

Tentang esai[sunting sumber]

Meskipun esai bukanlah kebijakan atau pedoman, banyak esai yang layak untuk dipertimbangkan. Kebijakan dan pedoman tidak dapat melingkupi segala kondisi. Banyak esai yang kemudian berperan sebagai interpretasi atau komentar dari sejumlah norma komunitas bagi situasi dan bahasan khusus. Nilai sebuah esai harus dipahami menurut konteksnya menggunakan akal sehat dan secara bijaksana. Esai dapat ditulis oleh siapapun dan dapat berupa monolog panjang atau tesis singkat, serius maupun bercanda. Esai mungkin mewakili norma yang berlaku luas atau sudut pandang minoritas. Sebuah esai, di samping bermanfaat, juga berpotensi memicu pertikaian karena mendukung suatu sudut pandang. Meskipun sebuah esai sebaiknya tidak dipakai untuk membuat seperangkat aturan alternatif, komunitas Wikipedia dalam sejarahnya telah mentoleransi banyak subyek dan sudut pandang yang berkenaan dengan Wikipedia.

Perbedaan antara kebijakan, pedoman, dan esai di Wikipedia boleh jadi rumit. Esai bervariasi menurut popularitasnya dan seberapa banyak esai itu diikuti dan dirujuk. Para penyunting sebaiknya kembali ke kebijakan dan pedoman resmi apabila esai, halaman informasi, atau halaman dokumentasi templat tidak konsisten dengan prinsip dan standar komunitas yang berlaku.

Macam-macam esai[sunting sumber]

Esai ruang nama Wikipedia[sunting sumber]

Esai di ruang nama Wikipedia – yang tidak akan pernah ditaruh di ruang nama utama (artikel ensiklopedia) – biasanya ditujukan pada beberapa aspek dalam bekerja di Wikipedia. Esai ini belum resmi diangkat menjadi pedoman atau kebijakan oleh komunitas luas, tetapi biasanya disunting oleh mereka. Beberapa di antaranya diterima secara luas sebagai bagian dari Wikipedia dan memiliki derajat pengaruh penting pada waktu diskusi.

Halaman informasi[sunting sumber]

Halaman informasi Wikipedia biasanya disunting oleh komunitas dan juga dapat ditemukan di ruang nama bantuan. Halaman informasi umumnya menyediakan informasi teknis dan faktual tentang Wikipedia atau kebijakan dan pedoman tambahan dengan sangat rinci. Apabila "halaman esai" lebih sering menawarkan saran atau pendapat melalui sudut pandang seseorang, adapun halaman informasi ingin meraih kejelasan dan akan menjelaskan praktek komunitas saat ini secara tidak memihak.

Halaman saran ProyekWiki[sunting sumber]

ProyekWiki adalah kelompok penyunting yang senang bekerja sama. Halaman saran yang ditulis oleh kelompok tersebut dianggap sama seperti halaman yang ditulis oleh siapa saja, artinya, dianggap esai kecuali dan sampai halaman tersebut secara resmi telah diangkat sebagai kebijakan dan pedoman komunitas. ProyekWiki dipersilakan untuk menulis esai yang menjelaskan bagaimana kebijakan dan pedoman komunitas diterapkan di area minat dan keahlian mereka.

Daftar esai[sunting sumber]

Per 24 Juni 2020.